Home Wisata Jawa Barat Curug Dago Bandung

Curug Dago Bandung

Curug Dago Bandung
foto: https://www.instagram.com/p/CFL5oLJBumR/?utm_source=ig_web_copy_link

Curug Dago merupakan salah satu sajian alam yang mempesona di Jawa Barat. Rekomended untuk berlibur akhir pekan bersama keluarga tercinta.

Bandung kota kembang dengan berjuta keindahan dan romantisme di dalamnya, salah satu yang paling menarik yaitu Curug Dago. Menyimpan beragam misteri alam yang patut untuk dijelajahi, curug satu ini menjadi destinasi wisata menarik bagi sebagian besar orang.

Curug ini menjadi salah satu sir terjun dengan keindahan yang luar biasa serta didukung dengan suasana mistis di dalamnya. Lokasi destinasi wisata ini berada di Kota Bandung yang pada dasarnya merupakan lokasi pegunungan sejuk dan tenang.

Dengan mengeluarkan kocek yang cukup murah, Anda sudah bisa menikmati keindahan alam curug ini. Akan tetapi lokasinya yang tersembunyi membuat curug ini cukup sulit untuk dijangkau wisatawan.

Air terjun curug memiliki ketinggian sekitar 12 meter dengan 800 meter dari permukaan laut. Percikan air yang deras ditambah udara yang sejuk dapat membuat pikiran Anda menjadi tenang.

Nah, Berikut akan dijelaskan lebih lanjut mengenai curug tersebut untuk Anda yang ingin berkunjung.

Harga Tiket Masuk Curug Dago

harga tiket masuk curug dago
foto: https://www.instagram.com/bungaok_/

Obyek wisata alam di Bandung satu ini menyimpan nilai sejarah tinggi dari sebuah kerajaan di Thailand. Terdapat banyak peninggalan dari kerajaan tersebut.

Untuk menikmati segala fasilitas dan mempelajari ragam peninggalan sejarah tersebut, Anda hanya dikenakan tarif masuk sebesar Rp. 12. 000 per orangnya. Sedangkan untuk tiket masuk wisatawan mancanegara dikenakan biaya sebesar Rp. 52.000 per-orangnya.

Tentunya harga tiket masuk Curug Dago tersebut sangat murah jika dibandingkan dengan keindahan alam yang disuguhkan oleh curug ini. Harga tiket masuk pada Curug Dago ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan para pihak pengelola.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi curug dago
foto: https://www.instagram.com/azramcraditya/

Alamat Curug Dago ini berada di Jl. Dago Pojok, Dago, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat. Lebih Tepatnya curug ini berada di daerah Bukit Dago yang pada dasarnya masih satu kawasan dengan Tahura Ir. H. Juanda.

Lokasi curug ini cukup tersembunyi dibandingkan dengan objek wisata lainnya. Selain itu untuk menuju lokasi ini , Anda membutuhkan sedikit perjuangan dalam mencapai lokasi.

Rute menuju lokasi Curug Dago ada 2 alternatif yaitu menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum.

Untuk rute menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa mengarahkan kendaraan untuk melewati Jalan Sebrang Terminal Dago. Setelah menemui jalan simpang dua, masuklah ke jalan sebelah kiri yang menurun menuju ke curug.

Sementara itu untuk rute menggunakan kendaraan umum, Anda bisa naik angkut lalu turun di Terminal Dago. Setelah itu Anda jalan ke Sebrang terminal dan lanjutkan perjalanan dengan naik ojek atau jalan kaki langsung menuju lokasi.

Datang juga ke –> Saung Angklung Mang Udjo Bandung sajian budaya yang tersampaikan dengan alat musik tradisional. Rekomended untuk wisata keluarga.

Jam Buka Curug Dago

Jam Buka Curug Dago
foto: https://goo.gl/maps/WdwNEXNUWvR92RLC8

Untuk jam bukanya, tempat wisata luar biasa ini buka mulai pukul 8 pagi sampai pukul 5 sore. Disarankan bagi Anda yang berkunjung agar memilih jam efektif agar tidak terlalu sore ketika meninggalkan lokasi.

