Home Wisata Jawa Barat Gedung Sate Bandung

Gedung Sate Bandung

Gedung Sate Bandung
foto: https://www.instagram.com/p/CUuM3d-BFQ3/?utm_source=ig_web_copy_link

Gedung Sate adalah salah satu tempat bersejarah yang terkenal di Kota Bandung. Kenapa mengambil nama sate? Nama sate pada gedung ini disebabkan oleh adanya sebuah ornamen berbentuk 6 tusuk sate di bagian atas menara sentral gedung.

Gedung yang berdiri pada tahun 1920 dan sekarang berfungsi sebagai pusat pemerintahan Kota Bandung.

Karena hal inilah, meskipun menjadi tempat wisata dan dibuka untuk masyarakat umum, perizinan masih berlaku. Untuk memasuki gedung ini, Anda tetap harus melalui proses perizinan dan memiliki surat izin masuk.

Pada awalnya, Gedung Sate diberi nama Governments Bedrijven dan saat ini terkenal juga dengan sebutan Gedung Putihnya Bandung. Bentuk bangunan dengan adanya menara beratap susun seperti ini menjadi ciri khas Jawa Barat

Gedung unik ini juga dibuka untuk umum pada waktu-waktu tertentu. Sebagai tempat wisata yang menonjolkan bentuk arsitektur yang sangat indah dan megah. Tidak ketinggalan juga gedung ini kental akan unsur sejarah dan budayanya.

Harga Tiket Masuk Gedung Sate

Harga Tiket Masuk Gedung Sate
foto: https://www.instagram.com/traveldreamland/

Untuk memasuki gedung ini, Anda tidak akan dikenai harga tiket masuk Gedung Sate yang mahal. Cukup dengan membayar Rp. 5.000 saja untuk hari biasa maupun saat akhir pekan.

Tempat ini dibuka pada hari Selasa-Minggu mulai pukul 09.30 hingga 16.00 WIB. Ada jam istirahat yaitu pukul 12.00-13.00 WIB. Untuk hari Senin dan hari libur nasional, gedung Sate ditutup. Berbeda jika Anda hanya ingin berkunjung ke taman-taman yang ada di sekitar gedung. Anda bisa datang kapan saja, termasuk pada hari libur.

Harga tiket masuk dan jam buka Gedung Sate dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak pengelola wisata.

Alamat dan Rute Lokasi Gedung Sate

Alamat dan Rute Lokasi Gedung Sate
foto: https://www.instagram.com/indrati_a/

Tidak sulit untuk menemukan lokasi Gedung Sate, karena gedung ini terletak di pusat Kota Bandung. Ketika bertanya ke orang pun cukup mudah. Karena gedung ini sangat terkenal dan banyak orang yang sudah mengetahuinya, terutama masyarakat daerah sekitar.

Alamat Gedung Sate tepatnya berada di Jalan Diponegoro No. 22 Citarum, Bandung Wetan, Bandung, Jawa barat.

Datang juga ke –> Taman Miniatur Kereta Api rasakan pengalaman berlibur dengan sajian taman kereta yang rekomended untuk wisata keluarga.

Fasilitas

Fasilitas di gedung sate
foto: https://www.instagram.com/sr.wittiri/

Dalam suatu tempat pastinya memiliki berbagai fasilitas pendukung, apalagi tempat tersebut banyak dikunjungi orang seperti tempat wisata. Gedung Sate yang merupakan bangunan bersejarah serta tempat wisata, pengelola telah menyediakan berbagai fasilitas yang bisa Anda gunakan.

Fasilitas pertama yang tersedia ada pada bagian museum. Anda dapat mengetahui tentang Gedung Sate, seperti sejarah berdirinya melalui sejumlah alat peraga yang menggunakan teknologi terbaru. Tempat ini menjadi museum tercanggih di Indonesia yang mana berbagai informasi yang disampaikan dengan banyak bentuk media.  Diantaranya menggunakan media tulisan, gambar dan film digital. Dengan seperti ini Anda telah difasilitasi dengan tempat belajar untuk memperluas ilmu.

Spot Wisata di Gedung Sate

Spot Wisata di Gedung Sate
foto: https://www.instagram.com/yuza.leon/

Gedung sate berdiri di atas lahan dengan luas sekitar 27.000 m2. Dengan bangunan yang seluas ini, ada banyak spot-spot wisata di Gedung Sate yang wajib Anda datangi ketika berada di sini.

1. Menikmati Keindahan Taman

gedung sate jawa barat
foto: https://www.instagram.com/dhimi.pnng/

Dimulai dari saat Anda memasuki area Gedung Sate. Anda disuguhi dengan halaman yang luas dan terlihat indah. Banyak orang yang suka mengambil foto disini, karena Anda bisa mengambil foto dengan latar belakangnya sebuah gedung yang sangat indah.

