Home Wisata Yogyakarta Candi Sambisari Yogyakarta

Candi Sambisari Yogyakarta

Candi Sambisari Yogyakarta
foto: https://www.instagram.com/p/CGzejPajER-/?utm_source=ig_web_copy_link

Candi Sambisari menjadi pelengkap destinasi wisata sejarah di Jogja yang rekomended untuk mengisi libur akhir pekan anda dan keluarga.

Jogja yang kaya akan wisata menyajikan berbagai macam wisata menariknya. Wisata alam, pantai, budaya, edukasi, kuliner hingga wisata sejarah yang akan memanjakan siapa saja yang berkunjung ke Jogja.

Salah satu obyek wisata candi di Jogja yang bisa anda kunjungi yaitu Candi Sambisari. Candi satu ini menjadi candi terbesar yang ada di Yogyakarta, uniknya lokasinya berada di bawah permukaan tanah.

Karena di waktu penemuan situs sejarah Candi Sambisari, dilakukan penggalian tanah sekitar 5-6 meter untuk mendapatkan bangunan candi yang utuh. Dibutuhkan waktu sekitar 20 tahun untuk proses pemugaran candi sambisari Jogja.

Nama Candi Sambisari sendiri diambil dari nama daerah di temukannya situs bangunan candi tersebut. Keindahan dari bangunan candi ini akan memanjakan siapa saja yang berkunjung. Cocok untuk rekreasi bersama keluarga ketika berakhir pekan di Yogyakarta.

Berikut ulasan singkat dan informasi wisata Candi Sambisari yang bisa anda jadikan referensi kunjungan liburan di Yogyakarta yang menyenangkan.

Harga Tiket Masuk Candi Sambisari

harga tiket masuk candi sambisari
foto: https://www.instagram.com/dprasetijo/

Sajian wisata Jogja memang tidak ada duanya. Selain menyajikan keindahan yang mempesona, harga tiket masuk wisatanya juga sangat terjangkau.

Salah satunya yaitu Candi Sambisari Yogyakarta, harga tiket masuknya Rp.6.000/orang untuk domestik dan Rp. 15.000 bagi turis mancanegara. Sangat murah dan pastinya rekomended bagi anda yang ingin wisata keluarga namun dengan budget minim di Jogja.

Untuk biaya tambahan yang harus anda keluarkan yaitu ketika berkunjung dengan kendaraan. Karena ada biaya retribusi parkir wisata sebesar Rp.2.000 untuk motor dan Rp.5.000 untuk mobil.

(Harga tiket masuk wisata candi dan tiket parkirnya bisa berubah setiap waktu).

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi candi sambisari
foto: https://www.instagram.com/willy.hermawan/

Lokasi dari Candi Sambisari sendir berada di Sambisari, Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kab. Sleman, Yogyakarta.

Jika anda berencana mengunjungi Candi Sambisari dari pusat kota Jogja. Jarak yang harus anda tempuh sekitar 14 km dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit menggunakan kendaraan.

Terdapat beberapa rute perjalanan menuju lokasi yang bisa kamu lalui yakni pertama menggunakan jalur Adi Sucpito. Dari Jalan tersebut arahkan kendaraanmu kekiri pada persimpangan Pasar Sorogeneng.

Rute kedua melalui arah Jogja Bay atau Stadion Maguwarjo menuju arah Candi Kadisoka. Kemudian untuk rute terakhir kalian bisa melalui selokan Mataram dan belokkan kendaraanmu saat tiba di Jalan Candi Sambisari.

Berikut peta lokasi Candi Sambisari yang bisa anda akses untuk mendapatkan rute terbaik ketika akan mengunjunginya.

Datang juga ke –> Candi Plaosan Yogyakarta destinasi wisata candi yang tak kalah indahnya.

