Home Wisata Yogyakarta Benteng Vredeburg Yogyakarta

Benteng Vredeburg Yogyakarta

Benteng Vredeburg Yogyakarta
foto: https://goo.gl/maps/kB3Ymk8DX4mDxBMZ8

Benteng Vredeburg menjadi salah satu wisata sejarah di Yogyakarta yang bisa kalian kunjungi ketika berlibur di Kota Gudeg Jogja. Bangunan peninggalan kolonialisme Belanda satu ini sekarang sudah di alih fungsikan menjadi sebuah museum yang menarik untuk kalian saksikan.

Sejarah dari benteng satu ini sendiri di bangun pada tahun 1755-1760 dengan arsitektur bangunan khas Eropa. Dibangunnya benteng ini bertujuan untuk menyelesaikan perseturuan antara Pangeran Mangkubumi dan Susuhan Pakubuwono lll.

Jika kamu ingin berkunjung ke wisata di Jogja tersebut, jangan tergesa-gesa simaklah dulu artikel wisata dibawah ini. Berikut informasi mengenai obyek wisata Benteng Vredeburg Jogja yang bisa kalian jadikan referensi destinasi liburan di Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk Benteng Vredeburg

harga tiket masuk benteng vredeburg
foto: https://www.instagram.com/sukatripjogja/

Jogja memang terkenal dengan wisata murah meriah di Indonesia, karena banyak tempat wisata yang tidak membutuhkan harga tiket untuk menikmatinya. Seperti Benteng Vredeburg ini, wisatawan dapat berkunjung dengan membayar biaya tiket yang murah dan sangat terjangkau.

Harga tiket masuk Benteng bagi anak-anak dikenakan tarif sebesar Rp. 2.000, dan dewasa yaitu Rp.3.000,-/orang. Sedangkan bagi turis mancanegara akan dikenakan biaya tiket masuk seharaga Rp. 10.000.

Dengan hanya membayar harga tiket yang murah meriah, kamu sudah bisa mengeksplor dengan bebasapa saja yang terdapat didalam benteng tersebut. Harga tiket masuk wisata satu ini bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pihak pengelola.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi benteng vredeburg
foto: https://www.instagram.com/emiliatridiningsih/

Lokasi dari Benteng Vredeburg Yogyakarta sendiri berada di pusat Kota Jogja, berada di kawasan wisata Malioboro Jogja. Sehingga kalian bisa dengan mudah menjumpai obyek wisata satu ini ketika berlibur di kota Ngayogyakarta Hadiningrat.

Sedangkan untuk alamat lengkap dari benteng ini yaitu berada di Jl. Margo Mulyo, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta. Benteng ini letaknya berada di kawasan nol kilometer Kota Jogja, lokasinya tak jauh dari Gedung Agung dan Keraton Kesultanan Yogyakarta.

Jika kalian bingung lokasi dari obyek wisata benteng Vredeburg Jogja, kalian bisa mengakses peta lokasi dibawah ini.

Datang juga ke –> Malioboro Yogyakarta wisata belanja yang rekomended untuk di kunjungi.

Jam Buka Benteng Vredeburg

Jam Buka Benteng Vredeburg
foto: https://www.instagram.com/p/B9iK9UElS-f/?utm_source=ig_web_copy_link

Benteng Vredeburg dibuka setiap harinya dengan jam operasional mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Meski merupakkan bangunan tua, namun peninggalan sejarah ini masih ramai dikunjungi setiap harinya.

Banyak wisatawan yang ingin menggali lebih dalam sejarah serta apa saja yang terdapat didalamnya. Terutama saat menjelang musim liburan, Benteng Vredeburg akan dipadati dengan pengunjung dari berbagai daerah.

Tak hanya kalanangan anak muda saja, namun banyak anak kecil serta keluarga dan rombongan tertentu yang melakukan study tour. Tak hanya sebagai tempat rekreasi biasa, bangunan bersejarah ini bisa digunakan sebagai sarana edukasi.

