Home Wisata Jawa Barat Bendungan Cirata Cianjur

Bendungan Cirata Cianjur

Bendungan Cirata Cianjur
Foto: https://www.instagram.com/riandianp_/

Bendungan Cirata yang terletak di Cianjur saat ini selain berfungsi sebagai reservoir, saat ini juga menjadi destinasi wisata menarik. Keindahan pemandangan air yang jernih, lingkungan asri dan perbukitan di sampingnya menjadi daya tarik utama obyek wisata ini.

Pengunjung yang datang di Wisata Bendungan Cirata tidak hanya disuguhi dengan pemandangan indah. Namun juga bisa melakukan berbagai kegiatan wisata menyenangkan lainnya seperti memancing.

Waduk atau Bendungan Cirata Cianjur ini menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Terbesar di Asia Tenggara. Bendungan ini,  mengasilkan 1.428 GWh per tahunnya. Pembangkit listrik dengan tegangan 500 kV ini dialirkan ke pulau Jawa, Madura dan Bali atau biasa dikenal dengan sebutan jamali.

Harga Tiket Masuk Bendungan Cirata

Harga Tiket Masuk Bendungan Cirata
Foto: https://www.instagram.com/indratolilydesy/

Untuk pengunjung yang datang berwisata di Bendungan Cirata Cikalong akan dikenai biaya masuk per kendaraan. Jika pengunjung membawa kendaraan berupa mobil dengan banyak penumpang, akan tetap dihitung satu.

Biaya yang perlu dikeluarkan pengunjung untuk membayar tiket masuk di Bendungan Cirata sangat terjangkau. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp.10.000 untuk biaya masuk per kendaraan.

Alamat dan Rute Lokasi

Alamat dan Rute Lokasi Bendungan Cirata
Foto: https://maps.google.com/maps/contrib/106327629658785506752

Lokasi wisata Cirata yang satu ini cukup strategis dan mudah ditemukan, akses jalan yang ada juga bagus. Obyek wisata telaga Cirata berada di Desa, Kecamatan dan Kabupaten Cianter Jawa Barat.

Karena lokasinya berada tak jauh dari pusat kota, wisata ini bisa diakses dengan berbagai macam jenis kendaraan bermotor. Jarak lokasi wisata dari pusat kota Cianjur sekitar 23 km, sedangkan dari Bandung dan Purwakarta berkisar 60 Kilometer.

Untuk memudahkan pencarian lokasi wisata Waduk Cirata Cianjur kamu bisa menggunakan Google Maps di bawah ini.

Jam Buka Bendungan Cirata

Jam Buka Bendungan Cirata
Foto: https://maps.google.com/maps/contrib/104433813036608690634

Tempat wisata Bendungan Cirata Citalang bisa dinikmati oleh pengunjung selama sehari penuh atau 24 jam. Tidak ada pembatasan operasional yang berlaku Bendungan Cirata untuk saat ini, sehingga kamu bisa menikmati wisata sepuasnya.

Namun, untuk kamu yang ingin berkunjung, usahakan untuk terus update informasi terbaru seputar perubahan jam operasional. Perubahan jam operasional bisa terjadi kapan saja terlebih saat pandemi.

Datang juga ke –> Pantai Apra, wisata bahari yang sangat indah dengan ombak biru.

Fasilitas

Fasilitas Bendungan Cirata
Foto: https://maps.google.com/maps/contrib/110207573250133904027

Sebagai bendungan pembangkit listrik terbesar di Asia Tenggara dengan luas 43 Ha, Waduk Cirata memiliki berbagai fasilitas yang sangat lengkap. Beberapa fasilitas yang disediakan seperti toilet, kamar mandi, mushola serta area parkir luas untuk berbagai macam kendaraan.

Selain itu, terdapat fasilitas lainnya seperti warung makan di sekitar area lokasi wisata untuk memudahkan pengunjung mendapatkan makanan. Beberapa penginapan dan hotel juga ada di area Bendungan Cirata.

Penginapan di Bendungan Cirata memiliki harga bervariasi per malam-nya sesuai dengan fasilitas yang diberikan. Opsi penginapan ini bisa disesuaikan budget yang kamu miliki, dan lokasinya. Selama menginap kamu akan disajikan dengan pemandangan panorama asri dan udara segar di malam dan pagi hari.

Kunjungi juga –> Pokland Haurwangi, destinasi wisata menarik lainnya di Cianjur.

Spot Wisata Bendungan Cirata

Spot Wisata Bendungan Cirata
Foto: https://www.instagram.com/adfar10_/

Bendungan terbesar di Asia Tenggara yang difungsikan sebagia pembangkit listrik ini tidak hanya fokus pada hal tersebut. Namun banyak juga wahana dan spot wisata yang sudah disediakan di area wisata ini.

