Home Wisata Jawa Barat Curug Cipanji Bandung

Curug Cipanji Bandung

Curug Cipanji Bandung
foto: https://www.instagram.com/p/CkdRMdrJayq/?utm_source=ig_web_copy_link

Curug Cipanji adalah salah salah satu destinasi wisata air terjun yang tersembunyi di Jawa Barat. Anda yang sedang liburan ke Bandung, Jawa Barat dan mencari tujuan wisata alam menyenangkan. Curug Cipanji bisa menjadi alternative yang tepat.

Beragam kegiatan wisata bisa Anda lakukan di sini bersama keluarga, pasangan dan teman-teman tercinta Anda. Jadi penasaran, seperti apa sih keindahan yang dimiliki oleh destinasi wisata satu ini?

Dimana rute yang bisa dilalui dari pusat kota Bandung untuk bisa menuju ke destinasi wisata air terjun yang indah ini?. Simaklah ulasan lengkapnya pada artikel dibawah ini tentang Curug Cipanji tersebut.

Harga Tiket Masuk Curug Cipanji

Harga Tiket Masuk Curug Cipanji
foto: https://www.instagram.com/adityasuryap33/

Curug Cipanji adalah sebuah wisata air terjun yang letaknya ada di kawasan Ciwidey. Air terjun ini memiliki letak yang cukup tersembunyi. Banyak yang masih belum mengenal wisata air terjun ini karena letaknya yang masih bisa dikatakan terpencil.

Kalau wisata Ciwidey, pasti warga Bandung tidak akan asing karena wisatanya yang cukup terkenal dan populer. Namun kalau Curug Cipanji, bisa dibilang hampir banyak wisatawan yang kurang mengenal wisata ini.

Jadi bisa dibilang, Curug Cipanji ini adalah hidden paradisenya kawasan Ciwidey, lho. Hal yang membuat unik Curug Cipanji ini adalah letaknya yang berada di perkebunan teh hijau yang begitu indah dan luas.

Jadi, ketika perjalanan menuju wisata ini, Anda akan menyaksikan hamparan permadani hijau dari perkebunan teh indah Curug Cipanji. Nah, untuk bisa masuk ke surga tersembunyinya Ciwidey ini, Anda tidak harus membeli tiket masuknya dulu.

Ya, tidak ada harga tiket masuk Curug Cipanji karena wisatawan bisa masuk ke tempat wisata ini dengan gratis alias cuma-cuma. Wah, kapan lagi nih bisa berwisata gratis di kawasan Ciwidey dan menikmati pemandangan yang sangat indah?

namun tentunya harga tiket masuknya dapat mengalami perubahan kapan saja. Sebaiknya pengunjung mencari informasi terbaru sebelum berkunjung.

Alamat dan Rute Lokasi Curug Cipanji

Alamat dan Rute Lokasi Curug Cipanji
foto: https://www.instagram.com/mhmmdilys27/

Lokasi Curug Cipanji ini sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas, berada di kawasan Ciwidey. Sementara alamat Curug Cipanji sendiri berada di sebuah desa bernama Tenjolaya.

Desa ini masih berada di  Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung. Untuk bisa menuju ke kawasan wisata ini dari pusat kota Bandung. Anda hanya memerlukan waktu sekitar 1 jam 21 menit atau menempuh jarak 40,2 km.

Dari pusat kota Bandung, Anda bisa mengambil arah timur di Jl. Gudang Selatan kemudian lurus menuju Jl. Jendral Ahmad Yani. Dari Jl. Jendral Ahmad Yani, gunakan lajur mana pun untuk belok kanan ke Jl. Asia Afrika.

Setelah itu, teruskan ke Jl. Jend. Sudirman sampai Anda melewati Alfamart Sudirman 1 di kiri jalan. Kemudian Anda bisa terus lurus saja untuk tetap di Jl. Jend. Sudirman dan melewati Alfamart.

Kemudian Anda bisa terus ke kiri untuk melanjutkan ke Jl. Nasional III. Nah, di bundaran, Anda bisa mengambil jalan keluar pertama menuju Jl. Nasional III. Kemudian Anda bisa belok kanan ke Jalur Keluar Tol Pasir Koja dan lanjutkan untuk mengikuti Jalur Keluar Tol Pasir.

Setelah itu, Anda bisa teruskan ke Jl. Propinsi/Jl. Raya Ciwidey dan lanjutkan perjalanan Anda dengan mengikuti Jl. Raya Ciwidey sekitar 6,7 km. Setelah itu Anda bisa mengemudi ke Jl. Cipanyi sekitar 5,2 km dan belok kiri ke Jl. Tenjolaya.

