Home Wisata Yogyakarta Museum Dirgantara Yogyakarta

Museum Dirgantara Yogyakarta

Museum Dirgantara Yogyakarta
foto: https://www.instagram.com/p/CiaZf6iva98/?utm_source=ig_web_copy_link

Museum Dirgantara, wisata klasik di Jogja namun tetap rekomended untuk kunjungan liburan keluarga. Nikmati sajian liburan yang seru dan menyenangkan di Yogyakarta dengan mengunjungi Museum Dirgantara Yogyakarta.

Selain menyajikan sensasi berlibur yang menyenangkan, anda juga bisa sekaligus belajar ketika mengunjungi destinasi wisata edukasi satu ini. Banyak koleksi sejarah yang masih di simpan rapi didalam Museum Dirgantara Jogja.

Ajak anak anda melihat sisa-sisa dari sejarah perjuangan Indonesia di masa lalu dengan berbagai macam kolesi menarik di tempat ini. Jejak-jejak para pejuang bangsa prajurit bumi pertiwi bisa anda saksikan dari sisa perjuangan dalam bentuk yang berbeda.

Untuk sejarah dari Musium Dirgantara sendiri merupakan tepat mengabadikan peristiwa bersejarah TNI di masa perang. Dulunya musium ini berada di Jakarta sejak tahun 1969 namun di pindah ke Yogyakarta mulai tahun 1978.

Jika anda berencana mengajak si buah hati mengunjuni obyek wisata satu ini di Jogja. Berikut informasi singkat mengenai Museum Dirgantara Jogja yang bisa anda jadikan referensi berlibur.

Harga Tiket Masuk Museum Dirgantara

harga tiket masuk museum dirgantara
foto: https://www.instagram.com/afnieku/

Untuk menikmati sajian destinasi wisata sejarah dan wisata edukasi di Jogja satu ini, anda cukup membayar murah untuk menikmatinya. Karena harga tiket masuk Museum Dirgantara Yogyakarta sendiri sangat terjangkau yaitu Rp.6.000,-/orang dan Rp.2.000,-/orang ketika dalam partai rombongan.

Biaya tambahan yang harus anda keluarkan ketika berlibur ke destinasi wisata satu ini yaitu tiket parkir kendaraan. Jika anda membawa mobil maka biaya parkirnya Rp.20.000,- dan Rp.30.000, – untuk bus.

(Harga tiket masuk museum dan harga tiket parkir biasa berubah setiap saat).

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi museum dirgantara
foto: https://www.instagram.com/tiantiyun_aviation/

Ketika anda berencana mengunjungi obyek wisata satu ini, anda tidak akan merasa kesulitas. Karena lokasinya tidak jauh dari pusat kota Jogja dengan rute dan akses jalan yang sudah baik.

Museum Dirgantara sendiri berlokasi di Kawasan bandara Adisutjipto, Karang Janbe, Banguntapan, Kecamatan Depok, Kab. Sleman, Yogyakarta. Dari pusat kota Jogja berjarak kurang lebih 10 km dengan waktu tempuh sekitar 20 menit dengan kendaraan.

Lokasi Museum Dirgantara Jogja ini terbilang cukup mudah untuk ditemukan dan akses jalannya sudah bagus. Bagi kalian yang berangkat dari 0 km Yogyakarta ke arah timur Jalan Raya Jogja, bisa lurus terus menuju Jalan Kusumanegara.

Setibanya di pertigaan ke timur jalan, lanjutkan perjalanan menuju perempatan utara dan jalan terus hingga sampai di putar balik jalan. Selanjutnya tinggal ikuti arah jalan hingga sampai di Museum Dirgantara tersebut.

Ketika anda bingung rute yang harus anda lalui ketika berencana mengunjungi Museum Dirgantara Yogyakarta. Berikut peta lokasi yang bisa anda akses untuk memudahkan liburan anda.

Datang juga ke –> Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta wisata anti mainstream di Jogja dengan keindahan luar biasa.

Jam Buka Museum Dirgantara

Jam Buka Museum Dirgantara
foto: https://www.instagram.com/p/Cgt42ZBh9xq/?utm_source=ig_web_copy_link

Museum Dirgantara di buka setiap hari mulai dari jam 08.00 – 16.00 WIB. Nikmati sajian koleksi menarik di Museum Dirgantara bersama keluarga tercinta. Kalian bisa berkunjung kapan saja, namun waktu terbaik untuk singgah ke wisata ini yakni saat tiba masa liburan.

