Home Wisata Yogyakarta Gua Kiskendo Yogyakarta

Gua Kiskendo Yogyakarta

Gua Kiskendo Yogyakarta
foto: https://www.instagram.com/p/CK54JJeH4I5/?utm_source=ig_web_copy_link

Gua Kiskendo, sajian wisata alam berupa goa indah dengan stalagmit dan stalagtit mempesona bisa anda nikmati ketika berlibur di Yogyakarta. Tidak hanya keindahan pantai-pantainya saja, namun Jogja juga menyajikan wisata Alam berupa Gua yang mengagumkan.

Jogja memang tak akan ada habisnya menyajikan wisata-wisata baru yang rekomended untuk menghabiskan waktu libur. Selain wisata kuliner, sejarah, budaya dan pantai indah. Destinasi wisata Goa Jogja juga menyajikan keindahan yang tak kalah rekomended.

Destinasi Gua Kiskendo Jogja menjadi tempat pertapaan kuno yang di manfaatkan menjadi obyek wisata di Jogja. Nikmati keindahan stalagtit dan stalagmit dari Gua Kiskendo untuk liburan yang lebih menyenangkan.

Selain keindahan yang di tawarkan, banyak juga cerita dan mitos mengenai Gua Kiskendo yang menarik untuk anda ketahui. Penasaran apa saja? Berikut informasi wisata Gua Kiskendo Yogyakarta yang bisa anda jadikan referensi liburan di Jogja.

Harga Tiket Masuk Gua Kiskendo

Harga Tiket Masuk Gua Kiskendo
foto: https://www.instagram.com/bambangwahyu15/

Jangan khawatir kantong anda akan kering ketika mengunjungi obyek wisata yang ada di Yogyakarta. Karena wisata Jogja terkenal dengan harga tiket masuk murah dan masyarakat yang ramah.

Sehingga tidak heran Jogja menjadi salah satu kota kunjungan wisata populer di Indonesia. Untuk harga tiket masuk Goa Kiskendo sendiri sangat murah karena anda cukup mengeluarkan uang Rp.6.000/orang.

Sedangkan biaya retribusi tambahan yang harus anda keluarkan ketika berkunjung yaitu tiket parkir kendaraan. Rp.2.000 untuk motor dan Rp.5.000 ketika anda berkunjung menggunakan mobil.

Ada jasa tambahan Tour Guide yang bisa anda sewa. Untuk menemani kunjungan liburan anda di Gua Kiskendo Jogjakarta dengan biaya Rp.50.000,-. Dan untuk penyewaan helm serta senter, wisatawan harus membayar sebesar Rp.5.000.

(Harga tiket masuk wisata Gua Kiskendo dan retribusi tambahan lainnya bisa berubah setiap waktu)

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi gua kiskendo
foto: https://www.instagram.com/agungfirdausi/

Lokasi dari Gua Kiskendo sendiri berada di Jl. Raya Kaligesing, Sokomoyo, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Untuk rute perjalanan yang bisa anda lalui jika berangkat dari pusat kota Jogja yakni mengarah ke Jalan KH Ahmad Dahlan.

Rute perjalanan selanjutnya yakni menuju Jalan Wates dan kemudian menuju Jalan Siliwangi. Setelah itu, arahkan kendaraan Anda menuju Jalan Godean lalu masuk ke Jln Raya Kaligesing. Jarak yang akan anda tempuh sekitar 546 kilometer dengan waktu perjalanan kurang lebih 1 jam 30 menit.

Berikut peta lokasi dari Gua Kiskendo Yogyakarta yang bisa anda akses untuk kunjungan liburan yang lebih mudah.

Datang juga ke –> Pantai Nguyahan nikmati sajian pantai dengan spot foto kece di tempat ini.

Jam Buka Gua Kiskendo

Jam Buka Gua Kiskendo
foto: https://www.instagram.com/p/CR3jLC4H8pl/?utm_source=ig_web_copy_link

Gua Kiskendo Kulon Progo buka setiap hari mulai dari jam 07.00 – 17.00 WIB. Datang bersama keluarga maupun sahabat tercinta untuk sensasi liburan tak terlupakan. Wisatawan bisa datang kapan saja, namun pastikan berkunjung saat cuaca sedang cerah.