Daya Tarik

Daya Tarik Benteng Vredeburg
foto: https://www.instagram.com/p/CgbUA7BLtJz/?utm_source=ig_web_copy_link

Benteng Vredeburg menjadi wisata favorite para wisatawan saat berada di kawasan Malioboro, yang murah dan juga menarik untuk dikunjungi. Usianya yang sudah ratusan tahun malah menjadi daya tarik tersendiri karena semakin antik dan unik.

Bangunan benteng tersebut adalah peninggalan jaman Belanda yang didalamnya terdapat diorama ruang dipenuhi koleksi bersejarah. Museum Benteng Vredeburg tak hanya sebuah peninggalan sejarah, namun kini juga dijadikan sebagai obyek wisata rekreasi dan edukasi.

Didalam terdapat banyak patung prajurit, replika meriam, mesin kuno dan alat lainnya. Saat memasuki ruangannya kamu akan seperti dibawa kembali ke masa lalu, suasananya begitu klasik.

Terdapat pula koleksi uang kertas dan koin dari tahun ke tahun yang dapat membuat kamu bernostalgia. Benteng ini juga menghadirkan patung Fatmawati yang sedang menjahit Bendera Merah Putih.

Sejarah perjuangan Bangsa Indonesia bisa kamu saksikan disana secara lengkap dan banyak informasi penting lainnya. Nikmati kegiatan berkunjung sambil belajar di Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Fasilitas

fasilitas di benteng vredeburg
foto: https://www.instagram.com/megalaicha/

Wisata bangunan bersejarah dengan berbagai macam koleksi sejarahnya ini menyediakan berbagai macam fasilitas wisata yang bisa kalian nikmati seperti:

  • Panggung seni
  • Perpustakaan
  • Ruang seminar
  • Mushola
  • Wifi Corner
  • Toilet
  • Koleksi menarik
  • Audio Visual dan lainnya.

Bangunan yang artistik khas Eropa kuno sangat cocok untuk anda jadikan setting fotografi ketika mengunjunginya.

Spot Wisata di Benteng Vredeburg

spot wisata di benteng vredeburg
foto: https://www.instagram.com/alexa.agung/

Terdapat banyak kegiatan seru dan hal menarik yang terdapat di Benteng Vredeburg yang bisa kamu temukan disana. Selain itu, bagi yang menyukai hunting foto, berbagai spot menarik menantimu disana.

Spot Foto Instagenic

Berburu foto dan mengelilingi bangunan benteng menjadi aktivitas yang seru dan menyenangkan. Bagaimana tidak, ukuran bangunan Benteng Vredeburg yang sangat luasmenghadirkan banyak spot menarik.

Bagi kamu yang doyan foto, pemandangan benteng dari arah pintu masuk bisa menjadi latar belakang keren. Tak hanya di bangunan luarnya saja, masuk kedalam wisatawan akan menemukan banyak objek foto menarik dan unik.

Disekeliling benteng juga terdapat taman dengan rumput hijau yang terlihat asri dan segar cocok dijadikan background fotomu. Selain berfoto, kalian juga bisa berjalan-jalan santai di sore hari dengan bersepeda disekitar lokasi museum.

Wisatawan bisa memotret sebanyak-banyaknya sebagai koleksi dan bahan upload story di feed instagram. Pemandangan musem dan alam sekitar akan begitu terlihat keren saat dipotret dengan kamera ponselmu.

Nikmati keseruan berkunjung dan berlibur santai di Benteng Vredeburg tersebut. Taati peraturan dan sebaiknya jangan merusak benda, barang, atau apapun yang terdapat disana.

Wisata Rekreasi dan Edukasi

Benteng Vredeburg menjadi obyek wisata yang cukup lumayan ramai dikunjungi setiap harinya. Peninggalan Belanda ini menjadi saksi perjuangan Bangsa Indonesia dari kemerdekaan penjajah.