Pemandangan indah air terjun sangat menenangkan, cocok dikunjungi saat akhir pekan dan hari libur panjang. Wisatawan sebaiknya berkunjung saat cuaca sedang cerah, agar panorama alam sekitarnya dapat terlihat dengan jelas.

Kegiatan trekking atau cycling akan sangat mengasyikkan untuk menuju wisata curug satu ini. Lebih baik datang dipagi hari karena suasana Curug Dago masih sangat segar dan sepi pengunjung.

Daya Tarik

Daya Tarik Curug Dago
foto: https://goo.gl/maps/uDqZzJBPMvQwYRca6

Curug Dago Bandung memiliki ketinggian air terjun sekitar 12 meter saja, yang terbilang tak terlalu tinggi. Namun meskipun begitu, popularitas Curug Dago sangat terkenal, hingga banyak wisatawan luar kota yang berkunjung kesana.

Air yang mengalir deras terlihat begitu segar sehingga membuat siapa saja ingin mengguyurkan badannya. View alam sekitar yang dikelilingi oleh pepohonan hijau serta tebing membuat suasana di curug ini sangat menenangkan.

Terdapat sebuah gubuk atau bangunan bersejarah yang hingga kini berdiri dengan kokohnya. Dikirakan keberadaanya sudah sekitar ratusan tahun lamanya.

Kemudian terdapat sebuah kisah atau legenda yang dipercaya oleh masyarakat bahwasanya dahulu curug ini menjadi tempat persinggahan seorang raja. Raja tersebut bernama Chulalongkom II yang berasal dari Thailand.

Raja yang juga dikenal dengan nama Rama V ini pernah singgah ke Curug Dago. Dibuktikan dengan sebuah prasasti batu bertuliskan namanya. Sekitar tahun 1896 Raja V mengunjungi kawasan wisata tersebut dan kedua kalinya pada tahun 1901.

Jejak sejarah Kerajaan Thailand di air Terjun Dago berawal dari seseorang yang menemukan dua prasasti disisi tebing pada tahun 1989. Kemudian ia mengumumkan penemuannya tersebut kepada publik yang membuat warga heboh.

Kepercayaan lain muncul dengan dalil bahwa di Thailand terdapat tradisi dimana Raja akan menuliskan namanya disebuah batu saat bersemedi. Curug Dago memang begitu tenang dan sunyi, sehingga cocok dijadikan sebagai tempat bersemedi atau menyendiri.

Fasilitas

fasilitas di curug dago
foto: https://www.instagram.com/yudhishafiedz/

Meskipun memiliki tempat yang sulit dijangkau, bukan berarti curug ini tidak memiliki fasilitas bagus. Fasilitas Curug Dago terbilang cukup lengkap dengan lokasinya yang sulit dijangkau.

Salah satu fasilitasnya yaitu ada sebuah penginapan berupa villa dengan nama Dago Pakar. Selanjutnya ada juga warung yang menjual makanan ringan dan juga minuman untuk menumpas rasa lapar dan dahaga Anda.

Fasilitas lain yaitu ada gazebo atau tempat duduk untuk istirahat ketika penat melanda. Dan yang tidak kalah penting yaitu adanya tempat parkir yang sangat luas serta bisa menampung ratusan kendaraan.

Untuk Anda yang membawa kendaraan roda empat, bisa memarkirkannya di Kompleks Taman Budaya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Barat. Jarak tempuh dari tempat parkir ke lokasi curug yaitu sekitar 1,2 km.

Spot Wisata di Curug Dago

spot wisata di curug dago
foto: https://www.instagram.com/pdjuli/

Selain bisa menikmati air terjun, banyak terdapat objek wisata lain yang tentunya berdekatan dengan curug satu ini. Mulai dari lokasi pendakian tebing, curug atau air terjun lainnya, goa, dan masih banyak lagi.

Berikut beberapa lokasi wisata dekat dengan curug yang juga patut untuk Anda kunjungi.

