Home Wisata Malaysia Masjid Jamek Kuala Lumpur

Masjid Jamek Kuala Lumpur

Masjid Jamek Kuala Lumpur
Foto: https://maps.google.com/maps/contrib/108535684913790049884

Masjid Jamek merupakan salah satu tempat ibadah kaum muslim tertua di Kuala Lumpur Malaysia yang sangat iconic dan menarik. Banyak pelancong yang datang mengunjungi masjid ini karena kemegahan dan keunikan gaya arsitektur dengan konsep Moorish.

Selain untuk menikmati wisata religi, tempat pelancongan yang satu ini juga biasa difungsikan untuk peribdatan umat muslim di Kuala Lumpur. Masjid Jamek boleh dikunjungi oleh siapapun sekalipun non muslim, namun ketika masuk ke area ini harus tetap menggunakan pakaian tertutup.

Pelancong yang datang ke tempat percutian menarik di Malaysia ini akan disuguhkan dengan berbagai macam keindahan. Baik itu keindahan interior bangunan masjid maupun suasana luar yang sangat rindang karena banyaknya pohon palem tumbuh.

Entrance Fee Masjid Jamek

Entrance Fee Masjid Jamek
Foto: https://maps.google.com/maps/contrib/105667026585521300132

Untuk bisa mendatangi Masjid Jamek dan menikmati segala keindahan yang ada, kamu tidak akan dikenai ticket price. Biaya tiket masuk atau entrance fee Masjid Jamek adalah free atau gratis tanpa biaya apapun.

Karena memang fungsi utama dari masijd ini adalah sebagai tempat ibadah, jadi tidak ada kebijakan terkait ticket price. Untuk menikmati keindahan Masjid Jamek KL kamu hanya perlu masuk dengan menggunakan jilbab yang sudah disediakan di area pelancongan.

Datang juga –> KL Bird Park, Destinasi holiday seru sembari belajar dan meilhat berbagai jenis burung.

Opening Hours Masjid Jamek

Opening Hours Masjid Jamek
Foto: https://maps.google.com/maps/contrib/118063103564852285151

Jam buka atau opening hours Masjid Jamek juga tidak terbatas dan bisa kamu datangi kapan saja selama 24 jam penuh. Masjid Jamek Kuala Lumpur tidak memberlakukan pembatasan jam operasional di setiap harinya.

Sehingga pelancong bebas mendatangi tempat menarik di Kuala Lumpur dan bersejarah ini kapan saja setiap harinya dari Senin sampai Minggu.

Location

Location Masjid Jamek
Foto: https://maps.google.com/maps/contrib/110181856071363212608

Karena lokasinya yang berada di pusat kota Kuala Lumput, kamu bisa menjangkau dan menemukan masjid ini dengan sangat mudah. Berbagai macam kendaraan juga bisa kamu gunakan untuk sampai ke lokasi pelawatan satu ini.

Alamat atau address Masjid Jamek berada du Jalan Tun Peraj, City Centre, 50050 Kuala Lumpur, Malaysia. Untuk rute lokasi yang bisa kamu tempuh juga sangat beragam.

Rute pertama yang bisa kamu lalui apablia menggunakan transportasi umum berupa LRT bisa melalui dua stasiun berbeda. Yaitu rute Terminal Putra Kelana Jaya dan Sentul Timur. Kamu bisa memilih satu dari dua stasiun yang paling dekat dengan lokasi keberangkatanmu.

Selain menggunakan Masjid Jamek LRT, kamu juga bis amenggunakan transportasi umum lainnya seperti taxi. Sedangkan bagi pelancong yang ingin datang ke Masjid Jamek dengan membawa kendaraan pribadi bisa mengakses Google Maps berikut.

Facility

Facility Masjid Jamek
Foto: https://maps.google.com/maps/contrib/102539297276421083453

Nasional Mosque Of Malaysia yang sering di datangi berbagai pelancong dari lokal maupun mancanegara ini menyediakan berbagai facillity lengkap. Berapa facillity yang akan kamu dapati saat berada di tarikan ini seperti toilet, tempat wudhu dan lain sebaginya.

Selain itu, tersedia juga peminjaman kerudung bagi pelancong yang datang tidak memakai jilbab atau pakaian menutup aurat. Berbagai spot menarik juga tersedia beserta dengan facillity lengkap lainnya di wisata Kuala Lumpur ini.

Di dalam Masjid Jamek Malaysia ini juga sudah disediakan berbagai peraalatan ibadah. Serta pendingin ruangan seperti AC dan kipas angin. Tak lupa, tempat ini juga menyediakan lahan luas untuk area parkir pelancong yang membawa berbagai macam kendaraan.

Lawati juga –> KLCC Park, wisata taman yang menyediakan lahan luas beserta danau dengan view perkotaan cantik.