Bagi Anda penyuka kegiatan alam dan berjiwa petualang, wisata Gua Kiskendo patut untuk dicoba. Jika sedang memiliki waktu senggang, tak ada salahnya untuk pergi berwisata ke alam ataupun tempat berlibur lainnya.

Karena dengan berlibur, tubuh, jiwa, dan pikiran anda akan kembali fresh dan meningkatkan produktivitas. Ajaklah siapa saja mulai dari teman, sahabat, pasangan, atau keluarga untuk menikmati keseruan berlibur di Gua Kiskendo tersebut.

Daya Tarik

Daya Tarik Gua Kiskendo
foto: https://www.instagram.com/p/Ch_7u0UrB–/?utm_source=ig_web_copy_link

Wisata Jogja memanjakan para wisatawan dengan pesona keindahan alam, sejarah, seni, kuliner dan lainnya. Tak heran jika wisatawan menjadikan Jogja sebagai tempat liburan yang rekomended untuk dikunjungi.

Jika sedang mencari wisata alam dan sejarah, salah satu Kabupaten di Yogyakarta yakni Kulon Progo bisa menjadi opsinya. Menyajikan beragam wisata alam atau sejarah yang akan membuat wisatawan terpukau saat melihatnya.

Di Kulon Progo sendiri terdapat salah satu wisata alam yang memiliki nilai sejarah tinggi yaitu Gua Kiskendo. Goa satu ini banyak didatangi wisatawan, baik dari dalam maupun luar kota.

Wisata satu ini tak hanya menyajikan panorama gua biasa, namun sebagai sarana religi, sejarah, serta edukasi bagi wisatawan. Uniknya, menurut sejarah Gua Kiskendo ini terbentuk dari tetesan atau resapan air yang kemudian membentuk bebatuan keras.

Goa Kiskendo sendiri mempunyai panjang 600 hingga 800 meter dengan tipe gua basah. Karena didalamnya selalu meneteskan air yang keluar dari atap bebatuannya. Kiskendo ditemukan pada tahun 1920 silam yang kemudian dijadikan sebagai obyek wisata pada tahun 1964.

Kemudian untuk pengembangan area wisata, Goa Kiskendo ini memperluas kawasan dengan membeli tanah sekitar 17 kavling. Hingga pada tahun 1979 diresmikan sebagai obyek wisata dibawah pengelolaan Dinas Pariwisata Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Fasilitas

fasilitas di gua kiskendo
foto: https://www.instagram.com/copralmaulana_/

Terdapat beberapa fasilitas wisata yang tersedia di Gua Kiskendo Yogyakarta, salah satunya yaitu:

  • Tempat parkir wisata yang luas
  • Toilet
  • Warung wisata
  • Gazebo
  • Panggung seni
  • Taman bermain

Nikmati liburan yang lebih menyenangkan di Gua Kiskendo Kulon Progo dengan berbagai macam fasilitas pendukung wisata yang tersedia.

Spot Wisata di Gua Kiskendo

Spot Wisata di Gua Kiskendo
foto: https://www.instagram.com/oziiozo/

Nikmati berbagai macam aktivitas menyenangkan di Gua Kiskendo dengan mengunjungi beberapa lorong Goa. Karena Goa Kiskendo mempunyai kurang lebih 15 lorong atau ruangan Goa yang bisa anda jelajah. Seperti ruangan Lidah Mahesosuro, Suumelong, Lumbuk Kampek, dan lainnya.

1. Susur Gua

Kegiatan Susur Gua ini menjadi wahana paling fenomenal yang banyak diminati oleh wisatawan saat berkunjung ke Goa Kiskendo. Sebaiknya anda datang bersama rombongan agar lebih ramai dan seru.

Untuk mengikuti kegiatan susur gua ini wisatawan harus menggunakan perlengkapan lengkap disertai dengan helm dan senter. Karena kondisi didalam guayang begitu minim pencahayaan, sehingga wisatawan harus membawa senter.