Jam Buka Candi Sambisari

Jam Buka Candi Sambisari
foto: https://www.instagram.com/p/CdRqVCBP9bf/?utm_source=ig_web_copy_link

Untuk operasional dari destinasi wisata Candi Sambisari sendiri buka setiap hari Selasa hingga Minggu dari jam 07.00-17.00 WIB. Sedangkan pada hari Senin wisata candi ini selalu tutup, pastikan kalian mengetahui informasi tersebut sebelum berkunjung.

Waktu paling pas untuk datang ke wisata Candi Sambisari ini yakni saat cuaca cerah. Biasanya pagi hari bisa menjadi waktu terbaik untuk menikmati keindahan alam dari Candi Sambisari ini.

Tak jarang wisatawan yang datang berasal dari warga domestik maupun turis mancanegara. Nikmati panorama dan keunikan dari bangunan candi ini untuk liburan anda yang menyenangkan di Jogjakarta.

Daya Tarik

Daya Tarik Candi Sambisari
foto: https://www.instagram.com/p/CihSyoyvgGh/?utm_source=ig_web_copy_link

Sambisari Temple merupakan destinasi wisata sejarah peninggalan umat Hindu yang ramai dikunjungi oleh wisatawan. Yang menjadi keunikan tersendiri dari candi ini yakni keberadaannya yang sudah lama terkubur selama ratusan tahun dibawah tanah.

Sejarah Candi Sambisari menurut beberapa ahli dibangun pada masa kejayaan Kerajaan Mataram Kuno di Jawa. Bangunan dari Candi Sambisari ini berada pada 6,5 meter dibawah permukaan tanah yang menjadi ciri khasnya.

Keunikan kontruksi bangunan tersebutlah yang membuat wisata Candi tersebut terkenal dikalangan wisatawan. Candi Sambisari dikatakan mulai dibangun pada abad ke-9 atau pada tahun 812-838 masehi dengan pemerintahan Raja Rakai Garung.

Candi Sambisari tersebut memiliki luas lahan sekitar 50×48 meter dengan dikelilingi dua lapis pagar batu. Pagar batu pada sisi dalam lebih tinggi dibanding bagian luarnya dengan ketebalan sekitar 50 cm dan tinggi 2 meter.

Pada bagian pagar utamanya kalian akan menemukan arca Lingga dan Yoni dengan ukuran cukup besar. Patung tersebut digunakan sebagai simbol penghormatan umat Hindu pada Dewa Shiwa, serta dikatakan sebagai simbol kemakmuran dan kesburan.

Dahulu, penemuan candi ini tak sengaja ditemukan oleh seorang petani Desa Sambisari bernama Karyowinangun pada tahun 1966. Saat awal ditemukan, kondisi candi masih tertimbun pasir dan batu.

Fasilitas

fasilitas di candi sambisari
foto: https://www.instagram.com/sky_high36/

Menjadi salah satu destinasi wisata yang ramai akan wisatawan setiap harinya. Membuat obyek wisata Candi Sambisari dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas wisata seperti:

  • Area parkir wisata
  • Mushola
  • Toilet
  • Ruang informasi
  • Papan informasi
  • Gazebo
  • Warung-warung wisata dan lainnya

Ajak keluarga maupun orang tercinta untuk berakhir pekan di Candi Sambisari ketika berlibur di Yogyakarta.

Spot Wisata di Candi Sambisari

spot wisata di candi sambisari
foto: https://www.instagram.com/este.er_/

Banyak aktivitas wisata yang bisa anda lakukan ketika berlibur di obyek candi Sambisari. Selain menikmati sajian pesona keindahan yang di tawarkan, anda juga bisa melakukan aktivitas lainnya.

Seperti berburu foto instagramable, berkeliling area wisata candi, belajar sejarah dan masih banyak lagi. Pikiran yang penat akan beban pekerjaan dan jenuh dengan suasana perkotaan akan hilang dengan sajian wisata candi indah satu ini.

Berburu Foto Instagenic

Aktivitas satu ini tak boleh ketinggalan untuk dilakukan, karena banyak spot-spot fotografi yang bisa kamu temukan. Keunikan Candi Sambisari yang berbeda dengan candi lainnya menjadi daya tarik utamanya.

