Home Wisata Jawa Barat Curug Bugbrug Bandung

Curug Bugbrug Bandung

Curug Bugbrug Bandung
foto: https://www.instagram.com/p/CiYv4tHhi4U/?utm_source=ig_web_copy_link

Curug Bugbrug menjadi destinasi wisata alam rekomended. Berupa air terjun yang bisa anda kunjungi ketika berlibur di Bandung bersama keluarga tercinta.

Dibalik kepopuleran pariwisata Bandung, ternyata ada beberapa tempat wisata yang kurang popular seperti curug bugbrug. Meskipun wisata alam ini terdengar kurang familiar. Tetapi jangan disalah artikan bahwa curug ini tidak memiliki hal yang sangat menarik dan istimewa.

Salah satu keistimewaan dari air terjun bugbrug yaitu terletak pada namanya. Nama dari curug ini berasal dari kata Sunda yaitu bugbrug.

Di dalam bahasa Sunda arti dari kata bugbrug ialah tumpah tindih / bertumpuk. Penggunaan dari kata bugbrug ini sangat sesuai dengan kondisi air terjun bugbrug.

Air terjun bugbrug memiliki ketinggian sekitar ±50 meter. Lebar dari air terjun dapat mencapai ±2 meter.

Dengan ketinggian tersebut membuat suara air yang turun dari tebing sangat keras. Suara airnya pun juga terdengar seperti “brug, brug, brug”.

Atas dasar Itulah air terjun ini diberi nama dengan curug / air terjun bugbrug. Berikut ini ulasan informasi lengkap mengenai air terjun tersebut yang bisa Anda simak dengan baik.

Harga Tiket Masuk Curug Bugbrug

Harga Tiket Masuk Curug Bugbrug
foto: https://www.instagram.com/adelina_sihombing/

Tiket masuk curug bugbrug sebesar 10.000 IDR per orang. Untuk tarif parkir motor yaitu 2.000 IDR dan mobil 5.000 IDR.

Meskipun tarif tiket masuk sangat murah, namun biaya yang dikeluarkan cukup ekstra. Sebab harus membayar akomodasi tiket masuk untuk destinasi wisata lain terlebih dahulu.

Bagi yang membawa kendaraan pribadi dapat memanfaatkan area masjid / rumah warga sekitar / destinasi wisata lain hanya untuk parkir. Destinasi wisata ini memang sama sekali belum menyediakan area parkir khusus.

Harga tiket masuk wisata Curug Bugbrug dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Sebaiknya pengunjung mencari informasi terupdate sebelum berkunjung.

Alamat Dan Rute Lokasi Curug Bugbrug

Alamat Dan Rute Lokasi Curug Bugbrug
foto: https://www.instagram.com/lilisnurfadila/

Alamat curug bugbrug berada di ds Kertawangi, Kec Cisarua, Kab Bandung Barat. Sedangkan untuk menuju ke destinasi wisata alam ini cukup rumit dan terpencil.

Maka dari itu sangat diharapkan supaya menggunakan kendaraan pribadi. Sebab akan menjadi petualangan yang sangat panjang jika menggunakan transportasi umum.

Rute lokasi curug bugbrug masih berada di dalam jalur taman bunga cihideung yang terletak di daerah Parompong, Lembang. Tetapi untuk menuju ke destinasi wisata ini harus melalui destinasi lainnya sebagai pintu gerbang.

Ada 3 buah pilihan untuk akses menuju air terjun bugbrug ini.

Pertama yaitu akses dari curug pelangi. Untuk akses dari curug pelangi, harus melakukan tracking terlebih dahulu sejauh ±300 meter.

Kedua yaitu dengan menginap terlebih dahulu di villa Istana Bunga. Tepat di area belakang villa merupakan lokasi dari curug / air terjun bugbrug ini.

Alternatif terakhir yaitu dengan menelusuri area tracking untuk jalur pendakian gunung Burangrang. Tepatnya di Dusun Bambu. Jika masih bingung rute perjalanan menuju lokasi wisata.

Anda bisa menggunakan akses google maps berikut ini agar lebih mudahnya.

Datang juga ke –> Kebun Bunga Cihideung tak kalah rekomended dengan fasilitas dan spot wisata keren.

