Home Wisata Yogyakarta Candi Kalasan Yogyakarta

Candi Kalasan Yogyakarta

Candi Kalasan Yogyakarta
foto: https://www.instagram.com/p/CjmeNCdp7Md/?utm_source=ig_web_copy_link

Candi Kalasan menjadi satu dari banyaknya destinasi wisata sejarah yang ada di Yogyakarta. Selain wisata Alam, Budaya, Edukasi dan Kuliner, Wisata sejarah di Yogyakarta juga menyajikan pesona yang rekomended.

Salah satunya yaitu wisata candi-candinya. Jogja sendiri memiliki banyak sekali wisata sejarah candi seperti Borobudur, Prambanan, Ratu Boko, Plaosan dan lainnya. Namun kali ini Sikidang akan memberikan informasi wisata Candi Kalasan Jogja yang dibangun pada abad ke-7 di masa Dinasti Sanjaya.

Candi Kalasan Yogyakarta menjadi salah satu candi bercorak Budha, lokasinya sendiri tidak jauh dari destinasi candi Prambanan. Memang tidak sepopuler candi Prambanan maupun Borobudur. Namun keindahan yang di tawarkan dari wisata ini bisa anda jadikan sebagai opsi kunjungan libur akhir pekan.

Berikut review singkat obyek wisata Candi Kalasan Jogja yang bisa anda jadikan referensi kunjungan wisata bersama keluarga tercinta.

Harga Tiket Masuk Candi Kalasan

harga tiket masuk candi kalasan
foto: https://www.instagram.com/rusdis01/

Wisata Jogja yang terkenal murah nampaknya bisa anda nikmati juga di obyek wisata Candi Kalasan. Karena untuk menikmati keindahan Candi Kalasan, anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam.

Harga tiket masuk candi kalasan sendiri yaitu Rp.5.000,- untuk wisatawan domestik dan Rp.10.000,- untuk mancanegara. Sedangkan untuk biaya tambahan lain ketika mengunjungi Candi Jogja Kalasan yaitu retribusi parkir wisata.

Untuk tiket parkirnya yaitu Rp.5.000,- untuk motor, Rp.10.000,- untuk mobil dan Rp.20.000 untuk bus. (Harga tiket masuk wisata candi Kalasan dan retribusi wisata lainnya bisa berubah sewaktu-waktu).

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi candi kalasan jogja
foto: https://www.instagram.com/dimas.hy/

Destinasi wisata satu ini berada tidak jauh dari destinasi candi Prambanan. Sehingga anda tidak akan merasa kesulitan ketika hendak berlibur di obyek wisata satu ini.

Letak dari Candi Kalasan sendiri berada di Jl. Raya Jogja – Solo, Glondong, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Jarak candi Kalasan dengan pusat kota Jogja sendiri sekitar 17 km. Anda bisa mengunjunginya menggunakan kendaraan dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit.

Jika berangkat dari Pusat Kota Jogja, kalian bisa menggunakan rute perjalanan menuju Jl. Mas Suharto Jambu. Kemudian arahkan kendaraanmu menuju Jalan Tukangan, lalu ke arah timur melewati Jl Kusbini Utara.

Selanjutnya, kalian akan menemukan perempatan, dari situ ambilah arah Jalan Laksada Adisucipto. Ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan lokasi wisata Candi tersebut.

Jika anda bingung rute yang harus anda lalui ketika berlibur ke Candi Kalasan. Berikut peta lokasinya yang bisa anda akses untuk memudahkan perjalanan wisata anda di Yogyakarta.

Datang juga ke –> Candi Sari Yogyakarta yang lokasinya tidak berjauhan dengan candi kalasan.

Jam Buka Candi Kalasan

Jam Buka Candi Kalasan
foto: https://www.instagram.com/p/Ch_8agZLLOE/?utm_source=ig_web_copy_link

Untuk jam operasional dari Candi Kalasan sendiri buka setiap hari mulai dari jam 07.00-17.00 WIB. Nikmati keindahan bangunan candi satu ini ketika berlibur di Yogyakarta bersama orang tercinta.

