Home Wisata Jawa Tengah Candi Dieng Wonosobo

Candi Dieng Wonosobo

Candi Dieng Wonosobo
foto: https://www.instagram.com/p/Cd7LqvPppy-/?utm_source=ig_web_copy_link

Candi Dieng atau sering di kenal dengan Kompleks Candi Arjuna ini menjadi obyek wisata favorit di Dieng, Jawa Tengah. Bagi kalian yang merencanakan liburan menyenangkan di Wonosobo, wajib banget mengunjungi obyek wisata satu ini bersama keluarga, sahabat maupun pasangan.

Bangunan candi satu ini merupakan candi Hindu yang berdiri sejak abad ke-7 pada masa Kerajaan Kalingga. Sehingga menjadi salah satu bangunan candi tertua di pulau Jawa.

Berikut informasi menarik mengenai obyek wisata Candi Arjuna Dieng yang wajib banget kalian ketahui sebelum mengunjungi tempat satu ini.

Harga Tiket Masuk Candi Dieng

harga tiket masuk candi dieng
foto: https://www.instagram.com/ammarrdn/

Wisata Dieng yang menjadi destinasi wisata favorit kunjungan para wisatawan ketika berlibur di Jawa Tengah membuatnya selalu ramai akan pengunjung. Harga tiket masuknya juga terbilang cukup murah yang tak akan menguras kantongmu.

Untuk bisa menikmati keindahan bangunan candi satu ini, kalian bisa membayar biaya tiket masuk sebesar Rp.15.000,-/orang. Sedangkan untuk tiket terusan Candi dan Kawah yakni sebesar Rp. 20.000.

Dengan biaya tambahan yaitu retribusi parkir kendaraan Rp.3.000,- untuk sepeda motor dan Rp.5.000,- untuk mobil. Biaya lain yang akan kamu keluarkan yaitu untuk penyewaan fotografer, pembelian makanan dan kebutuhan pribadi lainnya.

Tersedia pula paket Open Trip Dieng yang ditawarkan mulai harga Rp. 700.000an dengan fasilitas penunjang lengkap tentunya. Diantaranya yaitu seperti tempat penginapan, transportasi, tour guide, makan, tiket wisata dan lainnya.

Harga tiket masuk obyek wisata Wonosobo paling indah satu ini bisa berubah-ubah setiap waktu. Pastikan kamu selalu mengecek informasi terbaru sebelum berkunjung ke wisata alam tersebut.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi candi dieng
foto: https://www.instagram.com/nurapitaa/

Obyek wisata Candi Dieng berlokasi di Kawasan Wisata Dieng Plateau. Tepatnya berada di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Terdapat beberapa rute jalan yang bisa kamu lewati untuk samoai ke wisata Dieng tersebut.

Rute terbaik menuju lokasi Dieng yaitu melewati kota Wonosobo, karena jalan yang di lalui menjadi jalur terbaik menuju kawasan Dieng. Berjarak sekitar 25 km dari pusat kota Wonosobo, kalian bisa mengunjunginya dengan menempuh waktu sekitar 45 menit menggunakan kendaraan.

Jalan lain yaitu melewati jalur Banjarnegara – Batur namun dengan jarak yang lebih jauh dan akses jalan yang kurang baik. Kondisi jalannya cukup curam dan terjal sehingga tak direkomendasikan melalui rute tersebut.

Untuk jalur pantura bisa melewati Kabupaten Batang-Bawang-Batur. Namun jika kamu masih mengalami kesulitan dalam menemukan lokasinya, akses google maps dibawah ini akan membantumu.

Datang juga ke –> Gunung Prau Wonosobo Spot terbaik untuk menlihat sunrise dari atas gunung.

Jam Buka Candi Dieng

Jam Buka Candi Dieng
foto: https://www.instagram.com/p/CZdDAhyvZ3q/?utm_source=ig_web_copy_link

Jam operasional Kompleks Candi Arjuna Dieng sendiri buka setiap hari mulai pukul 07.30-17.00 WIB. Wisatawan dapat berkunjung kapan saja mengingat tempat wisata tersebut selalu dibuka dari Senin sampai Minggu.

