Home Wisata Yogyakarta Hutan Mangrove Kulon Progo

Hutan Mangrove Kulon Progo

Hutan Mangrove Kulon Progo
foto: https://www.instagram.com/p/CL37n66pY5z/?utm_source=ig_web_copy_link

Hutan Mangrove Kulon Progo menjadi obyek wisata mangrove di Jogja yang rekomended untuk destinasi kunjungan wisata kalian di Jogja. Banyak spot foto menarik di hutan mangrove satu ini yang bisa memanjakan kaian yang demen foto-foto untuk kebutuhan media sosial.

Bagi kalian para photo hunter bisa banget mengambil gambar dengan landscape hutan mangrove yang anti mainstream di Jogja. Wisata baru yang lagi hits satu ini kalian tidak hanya dimanjakan dengan hutan mangrove saja, namun juga pantainya yang menawan.

Jika kalian berencana mengunjungi obyek wisata Hutan Mangrove Jogja satu ini ketika berlibur di Yogyakarta. Berikut ulasan mengenai destinasi wisata satu ini yang bisa kalian jadikan referensi sebelum berlibur.

Harga Tiket Masuk Hutan Mangrove Kulon Progo

harga tiket hutan mangrove kulon progo
foto: https://www.instagram.com/yudaprasetiawan/

Ketika berlibur di Kota Yogyakarta, jangan khawatir akan kehilangan budget banyak untuk setiap trip yang kalian lakukan dikota ini. Pasalnya obyek wisata di Yogyakarta sudah sangat terkenal dengan wisata murahnya.

Salah satu destinasi wisata murah di Jogja yaitu obyek wisata Hutan Mangrove di Kulon Progo ini. Untuk menikmati sajian keindahan dari hutan mangrove ini, kalian cukup merogoh kocek Rp.3.000,- hingga Rp.5.000 /orangnya, jadi murah bukan.

Harga tiket masuk tersebut untuk kawasan wisata yang berbeda-beda karena di Hutan Mangrove Kulon Progo ini terdapat beberapa obyek. Sedangkan untuk tarik parkir dikenakan biaya Rp. 3.000 untuk motor dan Rp. 5.000 mobil.

Harga tiket masuk wisata alam Hutan Mangrove Yogyakarta satu ini bisa berubah setiap waktu. Pastikan pengunjung wisata tersebut mengecek informasi terkininya sebelum berkunjung.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi hutan mangrove kulon progo
foto: https://www.instagram.com/lulutardiana/

Berlokasi di Kabupaten Kulon Progo, berjarak sekitar 48 Km dengan waktu tempuh sekitar 90 menit dari pusat kota Jogja. Alamat lengkapnya yaitu Pasir Mendit, Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Rute perjalanan menuju wisata tersebut bisa melalui Jalan Yogya-Wates dan Wates-Purwokerto. Akses menuju lokasi terbilang cukup mudah karena banyak terdapat papan arah menuju Hutan Mangrove tersebut.

Jika kalian bingung rute yang harus si lalui ketika akan mengunjungi obyek wisata satu ini. Kalian bisa mengakses google maps Hutan Mangrove Kulon Progo dibawah ini.

Datang juga ke –> Pantai Depok Yogyakarta Nikmati suasana pantai selatan yang khas dengan ombak dan pasir hitamnya.

Hutan Mangrove Wana Tirta Kulon Progo menjadi daya tarik wisatawan dengan berbagai macam keindahan dan fasilitas yang di tawarkan.

Jam Buka Hutan Mangrove Kulon Progo

Jam Buka Hutan Mangrove Kulon Progo
foto: https://www.instagram.com/p/CLob65NB71g/?utm_source=ig_web_copy_link

Jam operasional Hutan Mangrovenya sendiri selama 24 jam full, namun untuk wisata lain disekitarnya memiliki jam buka yang berbeda. Wisata Alam Hutan Mangrove Jembatan Api-api dibuka setiap hari mulai pukul 06.00-18.00 WIB kalian bisa puas mengunjunginya bersama keluarga.

