Home Wisata Yogyakarta Candi Abang Yogyakarta

Candi Abang Yogyakarta

Candi Abang Yogyakarta
foto: https://www.instagram.com/p/CcrOgNEP14z/?utm_source=ig_web_copy_link

Candi Abang Yogyakarta menjadi sajian wisata Candi di Jogja yang rekomended untuk anda kunjungi. Ketika ingin wisata sejarah namun bosan dengan sajian destiansi wisata candi populer seperti Borobudur atau Prambanan Temple.

Selain Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko yang menjadi destinasi wisata sejarah di Jogja. Candi Abang juga menjadi sajian wisata rekomended yang layak untuk anda kunjungi.

Candi Abang Jogja sendiri di bangun di atas bukit yang menjadi keunikan dan daya tarik tersendiri. Merupakan candi hindu kuno yang menyajikan keindahan dengan view alam yang mempesona.

Namun jangan salah tangkap ketika anda tidak akan melihat sajian bangunan candi yang utuh. Karena Candi abang sendiri sudah runtuh hanya tinggal sisa-sisa batuan seninya saja dan tidak bisa di pugar kembali.

Abang yang berarti merah juga hanya nama simbolik saja, karena warna dari candi ini tidaklah merah atau abang. Gundukan batuan reruntuhan Candi Abang pun sekarang sudah di tumbuhi rerumputan dengan panorama layaknya bukit kecil.

Namun itulah yang menjadi pesona keindahan Candi Abang Yogyakarta. Unik, antimainstream dengan spot instagramable. Berikut review singkat obyek wisata candi abang yang bisa anda jadikan referensi kunjungan liburan di Jogjakarta.

Harga Tiket Masuk Candi Abang

harga tiket masuk candi abang
foto: https://www.instagram.com/heru_sutrisno1/

Untuk menikmati sajian wisata Jogja memang tidak membutuhkan biaya banyak. Lain halnya dengan wisata candi populer di Jogja yang menerapkan harga tiket masuk luamayan mahal. Candi abang bisa anda nikmati dengan harga tiket masuk yang sangat murah yaitu sebesar Rp.5.000,-/orang.

Dengan biaya tambahan yaitu retribusi parkir kendaraan ketika anda berkunjung dengan membawa kendaraan. Tiket parkir Rp.3.000 untuk motor dan Rp.5.000,- untuk mobil.

(Harga tiket masuk wisata Candi Abang Jogja bisa berubah sewaktu-waktu).

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi candi abang
foto: https://www.instagram.com/prsnrzkn/

Destinasi wisata Candi Abang Yogyakarta sendiri berada di sebelah timur kota Jogja. Alamat lengkap dari Candi Abang yaitu berada di Desa Jogotirto, Kec. Berbah, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Jika anda mengunjungi Candi Abang dari pusat kota Jogja dengan kendaraan. Maka waktu yang anda butuhkan kurang lebih 40 menit dengan jarak sekitar 16 km.

Untuk menuju lokasi wisata, kalian bisa menggunakan jalur Jalan Jogja-Wonosari. Arahkan kendaraanmu menuju pertigaan Piyungan, lalu belok kiri menuju arah utara masuk ke Jalan Prambanan-Piyungan.

Dari situ, kalian bisa melanjutkan perjalanan sampai menemukan papan nama Candi Abang. Dipersilangan Berbah beloklah ke kiri mengikuti jalan sampai menemukan bukit kecil serta jalanan naik. Maka tak lama lagi kalian akan sampai di Candi Abang tersebut.

Berikut rute terbaik yang bisa anda lalui untuk berkunjung dengan mengakses peta lokasi Candi Abang di bawah ini.

Datang juga ke –> Bukit Teletubbies Yogyakarta menjadi sajian wisata baru dengan panorama alam yang rekomended.

Jam Buka Candi Abang

Jam Buka Candi Abang
foto: https://www.instagram.com/p/CgKMjuavE4z/?utm_source=ig_web_copy_link

Obyek wisata satu ini buka setiap hari mulai dari pukul 07.00-18.00 WIB. Candi Abang ini bisa kalian kunjungi kapan saja, ajaklah teman, pasangan, atau keluarga untuk menghabiskan liburan seru.