Candi Dieng menawarkan kekhasan dan keunikan yang bisa dinikmati semua kalangan mulai dari anak muda hingga orang tua. Ajaklah teman, sahabat, partner kerja, pasangan atau keluarga untuk menikmati waktu liburan yang lebih mengasyikkan.

Pengunjung sebaiknya datang saat cuaca sedang cerah dikarenakan pemandangannya akan lebih indah untuk dinikmati.

Daya Tarik

Daya Tarik Candi Dieng
foto: https://www.instagram.com/p/CU4XtUuhuKC/?utm_source=ig_web_copy_link

Destinasi Candi Dieng memiliki daya tarik memikat yang akan menghipnotis para wisatawan untuk berlama-lama ditempat tersebut. Candi Dieng namanya sudah sangat terkenal dimana saja, terutama memiliki wisata keluarga yang rekomended.

Diselimuti banyak sejarah dan hal unik yang ada pada Candi Dieng. Candi Dieng dilestarikan dan dikelola dengan baik oleh pihak pengelola wisata sehingga kini masih terjaga ke-eksistensiannya.

Arsitektur Candi yang begitu unik dan berdiri kokoh menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Disekitar kawasan bersejarah tersebut, terdapat beberapa Candi seperti Arjuna, Srikandi, Puntadewa, Sembrada dan Semar.

Bangunan Candi yang bersejarah tersebut menjadi obyek wisata yang banyak digemari oleh warga lokal hingga mancanegara. Hal tersebut juga difungsikan agar masyarakat belajar untuk melestarikan peninggalan sejarah dan sebagai ajang edukasi.

Kompleks Candi Dieng dijadikan pula sebagai tempat upacara pemotongan rambut gimbal bagi anak Dieng asli. Upacara tersebut dilakukan setiap setahun sekali berbarengan dengan acara Dieng Culture Festival.

Bagi kamu yang penasaran akan hal tersebut teruslah mengeklik tautan link artikel wisata diatas.

Fasilitas

fasilitas di candi dieng
foto: https://www.instagram.com/dunia.wisata1/

Sebagai salah satu destinasi favorit, kawasan Candi Dieng Wonosobo di lengkapi dengan berbagai macam fasilitas wisata yang lengkap seperti:

  • Area parkir
  • Akses wisata yang baik
  • Toilet
  • Mushola
  • Pusat hiburan
  • Pusat Oleh-oleh
  • Warung makan
  • Wahana berkuda
  • Wahana permainan ekstrim dan lainnya.

Dengan fasilitas yang lengkap akan memanjakan liburan anda dan keluarga di Kompleks Candi Arjuna Dieng Jawa Tengah. Pengen liburan menyenangkan tapi males ribet? kalian bisa memilih Paket Wisata Dieng dari Sikidang Travel Guide.

Spot Wisata di Candi Dieng

spot wisata di candi dieng
foto: https://www.instagram.com/referensi_wisata_dieng/

Banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan ketika berwisata di obyek wisata Dieng.  Kalian bisa menikmati suasana berlibur di Komplek Candi Dieng.

Selain itu kalian bisa mencoba berbagai macam fasilitas menariknya seperti wahana berkuda, bermain ATV, dan yang lainnya.

Piknik dan Liburan Seru

Candi Dieng menawarkan beragam spot liburan menarik yang memanggil anda dan keluarga untuk datang berkunjung. Kawasan wisata ini menjadi salah satu destinasi di Dieng yang paling ramai dikunjungi setiap harinya.

Saat berkunjung kesana, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan bangunan Candi yang berderetan dan nampak sudah sangat tua. Fungsi Candi Dieng digunakan sebagai edukasi dan juga pelestarian peninggalam jaman dulu, namun sekarang juga menjadi obyek wisata yang populer.

Pengunjung bisa berpiknik dan menikmati liburan santai di Negeri Atas Awan dengan berkunjung ke Candi Dieng. Hamparan rumput hijau dan pepohonan rimbun disekitarnya menambah kesan alami dan suasana alam yang asri.

Wisata keluarga satu ini patut dikunjungi saat liburan weekend atau hari libur panjang. Ajaklah orang tercinta untuk menikmati pesona keunikan Candi Dieng yang akan membuat waktu berliburmu semakin menyenangkan.

