Home Wisata Yogyakarta Candi Sari Yogyakarta

Candi Sari Yogyakarta

Candi Sari Yogyakarta
foto: https://www.instagram.com/p/CJOAHMYrdOT/?utm_source=ig_web_copy_link

Candi Sari merupakan salah satu destinasi wisata sejarah berupa bangunan kuno di Yoyayakarta yang bisa anda kunjungi ketika berlibur. Selain candi-candi pupuler seperti Borobudur, Prambanan, Ratu Boko dan lainnya. Jogja juga menawarkan destinasi wisata candi dengan sensasi anti mainstream untuk mengisi waktu liburan anda. Seperti Candi Ijo, Abang, hingga candi Plaosan yang rekomended untuk mengisi waktu libura anda.

Jogja yang kaya akan wisata menawarkan berbagai sektor pariwisata rekomended. Sehingga menjadikan kota ini menjadi salah satu destinasi kunjungan populer di Indonesia. Baik wisata alam, budaya, sejarah, kuliner, edukasi dan lainnya bisa anda nikmati semuanya di Yogyakarta.

Salah satu destinasi wisata sejarah yang rekomended untuk kunjungan wisata anda yaitu Candi Sari Yogyakarta. Dibangun pada tahun 778 dengan corak candi Budha dengan relief unik dan arsitektur menarik. Berikut ulasan Candi Sari Kalasan yang bisa anda jadikan referensi kunjungan wisata di Jogja bersama keluarga tercinta.

Harga Tiket Masuk Candi Sari

harga tiket masuk candi sari
foto: https://www.instagram.com/jogjaku/

Destinasi wisata di Yogyakarta yang terkenal sangat murah memang menjadi daya tarik wisata kota ini. Tak heran jika banyak orang yang merindukan Jogja khususnya wisatanya. Untuk menikmati sajian wisata Candi Sari Jogja anda cukup membayar biaya tiket masuk wisata Rp.5.000/orangnya.

Sangat murah bukan? namun ada biaya retribusi wisata tambahan ketika anda berkunjung dengan kendaraan. Yaitu tiket parkir sebesar Rp.3.000 ketika anda membawa sepeda motor dan Rp.5.000 untuk mobil.

Nikmati sajian wisata candi antimainstream di Jogja bersama keluarga tercinta dengan mencatat destinasi wisata Candi Sari di list kunjungan liburan. (Harga tiket masuk dan retribusi parkir wisata candi sari bisa berubah setiap waktu).

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi candi sari
foto: https://www.instagram.com/krtqsr/

Letak dari Candi Sari Jogja sendiri tidak jauh dari destinasi wisata candi Prambanan. Sehingga anda tidak akan merasa kesulitan ketika hendak berkunjung. Candi Sari berlokasi di Bendan, Tirtamartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Jika anda mengunjungi Candi Sari dari pusat kota Jogja. Jarak yang harus anda tempuh kurang lebih 15 km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit dengan kendaraan.

Bagi wisatawan yang ingin menuju lokasi candi bisa menggunakan rute perjalanan berikut ini. Arahkan kendaraanmu menuju Jl KH Ahmad Dahlan, lalu menuju Jalan Pangurukan, hingga mengarah ke Jln. Kusumanegara.

Setelah itu ikuti jalan terus sampai bertemu perempatan , ambillah arah menuju Jalan Ringroad Timur. Dari situ kamu bisa mengarahkan kendaraan menuju Jalan laksada Adisucipto dan ikutilah jalan tersebut sampai menemukan lokasi Candi Sari.

Berikut rute dan peta lokasi candi sari kalasan yang bisa anda akses untuk memudahkan kunjungan liburan di Yogyakarta.

Datang juga ke –> Batu Alien Cangkringan Yogyakarta yang tak kalah indah dengan pemandangan alam luar biasa.

Jam Buka Candi Sari

Jam Buka Candi Sari
foto: https://www.instagram.com/p/CMWGSYDlCOt/?utm_source=ig_web_copy_link

Candi Sari Jogja buka dari jam 09.00-17.00 dengan opersional setiap hari. Kalian bisa berkunjung kapan saja, namun waktu terbaik untuk datang ke candi ini yakni saat pagi hari.