Hingga kini bangunan kuno tersebut masih dijaga dan dilestarikan dengan baik serta dijadikan sebagai obyek wisata. Namun wisata benteng ini tak hanya bersifat sebagai hiburan belaka, namun banyak menyimpan sejarah dan budaya.

Selain menikmati sajian koleksi sejarah yang cukup menarik, kalian juga bisa belajar mengenai tragedi dan peristiwa penting di Yogyakarta. Berkunjung ke tempat wisata satu ini akan mengingatkan kalian akan kejadian masa lalu yang begitu kelam dan penuh perjuangan.

Namun akan terasa begitu seru dan mengasyikkan berjalan-jalan santai menjelajahi Museum Benteng Vredeburg. Jangan lupa untuk mengajak teman, sahabat, partner kerja, pasangan atau keluarga untuk menghabiskan waltu holiday menyenangkan disana.

Dengan biaya dan badget yang murah, kamu sudah bisa berlibur ke wisata sejarah satu ini. Pastikan datang diwaktu yang tepat dan jika ingin mendapatkan suasana lebih tenang datanglah di selain hari libur.

Peninggalan Sejarah Kuno

Benteng Vredeburg memiliki sejarah pembentukan yang cukup rumit hingga selesai pada tahun 1787 dibawah pimpinan Gubernur Johannes Sioberg. Berdirinya benteng tersebut juga tak lepas dari masa Kesultanan Yogyakarta.

Menurut kisahnya, pembangunan benteng di sebelah Kesultanan dimaksudkan untuk menjaga dan melindungi Keraton. Namun hal tersebut ternyata tak sesuai dengan faktanya, Belanda memiliki niat lain yakni untuk mengontrol perkembangan Keraton dari dekat.

Banyak sejarah dan perjalanan Kesultanan Yogyakarta dalam mempertahankan Indonesia dari penjajah. Namun kini sudah menjadi bangunan kuno yang kemudian memiliki nilai sejarah dan budaya tersendiri.

Nikmati suasana klasik di Jogja ketika mengunjungi benteng kuno satu ini ketika menghabiskan waktu libur bersama keluarga.

Kunjungi juga –> Pantai Pok Tunggal Yogyakarta wisata pantai instagramable untuk camping.

Tips Berkunjung

tips berkunjung ke benteng vredeburg
foto: https://www.instagram.com/yng_mari12/

Tips dan saran berikut kiranya dapat diperhatikan dengan baik oleh pengunjung Museum Benteng Vredeburg.

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi obyek wisata benteng satu ini yaitu ketika weekday. Karena di akhir pekan banyak wisatawan yang memadati Museum Vredeburg.
  • Bawalah kamera dengan baterai dan memori yang cukup karena banyak spot foto dengan landscape bangunan klasik benteng ini.
  • Nikmati suasana dan koleksi barangan bersejarah di museum ini. Jangan lupa jaga kebersihan dan juga jaga koleksi yang ada ditempat ini.

Wisata Museum Benteng Vredeburg Jogja bisa menjadi opsi berlibur bersama keluarga ketika berwisata di Yogyakarta. Semoga informasi wisat alam diatas yang Sikidang berikan dapat bermanfaat dan kemabli nantikan info tempat liburan menarik lainnya.

Review sebelumnya –> Pasar Beringharjo Yogyakarta banyak oleh-oleh khas jogja yang di jual dengan harga murah.

paket wisata jogja

Ingin liburan di Yogyakarta tapi males ribet? tenang karena kalian bisa banget piknik bareng Sikidang. Kalian ga perlu repot mikir destinasi, tiket wisata, transportasi, hotel, dokumentasi dan yang lainnya.

Karena nanti sikidang yang siapkan untuk kalian. Nikmati liburan berkualitas di Yogyakarta barengan sikidang dengan harga dan servis terpercaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

seven + 8 =