Home Wisata Lampung Air Terjun Tirai Lampung

Air Terjun Tirai Lampung

Air Terjun Tirai Lampung
Foto: Instargram/https://www.instagram.com/pesona.tanggamus/

Air Terjun Tirai merupakan destinasi wisata alam terbaru di Lampung. Tawarkan keindahan air terjun menyerupai tirai, spot wisata ini juga dikelilingi oleh pemandangan super cantik.

Ciri khas lain yang dimiliki Tirai Waterfall ialah bunga bangkai raksasa. Ya, di musim tertentu pengunjung dapat menemukan flora langka ini di tepian air terjun.

Di kanan kiri jalan setapak menuju pusat air terjun, mata pengunjung akan disegarkan dengan aneka tanaman hias. Udara sejuk di air terjun Tirai Lampung berbalut hawa dingin dijamin mampu menenangkan pikiran.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tirai

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tirai
Foto: Gmaps/supri yanto

Pengunjung tak perlu merogoh kocek cukup dalam untuk menikmati sajian view estetik disini.

Sajian pemandangan eksotis dan beragam wahana permainan yang ada sudah bisa dinikmati mulai dari Rp 5.000.

Namun harga tiket yang diterapkan belum termasuk dengan biaya penitipan motor. Biaya ini bersifat tambahan dan tarifnya sesuai dengan pihak penitipan.

Berikut adalah harga tiket masuk & wahana di Air Terjun Tirai Tanggamus:

  • Arung jeram: Rp 25.000
  • Rappeling: Rp 15.000
  • Tiket Masuk: Rp 5.000
  • Sewa Ban Tubing: Rp 10.000

Harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu berdasarkan kebijakan pihak pengelola. Perubahan ini umumnya didasarkan pada pemeliharaan atau penambahan fasilitas.

Alamat dan Rute Lokasi

Alamat dan Rute Lokasi Air Terjun Tirai 2
Foto: Instagram/https://www.instagram.com/media.lpg/

Air Terjun Tirai berada di Dusun Talang Suka Maju, Pekon Datar Lebuay, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus.

Rute perjalanan dari kota Bandar Lampung dapat dilanjutkan menuju Kabupaten Tanggamus. Begitu sampai di Talang Padang, ambil arah bendungan Batu Tegi hingga ke pasar naningan.

Dari situ perjalanan harus dilanjutkan menuju  desa Lebuay kemudian ke talang ramban. Disitu terdapat air terjun talang ramban, kemudian harus melewati dua dusun.

Ikuti petunjuk jalan menuju Air Terjun Tirai. Disini pengunjung harus melewati rumah, jembatan, dan penitipan sepeda motor sebelum sampai.

Datang juga ke –> Pantai Mutun destinasi wisata bahari yang tawarkan keindahan alam dengan beragam wahana menarik

Jam Buka Air Terjun Tirai

Jam Buka Air Terjun Tirai
Foto: Instagram/https://www.instagram.com/tempat_wisata_lampung/

Jam Buka Air Terjun tanggamus sampai saat ini masih open 24 jam. Namun ketika sore menjelang, pihak pengelola umumnya sudah membatasi tiket yang masuk.

Ini karena rute menuju Air Terjun Tirai cukup memakan waktu. Pengunjung diharuskan melewati jalan setapak.

Jalur ini menghubungkan Air Terjun Tirai dengan dusun, perumahan warga, dan area menyerupai kebun pertanian.

Jika hendak berkunjung, pastikan datang mulai dari pagi. Ini membuat Anda lebih leluasa untuk menjelajah Air Terjun Naningan.

Fasilitas

Fasilitas di Air Terjun Tirai
Foto: Instagram/https://www.instagram.com/lampuung_yay/

Fasilitas yang diberikan oleh pihak pengelola Air Terjun Tirai terbiilang lengkap. Disini pengunjung dapat menjumpai beberapa bangunan semi permanen.

Gubuk atau gazebo dengan ukuran sedang dapat digunakan untuk beristirahat. Di samping gazebo, berdiri jembatan gantung yang terbuat dari kayu.

Spot untuk mengambil foto instagenic ini menjadi alternatif menyaksikan air terjun dari ketinggian.

Berikut beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh pengunjung:

  • Mushola
  • Tempat parkir
  • Persewaan ban dan pelampung
  • Gazebo tempat duduk
  • Rumah makan
  • Wahana rekreasi air

Khusus untuk fasilitas seperti wahana rekreasi air maka pengunjung akan dikenakan biaya tambahan. Tiket tersebut umumnya sudah termasuk safety yang diberikan oleh pihak panitia.

Kunjungi juga –> Lembah Durian Farm referensi wisata kuliner, alam, dan edukasi dengan beragam wahana menarik

Spot Wisata di Air Terjun Tirai

Spot Wisata di Air Terjun Tirai
Foto: Instagram/https://www.instagram.com/elvan_nw/

Tidak hanya menikmati pemandangan, di Air Terjun Tirai Tanggamus wisatawan akan dimanjakan dengan hal-hal unik. Mulai dari sensasi wisata kuliner kopi, eduwisata dengan menyaksikan bunga bangkai, dan berburu spot foto instagenic.

