Home Wisata Jawa Tengah Gunung Kembang Wonosobo

Gunung Kembang Wonosobo

Gunung Kembang Wonosobo
foto: https://www.instagram.com/p/CYduRK6l1df/?utm_source=ig_web_copy_link

Gunung Kembang menjadi destiansi pendakian gunung di Wonosobo yang sedang naik daun karena keindahan yang di tawarkan cukup mempesona. Daya tarik lainnya yaitu rute perjalanan yang berbeda dengan pendakian lainnya, karena pemandangan alam yang luar biasa akan selalu tersaji.

Jalur kebun teh yang hijau akan menghipnotis siapa saja yang mendaki gunung satu ini. Selain itu hutan yang masih lebat juga akan mendamaikan jiwa siapa saja yang mengunjunginya.

Gunung Kembang Wonosobo sendiri merupakan anak Gunung Sindoro yang masih aktif, gunung satu ini memiliki ketinggian mencapai 2320 mdpl. Cocok bagi kalian pendaki pemula maupun pendaki wanita yang ingin merasakan sensasi mendaki gunung dengan panorama keindahan yang luar biasa.

Berikut ini informasi lengkap mengenai pendakian Gunung Kembang Wonosobo Jawa Tengah dari Sikidang.

Harga Tiket Pendakian Gunung Kembang

harga tiket mendaki gunung kembang
foto: https://www.instagram.com/dhikrigalih/

Untuk mendaki gunung memang harus membayar biaya retribusi pendakian, tidak terkecuali Gunung Kembang. Harga tiket masuk Gunung Kembang tergolong murah dan terjangkau.

Harga tiket mendaki Gunung Kembang sendiri yaitu Rp.10.000,-/orang ditambah dengan Rp.5.000,- untuk fasilitas basecamp. Selain itu, terdapat biaya registrasi yang sudah termasuk jasa antar bagi kamu yang tak ingin ribet Rp. 50.000.

Terdapat pula untuk biaya parkir dan penitipan kendaraan untuk motor Rp.10.000,- dan Rp. 20.000 mobil. Untuk pendakian Gunung Kembang kamu juga perlu membayar surat keterangan sehat sebesar Rp. 20.000.

Biaya lain yang mungkin akan kamu keluarkan yaitu seperti keperluan pribadi, pembelian makanan, dan lainnya. Harga retribusi dan fasilitas lain pada Gunung Kembang di atas bisa berubah-ubah setiap waktu.

Pastikan pengunjung selalu update informasi terkininya sebelum berkunjung ke wisata alam tersebut.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi gunung kembang
foto: https://www.instagram.com/idris_rkmn26/

Untuk menuju lokasi Gunung Kembang, terdapat beberapa rute pendakian yang bisa kamu lalui. Namun via pendakian yang paling terkenal dan digemari para pendaki yaitu via Blembem dan Lengkong.

Lokasi basecamp populer pendakian Gunung Kembang Via Blembem, alamat lengkapnya di Desa Kaliurip, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Berjarak sekitar 13 Km dari pusat kota Wonosobo, kalian bisa mengunjunginya dengan menempuh waktu kurang lebih 40 menit menggunakan kendaraan.

Sedangkan untuk via pendakian Lengkong terletak di Dusun Salaman, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo. Namun rekomendasi rute paling aman yaitu via Blembem karena akses menuju kesana lebih aman, rapi, dan fasilitasnya lengkap.

Jika kalian bingung untuk mencari lokasi Gunung Kembang, kalian bisa mengakses peta lokasi di bawah ini.

Datang juga ke –> Dieng Plateau Theater menyajikan sajian film sejarah Dieng.

Ketika anda mendaki Gunung Kembang dan berencana untuk eksplore wisata Wonosobo, kini bisa menikmati fasilitas Paket Wisata Dieng dari Sikidang.

Berbagai macam layanan paket liburan menyenangkan di Dieng bisa anda pilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Layanan ekslusive dari Sikidang Travel Guide siap mengantar dan menemani liburan menyenangkan anda dan keluarga.

