Home Wisata Jawa Tengah Gunung Sumbing Wonosobo

Gunung Sumbing Wonosobo

Gunung Sumbing Wonosobo
foto: https://www.instagram.com/p/CjbmcSlv4RQ/?utm_source=ig_web_copy_link

Gunung Sumbing merupakan salah satu destinasi wisata alam yang cukup populer di Jawa Tengah. Khususnya bagi para pecinta alam dan juga wisatawan yang gemar dengan olahraga mendaki.

Keindahan gunung satu ini akan memanjakan siapa saja yang mendakinya. Banyak mitos dan misteri Gunung Sumbing yang akan menambah sensasi pendakian kalian di gunung ini.

Banyak tempat wisata alam di Wonosobo yang akan merelaksasi jiwa serta pikiran, salah satunya yaitu dengan aktivitas mendaki gunung. Ketinggian gunung ini mencapai 3371 mdpl sehingga akan cukup menguras tenaga ketika mendaki hingga sampai ke puncak Gunung Sumbing.

Berikut informasi mengenai informasi lengkap mengenai Gunung Sumbing untuk kalian yang ingin mengunjungi gunung satu ini.

Harga Tiket Masuk Pendakian Gunung Sumbing

harga tiket mendaki gunung sumbing
foto: https://www.instagram.com/pendakihuhaaa/

Harga tiket masuk pendakian Gunung Sumbing terbilang cukup murah dan tak akan menguras kantong. Kamu bisa eksplor keindahan Gunung Sindoro dengan biaya yang terjangkau.

Biaya retribusi pendakian Gunung Sumbing sangat beragam tergantung via jalur pendakian. Jika mendaki Via Garung, biaya retribusi pendakian sekitar Rp.25.000,-/orang, jalur lain yaitu Via Bowongso dengan harga retribusi yang sama.

Untuk harga penitipan kendaraan yaitu Rp.10.000,- untuk sepeda motor dan Rp.20.000,- untuk mobil. Terdapat pula penyewaan ojek bagi pendaki yang ingin menghemat tenaga selama perjalanan menuju Gunung.

Setiap basecamp memiliki tarif yang hampir sama dengan sistem tawar-menawar sesuai kesepakatan. Jika pintar menawar dan beruntung, kamu akan mendapatkan harga murah yang akan menghemat biaya pengeluaran.

Harga retribusi tiket dan parkir kendaraan bisa berubah sewaktu-waktu. Pastikan pendaki selalu update dan mencari informasi terbaru mengenai HTM dan Jam Buka wisata sebelum berkunjung.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi gunung sumbing
foto: https://www.instagram.com/belokkiriko/

Lokasi Gunung Sumbing berada di Jawa Tengah yang merupakan pegunungan tertinggi kedua. Untuk alamat basecamp Gunung Sumbing Via Garung berlokasi di Desa Butuh Lor, Garung, Butuh, Kec. Kalikajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Dari pusat Kota Wonosobo kalian bisa mencapainya dengan menempuh waktu perjalanan sekitar 45 menit menggunakan kendaraan. Dengan detail lokasinya sebagai berikut.

Sedangkan untuk lokasi basecamp Gunung Sumbing Via Bowongso berada di Gn. Malang, Purwojiwo, Kec. Kalikajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Dari pusat Kota Wonosobo kalian cukup menempuh waktu sekitar 40 menit untuk mencapai basecamp Sumbing Via Bowongso menggunakan kendaraan.

Untuk lokasi Via Bowongso bisa kalian lihat melalui akses google maps dibawah ini.

Datang juga ke –> Waduk Wadaslintang Wonosobo Pesona keindahan waduk yang mempesona di Wonosobo.

Jam Buka Gunung Sumbing

Jam Buka Gunung Sumbing
foto: https://www.instagram.com/p/CMPCg9NlNgD/?utm_source=ig_web_copy_link

Pendakian Gunung Sumbing dapat kamu lakukan kapan saja karena memiliki jam operasional buka selama 24 jam. Namun sebaiknya pendaki melihat cuaca dan kondisi, pastikan datang diwaktu cerah agar perjalanan mendaki anda lebih nyaman.

Biasanya mendaki menjadi suatu aktivitas yang dilakukan saat liburan menjelang. Didominasi kalangan anak muda yang gemar mendaki dan menjadikannya sebagai hobby.

Bagi para pecinta hiking, jangan lupa untuk mencoba medan dan ketinggian Gunung Sumbing yang populer. Rasakan pengalaman mendaki yang lebih menantang dan memicu adrenalin tentunya.

Daya Tarik

Daya Tarik Gunung Sumbing 
foto: https://www.instagram.com/p/CYdehzWFqIt/?utm_source=ig_web_copy_link

Gunung Sumbing aktif atau tidak menjadi pertanyaan yang sering dilontarkan oleh publik. Gunung Kembar Sumbing dan Sindoro masih merupakan gunung aktif yang terletak di Jawa Tengah.

Meskipun begitu, Gunung Sumbing meletus hanya sekali pada tahun 1730 dan sampai sekarang masih aman. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 3.371 mdpl yang dinobatkan sebagai pegunungan tertinggi kedua setelah Slamet Mountain.

Disamping hal itu, banyak hal menarik dan dan menggelitik yang akan menemani perjalanan mendakimu lebih mengasyikkan. Sejarah Gunung Sumbing dan Sindoro begitu fenomenal hinggga dikenal sebagai Kakak Beradik atau Kembar.

