Home Wisata Riau Air Terjun Batu Dinding Kampar

Air Terjun Batu Dinding Kampar

Air Terjun Batu Dinding Kampar
Foto: https://www.instagram.com/yasri_irsay/

Air Terjun Batu Dinding merupakan salah satu destinasi wisata lam yang wajib kamu kunjungi karena keindahan dan keasriannya. Curup Batu Dinding yang berada di Kampar Riau ini menyajikan panorama keindahan sangat langka dengan air terjun pendek cantik.

Wisatwan yang berkunjung ke Air Terjun Batu Dinding terpsona dengan keindahan air sangat jernih dan menggenang berwarna biru kehijauan. Air terjun ini juga dikelilingi oleh pepohohan rindah dengan suasana yang sangat sejuk dan tenang,

Obyek wisata Air Terjun Batu Dinding sangat cocok untuk kamu yang ingin berwisata sembari healing, karena suasana tenang. Karena tempatnya yang cukup jauh, wisata ini juga masih sangat asri tidak tersentuh hiruk pikuk suasana kota dan polusi.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Batu Dinding

Harga Tiket Masuk Air Terjun Batu Dinding
Foto: https://www.instagram.com/daerahpekanbaru/

Tiket masuk Air Terjun Batu Dinding, dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau dan ramah di kantong. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp.10.000 untuk masuk dan menikmati segala keindahan Air Terjun Batu Dinding.

Selain harga tiket mausk tersebut, kamu juga akan dikenaik tarif parkir murah sesuai dengan jenis kendaraan yang diabawa oleh pengunjung. Bagi wisatawan yang datang ke Air Terjun Batu Dinding dengan membawa kendaraan berupa mobol tarif aprkirnya sebesar Rp. 10.000.

Sedangkan bagi pengunjung yang membawa kendraan roda dua atau sepeda motor, akan dikenai biaya parkir sebesar Rp.5.000 saja. Dengan membayar biaya parkir tersebut pengunjung akan tennag meninggalkan kendaraan karena sudah terjamin keamanannya.

Namun, harga masuk dan parkir diatas, bisa berubah kapan saja sesuai kebijakan pengelola wisata Air Terjun Batu Dinding.

Alamat dan Rute Lokasi

Alamat dan Rute Lokasi Air Terjun Batu Dinding
Foto: https://www.instagram.com/yasri_irsay/

Lokasi Air Terjun Batu Dinding beralamat di Desa Tanjung Belit, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Tempat wisata ini berada cukup jauh dari pusat kota Pekanbaru. Berjarak 102 Kilometer dengan estimasi waktu tempuh 3 jam dengan kendaraan bermotor.

Rute menuju Air Terjun Batu Dinding jikia dari pusat kota Pekan baru kamu bisa lanngsung melanjutkan perjalanan menuju Lipat Kain. Setelah itu, arahkan kendaraanmu menuju Desa Gema, Kecamatan Kiri Hulu.

Setelah itu kurang lebih berjarak 5 km kamu akan sampai di Desa Tanjung Belit, dan dilanjutkan memilih akses. Akses pertama kamu bisa menempuh denGAN jalan kaki selama 30-45 menit dengan rute menajak.

Akses kedua, kamu bisa menyewa perahu pompong dan berjalan melalui jalur air yang akan menghemat tenaga dan waktu. Biaya untuk menaiki perahu ini adalah Rp.10.00 -15.000 per orang dan setelah turun kamu masih harus berjalan kaki menuruni bukit.

Jam Buka Air Terjun Batu Dinding

Jam Buka Air Terjun Batu Dinding
Foto: https://www.instagram.com/nandahopii/

Untuk kamu yang ingin menikmati keindahan Air Terjun Batu Dinding bisa mendatangi obyek wisata ini kapan saja. Karena air terjun ini memiliki jam operasional tak terbatas atau 24 jam non stop.

Selain itu, tempat wisata ini juga bisa kamu nikmati setiap harinya dari Senin hingga Minggu. Walaupun begitu waktu terbaik untuk mendatangi obyek wisata Air Terjun Batu Dinding adalah saat weekday di pagi hari. Karena biasanya pada saat weekend wisata ini akan lebih ramai pengunjung.

Fasilitas

Air Terjun Batu Dinding
Foto: https://www.instagram.com/exploresumbarriau/

Karena memang berada pada tempat yang jauh dan memiliki kontur lahan sulit, wisata ini belum memiliki fasilitas memadahi. Kamu tidak bisa menjumpai fasilitas penujang apapun selama di Air Terjun Batu Dinding kecuali spot wisata dan akses jalan.