Wisatawan didominasi oleh para keluarga yang membawa si buah hatinya untuk menghabiskan waktu liburan bersama. Museum Dirgantara tak hanya menjadi tempat rekreasi biasa, namun juga sebagai wisata edukasi bagi para wisatawan.

Daya Tarik

Daya Tarik Museum Dirgantara
foto: https://www.instagram.com/p/CJijdcApVCd/?utm_source=ig_web_copy_link

Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi sejarah Angkatan Udara. Aawalnya museum ini dibangun di Jakarta, kemudian dipindah ke Yogyakarta pada tahun 1978.

Museum tersebut memiliki luas hingga mencapai 4,2 hektar dengan luas bangunan seluruhnya mencapai 8.765 meter persegi. Didalamnya terdapat koleksi dan tempat penyimpanan benda bersejarah yang berkaitan dengan Angkatan Udara Indonesia.

Tak hanya itu, Museum ini juga menyimpan foto-foto sejarah TNI AU serta diorama peristiwa masa lalu. Banyak pula deretan pesawat tempur dan replika yang sebagian berasal dari masa Perang Dunia 2 dan Revolusi Kemerdekaan Indonesia.

Saat berkunjung kesana, kamu bisa menikmati sajian sejarah tersebut secara puas serta bisa berswafoto dengan latar belakang pesawat tempurnya. Nikmati berbagai suguhan wisata yang akan membawa kamu bernostalgia dengan masa lalu dan juga menambah wawasan baru.

Fasilitas

fasilitas di museum dirgantara
foto: https://www.instagram.com/rinaoktaria8/

Menjadi obyek wisata klasik di Yogyakarta dan sudah sangat populer membuat destinasi Museum Dirgantara di lengkapi dengan fasilitas yang lengkap. Berikut daftar fasilitas wisata yang bisa anda nikmati ketika berlibur di obyek wisata satu ini:

  • Lokasi parkir yang luas
  • Mushola
  • Souvenir shop
  • Kamar mandi / toilet
  • Kantin dan warung wisata
  • Perpustakaan
  • Auditorium
  • Spot foto dan koleksi menarik

Rasakan sensasi dan pengalaman berlibur yang menyenangkan bersama keluarg di Yogyakarta dengan mengunjungi Museum Dirgantara.

Spot Wisata di Museum Dirgantara

spot wisata di museum dirgantara
foto: https://www.instagram.com/wafiqfzh/

Banyak sekali aktivitas seru dan menyenangkan yang bisa anda lakukan ketika berlibur di Museum Dirgantara Yogyakarta. Berikut aktivitas seru ketika berlibur di museum Jogja satu ini:

1. Belajar Sejarah

belajar sejarah
foto: https://www.instagram.com/birowisataampelboyolali/

Destinasi wisata museum pastinya menyimpan sejarah unik yang harus diabadikan. Jika anda mengunjungi Museum Dirgantara Yogyakarta, anda bisa belajar sejarah masa lalu khususnya di dunia kemiliteran Indonesia.

Tak hanya menjadi sebuah wisata rekreasi, namun Museum Dirgantara juga menjadi sarana edukasi bagi wisatawan. Kalian bisa mempelajari dan mengamati berbagai jenis pesawat tempur, benda-benda bersejarah, juga tokoh-tokoh penting TNI AU.

Pastinya berwisata ke Museum Dirgantara akan membuat kalian semangat belajar karena bisaa langsung melihat langsung wahana pembelajarannya. Untuk bisa berkunjung ke wisata satu ini kalian hanya perlu mengeluarkan biaya murah.

Cocok dijadikan pula sebagai wisata keluarga yang rekomended untuk menghabiskan waktu liburan akhir pekan.

Datang juga ke –> Pantai Parangkusumo Yogyakarta pantai penuh kisah misteri namun menyajikan keindahan luar biasa.

