Home Wisata Lampung Air Terjun Way Lalaan Lampung

Air Terjun Way Lalaan Lampung

Air Terjun Way Lalaan Lampung
foto: https://goo.gl/maps/xmDp8GAwSqweK71dA

Way Lalaan Waterfall merupakan salah satu destinasi yang tidak boleh dilewatkan jika berkunjung ke Lampung. Air terjun legend yang bersejarah ini memiliki pesona alam memukau tersembunyi didalam hutan.

Wisata Air Terjun Way Lalaan Lampung patut menjadi pilihan liburan weekendmu yang terjangkau bareng bersama keluarga atau teman. Meskipun berlokasikan di pelosok namun Air Terjun ini tetap menjadi pilihan destinasi wisata yang menyenangkan.

Air Terjun peninggalan Belanda ini masih mengalir deras memamerkan pesonanya diantara belahan lembah. Obyek wisata ini dikelola dengan baik sehingga sangat terjaga kealamian dan keasriannya.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Way Lalaan

Harga Tiket Masuk Air Terjun Way Lalaan
foto: https://goo.gl/maps/pq9sLycgXu2Ew1848

Pengunjung tak perlu khawatir mengenai biaya masuk Air Terjun Way Lalaan, kamu tidak perlu merogoh saku dalam untuk bisa melihatnya. Tiket masuk Air Terjun Way Lalaan hanya dibandrol dengan harga Rp. 10.000 dan sudah termasuk parkir.

Terdapat tempat parkir luas muat untuk 2o lebih kendaraan roda dua maupun empat. Pengunjung tidak perlu risau akan keamanan karena sudah ada tukang parkir yang mengelola tempat tersebut.

Ketika berada di kawasan Air Terjun, biaya lain yang mungkin kamu keluarkan adalah kepentingan pribadi seperti membeli makanan atau minuman. Harga tiket dan fasilitas yang tersedia mampu menunjang kenyamanan pengunjung selama bertamasya ke Air Terjun Way Lalaan.

Alamat dan Rute Lokasi

Alamat dan Rute Lokasi Air Terjun Way Lalaan
foto: https://goo.gl/maps/YRcV3YGBBzMNwNyg6

Obyek wisata Air Terjun Way Lalaan ini terletak di Pekon Baru, Kecamatan Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Waterfall ini berada di kaki gunung Tanggamus, dikelola oleh Dinas Pariwisata juga Kelompok Sadar Wisata dengan anggota dari warga sekitar.

Wisata Air Terjun di Tanggamus ini berjarak kurang lebih 8 km dari Kotaagung. Untuk mencapai lokasi dapat menggunakan kendaraan roda dua pada kecepatan sedang dari Batu keramat menuju Pekon Way Lalaan.

Kemudian, masuk sekitar 300 meter dari kiri jalan raya lintas Barat Sumatera – Bandar Lampung ke Kota Agung sampai pintu gerbang.

Jika menggunakan transportasi umum dari Bandar Lampung, ambil bus jurusan Rajabasa-Kota Agung dan berhenti di pintu masuknya. Setelah itu kamu akan menemukan sebuah gerbang yang bertuliskan “Selamat Datang di Air Terjun Way Lalaan”.

Akses menuju Air Terjun sendiri tidak terlalu sulit untuk dilewati. Pasalnya jalan dibangun dengan kokoh dan terdapat tiang penyangga untuk berpegangan.

Datang juga ke –> Pantai Kedu Warna rekomended untuk anda lawati bersama keluarga.

Jam Buka Air Terjun Way Lalaan

Jam Buka Air Terjun Way Lalaan
foto: https://goo.gl/maps/YKPe9UvwUkJJ3vYT8

Untuk wisatawan yang ingin tahu jam berapa wisata ini dibuka, pastikan kamu mencari tahu informasi terbaru dari pihak pengelola. Jadwal buka tutup Air Terjun Lampung ini yaitu dari jam 08.00 hingga 18.00.

Ramai dikunjungi wisatawan pada weekday maupun weekend, biasanya akan lebih padat saat liburan panjang. Waktu kunjung terbaik pada pagi hari saat masih sepi, jika sudah menjelang siang atau sore biasanya ramai.

Suasana tenang akan kamu dapatkan saat wisata sedang sepi, cocok sekali untuk relaksasi menenangkan otak sejenak dari kepadatan aktivitas harianmu.

Fasilitas

Fasilitas di Air Terjun Way Lalaan
foto: https://goo.gl/maps/jV1hTgTJh3BaUW4Q9

Wisata ini memiliki fasilitas yang memadai meski letaknya tersembunyi dari khayalak umum. Beberapa diantaranya seperti area parkir luas, kamar mandi, mushola, dan juga warung penjual makanan minuman ringan.

Berada di sekitar hutan yang kaya akan satwa liarnya, pengunjung bisa melihat atau mendengarkan hewan seperti monyet, burung, ataupun lainnya. Beberapa tumbuhan unik mungkin juga dapat kamu jumpai disana, karena alamnya yang masih sangat natural.