Walaupun begitu, untuk wisatawan yang ingin mencari toilet maupun tempat makan, kamu bisa datang ke pemukiman. Lokasi pemukiman yang menyediakan toilet dan warung ini terletak sebelum wisata.

Karena keterbatasan fasilitas tersebut, pengunjung yang datng ke lokasi ini harus menyiapkan segala peralatan dan makanan sendiri. Agar nantinya todak kebingungan saat merasa lapar atau membutuhkan sesuatu ketika sedang berwisata di Air Terjun Batu Dinding.

Spot Wisata di Air Terjun Batu Dinding

Spot Wisata di Air Terjun Batu Dinding
Foto: https://maps.google.com/maps/contrib/103956566692916643676

Walaupunj tempat wisata Air Terjun Batu Dinding ini belum menyediakan fasilitas penunjang yang lengkap. Namun, kamu bisa menjumpai banyak spot dan aktivitas wiasata yang menarik dan beragam.

Hiking dan Camping

Karena wisata ini belum bisa dijangkau oleh kendaraan bermotor, banyak wisatawan yang memutuskan hiking. Sembari menuju obyek wisata ini, pengunjung yang memiliki hiobi mendaki akan memutuskan jalan kaki menyusuri bukit.

Perbukitan terjal ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mencoba mendaki dengan penuh tantangan. Akan tetapi, jangan lupa siapkan peralatan mendaki dan makanan yang memadahi.

Jalur pendakian yang akan dilalului wisatawan berupa jalan setapak dengan berbagai macam vegetasi. Kamu juga bisa menjumpai berbagai hewan liar dan tanaman unik selama perjalanan.

Selama melakukan hiking ini, kamu juga berlanjut dengan camoing di area lokasi wisata Air Terjun Batu Dinding atau di hutan. Kamu bisa menentukan lokasi camping terbaikmu dengan pertimbangan keamanan. Malamnya kamu bisa melakukan aktivitas seru dengan membuat api unggun dan membakar jagung bersama orang tersayang.

Bermain Air dan Menikmati Panorama

Spot wisata utama yang ada di Curup Batu Dinding adalah air sangat jernih dan segar untuk berenang. Kamu bisa bebas berenang dengan tenang karena debit air dalam curug ini tidak terlalu besar.

Tinggi air terjun ini sekitar 4 memter dan kamu bisa langsung mandi dibawahnya denganh sensasi yang sangat segar. Kamu juga bisa menaiki tebing dan melompat ke kolam Air Terjun Batu Dinding untuk merasakan keseruan berenang yang berbeda.

Setelah lelah bermain air, kamu bisa bersantai sembari menikmati kidnahan panorama yang tersaji. Suara gemercik air, angin berhembus, dan pepohonna rindang nan cantik di area lokasi wisata akan sangat menenangkan.

Sembari bersantai menikmatin keindahan yang tersaji, kamu juga bisa mengabadikan momen view indah ini dengan berfoto. Banyak spot foto cantik dan esteteik yang bisa kamu jumpai di area lokasi wisata ini.

Menangkap Ikan dan Udang

Aktiktivitas wisata menarik lainnya yang bsia kamu coba adalah mencari ikan dan udang di Air Terjun Batu Dinding. Dalam genangan air membentuk kolam di wisata ini terdapat banyak seklai ikan dan udang yang bisa kamu tangkap secara gratis.

Setelah mendapatkan ikan dan udang, kamu bisa langsung membakarnya dengan menghidupkan api unggun lalu menyantapnya. Kamu akan menikmati hasil tangkapanmu dengan view yang sangat cantik terhampar di depanmu.

Tips Bekunjung

Tips Bekunjung Air Terjun Batu Dinding
Foto: https://www.instagram.com/ajibaguspangestu/

Utuk kamu yang tertarik megunjungi obyek wisata Air Terjun Batu Dinding bisa menyimak tips berkunjung dibawah ini.

  1. Bawalah peralatan lengkap dan makanan serta minuman dari rumah. Karena fasilitas di tempat wisata ini masih sangat terbatas.
  2. Datanglah saat cuaca cerah karen aakses menuju Air Terjun Batu Dinding cukup sulit.
  3.  Bawalah pakaian ganti untuk dipakai setelah bermain air.
  4.  Untuk wisatawan yang ingin melakukan trekking, harus membawa peralatan mendaki lengkap.
  5. Taati peraturan yang ada dan terus jaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Irtulah ulasan mengenai Air Terjun Batu Dinding yang ada di Riau. Semoga bisa menambah informasi dan dapat menjadi obyek wisata kunjungan kamui selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

13 − six =