2. Melihat Koleksi Menarik

koleksi museum dirgantara
foto: https://www.instagram.com/ramawa2/

Salah satu daya tarik yang ada di Museum pastinya yaitu koleksi-koleksinya. Nikmati sajian koleksi di Museum Dirgantara yang di dominasi oleh bangkai-bangkai pesawat yang menceritakan sejarah peperangan di masa lalu.

Berbagai pesawat buatan Jepang dapat kalian saksikan secara langsung dengan berkunjung ke wisata satu ini. Akan banyak hal menarik yang akan membuat kalian takjub, karena wisata sejarah ini dikemas begitu lengkap.

Selain koleksi pesawat, kalian juga bisa menyaksikan para tokoh TNI AU yang telah berjasa dalam mempertahankan Indonesia. Dengan banyaknya foto-foto yang dipanjang dibagian dinding museumnya.

Terdapat pula beberapa patung tokoh bersejarah yang berdiri begitu gagahnya, bisa kalian lihat secara langsung disana. Anak bisa sembari belajar mengenal tokoh-tokoh tersebut, karena akan sangat mengasyikkan jika rekreasi sambil belajar menambah pengetahuan baru.

3. Berburu Foto Kece

spot foto museum dirgantara
foto: https://www.instagram.com/sellyviani_/

Abadikan momen berlibur anda dan keluarga dengan spot spot kece berupa bangkai pesawat yang tersusun rapi. Menyajikan landscape kece yang rekomended untuk mengambil gambar untuk postingan media sosial.

Pastikan untuk tidak meninggalkan aktivitas satu ini, karena akan sangat disayangkan jika terlewat begitu saja. Jangan lupa untuk menyiapkan kamera terbaikmu guna mengabadikan berbagai kenangan berharga disana.

Kalian bisa menemukan sudut-sudut fotografi yang keren seperti dengan latar belakang pesawat tempur yang berukuran besar sekali. Atau bisa juga berfoto bersama koleksi sejarah yang patut untuk dikenang karena mengandung nilai-nilai bersejarah yang penting.

4. Mencoba Atmosfer Kokpid Pesawat

pesawat museum dirgantara
foto: https://www.instagram.com/mhabibulloh93/

Anda juga bisa menaiki bangkai pesawat yang ada di Museum Dirgantara Yogyakarta. Rasakan feel menerbangkan pesawat dengan batas radar fantasi yang anda miliki.

Menarik bukan? jangan khawatir karena pesawat tersebut sudah tidak dioperasikan kembali. Sehingga mesinnya pun sudah tua dan tak bisa dinyalakan kembali, kamu bisa menaikinya dengan aman.

Bagi pengunjung yang belum pernah merasakan sensasi naik pesawat, bisa mencoba simulasinya terlebih dahulu di Museum Dirgantara ini. Nikmati waktu liburan yang tak akan terlupakan dengan berbagai momen yang berkesan.

Tips Berkunjung

tips berkunjung ke museum dirgantara
foto: https://www.instagram.com/primaayucahyani/

Nikmati keseruan liburan di Museum Dirgantara bersama keluarga tercinta. Berikut tips berkunjung ke Museum Dirgantara dari Sikidang Travel Guide untuk anda:

  • Datanglah ketika akhir pekan bersama keluarga tercinta
  • Bawa kamera untuk mengambil gambar ketika berlibur di museum satu ini.
  • Ajak anak-anak untuk membahagiakan mereka dengan berbagai macam koleksi menarik di museum ini.

Semoga informasi wisata Museum Dirgantara Jogja dari Sikidang Travel Guide bisa membantu dan memudahkan liburan anda di Yogyakarta. Nantikan kembali destinasi wisata lainnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Review sebelumnya –> Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta Wista alam dengan spot foto instagramable.

paket wisata jogja

Kini anda bisa merasakan liburan berkualitas di Jogja tanpa harus ribet siapin semua kebutuhan dan fasilitas wisata sendirian. Karena Sikidang Travel Guide hadir dengan layanan Paket Wisata Jogja dengan berbagai macam pilihan.

Pilih paket liburanmu sesuai dengan kebutuhan maupun keinginan. Fasilitas terbaik dengan layanan ekslusive siap memanjakan dan mewujudkan liburan impian anda di Yogyakarta.

Previous articleHutan Pinus Mangunan Yogyakarta
Next articlePulau Kelapa Jakarta