Home Wisata Jawa Barat Curug Malela Bandung

Curug Malela Bandung

curug malela bandung
foto: https://www.instagram.com/jefry32/

Curug Malela adalah salah satu wisata alam di Bandung yang menyajikan kesejukan air terjun yang masih tergolong semi alami. Bahkan, Air terjun yang berada di Cianjur ini semakin populer setelah dikelola langsung oleh pemerintah setempat.

Malela disebut sebagai Niagaranya Cianjur karena mirip dengan air terjun Niagara di Amerika. Keduanya memiliki beberapa jalur terjun selain terjun utama namun dengan ketinggian yang berbeda, Malela memiliki ketinggian 60-70 meter sedangkan Niagara jauh di atas itu.

Air yang mengalir berasal dari bagian Utara Gunung Kendeng yang telah lama mati. Arus air terjun Malela adalah yang paling atas dari serangkaian air terjun dari gunung tersebut.

Kini, air terjun Malela telah mendapat perhatian dari pemerintah setempat sehingga memiliki banyak fasilitas yang mendukung. Jika Anda ingin mendapat keasrian dan kesejukan air terjun namun lengkap dengan fasilitasnya maka sangat direkomendasikan ke lokasi ini.

Harga Tiket Masuk Curug Malela

harga tiket masuk curug malela
foto: https://www.instagram.com/lukman_euy/

Seiring terus direnovasinya curug yang menambah berbagai fasilitas menguntungkan, harga tiket yang ditetapkan pun terus berubah. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir karena harga tiket masuk ke tempat wisata ini terbilang cukup terjangkau.

Sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tujuan liburan bersama seluruh anggota keluarga. Nah, bagi Anda yang penasaran berikut harga tiket masuk Curug Malela.

  • Harga tiket masuk Rp 10.000 per orang
  • Retribusi Parkir motor Rp 2.000
  • Dan Parkir mobil Rp 10.000.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi curug malela
foto: https://www.instagram.com/ardir.j_2000/

Lokasi Curug Malela berada di perbatasan Cianjur dan Bandung sehingga cukup jauh dari pusat kota yaitu berjarak 72 km atau 3 jam perjalanan mobil dari Stasiun Bandung. Alamat Curug Malela sendiri yaitu di Kampung Manglid, Desa Cidadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung.

Rute menuju air terjun ini cukup mudah, jika menggunakan kendaraan umum mulailah dari terminal Leuwipanjang-Gunung Halu/Buni Jaya-Cidadas-Curug Malela.

Sedangkan bagi Anda yang berencana untuk mengunjunginya dengan kendaraan pribadi bisa melalui Cimahi-Batujajar-Cihampelas-Cililin-Sindang Kerta-Gunung Halu-Buni Jaya-Curug Malela.

Datang juga ke –> Bird Pavilion Bandung menjadi destinasi wisata populer di Bandung yang wajib untuk anda kunjungi.

Fasilitas

fasilitas wisata di curug malela
foto: https://www.instagram.com/_nurulfadhilahhh/

Tempatnya dibuat instagenic sehingga banyak diminati para traveller khususnya kaum muda. Meski tetap terjaga kealamiannya, fasilitas Curug Malela mampu membuat pengunjung nyaman dan ingin kembali lagi, berikut fasilitas yang dimaksud.

  • Plaza curug
  • Shelter
  • Pedestrian
  • Spot berfoto
  • Jembatan
  • Camping ground
  • Gallery craft
  • Food court
  • Track motor
  • Taman
  • Amphitheatre
  • Toilet dan mushalla

Dengan banyaknya fasilitas yang tersedia, tentu akan membuat liburan Anda menjadi menyenangkan.

Spot Wisata Curug Malela

spot wisata di curug malela
foto: https://www.instagram.com/rama1323/

Curug Malela memiliki daya tarik tersendiri yang membuatnya patut masuk dalam daftar tempat wisata saat liburan. Terlebih lagi kini sudah mulai ditambah spot asyik yang cocok bagi para pemburu foto instagramable, berikut spot wisata yang dimaksud.

1. Memiliki 5 Curug

air terjun curug malela
foto: https://www.instagram.com/munggaran19/

Sebagaimana sebutannya yaitu Niagaranya Cianjur atau Little Niagara, curug ini memiliki 5 air terjun lainnya yang memiliki daya tarik masing-masing. Misalnya pada Curug Katumuri yang memancarkan keindahannya pada pukul 8-9 pagi dengan pelangi yang mengelilinginya.

