Home Wisata Yogyakarta Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta
foto: https://www.instagram.com/p/CgcK_J3PYqe/?utm_source=ig_web_copy_link

Keraton Yogyakarta menjadi tempat kunjungan wisata yang wajib di kunjungi ketika kalian berlibur di Kota Jogja. Ngayogyakarta Hadiningrat yang terkenal dengan sebutan kota sultan ini mempunyai keraton yang sudah berdiri berabad-abad lamanya.

Nikmati suasana klasik dengan berkunjung ke kawasan keraton Jogja satu ini. Keraton Ngayogyakarto Hadiningrat sendiri merupakan satu-satunya kesultanan yang masih berdiri hingga saat ini.

Selain menjadi keraton atau istana, Keraton ini juga di gunakan sebagai pusat pemerintahan dari Kesultanan Jogja dari masa ke masa. Berikut informasi lebih lengkap mengenai wisata Keraton Yogyakarta untuk kalian.

Harga Tiket Masuk Keraton Yogyakarta

harga tiket masuk keraton yogyakarta
foto: https://www.instagram.com/fiverpotter/

Untuk memasuki kawasan Keraton Yogya kalian akan dikenakan biaya yang cukup murah dan terjangkau. Harga tiket masuk bagi wisatawan domestik yakni sebesar Rp. 8.000, sedangkan untuk turis mancanegara dikenakan tarif Rp. 15.000 per-orang.

Terdapat pula biaya parkir kendaraan untuk roda dua dan empat yang dikenakan biaya sebesar Rp. 3.000 hingga Rp. 5.000. Untuk biaya ijin memotret bagian depan keraton sebesar Rp.2.000,-, karena wisatawan tak boleh sembarangan memoto di kawasan tersebut.

Nikmati berbagai macam koleksi bersejarah yang ada di dalam keraton Jogja satu ini. Harga tiket memasuki Keraton dan ijin memotret bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pengelola.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi keraton yogyakarta
foto: https://www.instagram.com/wakacjewindonezji/

Lokasi dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat pastinya berada di tengah kota Yogyakarta. Bagi kalian yang ingin mengunjunginya, berikut alamat lengkap Keraton Kesultanan Jogja.

Keraton Yogyakarta berukuran sangat luas dan terbagi menjadi banyak komplek yang pusat utamanya berada di Kedhaton. Komplek Kedaton tak bisa dikunjungi sembarangan dan tidak dibuka untuk umum.

Sedangkan gerbang utamana bisa kamu masuki dengan menyusuri kompleks Keraton Yogyakarta dari arah utara. Kemudian kawasan Alun-Alun terdapat disebelah utara yang digunakan untuk acara kerajaan yang melibatkan rakyat.

Keraton Yogyakarta juga memiliki Masjid Gedhe yang terletak di sebelah barat kompleks alun-alun utara. Masih banyak kompleks lainnya yang bisa kalian kunjungi.

Jalan Rotowijayan, Panembahan, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta, bagi kalian yang bingung lokasi tepatnya bisa akses peta lokasi di bawah ini.

Datang juga ke –> Benteng Vredeburg Yogyakarta banyak koleksi sejarah dengan bangunan benteng yang mempesona.

Jam Buka Keraton Yogyakarta

Jam Buka Keraton Yogyakarta
foto: https://www.instagram.com/p/Ch7YgqCvcMT/?utm_source=ig_web_copy_link

Jam operasional Keraton Yogyakarta dibuka untuk wisatawan mulai dari pukul 08.30 hingga 12.30 setiap Minggu sampai Kamis. Sedangkan pada hari Jumat dan Sabtu dibuka hanya sampai jam 11.00 saja.

Wisata Keraton Jogja ini sering dikunjungi visitor baik dalam negeri maupun turis mancanegara. Tak jarang kamu bisa menemukan beberapa turis yang sedang berada di kawasan Keraton.

Jam bukanya yang terbilang sebentar dimanfaatkan oleh para pengunjung dengan baik. Banyak hal sejarah dan budaya Jogja yang akan memanjakan waktu berkunjungmu ke Keraton Yogyakarta.