Jika berkunjung ke wisata satu ini sebaiknya datang pada pagi hari saat cuaca masih cerah dan sepi. Jika pagi hari belum banyak pengunjung yang datang, sehingga kamu bebas untuk menjelajahi candi.

Menjelang siang hari sudah mulai banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang berdatangan. Wisata sejarah ini memang sangat ramai dikunjungi setiap harinya.

Daya Tarik

Daya Tarik Candi Kalasan
foto: https://www.instagram.com/p/Ch_8agZLLOE/?utm_source=ig_web_copy_link

Candi Kalasan merupakan candi paling tua di Yogyakarta yang dibangun oleh Rakai Panangkaran. Candi Kalasan bercorak Budha yang dulunya digunakan oleh raja sebagai tempat peribadatan dan pusat pemerintahan.

Sejarah Candi Kalasan dapat ditemukan dalam sebuah prasasti Kalasan yang letaknya tak jauh dari kawasan tersebut. Prasasti tersebut menjelaskan tentang Rakai Panangkaran yang membangun sebuah tempat suci sebagai tempat pemujian Dewi Tara dan para pendeta Budha.

Dari prasasti tersebut disimpulkan bahwa Candi Kalasan dibangun sekitar tahun 778 Masehi. Melihat dari dekat, Candi Kalasan memiliki bentuk 4 persegi panjang yang berukuran 34×35 meter dengan bangunan utamanya berbentuk bujur sangkar.

Beberapa biliknya menjorok ke arah luar pada bagian tengahnya. Arsitektur dindingnya dibuat dari lapisan pahatan bermotif kumuda. Motif kumuda adalah daun kalpaturu yang bentuknya bulat.

Kemudian candi ini juga memiliki keistimewaan yakni terdapatnya batu berbentuk setengah lingkaran pada depan tangga sisi timur. Batu tersebut disebut sebagai moonstone (batu bulan) yang biasanya terdapat pada kuil Budha India Selatan.

Selain itu, uniknya Candi Kalasan ini bagian dinding luarnya dilapisi dengan lepa yang dikenal dengan sebutan bajralepa. Berfungsi untuk mencerahkan warna batu andesti yang berwarna hitam keabuan berubah menjadi putih bersinar.

Candi Kalasan memiliki ketinggian mencapai 34 meter dengan memiliki empat pintu diempat sisinya.

Fasilitas

fasilitas candi kalasan
foto: https://www.instagram.com/izzahasni_/

Dengan fasilitas penunjang wisata yang lengkap, pastinya liburan anda dan keluarga di Jogja akan semakin berkualitas. Berikut fasilitas wisata yang tersedia di Candi Kalasan yang bisa anda nikmati:

  • Area parkir wisata
  • Toilet
  • Warung-warung wisata
  • Pusat Souvenir

Meskipun fasilitas wisata yang tersedia masih minim, namun tidak akan mengurangi keseruan dan kualitas liburan anda di Candi Kalasan Jogja.

Spot Wisata di Candi Kalasan

spot wisata di candi kalasan
foto: https://www.instagram.com/pergimelali/

Banyak aktivitas wisata yang bisa anda lakukan ketika berlibur di Candi Kalasan Yogyakarta. Salah satunya yaitu menikmati bangunan candi kuno yang mempesona.

Spot Foto Intagenic

Jangan lupa berburu foto kece, karena banyak spot instagenic yang bisa anda manfaatkan untuk mengambil gambar. Pecinta fotografi wajib banget datang dan ambil spot foto epic yang ada Candi Kalasan.

Aktivitas berfoto menjadi kegiatan yang tak boleh ketinggalan, karena akan sangat disayangkan jika kamu tak berswafoto di wisata candi tersebut. Arsitektur Candi Kalasan yang menawan dapat kamu abadikan dengan menggunakan kamera terbaikmu.