Jam Buka Gunung Kembang

Jam Buka Gunung Kembang
foto: https://www.instagram.com/p/CZjrpzoFGsT/?utm_source=ig_web_copy_link

Basecamp Gunung Kembang Via Blembem di buka setiap hari dan 24 Jam selama jalur pendakian sedang di buka. Namun untuk registrasi dibuka mulai pukul 08.00 hingga 21.00 WIB.

Gunung Kembang ini banyak menarik simpati para pendaki, sehingga banyak yang tertantang untuk mendakinya. Tak jarang para pendaki berbondong-bondong menuju lokasi Gunung Kembang, terutama saat menjelang waktu libur.

Para pendaki didominasi oleh kalangan anak muda yang gemar mendaki dan trekking. Bagi kalian yang belum pernah merasakan mendaki, bisa mencoba medan di Gunung Kembang ini.

Daya Tarik

Daya Tarik Gunung Kembang
foto: https://www.instagram.com/p/CJTsOMRFOoX/?utm_source=ig_web_copy_link

Gunung Kembang memiliki ketinggian 2.340 mdpl yang menjadi favoritenya para pendaki. Daya tarik gunung di Wonosobo satu ini yaitu terkenal akan medannya yang terus menanjak dan jarang terdapat dataran.

Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi para pendaki untuk bisa menaklukan Gunung Kembang tersebut. Selain itu, Gunung Kembang Wonosobo ini memiliki 7 rute pendakian yang akan dilewati oleh pendaki, begitu banyak dan ekstrim.

Pendaki harus melewati satu persatu pos tersebut untuk sampai ke puncak gunungnya. Namun di masing-masing pos mempunyai nama unik dan fenomenal yang dijadikan sebagai tempat peristirahatan para pendaki.

Dalam perjalanan menuju lokasi, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan indah dan hal unik serta menarik lainnya. Trekking kalian akan diwarnai dengan berbagai pengalaman yang tak terlupakan dan momen berharga bersama orang tercinta.

Para pendaki dihimbau untuk selalu berhati-hati saat diperjalanan menuju lokasi gunung, serta pastikan membawa keperluan dan peralatan yang lengkap.

Fasilitas

fasilitas di gunung kembang
foto: https://www.instagram.com/baeirul/

Terdapat beberapa fasilitas pendukung yang bisa dinikmati ketika mengunjungi gunung satu ini seperti:

  • Akses jalan yang baik
  • Basecamp yang nyaman
  • Toilet
  • Mushola
  • Kamar mandi
  • Warung logistik
  • Peta jalur pendakian
  • Camping Area
  • Pos pendakian
  • Petunjuk arah menuju puncak

Layaknya fasilitas mendaki gunung pada umumnya membuat destinasi wisata alam satu ini ramai di kunjungi kawula muda pecinta alam.

Spot Wisata di Gunung Kembang

spot wisata di gunung kembang
foto: https://www.instagram.com/iammifta/

Terdapat banyak spot menarik dan epic yang akan kamu temukan di Gunung Kembang WOnosobo. Selain itu, kamu juga bisa melakukan aktivitas seru lainnya dan berbagai hal menarik saat menuju lokasi gunung tersebut.

Tujuh Pos Pendakian

Salah satu hal unik dari Gunung Kembang yaitu memiliki 7 pos pendakian dengan nama menarik jika kamu melalui via Blembem. Para pendaki akan disuguhkan dengan medan ekstrim disetiap perjalanan menuju pos selanjutnya.

Namun kamu tak perlu khawatir, karena selama perjalanan akan banyak hal menarik dan asik yang tak boleh terlewat. Selain menikmati sensasi pendakian gunung yang seru dan menyenangkan, pemandangan alam yang indah akan setia menemani perjalanan anda selama mendaki.

Disamping itu suasana digunung memang terasa begitu alami dan sejuk dengan berbagai tanaman endemik seperti bunga edelweis yang indah. Namun pendaki dilarang untuk memtik bunga tersebut, dikarenakan dilindungi agar tetap terjaga kelestariannya.

