Home Wisata Jawa Tengah Gunung Bismo Wonosobo

Gunung Bismo Wonosobo

Gunung Bismo Wonosobo
foto: https://www.instagram.com/p/CVti-ZXh8I8/?utm_source=ig_web_copy_link

Gunung Bismo menjadi kunjungan para pecinta alam yang sedang naik daun di Wonosobo. Menjadi obyek wisata terbaru di Wonosobo, Gunung satu ini rekomended untuk anda explore.

Karena selain alamnya yang masih asri, belom banyak pendaki yang tahu keindahan dari gunung satu ini.

Panorama alam yang mengagumkan akan tersaji untuk kalian ketika mendaki gunung ini bersama sahabat.

Tingginya yang hanya 2.365 mdpl membuat gunung satu ini tidak terlalu tinggi untuk kalian para pendaki amateur ataupun pendaki wanita.

Berikut informasi seputar pendakian Gunung Bismo Wonosobo yang harus kalian ketahui sebelum mendaki gunung satu ini.

Harga Tiket Pendakian Gunung Bismo

harga tiket masuk gunung bismo
foto: https://www.instagram.com/bang.jak22/

Harga tiketnya tergolong standar dan murah untuk sejenis pendakian gunung pada umumnya. Pendaki harus membayar tiket terlebih dahulu pada basecamp pendakian Desa Sikunang.

Sama halnya dengan gunung lain, ketika kalian ingin mendaki Gunung Bismo kalian harus membayar biaya retribusi pendakian sebesar Rp.25.000,-/orang. Kemudian tersedia pula biaya penitipan kendaraan Rp.10.000,- untuk sepeda motor.

Jika kalian ingin menghemat waktu dan juga tenaga, kalian bisa benget menggunakan jasa Ogun (Ojek Gunung Bismo). Dengan ongkos Rp.30.000,- di siang hari dan untuk malam hari harga berubah menjadi Rp.35.000,-.

Harga tiket dan retribusi lainnya di atas bisa berubah sewaktu-waktu, sebaiknya pendaki selalu update informasi terbaru sebelum berkunjung.

Alamat dan Rute Lokasi

Alamat dan rute lokasi gunung bismo
foto: https://www.instagram.com/refiyt/

Basecamp Gunung Bismo Via Silandak berlokasi di Desa Slukatan, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Berjarak sekitar 10 km dari pusat kota Wonosobo, dan bisa diakses menggunakan kendaraan dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Sedangkan untuk jalur pendakian Gunung Bismo via Sikunang berlokasi di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa tengah. Via Sikunang hanya berjarak sekitar 3,8 km saja dari Tugu Selamat Datang Dieng.

Terdapat banyak via pendakian yang bisa kamu lewati, namun kedua jalur diatas yang paling banyak dipakai oleh para pendaki. Selain medan dan aksesnya mudah, waktu yang ditempuh untuk sampai ke puncak juga tergolong cukup cepat.

Pendaki bisa mendaki gunung dengan berjalan kaki atau jika ingin menghemat tenaga bisa menggunakan sewa ojek gunung. Jika mengendarai ojek waktu yang akan ditempuh hanya sekitar 15 menit dampai di Pos 2.

Para pendaki bisa mendaki dengan cara apa saja sesuai dengan keinginan dan yang terpenting selalu berhati-hati dalam perjalanan. Jika belum pernah ke tempat ini dan masih bingung lokasi basecamp pendakian, kalian bisa mengakses peta lokasi dibawah ini.

Datang juga ke –> Pasar Kumandang Wonosobo banyak jajanan tradisional Khas Jawa yang wajib kalian coba di tempat ini.

Jam Buka Gunung Bismo

Jam Buka Gunung Bismo
foto: https://www.instagram.com/p/CkCeISEPa0l/?utm_source=ig_web_copy_link

Basecamp Gunung Bismo di buka 24 jam selama jalur pendakian dibuka untuk pendakian sehingga pendaki bisa datang kapan saja. Namun sebaiknya menghindari datang saat musim hujan karena terlalu beresiko dan medan lokasi yang licin dan berbahaya.