Dimana kondisi dan cuaca masih sejuk juga tenang karena belum banyak wisatawan lainnya. Kalian akan lebih leluasa menikmati keindahan Candi Sari ini dengan berkeliling dan berburu spot foto yang keren.

Banyak wisatawan luar kota hingga turis mancanegara yang terlihat berada di kawasan wisata tersebut. Meski tak sepopuler Prambanan, namun Candi Sari ini juga selalu ramai dikunjungi pada weekdays maupun weekend.

Daya Tarik

Daya Tarik Candi Sari
foto: https://www.instagram.com/p/CeHz1WqPI09/?utm_source=ig_web_copy_link

Sari Temple atau yang memiliki nama lain yakni Candi Bendan merupakan destinasi wisata sejarah yang populer di Yogyakarta. Lokasinya berdekatan dengan Candi Prambanan dan Kalasan, memiliki corak agama Budha dengan bentuk stupa pada bagian atap candinya.

Candi ini memiliki ukuran 17,30 x 10 x 17 meter dengan bentuk persegi dan adanya jendela disetiap sisinya. Candi Sari ini bentuknya berbeda dari bangunan candi pada umumnya dimana terdapat tiga ruangan dalam.

Ruangan tersebut berjajar dengan masing-masing dihubungkan pintu dan jendela yang menjadi daya tarik utamanya. Umunya sebuah candi hanya mempunyai satu ruang dalam satu tingkatan saja, namun berbeda dengan Sari ini.

Menurut cerita rakyat, konon ruangan bertingkat tersebut dahulunya digunakan oleh para biksu sebagai tempat tinggal. Sehingga adanya jendela berfungsi sebagai sirkulasi udara agar tetap terjaga.

Pada lantai atas, ada yang mengatakan digunakan sebagai tempat penyimpanan barang-barang keagamaan penting. Sedangkan bagian lantai bawah sebagai tempat dilakukannya kegiatan keagamaan seperti belajar, mengajar, dan diskusi.

Didepan pintu Candi terdapat dua arca dengan pahatan berjumlah 36 buah yang dibagi-bagi. Delapan arca disisi timur, delapan lagi pada dinding utara, delapan diletakkan dibagian selatan dan dua belas terletak diarea barat.

Candi Sari dahulunya ditemukan dalam keadaan rusak pada tahun 1929 dengan banyaknya batu yang hilang. Kemudian pada tahun 1930 dilakukannya renovasi dan pembangunan ulang bangunan dengan mengganti bagian yang rusak.

Fasilitas

fasilitas di candi sari
foto: https://www.instagram.com/sky_high36/

Untuk menunjang kualitas berlibur anda di Jogja, Candi Sari menawarkan beberapa fasilitas wisata yang bisa anda nikmati seperti:

  • Parkir wisata
  • Mushola
  • Toilet
  • Warung makan
  • Gazebo
  • Penginapan
  • Pusat souvenir dan oleh-oleh

Nikmati sajian wisata sejarah Candi Jogja satu ini bersama orang tercinta dan dapatkan sensasi liburan tak terlupakan bersama orang tercinta.

Spot Wisata di Candi Sari

spot wisata candi sari
foto: https://www.instagram.com/rodri_chen/

Banyak sekali aktivitas wisata yang bisa anda lakukan ketika berkunjung ke Candi Sari Yogyakarta. Selain menikmati sajian keindahan bangunan candi yang artistik.

Spot Foto Instagenic

Jika anda sedang menikmati liburan di kota Jogja, sempatkanlah untuk berkunjung ke wisata Candi Sari. Anda bisa berburu foto kece karena banyak spot-spot dan sudut instagramable yang bisa anda jadikan setting fotografi.

Agar bebas berfoto tanpa gangguan, pengunjung sebaiknya datang di pagi hari saat suasana masih sepi. Kalian bisa bebas berswafoto dengan latar belakang Candi Sari yang megah.

