Home Wisata Yogyakarta Batu Alien Cangkringan Yogyakarta

Batu Alien Cangkringan Yogyakarta

Batu Alien Cangkringan Yogyakarta
foto: https://www.instagram.com/p/Cka-_YvrgJi/?utm_source=ig_web_copy_link

Batu Alien Cangkringan menyajikan sajian pesona keindahan yang anti mainsream dengan lanscape Gunung Merapi yang mengagumkan. Salah satu destinasi wisata yang worth it untuk anda kunjungi ketika liburan di Jogja yaitu Batu Alien Cangringan.

Nama yang agak aneh memang tapi itulah yang akan anda lihat ketika mengunjungi obyek wisata satu ini, yaitu keanehan. Karena terdapat batu besar sisa erupsi Gunung Merapi di Tahun 2010.

Batu besar satu ini memiliki bentuk yang aneh, sehingga di sebut batu alien. Sebenarnya bentuk dari batu satu ini berubah akibat terseret lahar panas ketika Gunung Merapi meletus.

Bencana meletusnya Gunung Merapi memang musibah, tapi setelah kemarahannya pasti mendatangkan berkah baik untuk tanah, alam, pola masyarakat maupun wisatanya. Karena banyak destinasi wisata rekomended dan menjanjikan akibat aktivitas meletusnya Gunung Merapi.

Salah satunya yaitu Bukit Alien Cangkringan dengan Batu alien yang unik dan artistik. Berikut review singkat obyek wisata Batu Alien Cangkringan Yogyakarta yang bisa anda jadikan referensi liburan bersama keluarga tercinta.

Harga Tiket Masuk Batu Alien Cangkringan

harga tiket masuk batu alien cangkringan
foto: https://www.instagram.com/odejourney/

Sajian wisata murah di Jogja nampaknya juga bisa anda rasakan ketika berlibur ke Bukit Batu Alien Cangkringan Yogyakarta. Karena untuk menikmati keindahan dari obyek wisata Batu Alien Jogja anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam.

Karena harga tiket masuk wisata Batu Alien Cangkringan Jogja sendiri yaitu Rp.5.000,-/orang. Jadi sangat murah bukan? di jamin kantong anda tidak akan kering ketika berlibur di tempat indah satu ini.

Sedangkan untuk biaya tambahan yaitu retribusi parkir wisata ketika anda berkunjung dengan membawa kendaraan. Harga tiket parkinya sendiri sebesar Rp.3.000,- untuk motor dan Rp.5.000,- untuk mobil.

(Harga tiket masuk wisata Batu Alien Cangkringan dan retribusi lainnya bisa berubah sewaktu-waktu).

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi batu alien cangkringan
foto: https://www.instagram.com/zuni.w/

Obyek wisata lava Merapi dan Batu Alien sendiri berada di Jambu, Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Destinasi wisata Batu Alien Lava Merapi sendiri berjarak kurang lebih 28 km dari pusat kota Jogja. Anda bisa mengunjunginya dengan kendaraan, waktu tempuh yang dibutuhkan kurang lebih 60 menit perjalanan.

Rute menuju lokasi wisata yakni jika berangkat dari pusat kota Jogja kalian bisa menggunakan jalur Kaliurang. Kemudian lanjutkan perjalanan hingga sampai di pertigaan Pakem, lalu belokkan kendaraanmu ke arah kanan Cangkringan.

Ikutilah jalan beraspal hingga sampai dikawasan retribusi, dari sini sekitar 1 km kalian akan menemukan papan Desa Wisata Petung. Dari situ belok kanan dan ikuti rute jalan sampai tiba di wisata The Lost World Castle.

Lurus terus sampai bertemu pertigaan kemudian belok kiri dan ikuti jalanan cukup terjal dengan kondisi menanjak. Akses jalannya lumayan susah, berbatu dan tanah liat sehingga sebaiknya pengendara selalu berhati-hati selama perjalanan.

Setelah 2 kilometer perjalanan kamu akan sampai di lokasi wisata Batu Alien tersebut.