Spot Hunting Foto

Banyak terdapat berbagai spot foto keren yang dapat kamu temui di Candi Dieng. Pemandangan alam disekitar Candi memberikan nuansa tenang dan sejuk ditambah dengan cuaca Dieng yang dingin.

Jangan lewatkan untuk berfoto dengan beberapa bangunan Candi yang terdapat disana, karena bisa menjadi objek foto instagenci. Kamu juga bisa mencari spot foto berlatarbelakang pemandangan alam dan taman dengan menggunakan kamera terbaikmu.

Nikmati berswafoto sepuasnya dan sebanyak-banyaknya selagi berada di kawasan Candi tersebut. Jangan lupa hunting foto ketika mengunjungi Candi Dieng karena banyak sudut-sudut instagenic yang akan menambah keindahan seni fotografi kalian.

Pastikan kamu menyiapkan dengan baik dan mengisi baterai ponsel sampai penuh karena banyak momen berharga yang patut diabadikan.

Menonton Festival Rambut Gimbal

Dieng memang terkenal akan sejarah, keunikan, hingga hal-hal menarik lainnya yang mengundang banyak wisatawan untuk singgah ke tempat wisata itu. Bukan katanya lagi, memang terdapat banyak peninggalan sejarah yang terdapat di Dieng hingga kini dijadikan sebagai destinasi wisata fenomenal.

Terdapat upacara unik yang menjadi ciri khas dari dieng yaitu pemotongan anak rambut Gimbal diadakan setiap setahun sekali. Tradisi tersebut biasanya diadakan disekitar Candi Dieng yang berbarengan dengan acara Dieng Culture festival.

Tradisi tersebut sudah menjadi turun temurun dan selalu dilakukan setiap tahunnya, karena memang sudah menjadi kewajiban warga Dieng. Anak yang sudah dipotong rambut gimbalnya akan sembuh dengan sebuah permintaan yang harus dituruti.

Sempatkan untuk menyaksikan tradisi unik tersebut yang kaya akan budaya dan sejarah Negeri Dieng.

Sebagian dari kawasan Dieng berada di zona wisata Wonosobo dan wisata Banjarnegara, menarik bukan.

Kunjungi juga –> Kolam Renang Mangli Wonosobo kesegaran mata air Wonosobo di tengah suhu dingin pegunungan.

Tips Berkunjung

tips berkunjung ke Dieng
foto: https://www.instagram.com/homestaydieng__/

Terdapat banyak spot menarik yang ajan menemui kamu temukan di Candi cantik tersebut. Kamu juga bisa melakukan hal ini dan kegiatan seru lainnya hanya dengan berkunjung ke wisata akam satu ini.

  • Sikidang telah memberikan spot Foto kekinian.
  • Waktu terbaik untuk mengunjungi obyek wisata Candi Arjuna Dieng yaitu pada Weekday. Jika kalian ingin menikmati suasana berlibur yang sedikit lengang.
  • Gunakan pakaian hangat karena suhu udara Dieng yang dingin akan menusuk tulang-tulang kalian ketika tidak menggunakan baju hangat.
  • Bawalah kamera dengan baterai terisi penuh, jangan sampai liburan kalian di Dieng tidak meninggalkan moment-moment berfoto bersama keluarga.

Jangan lupa kunjungi Kawasan Candi Dieng ketika berlibur di Dieng Jawa Tengah bersama sahabat, saudara maupun keluarga. Ingin Trip Dieng tapi males ribet? piknik bareng Sikidang kalian ga perlu repot-repot.

Karena piknik bareng Sikidang nanti semua akomodasi Sikidang yang siapkan. Mulai dari transportasi, tiket wisata, tempat makan, homestay, dokumentasi dan yang lainnya.

Review sebelumnya –> Candi Dieng Wonosobo wisata adventure yang seru dan menyenangkan di Sungai Serayu.

 

FAQ

Berapa Harga Tiket Masuk Candi Dieng?

Harga Tiket Wisata Candi Dieng adalah Rp.15.000,-/orang.

Dimana Lokasi Candi Dieng?

Beralamat di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tenga

Jam berapa Candi Dieng di Buka?

Mulai pukul 07.30-17.00 WIB dan di buka setiap hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nine − nine =