Selain itu ada pula Curug Manglid yang memiliki goa tersembunyi di belakang air terjun, Curug Ngebul yang memiliki suara jatuhan air yang menggelegar dan kabut karena saking derasnya arus air.

Masih ada air terjun Palisir, Sumpel dan Pamengpeuk yang juga memiliki keunikan masing-masing. Semuanya tentu akan sangat sayang dilewatkan begitu saja sehingga sempatkanlah mengunjunginya satu per satu.

Kunjungi juga –> Museum Gedung Sate Bandung rekomended dengan sajian wisata sejarah dan spot foto instagenic.

2. Camping Ceria

camping di curug malela
foto: https://www.instagram.com/bogordotcom/

Ingin lebih dekat dengan alam? Pengunjung pun bisa camping ceria di wisata air terjun yang telah menyediakan tempat khusus untuk membangun tenda.

Beberapa ground siap menemani pengunjung yang ingin sekadar berkemah atau mengadakan kegiatan organisasi semacam diklat misalnya. Lokasinya yang masih alami akan sangat mendukung aktivitas tersebut sehingga patut masuk dalam rekomendasi tempat berkegiatan.

3. Track Motor

trek motor di curug malela
foto: https://www.instagram.com/dhimasginting/

Daerah pegunungan yang belum terjamah membuat area ini memiliki jalanan terjal yang ekstrem. Jalur-jalur ekstrem tersebut menjadi tempat yang asyik untuk berolahraga track motor sehingga tak heran jika banyak pengunjung yang datang khusus untuk berolahraga.

4. Hunting Photo

spot foto di curug malela
foto: https://www.instagram.com/bzr_al29/

Setelah puas menikmati dinginnya air terjun, pengunjung bisa hunting foto di beberapa tempat yang menarik. Pengelola menyediakan spot foto berukuran 2 x 4 meter yang wajib Anda kunjungi.

Selain itu terdapat pula jembatan instagramable yang menghubungkan sebuah anjungan dengan spot foto tersebut.

Tips Berkunjung

tips berkunjung ke curug malela
foto: https://www.instagram.com/yandi_ms07/

Berkunjung ke wisata alam akan berbeda dengan ke wisata lainnya khususnya pada wisata air terjun seperti Manela ini. Ada beberapa tips dari Sikidang Travel Guide yang bisa Anda coba agar liburan semakin menyenangkan tanpa ada hambatan.

  • Datang lebih pagi. Pengunjung disarankan untuk datang lebih pagi agar bisa menikmati semua air terjun yang ada karena semuanya memiliki keunikan masing-masing.
  • Bawa baju ganti. Bermain air di bawah air terjun atau sekitar aliran air sangat menyenangkan terutama bagi anak-anak sehingga baju ganti adalah perlengkapan yang perlu dibawa.
  • Bawa kamera. Banyak spot foto menarik di wisata alam satu ini sehingga sayang jika tidak diabadikan dalam bidikan kamera.
  • Datang saat musim kemarau. Jalanan menuju Curug sangat landai sehingga tidak nyaman dilewati jika sehabis hujan.

Curug Manela patut masuk dalam rencana liburan Anda di Bandung karena banyak hal bisa dilakukan di wisata alam satu ini. Selain itu, Anda bisa menikmati banyak wisata alam lainnya di sekitar daerah ini sehingga bisa menjadi satu paket wisata dalam sekali jalan.

Review sebelumnya –> Curug Cinulang Cicalengka Bandung destinasi wisata alam dengan keindahan air terjun yang menenangkan.

paket wisata bandung

Travelling dengan mengunjungi beberapa lokasi wisata sekaligus perlu direncanakan dengan matang. Menggunakan Paket Wisata Bandung akan sangat praktis karena tidak perlu repot menyiapkan akomodasi, penginapan dan hal penting liburan lainnya.

Anda bisa menggunakan paket wisata Sikidang Travel Guide yang telah berpengalaman menemani wisatawan berkeliling Bandung. Dengan memilih salah satu paket yang disediakan oleh Sikidang Travel Guide, membuat liburan Anda menjadi lebih nyaman dan tenang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here