Jam Buka Curug Bugbrug

Jam Buka Curug Bugbrug
foto: https://www.instagram.com/p/CfKI9e1BowV/?utm_source=ig_web_copy_link

Wisata alam ini mempunyai waktu operasional setiap hari. Jam bukanya mulai pukul 08.00 WIB dan ditutup pada pukul 17.00 WIB. Sedangkan pada weekend, pengunjung bisa bebas datang kapan saja karena wisata air terjun tersebut dibuka selama 24 jam.

Curug Bugbrug ini menjadi wisa alam yang dengan spot berfoto yang kekinian menjadi incaran para kaum milenial. Tak heran jika wisatawan yang sering datang yakni didominasi para anak muda.

Namun tak ada batasan umur, siapa saja bisa berkunjung dan menikmati keindahan curug tersebut. Jika akhir pekanmu dirumah saja dan bingung akan kemana? Wisata Curug Bugbrug satu ini bisa menjadi opsi yang rekomended.

Daya Tarik

Daya Tarik Curug Bugbrug
foto: https://www.instagram.com/p/CkMiAluylpJ/?utm_source=ig_web_copy_link

Curug Bugbrug adalah salah satu destinasi di Bandung yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan. Terutama anak muda, karena wisata ini menyajikan spot berfoto yang mendukung.

Memiliki nama unik, Air terjun yang berada di Kecamatan Cisarua ini diberi nama Bubrug dalam bahasa Sunda. Nama tersebut berasal dari air terjun yang mengalir dengan deras dan jatuh dengan bunyi brub-brug.

Suara tersebut konon terdengar begitu keras sehingga berpengaruh pada pemberian nama curug tersebut. Wisata air terjun ini masih sangat alami dan natural, sehingga belum banyak diketahui publik.

Curug ini berada di ketinggian mencapai 1.050 mdpl dengan tinggi curug kurang lebih 50 meter dan lebar 2 meter. Sedangkan untuk kolam genangan dibawahnya bisa mencapai kedalaman hingga 3-4 meter.

Oleh karena itu sebaiknya pengunjung tidak berenang, karena kedalaman curug yang tidak rekomended. Wisatawan bisa menikmati keindahan curug tersebut dari pinggiran saja.

Saat musim kemarau air pada Curug Bugbrug ini terlihat bersih dan lumayan jernih. Namun saat dilanda hujan akan berubah menjadi keruh seperti kopi susu.

Pengunjung bisa menggunakan sudut fotografi yang mendukung untuk menghasilkan foto yang instagenic. Nikmati berpetualang menuju alam yang menyajikan banyak kekayaan alam melimpah.

Fasilitas

Fasilitas wisata di Curug Bugbrug
foto: https://www.instagram.com/ellan_zaelani/

Sementara itu untuk fasilitas yang tersedia di destinasi wisata air terjun bugbrug memang sangat kurang memadai. Banyak fasilitas curug bugbrug yang sangat sederhana dan apa adanya.

Bahkan telah sangat jelas bahwa destinasi wisata ini sama sekali tidak menyediakan area tempat parkir ataupun tempat untuk beribadah. Sehingga saat mengunjungi destinasi wisata satu ini harus mempersiapkan segala kebutuhan terlebih dahulu dari rumah.

Dengan kata lain fasilitas yang ada berupa fasilitas pribadi / bawaan. Salah satu fasilitas pribadi yang harus dibawa yaitu makanan dan minuman. Karena tidak akan menjumpai area food court meskipun hanya sebatas angkringan.

Ada sebuah fasilitas yang tersedia di destinasi wisata ini yang sangat membantu. Fasilitas itu berupa sebuah gazebo yang dapat digunakan untuk beristirahat.

Spot Wisata Curug Bugbrug

Spot Wisata Curug Bugbrug
foto: https://www.instagram.com/cepicahya/

Meskipun mempunyai fasilitas yang sangat terbatas, bukan berarti tidak ada spot menarik dari obyek wisata alam Bandung satu ini. Ada beberapa spot yang dapat dijadikan sebagai referensi saat berada di curug ini, antara lain :

1. Air Terjun Bugbrug

Air Terjun Bugbrug
foto: https://www.instagram.com/infotravelingterbaru/

Spot utama yang disediakan di wisata alam curug bugbrug yaitu pesona curug itu sendiri. Salah satu keistimewaan dari curug ini yaitu pesona dari air terjun dengan ketinggian ±50 meter.