Dengan pemandangan Candi yang terletak pada bawah tanah dan diselimuti rumput hijau menjadi objek foto keren untuk diabadikan. Peninggalan kuno ini patut kamu abadikan dalam kamera terbaikmu, sebagai aset sejarah yang unik.

Dapatkan berbagai foto dengan sudut instagenic yang bisa kamu jadikan sebagai bahan upload story atau feed instagram. Nikmati pemandangan alam sekitar yang hijau nan segar dengan view pedesaan sejuk.

Berkeliling Menikmati Keindahan Candi

Kegiatan lain yang bisa kamu lakukan saat berada di Candi Sambisari yakni berkeliling menikmati sajian alam yang indah. Candi di Jogja ini dikelilingi dengan rumput hijau yang menyelimuti bagian dasar candinya.

Lokasinya berbentuk persegi dengan dua pagar yang membatasi candi tersebut yang jika dilihat dari ketinggian akan terlihat begitu menawan. Arsitektur candi ini begitu unik karena berada dibawah tanah yang dikelola dan dijaga dengan baik.

Kondisi candi kini terlihat bersih dan tertata rapi, sehingga akan sangat nyaman untuk dikunjungi. Kalian bisa mengeksplor dengan bebas apa saja yang berada di kawasan Candi Sambisari tersebut.

Wisata Sejarah dan Budaya

Candi Sambisari menjadi sebuah wisata rekreasi sekaligus sejarah yang populer di Jogja. Keberadaannya yang mulai viral dikalangan wisatawan, membuat candi ini menjadi tempat rekreasi andalan saat liburan menjelang.

Bagi kamu yang ingin belajar mengenai sejarah Indnesia, bisa banget menggunakan Candi Sambisari ini sebagai referensinya. Kalian akan disuguhkan dengan kontruksi bangunan candi yang kuno dengan detail sangat rapi.

Wisata sejarah dan budaya ini bisa kamu telisik sebagai pembelajaran dengan sistem praktik langsung di lapangan. Pastinya akan sangat seru jika belajar sejarah langsung menuju lokasi wisatanya.

Kunjungi juga –> Candi Sari Yogyakarta yang lokasinya berdekatan dengan candi sambisari.

Tips Berkunjung

tips berkunjung ke candi sambisari
foto: https://www.instagram.com/ali_alhusayn13/

Berikut beberapa tips kunjungan liburan anda di Candi Sambisari Jogja untuk mendapatkan kualitas berlibur bersama orang tercinta:

  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Candi Sambisari yaitu di pagi hari untuk mendapatkan pemandangan yang mempesona.
  • Ajak keluarga, sahabat maupun orang tercinta untuk menikmati libur akhir pekan di tempat ini.
  • Bawalah karena untuk mengabadikan momen liburan seru dan menyenangkan di Candi Sambisari Yogyakarta.
  • Gunakan ootd terbaik untuk mendapatkan foto terbaik guna kebutuhan sosial media anda.

Semoga sajian informasi wisata Candi Sambisari Yogyakarta dari Sikidang Travel Guide bisa bermanfaat dan membantu perjalanan wisata anda di Jogja. Nantikan terus info destinasi wisata Yogyakarta selanjutnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Review sebelumnya –> Candi Kalasan Yogyakarta dengan pesona antimainstream untuk foto-foto.

paket wisata jogja

Berenana liburan di Jogja tapi males ribet dan harus pusing sendiri mikirin semua kebutuhan wisata? Tenang, sikidang punya solusi yang rekomended untuk mengatasi masalah liburan anda dengan Paket Tour Jogja.

Banyak pilihan paket yang bisa anda nikmati sesuai dengan kebutuhan maupun keinginan. Dapatkan pengalaman perjalanan tak terlupakan dengan layanan terbaik dan fasilitas ekslusive dari kami.

Duduk manis dan nikmati sajian wisata Jogja yang mempesona bersama yang tercinta. Sikidang Travel Guide solusi terbaik teman travelingmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two + ten =