Menikmati keindahan alam sembari minum kopi

Air Terjun Tirai Naningan memiliki keindahan alam tiada duanya. Aliran air terjun disini seolah terbagi menjadi dua, satu aliran bergerombol hingga membentuk curahan semacam tirai.

Adapun satu lainnya mengalir di sisi kanan menyendiri. Di momen tertentu, pengunjung dapat melihat kedatangan pelangi disini.

Lanksap lain yang tak kalah menakjubkan ialah batuan tinggi yang menjulang. Dasar aliran air terjun tirai Tanggamus ini juga dikerumuni oleh pepohonan hijau.

Jika ingin menyegarkan mata, Anda cukup duduk di pondokan yang tersedia di pinggir sungai. Dari sini, Anda dapat bersantai sembari merecharge ulang pikiran.

Jangan lupa untuk mengambil jepretan berlatar air terjun tirai. Sayang sekali sudah berkunjung kesini namun tidak mengabadikan momen liburan.

Pihak pengelola Air Terjun Tirai menyediakan fasilitas berupa warung makan di sekitar tempat wisata.

Sambil duduk santai, pengunjung dapat membeli makanan disitu. Kemudian melewatkan agenda bersantap sembari menyaksikan lanskap alam yang menakjubkan.

Salah satu kuliner khas yang wajib Anda coba di Air Terjun Tirai Tanggamus ialah kopi. Jenis kopi yang diperjualbelikan disini merupakan kopi robusta.

Kopi Tanggamus Robusta disebut-sebut merupakan komoditi terbaik yang menyumbang 40% suplai kebutuhan di Lampung. Lopi Tanggamus disajikan menggunakan gelas yang terbuat dari bambu.

Bermain wahana air

Siapa bilang jika datang ke Air Terjun Tirai Naningan hanya bisa menikmati pemandangan saja?. Wisata air terjun di Lampung ini menyuguhkan beragam wahana air menyenangkan.

Tawaran wahana wisata tersebut sudah dilengkapi dengan safety yang memadai. Jika Anda berencana hangout bersama teman-teman, spot wisata ini bisa jadi referensi.

Berikut beberapa wahana wisata yang bisa dicoba di wiaata air terjun di Lampung.

  • Tubing
  • Arung jeram
  • Rappeling

Alat persewaan dibanderol dengan harga yang ramah di kantong pengunjung. Tak perlu khawatir, tersedia pemandu yang akan memberikan arahan dan rute wahana rekreasi air.

Selain itu, pengunjung dapat berburu foto instagenic dengan latar alam. Tersedia jembatan gantung yang dihubungkan oleh dua pohon. Spot ini jadi angle favorit wisatawan mengabadikan keseruan di Air Terjun Tirai Tanggamus.

Menyaksikan tanaman langka bunga bangkai raksasa

Bunga Bangkai diketahui sebagai spesies endemik yang keberadannya sudah punah. Beruntunglah Anda jika datang ke Air Terjun Tirai Naningan dan menemukannya disana.

Pihak pengelola memberikan keleluasaan kepada wisatawan untuk melihat bunga bangkai. Namun bunga yang dilindungi ini dilarang untuk disentuh.

Diketahui, bunga bangkai memiliki tinggi sekitar 1-2 meter. Mahkota pada bunga bangkai berkisar 1-5 meter. Dari biji hingga menjadi bunga, tanaman langka ini membutuhkan waktu 3 tahun.

Keunikan bunga bangkai ialah mengeluarkan bau menyengat ketika waktu mekar fiba. Setelah mekar beberapa hari, bunga ini akan layu dan mati.

Jika tertarik melihat bunga bangkai di Air terjun Tirai Naningan, pastikan datang di waktu yang tepat.

Review sebelumnya –>¬†Pantai Kerang Mas rekomendasi wisata santai di akhir pekan bersama keluarga

Tips Berkunjung

Tips Berkunjung ke Air Terjun Tirai
Foto: Instagram/https://www.instagram.com/herusaputraaly/

Tertarik berkunjung ke Air Terjun Tirai Tanggamus untuk habiskan momen liburan?. Berikut beberapa hal yang wajib masuk ke dalam catatan Anda.

  • Pastikan membawa budget dalam jumlah cukup untuk memenuhi keperluan transportasi, akomodasi, dan konsumsi.
  • Bawalah peralatan pribadi beserta keperluan untuk konsumsi. Baju ganti wajib dibawa untuk antisipasi jika pakaian basah. Sementara makanan atau minuman, dapat disantap di perjalanan menuju lokasi.
  • Datanglah dengan rombongan agar kegiatan berlibur Anda makin ceria.
  • Bawalah kamera dengan resolusi terbaik, pilihlah yang anti air. Ini sangat penting untuk mendukung hasil jepretan Anda.
  • Jagalah kebersihan dengan hindari buang sambah sembarangan dan merusak fasilitas.

Demikian review mengenai Air Terjun Naningan untuk referensi liburan seru nan menyenangkan.

Dapatkan informasi menarik lainnya seputar tempat wisata terbaru paling hits di Lampung.

Previous articlePulau Cubadak Padang
Next articlePantai Sadeng Gunung Kidul