Berkeliling Dengan Perahu

Spot wisata ini menjadi salah satu yang paling banyak diminati dan mearik wisatawan  di Bendungan Cirata. Beberapa perahu nelayan yang terparkir di area waduk bisa disewa dan digunakan pengunjung untuk berkeliling. Harga sewa perahu yang ditawarkan mulai dari Rp.30.000.

Wisatawan akan dimanjakan dengan sensasi mengapung diatas air dan berlayar di tengah hamparan danau luas dengan pemandangan indah disekililingnya. Berbagai bukit yang mengelilingi bendungan ini, juga mendampang panorama keindahan yang langka dan sayang untuk dilewatkan.

Selain itu wisatawan juga bis membeli ikan langsung dari tempat budidaya-nya yaitu keramba. Ikan air tawar danau yang sudah kamu beli, bisa langsung dimasak di warung tepi waduk atau bisa juga dibawa pulang. Aktivitas wisata ini sangat menyenangkan untuk dilakukan bersama teman maupun keluarga.

Spot Foto dan Olahraga di Bendungan Cirata

Kamu yang memiliki hobi berfoto tidak usah khawatir ketika mengunjungi tempat wisata satu ini. Di Bendungan Cirata kamu bisa mengekplore seluruh titik yang memiliki keindahannya tersendiri untuk kamu abadikan.

Berbagai spot foto menarik yang bisa kamu coba untuk berfoto seperti di perahu, tepi bendungan, dan gerbang dengan tulisan estetik. Ketika pagi hari dan sore, bendungan ini akan menawrakan keindahan yang sangat luarbiasa dengan pantulan cahaya mengunung diatas air.

Berbagai backgroud foto bentang alam indah dan perairan bisa kamu eksplore di seluruh area wisata. Selain itu, kamu yang suka berolahraga juga bisa melakukan olahraga seperti jogging dengan pemandangan indah di Bendungan Cirata.

Karena infrastruktur yang sudah dibangun dengan baik, jalanan halus, bisa dijadikan arena jogging atau bersepeda yang nyaman untuk pengunjung. Wisata di Cianjur ini akan membuat kamu merasakan betapa sejuknya udara pagi dengan kecantikan sunrise sembari berolahraga.

Memancing dan Berkuliner

Wisatawan yang memiliki hobi memancing juga bisa disalurkan di area wisata Bendungan Cirata. Kamu bisa memancing dengan peralataan yang kamu bawa di tepian bendungan atau dengan menyewa perahu nelayan.

Beberapa ikan tawar dengan berbagai jenis dan ukuran bisa kamu temui disini. Kamu juga bisa langsung membawa ikan tanpa harus membayarnya berlebih dahulu atau gratis. Setelah selesai memancing ikan hasil tangkapan bisa langsung dimasak kemudian di makan di warung yang ada dalam area Bendungan Cirata.

Selain bisa memakan hasil pancingan sendriri, kamu juga bisa menemukan berbagai makanan lezat lainnya yang dijual di lokasi wisata. Berbagai makanan khas Sunda bisa kamu nikmati di kedai yang terbuat dari anyaman bambu dengan nuansa sederhana khas Sunda.

Menariknya, kamu bisa menikmati segala makanan yang ada dengan melihat pemandangan perairan luas di depannya. Harga berbagai makanan yang dijual di Bendungan Cirata beragam namun terbilang sangat terjangkau.

Review sebelumnya –> Nice Funtastic Park, wahana wisata dengan fasilitas lengkap di Cianjur.

Tips Berkunjung

Tips Berkunjung Bendungan Cirata
Foto: https://www.instagram.com/dikatri__/

Untuk kamu yang tertarik datang ke Bendungan Cirata jangan lupa untuk menyiapkan segala sesuatunya yang bisa melancarkan wisatamu. Kamu bisa juga bisa menyimak dan mengikuti tips berkunjung ke Bendungan Cirata di bawah ini.

Hal pertama yang harus kamu lakukan seblum berkinjung ke Bendungan Cirata adalah menyiapkan perlengkapan wisata. Peralatan tersebut seperti kamera, pakaian nyaman, dan alat pancing bagi kamu yang ingin memancing.

Selanjutnya, siapkan uang cash untuk biaya operasional, kendaraan yang akan dibawa dan rute terbaik mana yang akan dipilih. Selanjutnya, cobalah untuk datang pagi hari agar bisa menikmati udara segar dan kamu bisa lebih puas berwisata di Bendungan Cirata.

Selama berwisata, kamu harus mematuhi peraturan yang diberikan oleh pihak pengelola wisata dan terus jaga lingkungan. Jangan membuang sambah sembarangan terlebih di area Bendungan Cirata.

Nah, itulah ulasan tentang Wisata Bendungan Cirata, semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk traveler.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

9 − 3 =