Home Wisata Lampung Air Terjun Way Tayas Lampung

Air Terjun Way Tayas Lampung

Air Terjun Way Tayas Lampung
foto: https://goo.gl/maps/bkSNZT3inAU9p9H17

Way Tayas Waterfall merupakan salah satu hidden paradise-nya wisata Lampung yang masih sangat alami. Lampung memang terkenal dengan lengkapnya destinasi wisata seperti gunung, pantai, bukit, dan air terjun seperti yang akan dibahas ini.

Air Terjun Way Tayas Kalianda terletak di kaki Gunung Rajabasa yang menjulang tinggi dengan kemgahannya. Permata alam ini belum banyak terjamah karena masih jarang wisatawan yang mngetahuinya.

Seberapa indahnya Air Terjun ini, sehingga mampu masuk ke daftar destinasi wisata viral Lampung yang sedang hangat diperbincangkan. Pengunjung tentunya dibuat penasaran akan pesonanya yang membuat wisata alam ini menjadi opsi wistawan untuk berkunjung.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Way Tayas

Harga Tiket Masuk Air Terjun Way Tayas
foto: https://goo.gl/maps/bJUmTzAiM2TTh2k16

Tentunya pengunjung harus mengeluarkan biaya untuk bisa memasuki Air Terjun Way Tayas ini.  Harga yang dibandrol terbilang cukup murah dan terjangkau untuk seharga wisata alam.

Harga tiket masuk ke wisata Air Terjun Kalianda ini sebesar Rp. 10.000 perorang. Sedang untuk parkir motor dikenakan biaya sbesar Rp. 5.000 dan mobil Rp. 10.000.

Area parkir yang biasa digunakan pengunjung biasanya berasal dari rumah warga setempat. Jadi karena rute menuju lokasi cukup sulit, kamu harus berjalan kaki melewati bebatuan dan alirannya sungai yang lumayan deras.

Alamat dan Rute Lokasi

Alamat dan Rute Lokasi Air Terjun Way Tayas
foto: https://goo.gl/maps/cpGyKVz9nX7CtF5y6

Curug Way Tayas berada di kaki Gunung Rajabasa, Dusun Pangkul, Desa SUkaraja, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan. Berada tepat dibawah kaki Gunung Rajabasa membuat banyak pesona alam yang terpancar disekitar curug ini.

Track menuju lokasi cukup sulit untuk dilalui, kamu tidak bisa langsung menggunakan kendaraan namun perlu berjalan kaki. Butuh proses dan perjuangan yang besar untuk menuju Air Terjun Way Tayas ini.

Rute yang bisa kamu lalui jika dari arah Ibukota Bandar Lampung yaitu dengan mengarahkan kendaraan menuju Jalan Yos Sudarso. Kemudian, belok kiri menuju Jalan Lintas Sumatera atau Raya Suban maupun Soekarno Hatta hingga lurus terus sampai Jl. Kusuma Bangsa (Kota Kalianda)

Dari situ belokkan setir ke kanan menuju pesisir pantai hingga menemukan tanda menuju kawasan Gunung Rajabasa. Setelah itu, kamu harus lanjut berjalan menyusuri sungai dan bebatuan, jika kurang paham sebaiknya bertanya ke warga sekitar.

Jika pengunjung menggunakan jasa travel, bisa langsung turun di kawasan gunung, dilanjut dengan menyewa ojek yang ada disana. Biaya travel sekitar Rp. 80.000, sedangkan ojek setempat biasanya menawarkan harga kisaran rp. 30.000 hingga Rp. 50.000.

Jarak tempuh dari Bandar Lampung sekitar 2-3 jam, dengan melewati berbagai rintangan untuk sampai di Air Terjun Way Tayas ini. Tak perlu risau, karena sesampainya kamu disana tidak akan kecewa dan lelah pun jadi hilang melihat pemandangan curug yang memukau.

Datang juga ke –> Pantai Embe wisata Lambuk dengan panorama beach keren.

Jam Buka Air Terjun Way Tayas

Jam Buka Air Terjun Way Tayas
foto: https://goo.gl/maps/SKaba3taPJhFYBPeA

Air Terjun di Lampung Selatan ini buka dari jam 08.00 hingga 16.30 setiap harinya, sehingga wisata dapat dikunjungi kapan saja. Tetapi dikarenakan lokasinya yang jauh dari pedesaan, menyebabkan pengelolaan destinasi alam tersebut belum sepenuhnya lengkap.

Wisatawan yang penasaran dengan kecantikan Air Terjun Way Tayas ini, dapat berkunjung pada weekday ataupun weekend. Sangat cocok untuk mengisi liburan panjangmu dengan berbagai pemandangan alam asri dan tentram.

Fasilitas

Fasilitas di Air Terjun Way Tayas
foto: https://goo.gl/maps/Uvr9ipXNLK91Y32Q8

Fasilitas yang tersedia di Air Terjun Way Tayas terbilang belum lengkap, pasalnya susahnya rute dan akses menuju lokasi menjadi penyebabnya. Namun terdapat beberapa fasilitas pendukung sebagai pemudah pengunjung saat menuju lokasi curug.