Saat sudah sampai didalam gua, wisatawan akan dibuat takjub dengan penemuan batu stalaktit dan stalakmit yang sangat cantik. Aktivitas berburu foto instagenic dengan sajian keindahan stalagmit dan stalagtit yang terpapar sinar matahari.

Wisatawan bisa mengabadikan momen-momen penting saat melakukan susur gua. Pastinya akan menjadi kenangan dan pengalaman yang tak terlupakan.

2. Wisata Sejarah Dan Religi

Digadang sebagai wisata sejarah, Gua Kiskendo ini banjir pertanyaan akan hal tersebut. Pada awal pembukaan, Gua Kiskendo digunakan sebagai wisata religi yang khusus untuk pertapaan. Tempat tersebut memang dikenal mistis dan angker.

Menurut sejarah, dulunya terdapat kisah yang melatar belakangi terbentuknya gua satu ini. Konon dulunya gua ini merupakan sebuah kerajaan dengan seorang raja berkepala kerbau dan lembu. Kemudian terjadi peperangan antara kedua Raja yang bernama Mahera Sura dan Lembu Sura dengan para dewa kahyangan.

Peperangan tersebut terjadi yang diakibatkan karena seorang dewi yang diculik oleh Mahera Sura untuk dipersunting. Namun tidak diizinkan oleh kahyangan sehingga menimbulkan ketidakterimaan hingga berujung perang.

Selain itu, didalam gua sendiri terdapat sembilan pertapaan keramat yang digunakan untuk bertapa. Pertapaan tersebut dianggap keramat dan dijaga untuk dijadikan bukti sejarah.

3. Taman Bermain Anak

Bagi Anda yang membawa anak-anak untuk berwisata ke Gua Kiskendo ini tak perlu khawatir, karena terdapat wahana bermain. Terdapat taman dan playground yang berada disekitar lokasi wisata, guna untuk bermain anak dan tempat beristirahat wisatawan.

Selain itu sering juga di adakan pagelaran seni yang bisa anda nikmati ketika berkunjung di hari-hari tertentu. Seperti hari raya idul fitri dan lainnya.

Kunjungi juga –> Wisata Alam Kalibiru tak kalah indah dengan spot foto instagenic.

Tips Berkunjung

tips berkunjung ke goa kiskendo
foto: https://www.instagram.com/lahhfan/

Untuk mendapatkan liburan yang lebih menyenangkan di Gua Kiskendo. Berikut beberapa tips dari Sikidang yang bisa anda jadikan referensi liburan.

  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Gua Kiskendo yaitu di pagi hari untuk aktivitas susur gua yang lebih maksimal.
  • Datang bersama sahabat maupun keluarga untuk liburan yang lebih menyenangkan.
  • Tidak boleh masuk jika sedang datang bulan, ini khusus bagi wisatawan wanita.
  • Tidak boleh meninggalkan apa saja kecuali jejak.
  • Bawalah kamera untuk mendapatkan momen berlibur yang tak terlupakan.
  • Tetap berhati-hati, jaga kebersihan dan jaga sikap ketika berkunjung.

Semoga informasi wisata Gua Kiskendo dari Sikidang diatas bisa bermanfaat dan memudahkan perjalanan liburan anda di Yogyakarta. Nantikan kembali info destinasi wisata lainnya di Jogja yang patut untuk dikunjungi.

Review sebelumnya –> Waduk Sermo indahnya panorama alam yang mempesona di Yogyakarta.

paket wisata jogja

Liburan di Yogyakarta kini tidak perlu ribet dan pusing, Paket Tour Jogja dari Sikidang punya solusi semua masalah liburan anda. Dapatkan sensasi liburan yang lebih berkualitas dan menyenangkan dengan layanan paket wisata dari sikidang.

Karena fasilitas ekslusif dan layanan terbaik akan memanjakan liburan anda dan keluarga. Pilih dan nikmati liburan dengan layanan paket wisata sesuai dengan kebutuhan maupun keinginan. Rasakan sensasi perjalanan tak terlupakan dengan layanan paket dari Sikidang Travel Guide.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four + 5 =