Pada bagian taman-taman sekitar gedung ini didesain dengan arsitektur khas Indonesia dan Eropa yang membuat hasilnya terlihat sangat megah.

2. Menyaksikan Uniknya Gamelan

wisata bandung gedung sate
foto: https://www.instagram.com/muarasablon/

Awal masuk gedung, Anda akan bertemu dengan gamelan khas Sunda yang berjajar dengan rapi. Gamelan ini hanya dibunyikan ketika ada acara-acara tertentu saja seperti ketika menjamu tamu spesial negara.

Untuk bagian gedung lainnya adalah ruangan-ruangan berbentuk kantor, karena memang tempat ini adalah kantor pemerintahan.

Kunjungi juga –> Kebun Binatang Mini Paris Van Java tak kalah rekomended dengan koleksi hewan lucu dan spot wisata inetagenic.

3. Berkunjung ke Museum

museum gedung sate
foto: https://www.instagram.com/asadtea/

Selanjutnya masih di lantai dasar, Anda bisa masuk ke museum. Di museum ini, Anda bisa melihat berbagai macam koleksi seni yang berkaitan dengan Kota Bandung.

Anda juga akan melihat bebatuan yang digunakan untuk membangun Gedung Sate itu sendiri. Seperti batu kali, batu gelas dan baja Swedia.

4. Bermain Media Interaktif

Bermain Media Interaktif gedung sate
foto: https://www.instagram.com/infodicicaheum/

Di museum pada wisata ini, Anda juga bisa bermain dengan enam instalasi interaktif. Media interaktif berupa visual pembangunan Gedung Sate dan miniature Gedung Sate.

Untuk visual Kota Bandung, Anda dapat melihatnya di bagian lorong yang dekat dengan ruang audio visual.

5. Berkunjung ke Ruang Augmented Reality

Ruang Augmented Reality gedung sate
foto: https://www.instagram.com/nenasibaikhati/

Tidak kalah menarik, Anda juga dapat masuk ke ruang Augmented Reality. Di sini Anda bisa bertemu dengan animasi orang Belanda dan pekerja yang membangun Gedung Sate ini.

Dan yang terakhir sebagai pelengkap. Anda bisa menuju ruang terbuka virtual reality yang memberikan kesan seakan-akan melihat Gedung Sate melalui balon terbang.

6. Menyaksikan Keindahan Kota dari Atas Gedung

citylight bandung di gedung sate
foto: https://www.instagram.com/kevinyungphotography/

Setelah puas bermain-main di museum, Anda bisa langsung menuju lantai teratas gedung yang ada menaranya. Dari sini Anda dapat merasakan segarnya udara Kota Bandung serta melihat keindahan kota dan pegunungan yang mengelilingi kota.

Anda dapat melihat pemandangan Lapangan Gasibu dan Monumen Perjuangan dengan latar Gunung Tangkuban Perahu. Benar-benar menakjubkan jika Anda dapat melihat itu semua.

Tips Berkunjung

tips berkunjung ke gedung sate
foto: https://www.instagram.com/yuliatikatravelnote/

Gedung ini berbeda dengan tempat-tempat wisata lainnya. Gedung yang sebenarnya adalah sebuah kantor pemerintahan serta gedung yang memiliki banyak sekali sejarah di masa lalu. Ketika anak berkunjung Anda harus terlebih dahulu mengurus surat izin.

Bukan semata-mata langsung datang, membayar tiket masuk dan menikmati keindahannya. Ketika Anda sudah memiliki izin untuk masuk tips-tips berikut bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan kesempatan di tempat yang menakjubkan ini.

  • Anda harus mengunjungi museum gedung sate. Karena di sini terdapat banyak sekali informasi dan sayang jika Anda melewatkan tidak mampir. Melihat-lihat apa yang ada dalam museum.
  • Anda perlu mengunjungi teras atap yang akan menampilkan pemandangan luar gedung dari ketinggian.
  • Anda perlu mengabadikan momen dengan berfoto di gedung dengan arsitektur Hindia Belanda ini, karena desainnya sangat menarik dan mengagumkan.

Keindahan dan keseruan yang telah Anda baca hanya dapat Anda nikmati di Gedung Sate. Jadi liburan Anda wajib mengunjungi tempat wisata di Bandung satu ini.

Review sebelumnya –> Wisata Bandros rasakan pengalaman berlibur di Bandung dengan bus wisata yang unik satu ini.

paket wisata bandung
foto: https://www.instagram.com/qinanatour/

Jika tidak, Anda akan merasa menyesal tidak melihat keindahan dan kemegahan dari gedung yang sangat terkenal ini.

Untuk pergi ke Bandung cukup mudah. Anda bisa menghubungi Sikidang Travel Guide dengan Paket Trip Bandung untuk menerima pelayan terbaik selama Anda berlibur. Semua kebutuhan Anda akan terpenuhi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × 1 =