Home Wisata Jawa Tengah Gunung Prau Wonosobo

Gunung Prau Wonosobo

Gunung Prau Wonosobo
foto: https://www.instagram.com/p/CixK6kpJwl7/?utm_source=ig_web_copy_link

Gunung Prau menjadi surga bagi para pendaki di Indonesia karena keindahan yang di tawarkan sangat mempesona. Selain itu jalur pendakian yang tidak begitu tinggi membuatnya selalu ramai di daki oleh kawula muda baik laki-laki maupun perempuan.

Gunung Prau sendiri mempunyai ketinggian 2.565 mdpl, panorama gunung-gunung di Jawa Tengah semuanya bisa disaksikan dari atas gunung ini. Pemandangan bukit teletubbies dengan sinaran sunrise menawan menjadi daya tarik yang luar biasa di Gunung Prau Wonosobo.

Bagaimana tertarik untuk berkunjung ke wisata alam tersebut? Jika begitu simaklah dlu review lengkapnya pada artikel ini. Berikut informasi mengenai Gunung Prau Jawa Tengah yang bisa membantu kalian dalam rencana mendaki gunung satu ini.

Harga Tiket Pendakian Gunung Prau

harga tiket pendakian gunung prau
foto: https://www.instagram.com/hurtony_02/

Harga tiket masuk Gunung prau terbilang standar dan terjangkau untuk dikunjungi. Dengan biaya murah kamu sudah bisa menikmati keindahan Gunung Prau yang tak ada habisnya.

Biaya retribusi untuk mendaki Gunung Prau yaitu Rp.15.000,-/orang. Di tambah dengan biaya parkir kendaraan sebesar Rp.10.000,- untuk sepeda motor dan Rp.25.000,- untuk mobil.

Biaya lain yang akan kamu keluarkan yaitu untuk membayar fasilitas Basecamp sebesar Rp. 10.000. Bagi pendaki yang ingin menyingkat waktu dan menghemat tenaga bisa dengan menggunakan sewa ojek yang ditawarkan disana.

Fasilitas ojek tersebut akan mengantarkan pendaki menuju lokasi pos 1 disalah satu Basecamp. Harga yang dibandrol menggunakan sistem tawar menawar yang sesuai kesepakatan, dapatkan tarif murah jika kamu beruntung.

Harga retribusi pendakian Gunung Prau bisa saja berubah-ubah setiap waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Sehingga para pendaki yang akan berkunjung kesana sebaiknya mencari informasi terupdate dahulu.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi gunung prau
foto: https://www.instagram.com/xyud05/

Gunung Prau berlokasi di dataran tinggi Dieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Dari pusat Kota Wonosobo berjarak sekitar 25 Km dengan menempuh waktu sekitar 40 menit menggunakan kendaraan.

Sedangkan untuk jalur pendakian kalian bisa memilih 3 jalur populer yaitu:

  • Pendakian Gunung Prau Via Patak Banteng
  • Via Kalilembu
  • Via Dieng

Dengan trek yang berbeda dan jarak tempuh yang berbeda pula, jika kalian ingin trek yang landai. Pilihlah jalur pendakian Via Kalilembu atau Dieng namun jarak tempuh yang cukup jauh.

Pendakian Via Patak Banteng jaraknya lebih dekat di bandingkan dengan Via Kalilembu dan Dieng namun dengan trek menanjak disepanjang perjalanan. Pilihlah jalur yang aman dan tak terlalu curam yang akan menentukan lamanya perjalanan mendakimu.

Pemandangan dan suasana yang di tawarkan pun semuanya berbeda dari semua jalur pendakian Gunung Prau. Namun tentunya semua jalur memiliki pesona keindahan masing-masing yang menjadi ciri khasnya.

Datang juga ke –> Kebun Teh Tanjungsari Wonosobo Banyak spot foto menarik dan rekomended buat setting fotografi.