Baru setelah itu belok sedikit ke kiri menuju Babakan Pangajaran dan ambil ke arah kiri menuju ke Jl. Kutamaju dan belok kanan ke Seninten. Dari situ, Curug Cipanji sudah terlihat di kiri jalan.

Berikut ini akses google maps yang bisa Anda gunakan untuk menuju lokasi wisata Curug Cipanji tersebut.

Datang juga ke –> Pine Forest Camp Lembang banyak spot foto menarik bertemakan alam untuk aktivitas yang seru dan menyenangkan.

Jam Buka Curug Cipanji

Jam Buka Curug Cipanji
foto: https://www.instagram.com/p/BsS8eUygNJL/?utm_source=ig_web_copy_link

Pengunjung bisa datang dan kembali kapan saja, karena wisata satu ini dapat diakses selama 24 jam. Mengingat kawasannya yang belum memiliki tiket masuk serta jam operasional resmi.

Meski begitu, sudah banyak wisatawan yang mencoba untuk mengeksplor kekayaan alam di air terjun Cipanji ini. Lokasinya yang berada ditengah hutan dan pepohonan rimbun, membuat sebuah tantangan tersendiri bagi para wisatawan.

Walaupun trekking dan medan menuju lokasi curug terbilang cukup sulit, namun semuanya akan terbayar dengan keindahan air terjunnya. Jika Anda menyukai petualangan dan tantangan, spot Curug Cipanji ini bisa dicoba untuk mengisi waktu luang atau liburan Anda.

Daya Tarik

Daya Tarik Curug Cipanji
foto: https://www.instagram.com/p/CKqLXg9hL7Z/?utm_source=ig_web_copy_link

Curug Cipanji adalah salah satu dari banyaknya wisata alam di Bandung yang masih tersembunyi. Keindahan air terjunnya merupakan hidden gem yang patut untuk ditemukan.

Lokasinya berada dipegunungan dan ditengah hutan, sehingga untuk mencapai kawasan curug diperlukan perjuangan. Curug Cipanji memiliki tiga tingkatan air terjun yang berbeda sehingga disebut berundak atau bersusun. Ketiga curug tersebut memiliki nama yang sama yaitu Cipanji. Jika biasanya beberapa curug memiliki nama yang berbeda, namun tidak dengan Cipanji.

Tidak ada pula sejarah atau asal usul dari Curug Cipanji yang terdengar di telinga wisatawan. Sehinggga keadaan curug ini memang masih sangat tersembunyi dan belum banyak yang tahu. Air terjun Cipanji ini memiliki ketinggian mencapai 25 meter dengan kolam tampungan. Volume airnya begitu deras dan angin disekitar lokasi tergolong cukup deras, sehingga terkesan seperti sedang hujan.

Tak heran jika curug ini dijuluki sebagai Waterboom alam, pasalnya aliran air yang dimiliki sangat deras. Yang sebenarnya sangat cocok untuk melakukan olahraga seperti arung jeram.

Selain itu, curug ini memiliki posisi air terjun yang landai sehingga membuat aliran airnya tersebar merata keseluruh bagian. Terdapat bebatuan yang licin, sehingga Anda sebaiknya berhati-hati saat memijaknya.

Airnya sendiri sangat jernih, yang mengalir deras dari atas bukit, berasal dari sumber mata kaki Gunung Cipanji. Setelah sampai dilokasi, pengunjung bisa membasuh muka dengan kesegaran airnya yang tiada tanding.

Fasilitas  Curug Cipanji

Fasilitas  Curug Cipanji
foto: https://www.instagram.com/insanfadilmr/

Fasilitas  Curug Cipanji bisa dikatakan belum lengkap karena wisata ini belum begitu terkenal. Selain itu juga destinasi wisata satu ini belum dikelola dengan oleh pemerintah setempat.

Beberapa fasilitas yang tersedia di Curug Cipanji adalah :

  1. Kamar mandi
  2. Warung makan
  3. Parkir

Parkir dan kamar mandi yang tersedia saja masih menggunakan rumah dan lahan warga sekitar. Jadi jangan berharap banyak ya mengenai fasilitas di tempat wisata Bandung satu ini.

