Home Wisata Yogyakarta Goa Jepang Yogyakarta

Goa Jepang Yogyakarta

Goa Jepang Yogyakarta
foto: https://www.instagram.com/p/ByZo5XBHTEw/?utm_source=ig_web_copy_link

Goa Jepang menjadi kunjungan wisata sejarah yang ada di Yogyakarta. Destinasi wisata Jogja yang rekomended memang menyajikan berbagai macam jenis pariwisata.

Selain wisata alam, budaya dan kuliner. Wisata sejarah di Jogja juga cukup menarik untuk mengisi liburan akhir pekan anda bersama orang tercinta. Lokasi dari Goa Jepang Bantul Jogja berada di ketinggian sekitar 500 mdpl. Dibangun dari beton sehingga masih kokoh hingga saat ini dengan letak strategis.

Goa Jepang Jogja sendiri berada di Bukit Pundong dengan view Pantai Parangtritis yang mempesona. Goa yang ada di Bukit Pundong sendiri berjumlah 18 Goa dengan tujuan untuk merebut kekuasaan belanda atas Indonesia ketika itu.

Selain sejarah yang menjadi daya tarik wisata Goa Jepang Bantul, keindahan panorama yang di tawarkan pun menjadi sajian nilai plus. Berikut review singkat wisata Goa Jepang Jogja yang bisa dijadikan referensi kunjungan liburan akhir pekan di Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk Goa Jepang

harga tiket masuk goa jepang
foto: https://www.instagram.com/pinkanbeby34/

Untuk menikmati sajian wisata Jogja memang tidak membutuhkan banyak biaya. Salah satunya yaitu wisata Goa Jepang. Untuk menikmati sajian destinasi wisata satu ini anda tidak perlu mengeluarkan biaya.

Karena harga tiket masuknya masih free alias gratis. Biaya retribusi yang harus anda keluarkan yaitu biaya kamera dan tiket parkir kendaraan. Tiket parkirnya sendiri yaitu Rp.2.000 untuk motor dan Rp.5.000 untuk mobil.

Banyak spot foto instagenic yang ada di obyek wisata Goa Jepang Yogyakarta. Sehingga anda tidak akan jenuh dengan sajian Goa kuno saja ketika mengunjungi obyek wisata rekomended di Jogja satu ini.

(Harga tiket masuk wisata Goa Jepang bisa berubah setiap waktu). Sebaiknya pengunjung mencari informasi terupdate sebelum berkunjung.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi goa jepang
foto: https://www.instagram.com/nie_reni/

Untuk mengunjungi obyek wisata Goa Jepang Jogja sendiri anda tidak akan kesulitan karena lokasinya sangat mudah utuk dikunjungi. Goa Jepang sendiri berada di Desa Seloharjo, Kec. Pundong, Kab. Bantul, Yogyakarta.

Jika anda berkunjung ke Goa Jepang dari pusat kota Jogja. Jarak yang harus anda tempuh kurang lebih 25 km. Anda bisa mengunjunginya dengan kendaraan dengan waktu tempuh sekitar 50 menit.

Rute menuju lokasi Goa Jepang dapat kalian tempuh menggunakan kendaraan dari pusat kota Jogja. Arahkan kendaraanmu menuju timur melewati Jalan Panembahan Senopati, kemudian saat bertemu perempatan beloklah kearah selatan melalui Jl Brigjend Katamso.

Ikuti jalan menuju Jln Parangtritis, selanjutnya kamu akan bertemu pertigaan dan ambilah arah kiri melalui Jalan Mangun Negoro. Lanjutkan perjalanan hingga bertemu perempatan lagi sampai di jalan Raya Pundong.

Perempatan terkahir yang akan kamu lalui yakni mengarah ke barat Jalan Kretek Siluk, setelah itu sampailah di sebuah pertigaan. Dari pertigaan tersebut ambilah belokan kearah barat melalui Jalan Goa Jepang, ikuti petunjuk jalan hingga samapi di wisata Bantul tersebut.