Berikut rute dan peta lokasi dari Wisata Lava Merapi dan Batu Alien Cangkringan Yogyakarta. Semoga perjalanan wisata anda akan menyenangkan dan berjalan dengan baik dengan mengakses rute terbaik yang kami berikan di bawah ini.

Datang juga ke –> Tlogo Putri Kaliurang Yogyakarta wisata alam yang lokasinya tidak jauh dari Batu Alien Jogja.

Jam Buka Batu Alien Cangkringan

Jam Buka Batu Alien Cangkringan
foto: https://www.instagram.com/p/Ca8mZ2sppIW/?utm_source=ig_web_copy_link

Obyek wisata lava Merapi dan Batu Alien Cangkringan sendiri buka setiap hari dengan jam operasional mulai dari pukul 07.00-18.00 WIB. Nikmati sajian wisata alam yang mempesona di Jogja dengan mengunjungi Batu Alien Cangkringan Yogyakarta.

Banyak wisatawan yang berkunjung ke wisata sejarah satu ini karena memang terkenal unik dan menantang. Ajaklah teman, sahabat, pasangan, keluarga, atau rombongan tertentu untuk menikmati keseruan berwisata di Batu Alien ini.

Biasanya wisatawan didominasi dari mereka yang berasal dari luar kota, bahkan banyak turis mancanegara yang berdatangan. Datang saat weekdays atau weekend dengan cuaca cerah menjadi waktu berkunjung paling pas.

Daya Tarik

Daya Tarik Batu Alien Cangkringan
foto: https://www.instagram.com/p/CkpqhEzvmp-/?utm_source=ig_web_copy_link

Alien Stone atau Batu Alien Cangkringan ini menjadi magnet pariwisata yang memikat para wisatawan. Batu ini menjadi bukti akan keganasan erupsi Gunung Merapi yang terjadi pada tahun 2010 silam.

Menurut cerita warga, terdapat sebuah batu besar yang terbawa lahar panas yang kemudian ditemukan oleh seorang warga. Batu tersebut dikatakan mirip seperti alien karena bentuknya yang aneh dan tak beraturan.

Lalu pada tahun 2011, kawasan tersebut mulai dijadikan sebagai obyek wisata bernama Batu Alien sesuai kesepakatan warga setempat. Batu Alien tersebut memiliki bentuk wajah yang jelas mulai dari mata hidung dan telinga namun terlihat seperti makhluk asing.

Selain batu tersebut, terdapat pula berbagai spot foto lainnya yang berbasis buatan. Wisatawan juga bisa melihat megahnya Gunung Merapi dan panorama alam sekitarnya dengan jelas.

Pada sisi utara kalian juga bisa melihat luasnya aliran Sungai Gendol yang nampak indah meliuk-liuk diantara tebing.

Fasilitas

fasilitas di batu alien cangkringan
foto: https://www.instagram.com/narendra_cp/

Menjadi wisata baru dengan alamnya yang masih asri membuat destinasi wisata satu ini masih minim fasilitas.

Terdapat warung makan, toilet, spot foto, wahana jeep, dan lainnya. Namun keindahan dan sajian panorama yang di tawarkan tidak akan membuat anda menyesal karena mengunjunginya.

Spot Wisata di Batu Alien Cangkringan

spot wisata di batu alien cangkringan jogja
foto: https://www.instagram.com/fikri_nur_cahyo/

Berikut beberapa aktivitas seru dan menyenangakn yang bisa anda lakukan ketika berlibur di Bukit Alien Merapi Cangkringan Jogjakarta.

Berburu Foto Instagenic

Salah satu aktivitas yang bisa anda lakukan yaitu berburu foto instagenic. Pemandangan hijau dengan sajian megahnya Gunung Merapi akan mempercantik foto yang anda dapatkan.

Bersama dengan hijaunya pepohonan yang mengelilingi Gunung tersebut, membuat suasana sekitar wisata menjadi sejuk. Terdapat banyak spot foto instagenic yang bisa kalian temukan selain berlatar belakang pemandangan alam.

