Home Wisata Yogyakarta Candi Sewu Yogyakarta

Candi Sewu Yogyakarta

Candi Sewu Yogyakarta
foto: https://www.instagram.com/p/B5brmC3hDFF/?utm_source=ig_web_copy_link

Candi Sewu menjadi destinasi wisata sejarah di Yogyakarta dengan pesona bangunan candi yang menakjubkan. Keindahan yang di tawarkan akan memberikan suasana yang menenangkan ketika mengunjunginya.

Di bangun pada abad ke-8 dengan corak candi Budha membuat candi ini menjadi salah satu situs sejarah kuno di Yogyakarta. Kabarnya candi satu ini di bangun lebih awal dari candi Prambanan dan candi Borobudur.

Sewu artinya seribu dalam bahasa Indonesia, kenapa di beri nama sewu? karena bangunan candi di tempat ini sangat banyak. Meskipun tidak sampai seribu candi, setelah di hitung ternyata jumlah candi di sini yaitu 249 bangunan candi.

Nama lain dari Candi Sewu Jogja ini adalah Prasada Vajrasana Manjusrigha. Di bangun pada tahun 746-784 oleh kerajaan Mataram yang di pimpin oleh Rakai Panangkaran. Destinasi wisata sejarah yang rekomended satu ini wajib kalian kunjungi ketika berlibur di Yogyakarta.

Berikut informasi wisata dari Candi Sewu yang sikidang ulas untuk memudahkan kunjungan liburan anda.

Harga Tiket Masuk Candi Sewu

harga tiket masuk candi sewu
foto: https://www.instagram.com/dzahabyyy/

Destinasi wisata Candi Sewu bisa anda nikmati keindahannya dengan membayar biaya tiket masuk yang sangat terjangkau. Tiket masuk Candi Sewu Yogyakarta sendiri yaitu berkisar antara Rp.20.000,- sampai Rp. 40.000,-.

Anda bisa berpuas diri menikmati megahnya bangunan candi ini bersama orang tercinta. Untuk harga retribusi parkir kendaraan yaitu Rp.5.000,- untuk mobil dan Rp.2.000,- untuk sepeda motor.

(Harga tiket masuk dan retribusi parkir Candi Sewu bisa berubah sewaktu-waktu)

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi candi sewu
foto: https://www.instagram.com/bagusarf_/

Candi Sewu berada di dekat lokasi Candi Prambanan Yogyakarta, sehingga akses jalan menuju obyek wisata satu ini sudah sangat baik. Alamat lengkap dari Candi Sewu Jogjakarta yaitu berada di Jalan Raya Solo – Yogyakarta KM.16, Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY.

Dari pusat kota Yogyakarta, lokasi Candi Sewu berjarak kurang lebih 18 Km dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit. Rute menuju lokasi candi bila dari pusat 0 km Kota Yogyakarta yakni ke arah timur melalui Jalan Panembahan Senoapti Lempeng.

Kemudian lurus terus menuju Jalan Raya Jogja hingga melalui Jln Kusumanegara dan sampai diperempatan, ambillah arah utara melalui Jl. Janti. Setelah itu, beloklah ke timur sampai perempatan ringroad, dari sini arahkan kendaraanmu menuju Jalan Majapahit hingga ke pertigaan arah timur.

Dari pertigaan tersebut kalian akan melalui Jalan Raya Solo dengan terus mengikuti arah jalan sampai di Jl. Raya Yogyakarta-Prambanan. Lalu sesampainya dipertigaan, ambil arah utara melalui Jalan Taman Prambanan Kulon, ikuti jalan sampai ke rekreasi Candi Sewu.

Bagi anda yang bingung rute yang harus di lalui untuk berkunjung ke obyek wisata satu ini. Berikut peta lokasi Candi Sewu yang bisa anda akses.

Datang juga ke –> Merapi Park Yogyakarta rekomended dengan spot foto mini worldnya.

