Home Wisata Jawa Barat Chinatown Bandung

Chinatown Bandung

Chinatown Bandung
foto: https://goo.gl/maps/k3dWFVqc5Tpheydc8

Chinatown adalah salah satu wisata populer di Bandung yang rekomended dengan nuansa Asia Timur. Destinasi ini memiliki nuansa pasar pecinan tempo dulu dengan berbagai macam barangan unik dan kuliner lezat.

Pada 20 Agustus 2017 lalu tempat ini diresmikan oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Kota kembang sendiri tentu layak untuk mendapatkan sebutan sebagai surganya bagi para pecinta foto.

Ada banyak sekali wisata yang instagenic. Mulai dari wisata wahana permainan hingga alam dan masih banyak lagi lainnya seperti wisata China town ini salah satunya.

Wisata ala cina ini menawarkan latar berfoto berupa bangunan Tionghoa serta kuliner Bandung disuguhkan dengan ciri khasnya yang lezat. Selain itu, para pengunjung sekalian belajar sejarah penduduk Tiongkok yang pernah masuk ke Indonesia.

Tempat ini juga sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang memiliki hobi nongkrong sambal menikmati kuliner lezat. Nah, Anda ingin lebih tahu tentang wisata ini? Yuk simak penjelasan singkat berikut ini!

Harga Tiket Masuk Chinatown Bandung

harga tiket masuk chinatown bandung
foto: https://www.instagram.com/intn.olivia.ms/

Supaya bisa masuk ke kawasan pecinan tersebut. Para pengunjungnya dikenai harga tiket masuk Chinatown Bandung sebesar Rp 30.000 untuk hari biasa. Sedangkan pada akhir pekan para pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp 35.000.

Harga dari tiket masuk tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan ataupun makanan yang ada di wisata Chinatown.

Untuk transaksi di dalam tempat wisata ini tidak melayani cash, melainkan kartu kredit, debit ataupun e-money Flazz. Setelah memesan tiket dan membayarnya, Anda akan memperoleh tiket masuk dan pin cantik sebagai kenang-kenangan.

Harga tiket masuk dan lainnya di Chinatwon Bandung ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi chinatown bandung
foto: https://www.instagram.com/lany.ali/

Lokasi Chinatown Bandung cukup strategis, sehingga para pengunjung yang ingin mendatangi tempat ini akan mudah untuk menemukannya.

Ia berada di wilayah perkotaan dan sangat dekat dengan alun-alun Bandung. Yaitu memiliki jarak sekitar 2 kilometer atau 4 menit untuk waktu tempuh ke barat alun-alun.

Alamat Chinatown Bandung lebih tepatnya berada di jalan kelenteng no 41, Ciroyom, Andir, Kota Bandung. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum untuk sampai menuju lokasi wisata tersebut.

Berikut ini kami berikan akses google maps yang dapat mempermudah perjalananAnda menuju Chinatown Bandung.

Datang juga ke –> Jendela Alam Lembang Bandung banyak spot foto dan fasilitas wisata lengkap yang rekomended untuk berlibur.

Jam Buka Chinatown Bandung

Jam Buka Chinatown Bandung
foto: https://goo.gl/maps/LiUx8u1az8cHX74z7

Chinatown dapat dikunjungi kapan saja, karena wisata di Kota Bandung tersebut selalu buka setiap harinya. Sedangkan untuk jam operasionalnya yaitu setiap hari (Senin-Minggu) mulai pukul 11.00 hingga 22.00 WIB.

Chinatown merupakan salah satu wisata yang ramai dikunjungi saat liburan terutama akhir pekan. Sebuah kota dengan konsep Chinese yang menjajakan makanan khas, souvenir antik, serta wahana menarik lainnya.

Lokasinya yang tak begitu jauh dari pusat kota Bandung membuat wisat ini mudah sekali untuk dijangkau. Tak heran jika setiap harinya selalu dibanjiri dengan kerumunan para wisatawan.