Misalnya seperti perahu kayu dibawah lava panas yang akan sangat epic jika diabadikan dengan kamera ponselmu. Kalian juga bisa berfoto dengan batu Alien yang populer tersebut.

Ada pula spot berfoto dengan burung hantu hias yang sudah jinak sehingga kamu tak perlu khawatir. Temukan berbagai objek foto lainnya yang akan menemani keseruan berswafotomu bersama teman-teman.

Trekking Perjalanan dengan Jeep

Saat menuju lokasi wisata Batu Alien, pengunjung bisa menyewa mobil jeep yang sudah disediakan khusus. Karena medan yang akan dilalui terbilang cukup terjal sehingga banyak warga sekitar yang menyewakan jasa antar mobil jeep.

Pastinya akan sangat berbeda dengan menaiki mobil jeep menuju wisata tersebut. Kalian akan disuguhkan dengan pemandangan alam sekitar Merapi dan trek jalan yang menantang. Nikmati keseruan perjalanan yang ekstrim beramai-ramai bersama teman.

Jangan lupa pula untuk mengabadikan momen saat berada di atas jeep tersebut. Dapatkan pengalaman tak terlupakan dan kenangan indah yang tak bisa diulang kembali.

Wisata Rekreasi dan Sejarah

Batu Alien Cangkringan ini bukan hanya sekadar wisata alam dan rekreasi saja, namun juga digunakan sebagai sarana edukasi. Edukasi tersebut berupa pembelajaran mengenai wisata sejarah yang mengandung banyak kisah dan peristiwa penting.

Wisata Alien Stone tersebut juga menjadi saksi bisu akan peristiwa erupsi Merapi yang menelan ribuan korban. Dengan adanya batu tersebut, akan mengenang peristiwa sejarah tersebut yang juga menjadi kenangan tak terlupakan.

Pengunjung bisa berekreasi sekaligus menambah wawasan baru dengan berkunjung ke Batu Alien ini. Mari bersama-sama melestarikan dan menjaga peninggalan bernilai sejarah tersebut.

Jenuh dengan suasana kota, kantor maupun bosan di rumahakan terobati dengan sajian pesona Batu Alien Cankringan yang mempesona. Menikmati alam yang indah pastinya akan menenangkan jiwa yang bosan dengan suasana bising perkotaan.

Kunjungi juga –> Blue Lagoon Yogyakarta kesegaran sendang biru yang rekomended untuk berakhir pekan di Jogja.

Tips Berkunjung

tips berkunjung ke batu alien cangkringan
foto: https://www.instagram.com/langitsenja_wisata/

Berikut beberapa tips liburan dari Sikidang Travel Guide ketika anda berencana mengunjungi Batu Alien Cangkringan Yogyakarta agar semakin menyenangkan.

  • Datanglah ketika weekend bersama keluarga, sahabat maupun orang tercinta untuk menghabiskan liburan akhir pekan di Jogja.
  • Waktu terbaik untuk mengunjungi obyek wisata Batu Alien yaitu pagi hari ketika cuaca cerah.
  • Jangan lupa bawalah kamera untuk mengabadikan momen berlibur bersama keluarga tercinta.
  • Tetap berhati-hati dan jaga kebersihan serta alam yang mempesona dari tempat satu ini.

Semoga informasi wisata yang kami berikan mengenai Batu Alien Cangkringan Jogja bisa membantu perjalanan wisata ataupun menambah informasi anda.

Review sebelumnya –> Air Terjun Tlogo Muncar Yogyakarta wisata alam air terjun dengan pesona yang mengagumkan.

paket wisata jogja

Inginkan liburan ke Jogja tanpa ribet, praktis dan berkualitas. Paket Tour Jogja dari Sikidang Travel Guide punya banyak pilihan paket wisata yang rekomended untuk anda.

Pilih dan nikmati paket wisata dengan layanan serta fasilitas ekslusive dari Sikidang sesuai dengan kebutuhan maupun keinginan. Dapatkan sensasi berlibur tak terlupakan dan nikmati liburan berkualitas seperti yang anda impikan bersama Sikidang Travel Guide. Solusi terbaik teman travelingmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

16 − fifteen =