Terdapat petunjuk-petunjuk arah menuju lokasi, yang memang dibuat khusus agar pengunjung tidak kesulitan menemukan destinasi alam tersebut. Selain itu, meskipun rute menuju lokasi sulit, namun terdapat beberapa jalan setapak terbuat dari semen.

Hal itu tentunya dapat mempermudah pengunjung saat berjalan menuju curug. Sesampainya di area Air Terjun Way Tayas, terdapat pula jembatan panjang dari bambu yang memiliki gagang penyangga untuk berpegangan.

Sejauh ini belum terdapat warung-warung penjual makanan disekitar kawasan Air Terjun, sehingga pengunjung sebaiknya membawa bekal sendiri dari rumah. Kamu bisa beristirahat di sekitar Air Terjun dengan alas batu atau rerumputa, maka dari itu bawalah karpet sendiri.

Kunjungi juga –> Pantai Sari Ringgung destinasi viral dengan masjid apungnya.

Spot Wisata di Air Terjun Way Tayas

Spot Wisata di Air Terjun Way Tayas
foto: https://goo.gl/maps/iAwjrhATWYejomZ76

Air Terjun Lampung memang memiliki pesona yang tidak ada bandingannya dilengkapi dengan spot-spot wisata menarik. Pengunjung dapat melakukan hal-hal dan aktivitas seru saat sedang berada di Air Terjun Way Tayas.

Pesona Memikat Air Terjunnya

Setibanya di lokasi Air Terjun ini kamu akan disambut dengan pesona indahnya alam sekitar yang begitu segar dan alami. Derasnya aliran curug yang mengalir mampu mengobati kerinduan kamu akan alam.

Terdapat banyak bebatuan berselimutkan lumut hijau dan tumbuhan hijau lainnya di sekitaran Air Terjun. Tanaman merambat juga banyak ditemukan tumbuh di area dinding Air Terjun yang selalu lembab itu.

Rasa lelahmu akan terobati dengan melihat derasnya Air Terjun Way Tayas yang di kelilingi kenampakan alamiah sekitar.

Berenang dan Bermain Air

Tak hanya bisa menikmati penampakan alamnya, pengunjung juga diperbolehkan untuk menceburkan diri ke dalam Air Terjun. Kamu bisa mandi dikolam alami yang terletak tepat di bawah jatuhan air terjun.

Kolam tersebut bisa kamu jadikan sebagai spot berenang atau bermain air maupun berendam. Namun tetap berhati-hati saat berada disitu, karena mungkin saja ada bebatuan yang jatuh dari atas terbawa arus.

Jika akan berenang pastikan kamu membawa baju ganti dan perlengkapan mandi yang lengkap. Keterbatasan fasilitas yang ada membuat pengunjung harus membawa perlengkapan sendiri.

Untuk kamu yang enggan bermain air, bisa duduk-duduk santai di atas batu-batu besar tergeletak di sekitar curug. Menikmati snack ringan yang kamu bawa akan lebih nikmat sembari memandangi pesona elok Air Terjun Way Tayas ini.

Spot Foto Menarik

Wisata alam tentunya menyuguhkan panorama yang alami dan natural, cocok untuk dijadikan sebagai spot foto menarik. Air terjun yang dinaungi gunung mampu menghasilkan scene keren, bisa kamu jadikan draft untuk diupload ke sosial media.

Jangan lupa untuk membawa kamera terbaik, dan pastikan baterai penuh guna menyimpan kecantikan pesona Air Terjun Way Tayas tersebut. Beberapa satwa liar mungkin akan kamu temukan disana, dengan keadaan kawasan yang masih sangat terjaga kealamiannya.

Abadikan momen-momen penting bersama keluarga tercinta, teman, atapun pasangan dengan latar belakang objek aliran air jernih, bebatuan, maupun alam sekitar. Pastikan kamu menikmati wisata di Air Terjun Way Tayas dengan puas dan pulang membawa hati yang gembira.

Review sebelumnya –> Pantai Gigi Hiu menawarkan pemandangan bebatuan eksotis.

Tips Berkunjung

Tips Berkunjung ke AIr Terjun Way Tayas
foto: https://goo.gl/maps/WfSx1h36npPYuN1B7

Wisatawan yang akan berkunjung ke Air Terjun Way Tayas, harap memerhatikan beberapa hal berikut yang mungkin bermanfaat.

  • Pastikan kondisi cuaca cerah dan hindari berkunjung pada musim hujan.
  • Berhati-hati saat menuju lokasi karena jalanan terjal dan curam.
  • Bawalah perlengkapan dan persediaan makanan untuk berjaga-jaga.
  • Buanglah sampat pada tempatnya, lebih baik lagi jika membawa kantong plastik sendiri.
  • Perhatikan barang bawaanmu dengan baik, jangan sampai hilang atau tertinggal.

Itu dia traveller, ulasan hal-hal menarik mengenai Air Terjun way Lalaan yang dapat kamu cermati. Semoga informasi diatas dapat berguna, dan sempatkan berkunjung jika sedang berada di Lampung.

Nantikan informasi destinasi wisata selanjutnya ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 + twenty =