Jam Buka Candi Sewu

Jam Buka Candi Sewu
foto: https://goo.gl/maps/TShq38aKDMqYUoTy9

Candi Sewu memiliki jam operasional buka setiap hari mulai dari pukul 06.00-17.00 WIB. Kalian bisa bebas datang kapan saja, terutama saat menjelang waktu liburan akhir pekan.

Hari libur menjadi waktu paling pas untuk mengistirahatkan tubuh, jiwa, dan pikiran dari kesibukan dan jadwal kerja yang padat. Oleh karena itu, rehatlah sejenak dengan berkunjung ke tempat rekreasi bersama orang tercinta.

Baik wisatawan lokal, luar kota, hingga turis mancanegara dapat kamu temukan di Candi Sewu ini. Jangan lupa catat destinasi wisata Candi Sewu Jogja di list kunjungan wisata anda di Yogyakarta bersama orang tercinta.

Daya Tarik

Daya Tarik Candi Sewu
foto: https://www.instagram.com/p/CGoVTq_FJ17/?utm_source=ig_web_copy_link

Nama lain Candi Sewu ialah Prasda Vajrasana Manjusrigha, sebuah wisata sejarah kuno yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Candi ini letaknya tak jauh dari Parambanan, sehingga kamu bisa langsung menikmati kedua destinasi wisata tersebut saat berada disana.

Meski Candi Sewu bercorak agama Budha dan Prambanan menganut Hindu, namun keduanya bisa saling bertoleransi. Kompleks candi ini memiliki panjang sekitar 185 meter dan lebar 165 meter.

Sejarah Candi Sewu yang terkenal hingga sekarang yakni erat hubungannya dengan kisah Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Dimana dahulu Bandung Bondowoso harus membuat 1000 candi dalam semalam, namun nyatanya jumlah Candi Sewu tak sampai seribu.

Hanya ada sekitar 249 candi dengan satu candi utama yang kemudian dikelilingi candi kecil lainnya. Candi ini memiliki 2 patung orang membawa tongkat yang terletak pada gerbang utama, menjadi iconic yang sering dijadikan spot foto.

Candi Sewu juga pernah mengalami kerusakan parah saat terjadi Gempa di area Pramaban. Kini kalian bisa melihat banyak bangunan yang runtuh dan berserakan tak beratur disekitar kawasan Candi Sewu tersebut.

Namun tak menjadi penghalang, para wisatawan masih memiliki antusias tinggi untuk berkunjung ke Candi Sewu tersebut. Banyak aktivitas dan spot menarik yang dapat kamu temukan disana.

Fasilitas

fasilitas di candi sewu
foto: https://www.instagram.com/iterum1231/

Wisata berkualitas pastinya sudah di dukung dengan berbagai macam fasilitas. Berikut fasilitas yang bisa anda nikmati ketika berwisata di Candi Sewu Yogyakarta:

  • Area parkir wisata yang luas
  • Kamar mandi
  • Warung makan
  • Pusat oleh-oleh dan souvenir
  • Mushola
  • Penginapan
  • Panggung hiburan
  • Tempat duduk
  • Spot foto dan lainnya

Nikmati suasana berlibur yang menyenangkan di Candi Sewu Prambanan bersama orang-orang tercinta.

Spot Wisata di Candi Sewu

spot wisata di candi sewu
foto: https://www.instagram.com/jo.chryst/

Selain menikmati keindahan bangunan candi yang artistik dan menawan. Anda juga bisa menikmati berbagai macam aktivitas seru dan menyenangkan ketika berkunjung ke tempat ini.

Seperti berburu foto instagenic, belajar sejarah, mengunjungi bangunan dalam candi, dan yang lainnya. Yogyakarta yang syarat akan sejarah memang menyimpan peninggalan sisa-sisa masa lau yang luar biasa.

Spot Foto Instagenic

Hal satu ini tentunya tak boleh ketinggalan untuk dilakukan, pasalnya banyak spot foto menarik yang ada di Candi Sewu. Candi dengan nama unik tersebut nyatanya berjumlah tak sampai seribu buah, namun karena bangunannya yang terlihat banyak.