Pesona landscape curug dilengkapi dengan kolam yang cukup dalam. Tingkat kedalaman kolam mencapai ±3 – 4 meter. Kolam yang ada di bawah curug ini sangat tidak recommended untuk berenang. Sangat berbahaya untuk ukuran kolam dengan kedalaman lebih dari 2 meter.

Apalagi dengan debit air yang sangat tinggi sehingga alirannya begitu deras. Terlalu beresiko untuk Anda berenang atau berendam, sebaiknya menghindari hal tersebut.

Meskipun tidak mempunyai akses yang untuk mendekati curug, tetapi dapat memanfaatkan bebatuan besar yang ada di sekitar kolam. Selain dapat menyaksikan pesona curug, suara yang ditimbulkan juga sangat khas.

Banyak sudut fotografi yang bisa Anda jadikan sebagai spot berswafoto. Jangan sampai terlewat untuk mengabadikan beragam kenangan dan momen berharga saat berada disana.

Lokasinya yang berda disekeliling hutan dan perbukitan membuat suasananya begitu sejuk dan asri. Bisa menjadi tempat healing rekomended bagi Anda yang sedang merasa penat dengan aktivitas sehari-hari atau pekerjaan berat.

Kunjungi juga –> Rumah Stroberi Lembang destinasi wisata yang akan memanjakan perjalanan liburan anda dengan sajian spot kece dan fasilitas lengkap.

2. Area camping

Area camping curug Bugbrug
foto: https://www.instagram.com/pupunk_bebas_santay/

Area di air terjun bugbrug juga sangat recommended untuk camping. Tetapi tetap harus membawa semua perlengkapan sendiri, mulai dari tenda, selimut, makanan dan lain sebagainya.

Suasana camping di curug ini sangat khas akan kehidupan alam yang masih sangat natural. Apalagi kondisi curug masih menyediakan fasilitas seadanya yang semakin menambah suasana camping menjadi lengkap.

Untuk menambah suasana camping menjadi lebih menyenangkan, dapat membawa hammock untuk bersantai di tepi air terjun. Rasakan sensasi menyatu dengan alam yang akan membuat waktu campingmu semakin menyenangkan.

Namun tetaplah berhati-hati saat ingin melakukan camping diarea air terjun. Sebaiknya jangan terlalu dekat dengan lokasi curug, karena saat hujan tiba-tiba datang volume air bisa naik dengan cepat.

Tips Berkunjung

Tips Berkunjung ke curug bubrug
foto: https://www.instagram.com/sandiwahyudi97/

Selain itu ada sebuah tips yang dapat menjamin keselamatan saat berwisata. Tips itu dengan memanfaatkan paket liburan bandung dari jasa travel Sikidang. Untuk memudahkan perjalanan berkunjungmu menuju Curug Bugbrug, sebaiknya menyimak dan memerhatikan tips dan saran dibawah ini.

  • Karena destinasi wisata alam ini masih menyediakan fasilitas seadanya, sangat diharapkan untuk menyediakan fasilitas sendiri. Khususnya untuk makanan, minuman dan lainnya.
  • Datanglah saat cuaca cerah, karena saat musim hujan terlalu beresiko dengak trekking yang licin.
  • Bawalah kamera Anda untuk mengabadikan beragam momen berharga.
  • Berhati-hatilah dalam perjalanan emnuju curug, karena akses jalan lumayan susah dan terjal.

Itu dia ulasan lengkap mengenai wisata Curu Bugbrug yang ada di Bandung, Jawa Barat. Semoga informasi artikel wisata diatas dapat bermanfaat bagi Anda untuk mendapatkan  liburan yang berkualitas.

Nantikan kembali info destinasi wisata lainnya yang akan Sikidang ulas dalam kesempatan selanjutnya.

Review sebelumnya –> Pinisi Resto dan Glamping Lakeside cafe unik dengan spot foto dan pemandangan situ keren yang mempesona.

paket wisata bandung
foto: https://www.instagram.com/qinanatour/

Dengan jasa travel Sikidang, tidak perlu terlalu khawatir untuk keamanan dari kendaraan. Karena belum menyediakan area parkir, pasti akan merasa sangat was – was untuk menghadapi resiko terburuk.

Inilah yang menjadi kelebihan dari jasa travel Sikidang, selain menyediakan paket wisata di tempat terpencil seperti curug bugbrug. Bukan hanya keselamatan dan keamanan yang terjamin, namun juga berbagai macam akomodasi lainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × one =