Para pendaki biasanya didominasi oleh kaum anak muda yang gemar dan hobby menjelajah serta berpetualang menelusiri alam. Setiap harinya pasti ada saja yang mendaki di Gunung Bismo ini, apalagi jika menjelang waktu liburan maka akan semakin ramai.

Waktu terbaik untuk berkunjung yakni saat cuaca sedang cerah. Pastikan kamu yang ingin mendaki mempersiapkan dengan baik semua peralatan dan keperluannya.

Daya Tarik

Daya Tarik Gunung Bismo
foto: https://www.instagram.com/p/CWPbXy5FqAg/?utm_source=ig_web_copy_link

Gunung Bismo mdpl merupakan pegunungan yang dekat dengan kawasan wisata Dieng. Wisata alam ini memiliki keindahan luar biasa yang menjadi daya tariknya, tak heran jika banyak pendaki merasa tertantang untuk mengunjunginya.

Sesampainya dipuncak, para pendaki akan disuguhkan dengan view pegunungan dan bukit sekitar yang berderetan dan terlihat begitu eksotis. Gunung Bismo adalah salah satu kekayaan alam Kabupaten Wonosobo dengan ketinggian 2.365 mdpl.

Meski tak begitu populer seperti Gunung Prau, Sindoro, atau Sumbing, namun Bsimo Mountain tak pernah sepi dikunjungi. Disamping itu, Gunung Bismo memiliki banyak mitos dan sejarah yang hingga kini bertebaran di kalangan masyarakat sekitar.

Dikatakan terdapat sebuah makam juru kunci gunung yang bernama Bismo. Tak ada yang mengetahui dengan pasti kapan adanya makam tersebut dan asal usul munculnya.

Gunung dekat Dieng ini juga memiliki pantangan bagi para pendaki yakni tidak boleh menggunakan pakaian dan atribut berwarna kuning. Kepercayaan masyarakat tentang adanya kerajaan gaib yang berwarna kuning menyebabkan mitos tersebut tersebar ke telinga para pendaki.

Kamu boleh percaya atau tidak, selagi tak melakukan hal terlarang atau merusak apapun yang ada di kawasan gunung. Nikmati perjalanan trekking menuju Gunung Bismo dengan aman dan selalu berhati-hati.

Fasilitas

fasilitas di gunung bismo
foto: https://www.instagram.com/er.rifqi/

Terdapat beberapa fasilitas yang bisa kalian nikmati ketika ingin mendaki Gunung Bismo Wonosobo seperti:

  • Akses jalan yang baik
  • Parkir & penitipan kendaraan
  • Basecamp yang nyaman
  • Toko logistik
  • Warung Kopi
  • Warung makan
  • Ogun (Ojek Gunung)
  • Pos pendakian selama mendaki
  • Peta jalur pendakian dan lainnya.

Nikmati alam Gunung Bismo yang masih asri ketika ingin mendaki gunung yang ada di Wonosobo. Tidak lengkap berlibur ke Wonosobo hanya untuk mendaki gunung saja bukan?

Kini anda bisa dengan mudah menikmati liburan praktis dan menyenangkan dengan layanan Paket Wisata Dieng Wonosobo dari Sikidang Travel Guide. Rasakan sensasi berlibur yang tak terlupakan dengan layanan fasilitas ekslusive dari Sikidang yang akan memanjakan anda dan keluarga ketika berlibur.

Spot Wisata di Gunung Bismo

spot wisata di gunung bismo
foto: https://www.instagram.com/mikimiko16/

Selain menikmati keindahan alam ciptaan yang kuasa, di gunung satu ini kalian juga bisa melakukan berbagai macam aktivitas seru. Seperti menikmati jalur pendakian yang penuh adrenalin, camping di puncak gunung Bismo, menikmati sunrise di pagi hari.

Banyak terdapat spot menarik yang akan kamu temukan di Gunung Bismo tersebut. Melihat gemerlip lampu kota di malam hari dari atas ketinggian, berburu foto, dan masih banyak lagi.

Spot Foto Instagenic

Panorama alam Gunung Bismo memang tak usah diragukan lagi, kekayaan alam yang dimiliki begitu melimpah dan berpenampilan hijau segar. Bagi kamu yang doyan berswafoto, terdapat banyak spot foto instagenic untuk mengisi feed instagrammu.