Obyek wisata ini banyak peminatnya, selain biayanya murah Hutan Mngrove juga menjadi wisata keluarga yang rekomended. Tak jarang para keluarga membawa si buah hatinya untuk berlibur di wisata alam satu ini.

Banyak pula kalangan anak muda penyukai alam dan petualang yang datang ke Hutan Mngrove tersebut.

Daya Tarik

Daya Tarik Hutan Mangrove Kulon Progo
foto: https://www.instagram.com/p/CN8oQo-jk5u/?utm_source=ig_web_copy_link

Wisata Jogja menawarkan referensi berkunjung menarik yang bisa kalian jadikan sebagai opsi liburan akhir pekan. Salah satunya yakni wisata Kulon Progo yang populer dikunjungi bertema alam dan banyak terdapat spot berfoto.

Hutan Mangrove Kulon Progo menjadi destinasi wisata yang selalu ramai menjelang liburan weekend. Wisata alam satu ini awalnya menjadi wilayah konservasi untuk pencehgahan terjadinya abrasi.

Kemudian karena dilihat memiliki potensi pariwisata yang baik kemudian tempat dijadikan sebagai obyek wisata hingga sekarang. Kalian bisa melihat konservasi tanaman bakau yang tumbuh merambat disekitaran laut.

Mangrove di Kulon Progo ini juga menjadi konservasi tanaman bakau pertama di Yogyakarta. Hutan Mangrove Kulon Progo dibagi menjadi tiga kawasan wisata yakni Mangrove Pantai Kadilangu, Pasir Mendhit, dan Mangrove Jembatan Api-Api.

Tempat wisata ini tak hanya dijadikan sebagai tempat piknik dan rekreasi saja, namun juga sarana edukasi secara alami. Banyak hal seru dan spot foto menarik yang akan kalian temukan saat berkunjung kesana.

Fasilitas

fasilitas di hutan mangrove kulon progo
foto: https://www.instagram.com/arumnd4lu/

Terdapat berbagai macam fasilitas pendukung wisata yang bisa kalian nikmati ketika mengunjungi obyek wisata satu ini. Berikut daftar fasilitas yang tersedia di obyek wisata Hutan Mangrove Wana Tirta Kulon Progo:

  • Area parkir yang luas
  • Akses jalan yang baik
  • Kamar mandi
  • Spot foto
  • Perahu wisata
  • Mushola
  • Warung makan

Nikmati semua fasilitas yang tersedia di tempat wisata satu ini untuk menunjang kualitas berlibur kalian di Hutan Mangrove Yogyakarta.

Spot Wisata di Hutan Mangrove Kulon Progo

spot wisata di hutan mangrove kulon progo
foto: https://www.instagram.com/jogjakartourcom/

Banyak sekali aktivitas menyenangkan yang bisa kalian dan keluarga lakukan ketika berwisata di tempat ini. Selain menikmati sajian panorama hutan mangrove yang hijau, kalian juga bisa berkeliling menikmati hutan mangrove lebih dekat.

Spot Foto Instagenic

Berburu foto di Spot Selfie menjadi favorit para wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata ini. Karena banyak terdapat spot berfoto yang instagenic dan kekinian yang menjadi incaran para kaum muda.

Hutan Mangrove yang masih terjaga dan dilestarikan membuatnya terlihat begitu kokoh dan alami, suasananya begitu sejuk. Kalian bisa mengeksplor keindahan wisata tersebut sepuasnya selama disana.

Tersedia beragam objek foto yang dibuat khusus untuk wisatawan, jangan lupa untuk mencoba spot tersebut. Pemandangan tanaman bakaunya juga bisa kamu jadikan sebagai latar belakang fotomu.

Melihat sunset dari tempat ini akan memberikan anda nuansa senja yang lebih berkualitas. Untuk menikmati fenomena matahari terbenam, kamu tentunya harus menunggu sore hari.

Nikmati berswafoto seru bersama teman atau keluarga secara sepuasnya selagi berada di lokasi wisata tersebut. Jangan sampai terlewatkan untuk mengabadikan kenangan yang berharga.