Daya Tarik

Daya Tarik Chinatown Bandung
foto: https://goo.gl/maps/ZxcTrDLW7b46MjSL6

Chinatown Bandung menjadi salah satu dari banyak wisata di Jawa Barat yang populer dan selalu ramai tak kenal musim. Pasalnya wisata satu ini menawarkan tempat liburan dengan beragam wahana, kuliner, barang antik, spot foto dan masih banyak lagi.

Kota China ini diresmikan langsung oleh Ridwan Kamil pada tahun 2017 silam. Kampung ini berdiri diatas lahan dengan luas mencapai 3.000 hektar yang banyak dihuni oleh ras Tionghoa.

Kampung Pecinaan, begitulah sebutan lainnya yang memiliki popularitas cukup ternama hingga dijadikan sebagai obyek wisata. Chinatown awalnya adalah sebuah bioskop yang dirancang oleh seseorang bernama Max Van Sooten, arsitektur asal Belanda.

Namun kemudian dialih pindahkan menjadi rumah duka yang dikelola oleh Perhimpunan Sosial Masyarakat Bandung. Kemudian tak lama berselang, difungsikan sebagai Chinatown ini.

Bagi Anda yang penasaran didalam kawasan kampung tersebut ada apa saja. Yakni terdapat beragam jenis ornamen-ornamen pecinaan, toko makanan, restoran, toko souvienir dan lainnya.

Bahkan penghuni kampung China ini adalah mereka yang masih mempunyai darah Chinese. Orang China terkenal akan keramah-tamahannya, yang akan Anda buktikan sendiri saat berkunjung ke wisata tersebut.

Suasana didalam kampung China tersebut sangatlah khas, dengan lampion-lampion merah yang bergelantungan. Memberikan nuansa pedesaan tradisional yang tenang dan nyaman dengan bermacam kegiatan didalamnya.

Sudut-sudut fotografi pun banyak terdapat disana, membuat Anda tak sabar untuk mengabadikan setiap momen. Jika sedang berada di sekitar Bandung, jangan lupa untuk menengok wisata unik satu ini.

Fasilitas

fasilitas di chinatown bandung
foto: https://www.instagram.com/sultanaughty/

Chinatown Bandung sebagai tempat wisata hits memiliki fasilitas yang tak kalah keren dari tempat-tempat lainnya. Setiap pengunjung dapat memanfaatkan fasilitas Chinatown Bandung, diantaranya yaitu:

  • Tempat kuliner

Bagi pengunjung yang tidak membawa bekal pribadi, bisa membeli makanan yang ada di tempat kuliner Chinatown

  • Souvenir

Kurang lengkap jika belum berbelanja di area pecinan, nah Anda dapat memilih oleh-oleh dengan puas di toko ini.

  • Spot Foto

Agar liburan terasa lebih berkesan, kurang afdol jika belum mengabadikan momen-momen mengasyikkan saat di Chinatown.

  • Mushola

Meskipun namanya pecinan, tempat ini tersedia tempat ibadah bagi pengunjung muslim.

  • Toilet dan Parkir, dll

Spot Wisata di Chinatown Bandung

spot wisata di chinatown bandung
foto: https://www.instagram.com/busranwahab/

Chinatown Bandung seringkali disebut dengan pecinan (area cina) sebab sebagian besar warga setempat adalah keturunan suku Tionghoa. Sehingga di pecinan seringkali dijadikan sebagai kawasan wisata yang menarik.

1. Bandung Chinatown Museum

Bandung Chinatown Museum
foto: https://www.instagram.com/shahirahfaziraa/

Memasuki wisata pecinan, hal pertama yang akan Anda temui yaitu Bandung Chinatown Museum. Yaitu museum kecil yang menerangkan tentang waktu masuknya etnis Tionghoa ke Indonesia.

Di dinding terdapat asal-usul bagaimana etnis Tionghoa datang, dan menetap di berbagai daerah termasuk Bandung. Selain itu, terdapat juga barang antic tempo dulu seperti sepeda onthel, teko, cangkir hingga piring keramik bergambar naga.

Setiap pengunjung diperbolehkan selfie atau mengambil gambar barang antik tersebut akan tetapi dilarang untuk menyentuhnya. Oleh sebab itu, terdapat tali pembatas di sekeliling barang yang dipajang.