Tentunya aktivitas satu ini tak boleh terlewatkan begitu saja, karena jarang sekali ditemukan ditempat lain. Kamu bisa menjadikan pemandangan deretan gunung sebagai latar belakang fotomu yang pastinya akan terlihat kece dan kekinian banget.

Jangan lupa siapkan kamera terbaik dan isilah dengan penuh baterainya agar tak kehabisan saat berada disana. Nikmati keindahan Gunung Bismo yang tak ada habisnya ditemani dengan orang tercinta.

Menikmati Sunrise dan Sunset

Aktivitas satu ini menjadi hal yang paling ditunggu oleh para pendaki yakni menyaksikan sunrise dan sunset dari ketinggian Gunung Bismo. Saat dini hari pastikan kamu bangun lebih awal untuk menikmati indahnya matahari terbit yang memukau.

Pancaran sinar kuningnya mampu menghangatkan badan dan merelaksasi tubuh agar lebih fit untuk beraktivitas kembali. Tentunya ditemani dengan secangkir teh atau kopi hangat agar waktu menikmati sunsire semakin menyenangkan.

Selain itu pendaki juga bisa menikmati suasana senja dengan menunggu sunset tiba di sore hari. Fenomena matahari tenggelam ini juga tak kalah menarik untuk disaksikan.

Pulangnya matahari ke peradaban dari balik gunung akan membuatmu terpukau dengan pesonanya. Pastikan kamu mengabadikan momen berhagra tersebut dengan kamera ponselmu ya.

Camping Asik

Kegiatan wajib yang biasanya selalu dilakukan oleh para pendaki yaitu bermalam digunung atau istilah lainnya camping. Hal tersebut memang dilakukan mengingat lokasi gunung jauh dari perumahan warga, sehingga mengharuskan pengunjung untuk membangun tenda dikawasan gunung.

Namun untuk Gunung Bismo ini, banyak yang mengatakan bahwa tidak boleh camping diatas puncaknya. Sebaiknya kamu mencari tempat berkemah yang dirasa aman dan nyaman untuk tidur dan beristirahat setelah lelah dari perjalanan mendaki.

Disamping itu, pemandangan malam di Gunung Bismo terkenal indah dan akan sayang untuk dilewatkan begitu saja. Suasana Gunung yang sunyi dengan gemerlap lampu rumah warga dari kejauhan memberikan nuansa tenang dan epic.

Kunjungi juga –> Wonoland Wonosobo manjakan liburan keluarga anda dengan berbagai macam spot foto instagenicnya.

Tips Mendaki Gunung Bismo

tips mendaki gunung bismo
foto: https://www.instagram.com/bajoek/

Dibawah ini Sikidang berikan tips dan saran bermanfaat bagi para pendaki Gunung Bismo.

  • Pastikan jalur pendakian Gunung Bismo telah di buka.
  • Usahakan tubuh dalam keadaan prima ketika mendaki Gunung Bismo.
  • Gunakan gear dan peralatan mendaki yang kompitable.
  • Persiapkan P3K untuk kebutuhan yang mendesak.
  • Bawalah logistik secukupkan.
  • Jagalah kesopanan ketika mendaki gunung.
  • Siapkan jas hujan karena cuaca di atas tidak bisa di prediksi.
  • Pungut sampahmu agar alam tetap lestari.
  • Bawa kamera agar kalian bisa mengabadikan moment epic bersama teman di Puncak Bismo.

Usahakan mendaki bersama rombongan atupun teman-teman jika kalian pendaki pemula. Jika kalian ingin solo hicking usahakan persiapan sudah matang dan sudah berpengalaman.

Review sebelumnya –> Bukit Mbeser Wonosobo Nikmati keindahan alam wonosobo yang jarang orang tahu dari bukit satu ini.

Ingin mendaki Gunung Bismo dan explore Wonosobo tapi males ribet? kalian bisa banget piknik di Wonosobo dan Dieng bareng Sikidang.

Semua Akomodasi sikidang yang siapkan untuk kalian, mulai dari tiket, hotel, konsumsi, dokumentasi, transportasi dan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × 1 =