Spot di Masjid Jamek

Spot di Masjid Jamek
Foto: https://maps.google.com/maps/contrib/102539297276421083453

Saat berwisata religi ke masjid tertua dan tercantik di Kuala Lumpur ini kamu akan mendapati berbagai spot menarik. Masjid Negara Malaysia yang dibangun dengan konsep Morish ini memiliki keindahan dan keunikan aesthetic disetiap sudutnya.

Beribadah

Jamek Mosque memiliki fungsi utama untuk tempat peribadatan umat muslim, jadi bagi kamu beragama islam bisa beribadah disini. Kamu bisa merasakan sensasi sholat dan berdoa dengan nuansa yang snagat berberda dibandingkan masjid pada umumnya di Asia Tenggara.

Konsep Morish yang mengadaptasi dari budaya Arab atau Afrika ini kan memberikan kesan tersendiri untukmu. Kamu akan merasakan serasa sedang beribadah di Madinah karena bentuk kubah dan konsep yang dimiliki.

Pelancong bisa mendatangi tempat percutian religi ini saat mendekati adzan agar bisa sholat berjamaah dengan suasana indah. Tempat ini juga akan semakin ramai dikunjungi saat hari Jum’at karena banyak umat muslim berdatangan untuk menunaikan ibadah.

Bagi pelancong yang ingin mendatangi Masjid Jamek untuk beribadah juga tidak perlu membawa peralatan ibadah seperti mukena atau sarung. Karena sudah disediakan banyak sekali sarung, mukena, jilbab, bahkan peci di etalase masjid dan boleh dipinjam secara gratis.

Spot Foto

Bangunan yang diilhami oleh arsitektur Mughal India Utara ini akan sangat cocok untuk dijadikan backgroud foto. Kamu bisa bebas berfoto dengan background masjid unik ini secara gratis akan tetapi tetap harus menaati sopan santun.

Selain berfoto dengan background masjid yang memiliki bentuk unik dan khas ini, kamu juga bisa berfoto pada spot lainnnya. Salah satu spot indah dan aesthetic bisa kamu coba adalah sungai dan air mancur yang berada di depan masjid.

Ide background foto lainnya adalah payungan putih yang sangat mirip dengan atap di Masjid Nabawi.

Menikmati Keindahan

Selain dua spot dan activity diatas, kamu bisa bersantai di Masjid Besar Malaysia ini sembari menikmati segala keindahan yang ada. Karena dibangun pada pertemuan dua sungai yaitu Klang dan Gombak masjid ini memiliki aliran air yang sangat jernih dan segar.

Disepanjang area Masjid Jamek dikelilingi oleh perairan bersih dan terdapat juga air mancur cantik berbentuk bintang berawarna putih. Pohon palem menjulang tinggi yang tumbuh disepanjang aliran sungai juga menambang kerindangan suasana di Masjid Jamek.

Rerumputan hijau dan pohon lebat lainnya juga menambah suasana segar di area percutian religi Masjid Jamek. Kamu bisa berkeliling menikmati keindahan area Masjid Jamek dengan berjalan kaki santai atau duduk di lobi yang teduh.

Review sebelumnya –> Petronas Twin Tower, destinasi percutian menara iconic negara Malaysia yang sangat cantik.

Tips Melawat

Tips Melawat Masjid Jamek
Foto: https://maps.google.com/maps/contrib/118063103564852285151

Bagi pelancong yang tertarik mendatangi Masjid Jamek, silahkan simak tips melawat berikut ini.

  1.  Gunakan pakaian yang sopan dan tertutup karena tempat ini untuk beribadah.
  2. Perperilakulah dengan santun saat berada di Masjid Jamek.
  3. Datanglah ke Masjid Jamek pada saat cuaca cerah agar bisa menikmati keindahan dengan sempurna.
  4.  Untuk pelancong yang ingin beribadah di Masjid Jamek, datanglah pada saat mendekati adzan.
  5.  Datanglah pada saat weekday dan dihari lain kecuali Jum’at. Karena sata Jum’at tempat ini akan sangat ramai jamaah yang ingin menunaikan ibadah sholat.
  6.  Pilihlah rute terbaik yang bisa kamu ambil untuk mneghemat waktu perjalanan sampai ke lokasi Masjid Jamek.
  7.  Jaga terus barang bawaanmu saat sedang beribadah, Jangan diletakkan pada tempat sembarangan.
  8.  Taatilah peraturan yang berlaku.
  9. Saat hendak memasuki Masjid Jamek gunakan jilbab. Sudah disedikan peminjaman jilbab bagi pelancong yang tidak membawa.

Nah itulah traveler, ulasan menganai Masjid Jamek yang ada di Kuala Lumpur Malaysia. Semoga bisa menambah informasi seputar destinasi tarikan best in Malaysia untuk kamu datangi bersama orang tersayang ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × one =