Jam Buka Gunung Prau

Jam Buka Gunung Prau
foto: https://www.instagram.com/p/CixK6kpJwl7/?utm_source=ig_web_copy_link

Jam operasinal dari pos pendakian yaitu 24 jam dan di buka setiap hari saat jalur pendakian di buka. Jam operasioanl yang fleksibel memudahkan para pendaki untuk berangkat dan datang kapan saja.

Gunung Prau juga memiliki waktu pendakian yang tak sampai 5 jam, sehingga banyak ppendaki yang tertarik untuk mencobanya. Jalur pendakiannya juga terbilang dekat dengan puncak, sehingga rekomended bagi para pendaki pemula.

Akses menuju Gunung mudah dan landai dan membuat banyak para wisatawan terutama yang gemar mendaki tertarik untuk mencobanya.

Daya Tarik

Daya Tarik Gunung Prau
foto: https://www.instagram.com/p/ChTfD-0PYIG/?utm_source=ig_web_copy_link

Gunung Prau Mdpl memiliki banyak keistimewaan yang menjadi ciri khasnya. Menyimpan banyak keindahan alam luar bisa yang akan membuat kamu takjub saat melihatnya.

Namanya yang unik menyimpan banyak sejarah dan hal unik patut untuk ditelisik. Dinamakan Gunung Prau karena memiliki bentuk seperti perahu yang dari kejauhan terlihat seperti dalam posisi terbalik.

Ada pula yang mengatakan bahwa penamaan Gunung tersebut dikarenakan banyaknya sumber air disana. Dibuktikan dengan banyaknya telaga dan mata air yang terdapat di Gunung Prau tersebut.

Selain keunikan namanya, Gunung Prau juga kaya akan flora dan fauna yang dapat kamu temukan selama perjalanan mendaki. Seperti Kantong Semar yang merupakan Endemik Jawa dan juga Bunga Edelweis tumbuh tersebar disekitar pegunungan tersebut.

Disamping itu, Gunung Prau menyuguhkan pesona keindahan alam sekitar yang akan membuat kamu takjub. Memiliki spot sunrise dan sunset terbaik yang tak boleh terlewatkan saat kamu berada disana.

Fasilitas

fasilitas gunung prau
foto: https://www.instagram.com/adityasetyanaputra/

Terdapat beberapa fasilitas memadai yang terdapat di salah satu Gunung di Jawa Tengah tersebut. Untuk fasilitas yang di tawarkan di Gunung Prau hanya berlaku di Basecamp seperti:

Nikmati pemandangan alam yang mempesona dari atas Gunung Prau Jawa Tengah ketika berlibur di Wonosobo. Nikmati Paket Wisata Dieng dari Sikidang Travel Guide dengan fasilitas dan layanan ekslusivenya.

Spot Wisata di Gunung Prau

spot wisata di gunung prau
foto: https://www.instagram.com/arichaniago/

Selain menikmati sensasi mendaki gunung yang menyenangkan, banyak sekali aktivitas yang bisa kalian lakukan ketika mendaki gunung satu ini seperti:

  • Camping
  • Berburu Foto Instagenic
  • Melihat Sunrise
  • Barbeque
  • Menikmati Alam dan masih banyak lagi.

Spot Sunrise dan Sunset Terbaik

Bagi para newbie atau pemula, mendaki Gunung Prau Dieng menjadi pilihan yang tepat. Karena selain jalur mendaki yang tidak sulit, hanya butuh waktu sekitar 3-4 jam untuk sampai ke puncaknya.

Dengan estimasi jarak tempuh yang tak lama, kamu bisa menyaksikan indahnya sunrise dan sunset ketika berada disana. Lokasinya begitu strategis dengan panorama bukit teletubbies atau jejeran beberapa bukit yang jaraknya lumayan berdekatan.

Dari balik bukit tersebut muncullah sunrise yang memukau dengan pancaran sinar goldennya. Untuk menikmati fenomena matahari terbit itu tentunya kamu harus bangun dini hari.