Sama halnya dengan Sindoro, Sumbing juga memiliki jalur pendakian yang menjadi favoritenya para pendaki. Memiliki panorama Gunung yang begitu menakjubkan menjulang tinggi dengan diselimuti awan dan kabut putih.

Sumbing Mountain juga memiliki medan yang lebih attractive dan menantang tak kalah dari Sindoro. Memiliki akses cukup terjal dan curam, yang menjadi tantangan bagi para pendaki.

Dibalik itu semua, pendaki akan disuguhkan dengan pesona keindahan Gunung Sumbing setelah sampai dilokasi. Terdapat sunrise memukau yang akan kamu jumpai saat dini hari dengan secangkir kopi hangat sebagai penunjangnya.

Fasilitas

fasilitas gunung sumbing
foto: https://www.instagram.com/farrel_lf/

Untuk sarana fasilitas di Gunung Sumbing sendiri hanya tersedia di basecamp pendakian seperti:

  • Toilet
  • Mushola
  • Kamar mandi
  • Warung makan

Untuk fasilitas jalur pendakian sendiri, sama dengan fasilitas di gunung-gunung lain di Indonesia. Yakni seperti maps trek, petunjuk arah, pos pendakian dan masih banyak  lainnya.

Ketika berencana mendaki sekaligus liburan di Wonosobo tapi males ribet? anda bisa menikmati layanan Paket Wisata Dieng dari Sikidang. Pilih liburanmu di platform kami dan nikmati fasilitas serta pelayanan ekslusive.

Spot Wisata di Gunung Sumbing

spot wisata gunung sumbing
foto: https://www.instagram.com/rrammz_/

Selain menikmati suasana pendakian gunung dengan pemandangan alam yang mempesona. Banyak aktivitas menarik yang bisa kalian nikmati ketika mengunjungi gunung satu ini.

Camping di Malam Hari

Kegiatan pendakian biasanya mengharuskan pendaki untuk bermalam di lokasi Gunung, mengingat perjalanan lama yang ditempuh. Aktivitas wajib saat mendaki gunung ini memiliki sajian malam dingin dengan suasana sunyi yang menenangkan.

Menikmati segelas kopi di temani dengan hembusan angin malam di Gunung Sumbing menjadi hal yang pastinya akan selalu dirindukan. Tak lupa dengan percakapan dan diskusi ringan antar teman yang menjadikan watu mendaki lebih seru dan asik.

Nikmati pemandangan indah dari gemerlap cahaya lampu pedesaan yang terlihat seperti bintang dari kejauhan. Begitu indah dan memanjakan mata, membuat kamu enggan tidur dan ingin berlama-lama memandangnya.

Spot Sunrise

Saat sang mentari mulai menampakkan kecantikannya, pemandangan sunrise di ufuk timur akan tersaji dengan keindahan yang luar biasa. Gunung Sumbing menyimpan keindahan matahari terbit begitu menakjubkan bagi siapa saja yang melihatnya.

Untuk menikmati spot tersebut, tentunya kamu harus bangun lebih pagi sebelum kehilangan momen berharga tersebut. Jangan lupa untuk menyimpan fenomena indah tersebut dengan menggunakan kamera ponselmu.

Nikmati sunrise yang hangat dengan suasana sejuk pagi hari dan ditemani secangkir kopi hangat menciptakan pengalaman mendaki tak terlupakan.

Spot Foto Instagenic

Gunung Sumbing Wonosobo memiliki beragam spot foto instagenic yang bisa kamu nikmati secara bebas. Mengabadikan momen dengan foto bersama alam Sumbing yang mempesona akan mengingatkan pada perjuangan pendakian gunung satu ini.

Selama perjalanan menuju lokasi gunung, pendaki akan disuguhkan dengan panorama perbukitan sekitar dan pepohonan serta tanaman unik. Menjadi background keren yang bisa dijadikan sebagai latar belakang fotomu.

Jangan lupa pula untuk tak melewatkan momen matahari terbit atau sunrise, karena menawarkan momen berharga yang taka akan bisa diulang. Siapkan kameramu dengan baik dan pastikan full charged atau membawa pwer bank sebagai cadangan baterai.

Kunjungi juga –> Alun-alun Wonosobo Tempat yang wajib di singgahi karena penuh sejarah dan spot foto menarik.

Tip Berkunjung

tips berkunjung di gunung sumbing
foto: https://www.instagram.com/finaimanda/

Terdapat beberapa saran dan tips bermanfaat yang kiranya bisa disimak dengan baik sebelum mendaki di Gunung Sumbing Jawa Tengah.

  • Sebelum pendakian alangkan baiknya kondisi badan sedang prima terlebih dahulu.
  • Siapkan gear dan peralatan mendaki yang terstandarisasi, bawalah logistik yang cukup sesuaikan dengan jumlah rombongan dan waktu.
  • Bawalah jas hujan karena cuaca sering berubah-ubah, tetap semangat dan selalu berhati-hati ketika berwisata.

Bagi para pecinta alam dan wisatawan yang hobi mendaki, tak akan lengkap jika kalian belum mendaki Gunung Sumbing.

Review sebelumnya –> Air Terjun Sikarim Wonosobo Surga tersembunyi yang sedang Viral di Wonosobo dengan Feeling Goodnya.

Ingin mendaki Gunung Sumbing tapi males ribet? kalian bisa banget mendaki Gunung Sumbing bareng Sikidang dengan Paket Trip Dieng dan Wonosobo.

Mendaki gunung Sumbing bareng Sikidang, kalian ga perlu pusing tentang transportasi, alat mendaki, dan lainnya. Karena semua Sikidang yang siapkan untuk kalian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fourteen − 7 =