Spot Wisata di Curug Cipanji

Spot Wisata di Curug Cipanji
foto: https://www.instagram.com/hend.ig/

Meskipun tempat wisata ini belum mempunyai fasilitas yang lengkap sebagaimana destinasi wisata lainnya. Ada beberapa aktivitas wisata yang bisa Anda nikmati di Curug Cipanji, di antaranya adalah :

1. Berenang

berenang di Curug Cipanji
foto: https://www.instagram.com/che_lesperance/

Air yang ada di Curug Cipanji ini benar-benar bersih dan menyegarkan. Anda yang ingin sekali bermain air, harus mencoba berenang di Curug Cipanji ini. Ada sebuah batu dengan panjang 5 meter yang bisa digunakan untuk sluncuran layaknya berenang di waterboom.

Meskipun debit air terjun yang mengalir tergolong deras, namun kolam dibawahnya aman untuk berenang. Banyak wisatawan yang datang dan langsung berenang karena melihat kesegaran air Curug Cipanji tersebut.

Namun jangan lupa untuk membawa baju ganti, agar Anda tak masuk angin setelah berenang. Dikarenakan minimnya fasilitas dan sarana lainnya, sebaiknya pengunjung membawa bekal sendiri dari rumah.

Setelah puas bermain air, Anda bisa mengisi perut yang keroncongan dengan makan dari bekal yang dibawa. Pastinya akan sangat nikmat dimakan setelah berenang dan ditengah hutan yang asri.

2. Menikmati Pemandangan

Menikmati Pemandangan curug cipanji
foto: https://www.instagram.com/che_lesperance/

Jika Anda stress dan membutuhkan self healing. Curug Cipanji ini bisa menjadi tempat yang tepat untuk menghilangkan stress yang Anda rasakan. Udara yang ada di Curug Cipanji ini sangatlah bersih dan menyegarkan. Sangat cocok untuk mengusir rasa penat dan stress Anda.

Setelah seminggu bekerja, pastinya akhir pekan digunakan untuk beristirahat dan bersantai. Bagi Anda yang ingin bersantai di alam yang masih sangat asri, bisa menuju Curug satu ini.

Lokasinya benar ditengah hutan dan dekat perkebunan teh, sehingga banyak wahana dan wisata yang bisa Anda nikmati. Perjalanan yang panjang dan sulit akan terbayar dengan melihat keindahan view air terjun.

Gemercik air yang cukup deras mampu menengankan hati, jiwa, dan pikiran yang sedang penat akan masalah kehidupan. Spot healing di Curug Cipanji ini sangat rekomended bagi Anda yang berminat.

Kunjungi juga –> Ciwangun Indah Camp Lembang rekomended untuk aktivitas outdoor di Bandung bersama keluarga maupun sahabat.

3. Hunting Foto

Hunting Foto di curug cipanji
foto: https://www.instagram.com/jacksaja/

Curug Cipanji ini mempunyai air terjun dengan 4 aliran yang indah. Nah, salah satu aliran curugnya mempunyai bentuk yang unik, yakni berbentuk batu datar yang dengan panjang hingga 5 meter.

Anda bisa lho hunting foto dengan segala pemandangan yang menakjubkan di Curug Cipanji ini. Pastikan membawa kamera terbaik untuk mengabadikan beragam foto ala instagram yang kekinian.

Jadikan sudut-sudut di area curug sebagai setting fotografi untuk mengisi feed instagrammu lebih berwarna. Nikmati trip liburan ke alam dengan berbagai medan dan hal menarik selama diperjalanan.

Tips berkunjung

tips berkunjung ke curug cipanji
foto: https://www.instagram.com/iman7069/

Jika Anda ingin berkunjung ke Curug Cipanji ini, maka Anda perlu menerapkan beberapa tips, di antaranya adalah :

  1. Datanglah saat pagi atau sore hari saat udara masih sejuk
  2. Bawa baju ganti
  3. Gunakan sepatu kets atau olahraga
  4. Siapkan air minum karena Anda akan trekking cukup panjang

Review sebelumnya –> Bukit Pangjebolan Indah banyak spot foto dengan sajian pemandangan alam yang mempesona dengan citylightnya.

Semoga informasi wisata alam diatas dapat bermanfaat dan mempermudah perjalanan liburan Anda ke Curug Cipanji. Nantikan kembali info destinasi wisata lainnya di Bandung yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

paket wisata bandung
foto: https://www.instagram.com/qinanatour/

Bagi Anda yang ingin lebih mudah berwisata ke Curug Cipanji. Maka Anda bisa menggunakan layanan paket wisata Bandung 3 hari 2 malam dari Sikidang Travel Guide.  Agar perjalanan wisata Anda menjadi lebih fleksibel.

Previous articleBukit Pangjebolan Indah Lembang
Next articlePulau Kapas Trenganu