Menikmati secangkir kopi dihadapan matahari terbit memang menjadi suatu hal yang tak boleh terlewatkan saat berkunjung ke Gunung Prau. Kekayaan alam Indonesia memang tak bosan menyuguhkan pesona keindahannya.

Camping Asik

Kegiatan satu ini menjadi hal wajib yang akan kamu lakukan saat mendaki di Gunung Prau. Aktivitas berkemah atau camping sangatlah mengasyikkan untuk dilakukan, cobalah sesekali jika kamu belum pernah melakukannya.

Para pendaki biasanya akan membawa peralatan dan pkeperluan camping sendiri. Seperti yang sering kita lihat para pendaki membawa tas besar berisi peralatan, makanan, baju ganti, dan lainnya.

Bukan hanya sekadar camping biasa, pada malam hari kamu bisa menyaksikan keindahan Milky Way yang begitu memesona. Gemerlap ribuan bintang dimalam hari menciptakan pemandangan eksotis yang tak akan ditemui ditempat lain.

Selain itu pemandangan yang di tawarkan pun menjadi salah satu view point terbaik di Indonesia. Tempat wisata di Wonosobo satu ini akan merelaksasi jiwa dan pikiran yang penuh dengan kepenatan jiwa.

Berburu Foto Instagenic

Prau Mountai memiliki spot foto menarik yang bisa kamu temui saat berkunjung kesana. Selama perjalanan kamu akan disuguhkan dengan hamparan bukit luas serta bermacam tanaman unik dan langka.

Kamu bisa mengabadikan momen perjalanan menuju Gunung dengan berbagai medan menarik yang terdapat disana. Berswafoto atau sefie cantik akan mengingatkanmu akan tempat wisata tersebut suatu saat nanti.

Sesampainya di puncak, rasa lelah yang dirasakan selama perjalanan akan terbayar dengan pesona keindahan alam dari ketinggian Gunung Paru tersebut. Kamu akan merasakan seperti makhluk mungil yang berada di atas awan.

Kunjungi juga–> The Moby Park cocok untuk anda nikmati spot terbaik saat akhir pekan.

Tips Mendaki Gunung Prau

tips mendaki gunung prau
foto: https://www.instagram.com/ardiansah_faturohman/

Berikut Tips dari Sikidang Travel Guide sebelum anda mendaki gunung Prau Wonosobo yang menjadi sajian wisata Dieng terbaru:

  • Pastikan jalur pendakian Gunung Prau telah di buka sebelum mengunjunginya, atur jadwal keberangkatan.
  • Sebelum mendaki usahakan kondisi badan sedang prima dan jangan lupa berdoa.
  • Mendaki bersama rombongan jika kalian masih pendaki pemula, untuk solo hicking pastikan mempersiapkan segala sesuatunya dengan tepat dan matang.
  • Beristirahat ketika sudah mulai lelah dan tingkat konsentrasi mulai menurun.
  • Bawalah logistik secukupnya, gunakan gear dan perlengkan mendaki yang sesuai (safety)
  • Tetap berhati-hati dan jangan lupa pungut sampahmu jangan buang sampah sembarangan agar alam Indonesia tetap lestari.

Semoga informasi wisata alam diatas dapat bermanfaat untuk dijadikan sebagai referensi berkunjungmu. Nantikan kembali informasi destinasi wisata alam menarik lainnya.

Review sebelumnya –> Kolam Renang Mangli Wonosobo Kesegaran air pegunungan yang hanya bisa kalian rasakan di Wonosobo.

Bagi kalian yang ingin mendaki Gunung Prau tapi males ribet? kalian bisa mendaki gunung satu ini bareng Sikidang. Nanti semuanya sikidang yang siapkan untuk kalian, mulai dari transportasi, retribusi pendakian, logisik, porter dan yang lainnya.

Selain itu banyak paket wisata Dieng dan Wonosobo yang bisa kalian explore bareng Sikidang agar semakin menyenangkan dan tak terlupakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three + 12 =