Berikut peta lokasi dari Goa Jepang Jogja yang bisa anda akses untuk mempermudah perjalanan wisata anda di Yogyakarta.

Datang juga ke –> Candi Ijo Yogyakarta candi unik dengan sajian wisata sejarah yang menarik di Jogja.

Jam Buka Goa Jepang

Jam Buka Goa Jepang
foto: https://www.instagram.com/p/B-0pZr_HoTL/?utm_source=ig_web_copy_link

Goa Jepang Bantul Yogyakarta memiliki jam operasional buka mulai dari pukul 06.00 hingga 18.00 WIB. Dibuka setiap harinya sehingga pengunjung bisa singgah kapan saja, baik weekdays maupun weekend.

Namun waktu terbaik untuk berkunjung yakni saat tiba waktu liburan. Sebaiknya datang saat cuaca sedang cerah, karena pada puncak Goa Jepang ini menyuguhkan panorama alam menakjubkan.

Setelah puas mengunjungi Goa, kamu bisa mampir ke puncaknya untuk menyaksikan keindahan sunset di sore hari. Datang dipagi hari sembari bersepeda mendaki gunung juga menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan.

Daya Tarik

Daya Tarik Goa Jepang
foto: https://www.instagram.com/p/CHB2V1AjzBK/?utm_source=ig_web_copy_link

Goa Jepang Pundong menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi saat akhir pekan. Goa ini memiliki ketinggian sekitar 400 hingga 500 meter mdpl dengan bangunan berbahan dasar beton yang kokoh.

Obyek wisata satu ini letaknya berada di Bukit Pundong oleh sebab itu banyak yang menyebutnya sebagai Goa Jepang Pundong. Dari atas bukit ini, kalian bisa melihat kecantikan pantai Parangtritis dengan pemandangan alam sekitar yang asri.

Kalian juga bisa bisa merasakan kesejukan dari suasana perbukitan yang hijau dengan view alam memukau. Potensi alam Indonesia yang begitu melimpah membuat banyak penjajah seperti Jepang ini menguasainya.

Gua Jepang ini termasuk salah satu bukti bisu dari penjajahan Jepang pada masa lalu. Awalnya Jepang menawarkan bantuan kepada Indonesia untuk mengusir tentara Belanda, padahal hal tersebut hanyalah sebuah siasat licik.

Kemudian saat Jepang sudah berhasil mengusir Belanda, mulailah masa penjajahan pada tahun 1942. Salah satu pembangunan Goa di lereng Bukit Pundong ini berfungsi sebagai tempat pendistribusian senjata, makanan dan kebutuhan perang.

Bangunan Goa dibuat seakan tak terlihat dengan membuat jendelanya samar untuk mengelabuhi musuh. Ruangan didalam goa ini tergolong lebih sempit dari goa lainnya yang ada di Yogyakarta.

Fasilitas

fasilitas di goa jepang
foto: https://www.instagram.com/mamaofdaun/

Lokasinya yang berada di atas bukit membuat fasilitas wisata yang tersedia yang Goa Jepang masih sangat terbatas.

Hanya tersedia beberapa fasilitas umum seperti toilet, area parkir, spot foto dan lainnya. Jika anda berencana menginap, cobalah beberapa hotel di sekitar pantai Parangtritis karena lokasi Goa ini tidak jauh dari pantai Parangtritis.

Spot Wisata di Goa Jepang

spot wisata di goa jepang
foto: https://www.instagram.com/ma.dewiii/

Tedapat beberapa aktivitas menarik yang bisa anda lakukan ketika berkunjung ke Goa Jepang.

Berburu Spot Foto

Aktivitas paling rekomended yaitu berburu foto instagenic karena banyak spot foto kece yang sayang untuk anda lewatkan. Lokasi goa yang berada di ketinggian bukit, membuat pengunjung bisa menyaksikan keindahan alam sekitar.

Menikmati sajian alam yang indah dengan view pantai dan berbukitan hijau pastinya akan menenangkan jiwa dan pikiran anda. Menikmati sajian sunset yang mempesona juga menjadi aktivitas seru.