Daya Tarik

Daya Tarik Keraton Yogyakarta
foto: https://www.instagram.com/p/CXYrYRSPgh5/?utm_source=ig_web_copy_link

Fungsi Keraton Yogyakarta pada umumnya sebagai istana tempat pemerintahan Raja dan kerabatnya. Namun kini sudah dijadikan pula sebagai obyek wisata, museum sejarah dan budaya, serta menjadi tempat tinggal Sultan.

Keraton yang aslinya bernama Ngayogyakarta Hadiningrat ini berada di pusat kota dengan ukuran sangat luas sekitar 28 hektar. Istana tersebut terdiri dari 3 kompleks yakni depan, inti, dan belakang Keraton.

Komplek Depan terdiri dari Gerbang Utama, Alun-Alun, dan Masjid Gedhe. Sedangkan pada kawasan kompleks Inti terdapat 7 rangkaian pelataran dan bagian belakang Keraton terdiri dari Alun-Alun Kidul dan Plengkung Nirbaya.

Bangunan Keraton memiliki konsep perpaduan antara tradisional Jawa dengan model Portugis, Belanda dan China. Arsitekturnya dirancang sendiri oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I sekaligus sebagai pendiri Keraton Yogyakarta.

Pembangunan keraton dimulai dan selesai dari tahun 1755 sampai 1756 yang berarti hanya membutuhkan waktu satu tahun. Sungguh luar biasa bukan pembangunan Istana yang terbilang cukup cepat dan sigap.

Konsep bangunananya begitu detail dengan ukiran dan hiasan lengkap yang terkesan begitu unik dan khas. Tak hanya itu, semua sudut ruangannya didesain dengan matang dan memiliki filosofi tersendiri.

Oleh karena itu lokasi Keraton Yogyakarta sampai saat ini masih dijaga ketat dan tetap dilestarikan dengan baik. Karena bangunannya menjadi warisan budaya yang berharga dan bernilai tinggi.

Fasilitas

fasilitas di keraton yogyakarta
foto: https://www.instagram.com/mutiara_putri.zulkarnain/

Berbagai macam fasilitas menarik bisa kalian nikmati ketika mengunjungi obyek wisata Keraton Jogja seperti:

  • Lokasi parkir yang luas
  • Akses keraton yang nyaman
  • Toilet
  • Mushola
  • Diorama dan Manekin
  • Etalase Cinderamata bersejarah
  • Pojok seuvenir
  • Kantin

Nikmati wisata sejarah di Keraton Jogyakarta dengan atmosfer yang berbeda dengan mengunjungi sebuah museum pada umunya.

Spot Wisata di Keraton Yogyakarta

spot wisata di keraton yogyakarta
foto: https://www.instagram.com/adenansaputra13/

Selain berkeliling melihat koleksi barang bersejarah dan bangunan keraton Jogja yang istimewa. Kalian bisa mengikuti berbagai macam aktivitas yang ada di sini.

Melihat Koleksi Barang Kerajaan

Saat berkunjung kedalam lokasi Kerajaan, wisatawan dapat melihat-lihat apa saja yang terdapat disana. Salah satunya seperti melihat Koleksi Barang kerajaan yang unik dan antik pastinya tak terdapat dilain tempat.

Koleksi barang yang disimpan dalam lemari kaca diantaranya seperti hiasan keramik, senjata, foto, miniatur dan replika, serta beragam jenis batik. Sebenarnya terdapat empat musem didalam Kertaon Yogyakarta yang terdiri dari Museum Lukisan, Sri sultan Hamengkubuwono IX, Kereta dan Batik.

Selama didalam museum kamu bisa menyaksikan peninggalan sejarah dan budaya kental yang tentunya authentic. Jangan lupa untuk memathui peraturan dan jangan menyentuh barang atau benda terlarang jika tak ingin diperingatkan oleh petugasnya.

Kamu juga tak bisa memoto atau berswafoto sembarang disana, terdapat larangan foto membelakangi Keraton dan Abdi Dalem. Hal tersebut dianggap tidak sopan dan tak menghormati pegawai kerajaan yang terhormat.

Banyak juga yang belajar sejarah tanah Jawa dan Yogyakaerta di Keraton Jogja. Selain itu kalian juga bisa melihat aktivitas abdi dalem keraton Jogja.