Terdapat beberapa tempat berteduh untuk istirahat pengunjung yang dibangun Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tanggamus. Bebatuan dan rerimbunan rumput sekitar Air Terjun juga dapat digunakan duduk santai melihat pesona alam yang menakjubkan.

Kunjungi juga –> Pulau Pahawang wisata baru yang sedang naik daun di Lampung.

Spot Wisata di Air Terjun Way Lalaan

Spot Wisata di Air Terjun Way Lalaan
foto: https://goo.gl/maps/ZaZAi249jgYChD9D8

Selama berada di Air Terjun Way Lalaan, pengunjung akan disuguhkan dengan spot-spot wisata menarik yang tentunya keren dan menarik. Untuk bisa menikmati wahana yang tersedia, pengunjung tidak perlu membayar biaya lain lagi.

Berenang

Bermain air sepertinya memang aktivitas yang mengasyikkan untuk dilakukan dikala senggang atau saat badan perlu berolahraga ringan. Berenang bisa menjadi alternative yang kamu pilih saat berkunjung ke curug Way Lalaan ini.

Wisatawan bisa berenang di alam dengan gemercik dan deburan air yang mengalir dari atas. Sebagai keamanan berenang, pihak pengelola daerah sudah memberikan tali batas agar pengunjung tidak melewati garis tersebut.

Sedangkan bagi wisatawan yang tak bisa berenang, dihimbau untuk tidak masuk dan mandi di Air Terjun Way Lalaan. Namun tak perlu khawatir, karena pengunjung bisa berduduk santai menikmati kemegahan dan kesunyian alam yang menenangkan hati serta pikiran.

Spot Foto

Jangan lupa untuk menyiapkan kamera terbaikmu, karena Air Terjun Way Lalaan ini sangat sayang dilewatkan. Hijaunya pepohonan sekitar dan batu-batu besar yang mengelilingi menambah indah pesona curug Lampung tersebut.

Tak hanya itu, kamu bisa menggunakan momen-momen saat berenang atau bermain air disekitar curug sebagai spot foto yang kece. Tetap berhati-hati saat membawa handphonemu, agar tidak terguyur air saat sedang mengambil foto.

Kebun Durian

Hal menarik lainnya yang bisa kamu jumpai di Air Terjun Way Lalaan adalah berburu durian. Disekitar lokasi curug terdapat perkebunan duren yang luas.

Saat musim panen tiba, tidak jarang para pengunjung menyusuri kebun tersebut untuk mendapatkan durian gratis yang lumayan mengisi perut. Bahkan terdapat tim khusus yang membantu dalam pemetikan durian dan bila ingin memetik sendiri juga diperbolehkan.

Sebuah hal yang sangat jarang ditemukan pada wisata lainnya. Menikmati durian dengan bau khasnya setelah lelah berenang di Air Terjun Way Lalaan, menjadi keunikan tersendiri yang hanya dijumpai disana.

Sejarah Air Terjun Way Lalaan

Sejarah Air Terjun Way Lalaan
foto: https://goo.gl/maps/jHgfipgzgQ6UJTMWA

Sudah bukan hal yang mengherankan lagi jika terdapat hal-hal bersejarah pada suatu wisata alam. Begitu pula di Air Terjun Way Lalaan yang sudah ada sejak tahu 1937 pada masa pemerintahan Belanda.

Hal tersebut ditandai dengan adanya tangga-tangga dari semen yang terpampang jelas menuju lembah air terjun tersebut. Kini peninggalan tersebut masih selalu dikenang dan diingat oleh masyarakat secara turun-temurun hingga ke telinga para wisatawan.

Nama Air terjun yang unik tersebut berasal dari bahasa Lampung, way berarti sungai dan lalaan berarti muara. Ketinggian Air Terjun Way Lalaan ini mencapai 11 meter.

Sebenarnya, curug Lampung ini memiliki dua lokasi yaitu Air Terjun Way Lalaan 1 dan 2. Air Terjun Way Lalaan 1 mempunyai batu-batuan besar, airnya yang bersih dan tidak terlalu dalam aman untuk berenang.

Review sebelumnya –> Pulau Tegal Mas menyuguhkan keindahan alam luar biasa mempesona.

Tips Berkunjung

Tips Berkunjung ke Air Terjun Way Lalaan
foto: https://goo.gl/maps/dpYmS1uNteZYrGjC6

Sekilas tips berikut mungkin berguna bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Air Terjun Way Lalaan.

  • Pengunjung sebaiknya datang pada saat cuaca sedang cerah, karena pemandangan curug akan lebih indah saat musim terang.
  • Berhati-hati saat berenang, jangan melewati batas tali peringatan.
  • Bagi pengunjung dengan membawa anak kecil, dihimbau untuk memberikan pengawasan lebih ketat.
  • Lindungi kamera handphone mu agar terhindar dari percikan air, atau pun jatuh ke dalam air saat sedang mengambil foto.

Para traveller yang berkeinginan mengunjungi wisata alam Lampung, jangan lupa mampir ke Air Terjun Way Lalaan. Semoga informasi destinasi wisata diatas dapat bermanfaat dan selalu sematkan dalam wishlist liburan kalian ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 + six =