Arsitektur Candi yang unik dan khas akan terlihat begitu epic jika diabadikan dengan kamera ponselmu. Selain itu, kamu juga bisa menguploadnya ke media sosial seperti instagram dengan hasil foto yang instagenic.

Nikmati waktu berfotomu dengan cuaca yang cerah, sehingga akan terlihat dengan jelas pemandangan sekitar Candi yang hijau nan segar.

Berkeliling Menikmati Keindahan Candi

Kegiatan lain yang bisa kamu lakukan saat berada di kawasan Candi yakni berjalan-jalan dan berkeliling mengitari bangunan sejarah tersebut. Kalian berjalan santai dipagi hari atau jogging dengan trek berkeliling Candi yang luas ini.

Di pagi hari menjadi waktu yang pas untuk menikmati keindahan wisata sejarah tersebut karena cuacanya masih segar dan tenang. Namun saat sore hari juga bisa menjadi waktu terbaik dengan suasana hangat dari sunset yang memancar.

Pengunjung dilarang masuk kedalam area Candi, namun jika berada diluar atau halaman diperbolehkan. Karena didalamnya terdapat banyak barang atau peninggalan sejarah yang sangat berharga, sehingga diperlukan penjagaan ketat.

Lebih enak lagi mengeksplor Candi dengan bergoes santai yang dapat kamu lakukan dipagi maupun sore hari. Selain mendapatkan tubuh yang bugar dan sehat, suguhan ke-eksotisan candi bisa menjadi semangat untuk beraktivitas kembali.

Wisata Sejarah dan Budaya

Jika anda pecinta sejarah. Belajar sejarah mengenai Candi sari seperti tahun dibangun, sejarah fungsi candi sari dan lainnya menjadi aktivitas menyenangkan.

Candi merupakan peninggalan budaya dan sejarah yang harus dilestarikan karena merupakan aset negara yang berharga. Oleh karena itu, Candi tak hanya dijadikan sebagai obyek wisata saja, namun sebenarnya memiliki banyak nilai sejarah dan budaya didalamnya.

Belajar tak harus didalam kelas, namun bisa dengan langsung praktik mengunjungi lokasi wisatanya. Seperti Candi Sari ini yang mengandung nilai sejarah tinggi serta kebudayaan yang menyelimutinya.

Berwisata sambil belajar akan menambah wawasan dan pengetahuan baru yang pastinya seru dan menyasyikkan. Bagi para pelajar, kalian bisa melakukan study tour ke lokasi Candi Sari tersebut.

Kunjungi juga –> Air Terjun Tlogo Muncar Yogyakarta kesegaran air terjun di daerah pegunungan kaliurang.

Tips Berkunjung

tips berkunjung ke candi sari
foto: https://www.instagram.com/wonderful.jogja_/

Berikut beberapa tips wisata dari Sikidang ketika anda berencana mengunjungi Candi Sari Jogja.

  • Datanglah bersama keluarga untuk menikmati liburan akhir pekan di Yogyakarta.
  • Waktu terbaik untuk berkunjung yaitu ketika pagi maupun sore hari.
  • Gunakan ootd terbaik dan jangan lewatkan momen berburu foto kece dan instagenic.

Semoga informasi wisata Candi Sari Yogyakarta dari sikidang di atas bisa membantu dan memudahkan liburan anda di Yogyakarta.

Review sebelumnya –> Kawasan Wisata Umbul Siblarak Yogyakarta wisata baru dengan sajian kolam mata air yang jernih.

paket wisata jogja

Ingin trip Jogja tapi meles ribet dan pusing mikirin semua akomodasi kebutuhan liburan. Jangan khawatir karena sikidang punya Paket Tour Jogja yang bisa anda nikmati sesuai dengan kebutuhan maupun keinginan.

Layanan terbaik dengan fasilitas ekslusive siap memanjakan dan mewujudkan liburan impian anda. Pilih paket liburan anda dengan berbagai macam pilihan dan servis layanan untuk mendapatkan sensasi liburan tak terlupakan di Jogja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 + 3 =