Perjalanan menuju Gunung Kembang memang terlihat lumayan rumit dan membutuhkan waktu lama, namun semuanya akan terbayar sesudah sampai dipuncak. Rasa lelah dan penat selama trekking akan hilang begitu saja dengan melihat panorama gunung yang begitu memikat.

Camping Asik

Menginap di puncak Gunung Kembangan menjadi aktivitas paling epic yang wajib kalian nikmati ketika mendaki gunung satu ini. Nikmati pemandangan malam Kota Wonosobo dari atas ketinggian, melihat gemerlip lampu kota ditemani dengan hembusan angin dan secangkir kopi.

Selain itu dipagi hari kamu bisa menyaksikan sunset dari balik gunung yang begitu menakjubkan dengan ditemani cuaca dingin Gunung. Pastikan untuk tak melewatkan momen satu ini karena akan sayang jika terlewat begitu saja.

Kemudian jika sampai dipuncak pada sore hari, kamu bisa menyaksikan keindahan matahari tenggelam kembali pulang keperadabannya. Fenomena tersebut patut kamu abadikan dengan menggunakan kamera ponselmu.

Nikmati camping seru dan asik yang bisa kalian coba dengan mendaki Gunung Kembang tersebut. Dapatkan pengalaman tak terlupakan bersama teman, pasangan, atau partner lainnya.

Spot Foto Instagenic

Selama perjalanan menuju lokasi Gunung, kalian para pendaki akan disuguhkan dengan pemandangan alam Wonosobo yang luar biasa indahnya. Rasa lelah diperjalanan pun tak akan terasa begitu berat dengan sajian keasrian alam yang akan menghipnotis siapa saja.

Hal tersebut bisa kamu jadikan sebagai spot foto menarik yang akan kamu dapatkan selama di perjalanan. Pemandangan sunrise dan sunsetnya sangat mempesona ketika di lihat dari puncak Kembang, jangan lupa berfoto karena banyak spot yang instagenic.

Kalaian bisa berswafoto atau berselfie secara sepuasnya selagi berada disana. Pastikan untuk mengisi full baterai ponselmu yang akan digunakan untuk mengabadikan berbagai momen berharga.

Kunjungi juga –> Bukit Seroja Wonosobo banyak spot foto instagenic yang rekomended.

Tip Mendaki Gunung Kembang

tips mendaki gunung kembang
foto: https://www.instagram.com/sani67106/

Ada beberapa tips dari Sikidang ketika kalian ingin mendaki gunung satu ini, salah satunya yaitu:

  • Kunjungi Gunung kembang ketika jalur pendakian sudah di buka, ikuti perkembangannya melalui media sosial.
  • Usahakan kondisi badan sedang fit karena banyak trek terjal Gunung Kembang yang cukup menguras tenaga.
  • Gunakan Gear dan perlengkapan mendaki yang direkomendasikan.
  • Bawalah logistik secukupnya.
  • Jangan buang sampah sembarangan, vandalisme dan kegiatan merusak alam.

Meskipun bukan tergolong gunung yang tinggi namun lebih menyenangkan jika kegiatan mendaki gunung di lakukan bersama rombongan maupun teman. Jika kalian ingin solo hicking, tetap berhati-hati dan persiapkan perlengkapan yang lengkap dan matang.

Semoga informasi wisata alam diatas dapat bermanfaat dan nantikan kembali info destinasi liburan menarik lainnya di Wonosobo.

Review sebelumnya –> Padang Savana Dieng yang tidak kalah indahnya dengan spot foto instagramable.

 

Sudah punya planning mendaki Gunung Kembang tapi males ribet?. Tenang karena kalian bisa mendaki gunung satu bareng Sikidang dengan layanan Paket Trip dari Sikidang Travel Guide.

Nanti semuanya sikidang yang siapkan untuk kalian, mulai dari porter, guide, transportasi, logistik dan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

six + 2 =