Bangunan sejarah ini memiliki arsitektur yang begitu detail dan ukiran khas, terlihat begitu eksotis untuk diabadikan. Kalian bisa berswafoto disekitar Candi dengan latar belakang bangunan yang menjulang tinggi.

Pastinya hasil fotomu akan begitu epic dengan background pemandangan Candi Sewu. Jika datang di sore hari, kamu bisa menyaksikan view sunset yang terpancar dari balik Candi memberikan pemandangan luar biasa menakjubkan.

Wisata Sejarah dan Budaya

Fungsi Candi Sewu yakni sebagai tempat peribadatan umat Budha zaman dahulu, kini menjadi obyek wisata yang terus dijaga dan dilestarikan. Candi sewu tak hanya sekadar tempat rekreasi semata, melainkan wisata yang memiliki nilai sejarah dan budaya tinggi.

Sembari berwisata, kalian bisa bersantai dan mengamati keindahan bangunan peninggalan Budha tersebut. Banyak hal unik dan menarik dari Candi Sewu yang tak kalah dari candi-candi lainnya.

Dengan berkunjung ke wisata sejarah ini, kalian bisa sambil belajar mengenai peninggalan bangunan kuno serta ikut serta dalam pelestarian budaya. Oleh karena itu, saat berada di kawasan candi sebaiknya mematuhi aturan dan jangan merusak benda apapun yang ada disana.

Berkeliling di Kawasan Candi

Aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Candi Sewu yaitu mengelilingi dan menjelajahi sekitar candi. Hal tersebut bisa menjadi suatu kegiatan yang mengasyikkan, apalagi ditemani dengan teman, sahabat, pasangan, atau keluarga.

Wisata rekreasi satu ini cocok dijadikan spot berpiknik dengan biaya yang terjangkau dan berbagai spot menariknya. Kamu bisa berjalan kaki secara santai sembari menikmati pemandangan alam sekitar candi yang sejuk dan asri.

Atau bisa juga menyewa mobil jeep atau Golf Car jika tidak mau berjalan kaki dan juga bisa menghemat tenaga. Kegiatas berkeliling ini akan semakin seru jika dilakukan secara beramai-ramai.

Oleh karena itu ajaklah siapa saja orang terdekatmu untuk merasakan keasikan berlibur di Candi Sewu.

Kunjungi juga –> Pantai Ngobaran Gunung Kidul berburu spot foto di pantai dengan bangunan-bangunan instagenic.

Tips Berkunjung

tips berkunjung ke candi sewu
foto: https://www.instagram.com/alifnhidayat/

Untuk menunjang kualitas liburan anda agar semakin berkesan dan menyenangkan di Candi Sewu. Berikut tips berkunjung dari Sikidang Travel Guide untuk anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Candi Sewu yaitu ketika weekday (Pagi/Sore Hari)
  • Bawa kamera dan OOTD yang menarik untuk mendapatkan foto epic di Candi Sewu.
  • Jaga peninggalan sejarah dengan tidak merusak candi (vandalisme dan lain-lain)

Dapatkan pengalaman berlibur yang menyenangkan di Yogyakarta dengan mengunjungi Candi Sewu ketika berwisata. Semoga informasi dari sikidang banyak membantu dan menjadi referensi liburan yang bermanfaat.

Review sebelumnya –> Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta wisata alam paling rekomended di Jogja.

paket wisata jogja

Liburan di Jogja kini kalian nggak perlu ribet harus menyiapkan semuanya sendiri. Karena Sikidang Travel Guide hadir dengan layanan Paket Wisata Jogja yang rekomended untuk anda nikmati.

Fasilitas dan layanan ekslusif siap menamani liburan menyenangkan anda bersama orang tercinta di Jogja. Nikmati liburan berkualitas dan tak terlupakan bersama sikidang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eight − 3 =