Waktu terbaik untuk berkunjung yakni saat liburan akhir pekan atau hari libur panjang. Dimana tubuh dan pikiran perlu beristirahat dan ber-refreshing, menghindar sejenak dari kepadatan dan kesibukan beraktivitas.

Nikmati sajian keindahan dari Candi Abang Jogja dengan wisata anti mainstream dan view perbukitan yang mempesona.

Daya Tarik

Daya Tarik Candi Abang
foto: https://www.instagram.com/p/CfG-JRLJSMR/?utm_source=ig_web_copy_link

Wisata Jogja menawarkan berbagai destinasi liburan yang rekomended untuk anda lewatkan bersama orang tercinta. Salah satunya Candi Abang yang menjadi wisata rekreasi sekaligus sejarah, menjadi andalan anak muda untuk mencari spot berfoto.

Candi Abang merupakan situs purbakala yang sudah ada sejak abad ke-9 hingga 10 pada zaman Kerajaan Mataram. Situs ini dikatakan sebagai candi Hindu paling muda diantara lainnya dengan bentuk seperti piramid.

Dinamakan Candi Abang karena bangunan tersebut terbuat dari batu bata merah. Bukan seperti candi pada umumnya, peninggalan sejarah satu ini berbentuk seperti bukit yang ditumbuhi dengan rerumputan hijau.

Jika dilihat dari kejauhan, Candi Abang terlihat lebih seperti gundukan atau bukit kecil. Awalnya candi ini memiliki arca dan alas yoni, namun berubah sejak terdapatnya sebuah mitos yang tersebar ke publik.

Yakni sebuah mitos yang mengatakan bahwa didalam candi ini terdapat harta karun. Kemudian digali dan dirusak oleh oknum tak bertanggung jawab. Hal tersebut pernah terjadi pada tahun 2002 silam, karena memercayai adanya mitos tersebut.

Uniknya candi ini akan berwarna merah bata saat musim kemarau, namun berubah menjadi hijau pada musim hujan. Candi Abang ini memang memiliki keunikan tersendiri, salah satunya yakni seperti bahan dasar pembuatan yang menggunakan batu bata merah.

Umumnya candi dibangun dengan batu andesit atau batuan betu vulkanik yang berasal dari erupsi Gunung berapi. Namun Candi Abang ini menggunakan batu bata merah, meskipun tak lebih kuat dari andesit.

Fasilitas

fasilitas di candi abang
foto: https://www.instagram.com/rita.awaludin/

Berikut beberapa fasilitas wisata yang bisa anda nikmati ketika berlibur di Candi Abang Yogyakarta.

  • Parkir Wisata
  • Papan informasi
  • Toilet

Meskipun fasilitas wisata yang tersedia masih minim, namun keindahan anti mainstream Candi Abang bisa memanjakan liburan anda dan keluarga.

Spot Wisata di Candi Abang

spot wisata di candi abang
foto: https://www.instagram.com/probosantoso_/

Banyak sekali aktivitas rekomended yang bisa anda nikmati ketika berwisata di Candi Abang Yogyakarta. Selain menikmati keindahan yang ditawarkan, anda juga bisa belajar sejarah dari keberadaan candi satu ini. Berburu foto instagramable juga menjadi salah satu aktivitas seru dan wajib ketika anda mengunjungi Candi Abang Jogja.

Berburu Spot Foto

Aktivitas satu ini menjadi kewajiban yang tak boleh terlewatkan saat berkunjung ke Candi Abang, yakni berfoto. Banyak berbagai sudut fotografi yang bisa kamu temukan dengan latar belakang pemandangan Candi.

Berwisata ke Candi ini seperti pergi ke bukit tinggi, karena tampilannya yang tak menunjukan sebuah bangunan kuno. Namun ternyata hal tersebut memiliki alasan yang menyebabkan kini berbentuk seperti gundukan.