Di atas Bukitnya terdapat beberapa spot berfoto yang bisa pengunjung gunakan untuk berswafoto. Seperti objek foto paling fenomenal yakni bulan sabit berwarna merah dengan letak berada di ketinggian.

Kamu bisa mencoba sudut fotografi tersebut untuk menghasilkan foto yang keren dengan latar belakang panorama pantai Parang Tritis. Apalagi jika datang si sore hari, suasananya akan semakin tenang bersama pulangnya sunset menuju peradabannya.

Wisata Rekreasi dan Sejarah

Goa Jepang merupakan salah satu peninggalan sejarah yang patut untuk dilindungi dan dijaga dengan baik. Menjadi bukti dari masa penjajahan Jepang yang terkenal ganas dan kejam.

Kalian bisa melihat sebuah goa dengan ukuran tak terlalu besar serta dalam ruangannya juga sempit. Goa ini dikatakan menjadi tempat penyimpanan persenjataan Jepang, makanan, hingga kebutuhan tentara lainnya.

Memasuki ruangan dalamnya, udara akan terasa sangat lembab dengan ruangan gelap yang pengap dan sedikit cahaya. Kini Goa Jepang menjadi obyek wisata rekreasi yang memilki nilai sejarah.

Banyak wisatawan yang berkunjung untuk memenuhi rasa penasarannya akan gua peninggalan sejarah tersebut. Ada pula yang hanya berjalan-jalan sembari mampir untuk beristirahat.

Menyusururi Goa dan belajar sejarah bagi anda yang suka dengan wisata adreanalin serta tertarik kepada sejarah.

Spot Tracking Sepeda Gunung

Kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah bersepeda gunung atau cycling menuju puncak bukit dengan melalui medan menantang. Trek perbukitan menuju Goa Jepang terbilang cukup curam dan terjal, banyak jalanan sempit juga menanjak.

Hal tersebut bisa kamu jadkan sebagai trekking sepeda yang menantang, menjadi kegiatan seru dihari liburmu. Jika ingin bersepeda gunung, sebaiknya datang saat pagi hari dimana suasana sekitar masih sepi dan tenang.

Di pagi hari tentunya belum banyak pengunjung lain yang datang, sehingga akan memberi kenyamanan untuk bersepeda mendaki bukit. Sampai di puncak bukit kalian bisa beristirahat sejenak sembari menengok keindahan alam Bantul dari atas.

Kunjungi juga –> Candi Abang Yogyakarta sajian wisata candi antimainstream di Jogja dengan view intagramable.

Tips Berkunjung

tips berkunjung ke goa jepang
foto: https://www.instagram.com/mamaofdaun/

Berikut tips wisata di Goa Jepang yang bisa anda jadikan referensi liburan di Jogja yang menyenangkan.

  • Datang di akhir pekan bersama keluarga tercinta.
  • Waktu terbaik untuk berkunjung yaitu ketika pagi maupun sore hari.
  • Bawa kamera untuk berburu foto kece di spot instagenic Goa Jepang Jogja.
  • Tetap berhati-hati dan jaga alam agar tetap lestari.

Semoga informasi wisata Goa Jepang dari Sikidang bisa bermanfaat dan membantu perjalanan wisata anda di Yogyakarta bersama keluarga. Nantikan kembali destinasi wisata alam Jogja lainnya yang tak kalah menarik untuk ditelisik.

Review sebelumnya –> Bukit Klangon Yogyakarta sajian wisata hits dengan berbagai macam spot foto kece.

paket wisata jogja

Ingin Trip Jogja tapi males ribet harus siapin semua kebutuhan wisata sendiri? Jangan khawatir karena Paket Trip Jogja siap mewujudkan impian liburan anda yang praktis serta berkualitas.

Banyak pilihan paket yang rekomended untuk anda nikmati sesuai dengan kebutuhan maupun keinginan. Dapatkan harga terbaik dengan layanan serta fasilitas ekslusive dari kami untuk liburan yang tak terlupakan di Yogyakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

17 + eighteen =