1. Tebing Keraton

tebing keraton curug dago
foto: https://www.instagram.com/mirza_abu_rcz/

Spot wisata satu ini dikhususkan bagi Anda yang ingin menikmati wisata sekaligus olahraga ringan. Tebing keraton mengusung konsep yang hampir sama dengan bukit pandang.

Letak dan suasana Tebing Keraton sangat instagramable dan cocok untuk mengisi feed instagram Anda agar lebih hits.

Meskipun lokasinya yang cukup sulit dijangkau, banyak pengunjung yang berdatangan ke tempat ini. Daya tarik utamanya berada pada puncak tebing dimana Anda bisa melihat eksotisme matahari terbit ataupun tenggelam.

Kunjungi juga –> Ranca Upas Bandung sajian alam yang mempesona di temani dengan rusa2 jinak yang menyenangkan.

2. Goa Belanda

goa belanda
foto: https://www.instagram.com/gusti_pedia792/

Selain tebing, ada juga Goa Belanda yang lokasinya tidak jauh dari curug tersebut. Dibangun pada tahun 1918, goa ini diperkirakan merupakan markas militer, penjara, dan juga gudang penyimpanan senjata pada zaman dahulu.

Meskipun berbentuk goa, Goa Belanda ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap jika dibandingkan dengan objek wisata lain. Goa ini dibuat dengan struktur yang lebih modern dibanding dengan goa buatan Jepang.

3. Goa Jepang

goa jepang tahura djuanda
foto: https://www.instagram.com/dapurshofi/

Selain Goa Belanda ada juga Goa Jepang yang merupakan salah satu peninggalan penjajahan Jepang. Kemungkinan Goa ini dibangun oleh para pekerja paksa atau biasa disingkat romusha.

Goa Jepang memiliki 4 pintu utama dan juga 2 saluran udara. Peninggalan sejarah ini dibangun sekitar tahun 1942 pada masa pendudukan Jepang di Indonesia.

Goa tersebut menjadi tempat persembunyian Jepang serta penyimpanan berbagai makanan dan senjata perang. Suasana didalam goa tersebut sangatlah lembab dan gelap, sehingga untuk masuk kedalam dibutuhkan penerangan tambahan.

Wisata alam ini juga menjadi aset sejarah yang masih dijaga dan dilestarikan dengan baik. Menjadi saksi biksu perjuangan Bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan.

Tips berkunjung

tips berkunjung ke curug dago
foto: https://www.instagram.com/info_traveling/

Curug ini bisa dibilang cukup sulit dijangkau dan memiliki akses yang tidak mudah. Maka dari itu dibutuhkan kesiapan yang matang dan keahlian khusus ketika mengunjungi curug ini.

Untuk kalian yang ingin berkunjung di curug ini ada baiknya untuk melakukan tips-tips dari Sikidang Travel Guide dibawah ini.

  • Ketika Anda menuruni anak tangga menuju curug, jangan tergesa-gesa karena anak tangganya
  • Pakai sandal dengan sol karet agar tidak mudah terpeleset.
  • Bawa baju hangat karena suhu di sana cukup dingin serta menusuk.

Seperti itulah informasi mengenai Curug Dago dari Sikidang Travel Guide. Semoga semua informasi diatas bisa membantu Anda dalam menikmati liburan di Bandung, Jawa Barat. Nantikan kembali informasi destinasi wisata lainnya yang akan Sikidang ulas pada kesempatan selanjutnya.

Review sebelumnya –> Ciwidey Valley Resort Bandung destinasi wisata menyenangkan di Ciwidey untuk memanjakan liburan anda bersama orang tercinta.

paket wisata bandung

Penting bagi Anda yang tidak mau bersusah payah dalam mempersiapkan liburan. Saat ini Sikidang Travel Guide bisa membantu menyiapkan Paket Wisata Bandung untuk Anda.

Di sana Anda akan dimanjakan dengan layanan Sikidang Travel Guide yang tentunya sangat profesional di bidangnya. Maka dari itu langsung saja pilih paket liburan Anda di website Sikidang sekarang juga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

seven − 6 =