Menonton Pertunjukan Seni

Selain bisa berkeliling dan mengeksplor keunikan Keraton, terdapat aktivitas seru lainnya yang bisa kamu lakukan. Salah satunya seperti menonton pertunjukan seni yang sering diadakan disekitar Keraton tersebut.

Jadwal yang diberlakukan berbeda-beda setiap harinya, sehingga pastikan kamu datang diwaktu tepat. Pertunjukan yang dimaksud yakni diantaranya seperti Macapat, Wayang Kulit dan Golek, serta Trian Tradisional.

Untuk menikmati pertunjukan tersebut wisatawan tak akan dimintai biaya atau gratis. Selain itu, wisatawan bisa menyaksikan Lomba Jemparingan atau panahan Mataram di area Kemandhungan Kidul.

Pertunjukan tersebut memiliki keunikan yakni para peserta diharuskan menggunakan pakaian tradisional Jawa dan memanah dalam posisi duduk.

Menyaksikan Upacara Adat

Sebagai pusat budaya Kejawen, pastinya banyak upacara dan ritual adat yang dilakukan di Keraton Yogyakarta. Upacara adat tersebut memiliki nilai filosofi yang tinggi dan tentunya sangat menarik untuk diikuti.

Acara upacara tersebut biasanya diadakan di kawasan Keraton atau area tertentu seperti Gunung Merapi atau Pantai Parangkusumo. Keraton Yogyakarta tak terlepas dari pengaruh Islam yang kuat, tak heran jika banyak tradisi untuk merayakannya.

Salah satunya yaitu mengikuji acara tahunan Sekaten yang di gelar oleh pihak keraton. Acara ini diadakan dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dengan menyebar udhik-udhik pada masyarakat umum.

Udhik adalah uang logam yang dibagikan langsung oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X. Tradisi tersebut selalu berjalan dengan ramai dan antusias masyarakat begitu tinggi.

Selain Sekatan, ada pula tradisi Grebegan yang diadakan dibulan Syawal atau hari besar agama Islam. Tradisi unik satu ini identik dengan adanya gunungan yang menjadi simbol kemakmuran Yogyakarta.

Isi dari gunungana tersebut adalah makanan dan jajanan khas yang akan menjadi rebutan para warga. Aacara tersebut selalu ramai diikuti oleh warga Yogyakarta dengan meriah.

Kunjungi juga –> Pasar Beringharjo Yogyakarta wisata belanja di Jogja dengan berbagai macam oleh-oleh khas Jogja.

Tips Berkunjung

tips berkunjung ke keraton yogyakarta
foto: https://www.instagram.com/mitsuhilow/

Kiranya tips dan saran berikut dapat disimak dengan baik oleh wisatawan Keraton Yogyakarta sebelum berkunjung.

  • Datanglah di hari weekday karena ketika akhir pekan banyak wisatawan yang mengunjungi keraton satu ini.
  • Bawalah kamera dengan baterai terisi penuh dan memori yang cukup karena banyak spot foto dengan background bangunan keraton yang instagenic.
  • Dilarang memakai topi dikawasan dalam Keraton karena jika tidak akan diperingatkan.
  • Wisatawan tak boleh duduk disembarang tempat, karena sudah terdapat larangannya dengan jelas.
  • Dilarang untuk menyentuh atau memegang benda koleksi museum dan barang atau alat lainnya tanpa izin.
  • Jaga sopan santun dan mematuhi peraturan keraton yang sudah ditetapkan.

Nikmati keindahan Keraton Yogyakarta bersama keluarga ketika berlibur di Jogjakarta. Semoga informasi artikel wisata yang lengkap diatas dapat membantu dan bermanfaat bagi wisatawan dan nantikan info destinasi liburan lainnya.

Review sebelumnya –> Museum Ullen Sentalu Yogyakarta museum unik dan artistik, cocok buat foto-foto.

paket wisata jogja

Jika kailan ingin Trip Jogja males ribet, kalian bisa piknik bareng sikidang dengan penawaran menarik dan harga terjangkau.

Semua fasilitas wisata nantinya sikidang yang siapkan untuk kalian mulai dari tiket wisata, destinasi kunjungan, hotel, tempat makan dan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

7 + 19 =