Wisata Rekreasi dan Edukasi

Wisata Alam Hutan Mangrove Kulon Progo tak hanya menjadi obyek wisata saja, namun juga bisa dijadikan sarana edukasi. Bagaimana bisa? hal tersebut sebenarnya secara tak sadar sudah menjadi sumber wawasan baru bagi wisatawan.

Jika awalnya banyak yang belum mengetahui adanya Hutan Mangrove, kini karena kepopulerannya para wisatawan sudah tahu. Tanaman Bakau yang menjadi ikon utama dari wisata ini dapat kalian lihat dan saksikan secara langsung.

Banyak hal unik dan menraik tentang tanaman bakau, salah satunya yaitu bisa mencegah abrasi dan memcah ombak laut. Sehingga dengan adanya tanaman tersebut pengikisan akibat gelombang dan arus laut akan terkurangi dan bisa dicegah.

Oleh karena itu pentingnya wisata ini untuk terus dilestarikan dan dijaga dengan baik. Namun kamu tak hanya akan mendapatkan pengetahuan baru saja, kalian bisa berlibur dan berpiknik santai disini.

Banyak terdapat spot foto keren dan tempat peristirahatan yang cocok untuk bercengkrama bersama keluarga atau teman. Ketika sedang ingin healing atau menyendiri, tempat ini bisa menjadi alternative terbaiknya.

Berkuliner Enak

Selain menikmati keindahan Hutan Mngrove, kalian juga bisa berkulineran enak disekitar lokasi wisata. Terdapat beberapa warung makan yang menyuguhkan menu laut atau sefood.

Wisatawan bisa menikmati berbagai aneka makanan laut seperti kepiting, udang, cumi, kerang dan lainnya yang dimasak dalam keadaan segar. Tak jauh dari lokasi wisata tersebut, terdapat Pasar Kadilangu yang menjadi pusat budidaya udang, wisatawan bisa membelinya langsung disana.

Nikmati berlibur sembari menikmati kuliner dengan cita rasa enak dan nikmat pastinya. Dapatkan sensasi berlibur seru bersama keluarga yang tak akan terlupakan.

Kunjungi juga –> Kebun Buah Mangunan Yogyakarta abadikan moment liburan dengan berfoto di obyek wisata ini.

Tips Berkunjung

tips berkunjung ke hutan mangrove kulon progo
foto: https://www.instagram.com/ibnu_faisal/

Terdapat tips dan saran bermanfaat yang bisa kalian simak dengan baik sebelum berkunjung ke wisata Hutan Mangrove Kulon Progo.

  • Kunjungi obyek wisat satu ini bersama keluarga maupun teman, karena liburan sendiri pastinya kurang menyenangkan.
  • Waktu terbaik yaitu di pagi dan sore hari ketika hari biasa. Karena ketika akhir pekan dan hari libur, Wisata alam satu ini ramai akan pengunjung.
  • Jangan lupa bawa kamera dengan baterai terisi penuh, karena banyak spot foto instagramable untuk mengisi feed instagram kalian.
  • Tetap berhati-hati ketika berwisata dan jaga alam dengan cara membuang sampah pada tempatnya.

Semoga informasi yang sikidang berikan di atas akan membantu dan memudahkan kalian dalam berwisata diobyek wisata Hutan Mangrove Jogja. Nantikan info destinasi wisata alam menarik lainnya yang rekomended untuk dikunjungi.

Review sebelumnya –> Pantai Sundak Yogyakarta pantai dengan panorama indahnya menyajikan spot foto mempesona.

Berencana liburan di Jogja tapi beles urus ini itu? ribet dan tidak punya waktu luang?. Tenang karena kalian bisa banget piknik bareng Sikidang Travel Guide.

Semua akomodasi wisata nantinya Sikidang yang siapkan untuk kalian, mulai dari Tiket Wisata, transportasi wisata, hotel, dokumentasi, makan dan lainnya. Nikmati liburan berkualitas di Jogja bersama keluarga bersama Sikidang Travel Guide.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

12 − eleven =