Hal ini sering dimanfaatkan oleh pengunjung untuk menikmati keindahan Candi Abang yang seperti bukit tersebut. Kalian bisa mengambil foto instagenic dengan rerumputan hijau yang menyelimuti kawasan candi.

Rasakan sensasi seperti berada di bukit yang tinggi dengan semilir angin sepoynya. Pemandangan alam sekitar juga tak kalah indah untuk diabadikan dengan kamera terbaikmu.

Simpanlah momen-momen berharga tersbut dalam feed instagram kamu, menjadi sebuh post yang akan dikenang. Sempatkan waktu berliburmu untuk mengunjungi wisata sejarah satu ini.

Piknik Seru Bersama Orang Tercinta

Tak hanya berswafoto, pengunjung juga bisa melakukan piknik seru di kawasan Candi Abng ini. Mengingat lokasinya yang berada di ketinggian dan rupanya menyerupai bukit, akan sangat mendukung jika digunakan sebagai tempat piknik.

Nikmati quality time bersama pasangan dengan menggelar tikar dan sedikit bekal yang akan menemani waktu berpiknik kalian. Jangan lupa untuk membawa topi karena jika sudah menjelang siang, cuaca akan sangat panas.

Meski begitu, hembusan angin yang semilir akan membawa kesejukan, sehingga kamu tak akan kepanasan. Obyek ini juga bisa kamu jadikan sebagai spot nongkrong atau hangout bareng teman.

Pastinya akan sangat seru jika beramai-ramai dan menikmati waktu bersama teman. Saling mengobrol dan bercanda gurau dibawah pohon dengan alas tikar.

Wisata Sejarah dan Budaya

Candi Abang menjadi peninggalan sejarah yang memiliki nilai seni, budaya, dan historis tinggi. Bangunan ini juga menjadi pendongkrak perekonomian dalam sektor pariwisata sebagai peningkatan kesejahteraan rakyat.

Wisata sejarah satu ini dapat kamu jadikan sebagai obyek rekreasi yang tak hanya sebagai hiburan semata. Karena banyak menyimpan sejarah yang patut untuk dijaga dan dilestarikan.

Pastinya akan sangat seru jika belajar sejarah tak meluluk dikelas saja, tetapi dengan langsung praktik lapangan. Dengan menuju langsung ke lokasi wisata salah satunya seperti Candi Abang.

Kunjungi juga –> Candi Sambisari Yogyakarta sajian wisata sejarah di Jogja yang tak kalah indah dengan candi-candi lainnya.

Tips Berkunjung

tips berkunjung di candi abang
foto: https://www.instagram.com/isna.firdausi/

Berikut tips wisata Candi Abang Jogja untuk anda mendapatkan sensasi liburan yang menyenangkan.

  • Datanglah ketika weekend untuk mengisi libur akhir pekan anda bersama keluarga tercinta.
  • Dayang di pagi hari maupun sore untuk menikmati alam yang mempesona.
  • Jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan momen berlibur di Candi Abang Jogjakarta.
  • Dilarang merusak apapun yang terdapat dikawasan Candi Abang tersebut.

Semoga informasi wisata Candi Abang Jogja di atas bisa membantu perjalanan liburan menyenangkan di Yogyakarta. Nantikan kembali informasi obyek wisata Jogja yang tak kalah menarik dan populer.

Review sebelumnya –> Museum Affandi yang menjadi wisata budaya dengan berbagai macam koleksi seni lukisnya.

paket wisata jogja

Ingin trip Jogja tapi males ribet dan ga punya waktu lebih untuk mempersiapkan liburan yang menyenangkan?

Tenang karena Paket Tour Jogja dari Sikidang bisa membantu segala permasalahan liburan anda. Banyak pilihan paket wisata yang bisa anda nikmati sesuai dengan kebutuhan maupun keinginan.

Dapatkan servis layanan terbaik dengan fasilitas ekslusive untuk sensasi perjalanan liburan tak terlupakan di Yogyakarta bersama orang tercinta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × one =