Banyak sudut fotografi yang kece dan keren, yang tak boleh terlewatkan begitu saja. Dapatkan berbagai pengalaman berharga dengan momen spesial yang tak akan terlupakan.

Kunjungi juga –> Dago Dream Park Bandung rasakan sensasi liburan yang tek terlupakan bersama orang tercinta.

2. Belanja Rasa Oriental

chinatown Oriental
foto: https://www.instagram.com/dollytaufik/

Saat berjalan-jalan di wisata tersebut Anda akan menemui banyak toko yang menjual aksesoris, pakaian, payung, sandal dan lain-lain. Satu yang menjadikan toko ini unik yaitu karenanya desainnya menonjolkan sisi oriental.

Dapat terlihat dari papan nama tokonya yang berwarna merah dan di setiap pintu masuk dihiasi dengan lampion. Pengunjung akan dibuat bingung dengan banyaknya makanan, souvenir, serta barang antik lainnya.

Jangan lupa untuk mencicipi bermacam jenis kuliner enak dengan harga terjangkau dan cita rasa makanan khas Chinese.

3. Spot Foto di Chinatown

Spot Foto di Chinatown
foto: https://www.instagram.com/ayukyrobert/

Para pengunjung yang suka berfoto-foto seperti Anda tidak usah khawatir. Sebab di tempat wisata ini memiliki banyak spot yang asyik untuk menyalurkan hobi. Hampir semua sudut di area pecinan dapat Anda jadikan sebagai latar berfoto ria yang bagus.

Anda dapat berfoto ala-ala kerajaan di jembatan kecil merah. Atau di bangunan pagoda kuning yang bisa digunakan sebagai tempat duduk pengunjung.

Ingin bergaya ala-ala pangeran dan putri kerajaan Tiongkok juga bisa. Anda dapat menyewa kostum di booth penyewaan kostum Ching-Ching dan foto studio. Anda bisa menyewanya dan bermake up dengan harga mulai dari Rp 50.000

Untuk harga sewa kostum bagi orang dewasa mulai dari Rp 75.000 hingga Rp 15.000. Sedangkan untuk anak-anak seharga Rp 50.000 sampai Rp 100.000.

Tips Berkunjung

tips berkunjung ke chinatown bandung
foto: https://www.instagram.com/ledia_pattiwael/

Berikut tips berkunjung ala Sikidang.com agar wisata Anda menjadi lebih mengasyikkan:

  • Anda yang ingin berkunjung, akan tetapi tidak tahu letak jalan kelenteng. Maka dari alun-alun kota Bandung hanya perlu mengikuti jalan lurus di Jalan Sudirman-perempatan Sudirman-Cibadak-Kelenteng-lalu belok kanan.
  • Membawa bekal makanan pribadi agar liburan Anda lebih hemat
  • Jangan lupa membawa alat untuk mengabadikan momen-momen wisata Anda
  • Selalu hati-hati dan jaga kebersihan dimana pun berada

Nah itulah informasi mengenai wisata Chinatown Bandung. Jika ingin berwisata ke destinasi ini. Maka lebih baik Anda menggunakan mobil pribadi sebab tidak ada angkutan kota yang melintas persis ke tempat wisata tersebut.

Nantikan kembali info destinasi wisata menarik lainnya di Bandung.

Review sebelumnya –> Sendang Kahuripan Bandung wisata alam yang akan membawa anda menikmati liburan yang berkualitas di Jawa Barat.

paket wisata bandung
foto: https://www.instagram.com/qinanatour/

Apabila Anda tidak mau repot-repot pilih saja layanan dari Sikidang Travel Guide. Anda akan diberikan layanan fasilitas ataupun akomodasi yang exclusive, nyaman dan terpercaya.

Sehingga anda dapat berwisata dengan tenang karena Sikidang Travel Guide siap mengurus keperluan Anda. Dan juga Anda dapat menikmati paket trip Bandung lebih komplet dan dengan harga yang bersahabat untuk kantong.

Previous articleSendang Kahuripan Bandung
Next articleGrafika Cikole Bandung