Desain bangunan yang begitu detail menghasilkan candi yang bercorak unik dan khas, menghasilkan foto epic untuk bahan upload feed instagram. Banyak sudut fotografi yang mendukung jika kamu pintar mencarinya.

Nikmati pula view alam sekitar yang memberikan nuansa hijau nan segar. Kalian bisa berfoto sepuasnya dengan bebas, namun tetap mematuhi peraturan dan jangan merusak apapun yang adad dikawasan Candi.

Menikmati Keindahan Candi

Pemandangan alam yang terlihat dari Candi Kalasan tak kalah menarik untuk dilihat. Selain itu, Candi Kalasan sendiri bentuknya memang unik dan didesain secara detail sehingga menghasilkan bangunan dengan corak indah.

Pada bagian atas candi, wisatawan bisa melihat ciri khas bangunan yang berupa sebuah kubus dengan suguhan Puncak Meru. Pada puncak bangunan ini dekelilingi dengan 52 stupa yang ketinggiannya berkisar 4,5 meter.

Sedangkan pada sisi utara candi, wisatawan akan disuguhkan dengan sosok makhluk kecil bernama Gana. Masih banyak keindahan bangunan Candi Kalasan yang tak akan habis untuk ditelisik.

Wisata Rekreasi dan Sejarah

Candi Kalasan merupakan aset peninggalan sejarah kuno yang masih dijaga dan dikelola dengan baik hingga sekarang. Bangunan tersebut menjadi sebuah obyek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan terutama saat waktu liburan tiba.

Menjadi sarana edukasi yang baik bagi pelajar, dimana mereka bisa secara langsung mempelajari tentang Candi Kalasan. Belajar sejarah tak harus melulu berada didalam kelas, namun akan lebih asik jika langsung praktik ke lokasi wisatanya.

Selain itu kalian tak hanya belajar sebagai menambah wawasan baru, namun juga bisa berekreasi sejenak dengan melihat kemegahan Candi tersebut. Tentunya akan menjadi study tour yang mengasyikkan bagi para wisatawan.

Pecinta sejarah juga jangan sampai ketinggalan karena candi ini termasuk dalam situs cagar budaya dengan sejarah kunonya. Anda bisa mempelajari semua yang berhubungan dengan candi Kalasan dengan mengunjungi tempat ini.

Kunjungi juga –> Candi Plaosan Yogyakarta wisata alam dengan umbul yang menyegarkan untuk berakhir pekan.

Tips Berkunjung

tips berkunjung ke candi kalasan
foto: https://www.instagram.com/goten444/

Berikut beberapa tips wisata ketika anda berencana mengunjungi Candi Kalasan Yogyakarta.

  • Datang di akhir pekan bersama orang tercinta untuk mengisi waktu libur di Yogyakarta.
  • Waktu terbaik ketika berkunjung yaitu ketika pagi maupun sore untuk menikmati keindahan panorama.
  • Jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan momen berlibur di Jogja bersama orang tercinta.

Semoga informasi wisata Candi Kalasan dari sikidang bisa membantu dan memudahkan perjalanan wisata anda dan keluarga. Nantikan kembali info destinasi wisata sejarah di Yogyakarta yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Review sebelumnya –> Candi Plaosan Yogyakarta tak kalah indahnya dengan candi kalasan.

paket wisata jogja

Ingin liburan ke Yogyakarta tapi males ribet dan pengen praktis? Tenang, karena anda bisa menikmati sajian Private Tour Jogja dari Sikidang. Nikmati berbagai macam pilihan paket sesuai dengan kebutuhan maupun keinginan.

Pilih paket liburanmui di jogja dari Platform Sikidang Travel Guide. Nikmati layanan terbaik dengan fasilitas ekslusive dari kami untuk mendapatkan sensasi liburan di Jogja yang tak terlupakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twelve + one =