Home Wisata Jawa Barat Observatorium Boscha Bandung

Observatorium Boscha Bandung

Observatorium Boscha Bandung
foto: https://www.instagram.com/p/Bvt2WCZBEQ-/?utm_source=ig_web_copy_link

Observatorium Boscha menjadi tempat wisata edukasi populer sekaligus salah satu landmark dari kota Bandung. Perlu diketahui, objek wisata yang satu ini merupakan pusat penelitian dan pengembangan ilmu astronomi terbesar dan tertua di Indonesia.

Observatorium dibangun dari zaman Belanda dan masih berdiri kokoh hingga sekarang. Penamaan Boscha pada observatorium ini sebagai bentuk penghargaan atas jasa Karel Albert Rudolf Boscha.

Pada tahun 1956, observatorium ini resmi diserahkan kepada pemerintah Republik Indonesia. Dan ditetapkan sebagai Benda Cagar Budaya yang dilindungi pada tahun 2004. Nah, Anda yang tertarik dengan ilmu astronomi, sepertinya liburan Anda akan kurang lengkap jika tidak mengunjungi tempat wisata ini.

Berikut ini review singkat wisata edukasi di Observatorium Bosscha sebagai referensi bagi Anda yang akan liburan ke Bandung, Jawa Barat.

Harga Tiket Masuk Observatorium Boscha

harga tiket masuk Observatorium Boscha
foto: https://www.instagram.com/ibhekti/

Untuk harga tiket masuk observatorium terbilang cukup terjangkau. Terdapat dua pilihan tiket yaitu kunjungan siang dengan harga Rp 15.000 per-orang dan kunjungan malam dengan harga Rp 20.000 per-orang.

Program kunjungan siang dapat dilakukan kapan saja. Sementara kunjungan malam hanya dibuka selama musim kemarau yaitu mulai bulan April sampai dengan Oktober. Pastikan Anda melakukan pendaftaran dari jauh hari sebelum berkunjung ke sini.

Hari Selasa-Jumat (terdapat 3 sesi kunjungan) untuk pengunjung dari sekolah, instansi atau organisasi dengan kapasitas 180 pengunjung setiap sesi. Hari Sabtu (terdapat 4 sesi kunjungan). Hanya menerima kunjungan perorangan, keluarga atau kelompok < 25 orang dengan kapasitas 90 pengunjung setiap sesi.

Pendaftaran maksimal dilakukan satu bulan sebelum jadwal kunjungan yang Anda inginkan dan konfirmasi permintaan kunjungan akan diberitahukan melalui email. Sementara pembayaran akan dilakukan secara tunai pada hari kunjungan.

Harga tiket masuk dan jam buka pada Observatorium Bosscha dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Alamat dan Rute Lokasi Observatorium Boscha

alamat dan rute lokasi Observatorium Boscha
foto: https://www.instagram.com/fotodey/

Lokasi Observatorium Boscha berada di area wisata De Ranch dan Farm House Lembang. Tepatnya di Jalan Peneropongan Bintang, Lembang, Bandung, Jawa Barat.

Tempat wisata ini memiliki akses jalan yang mudah dengan dua pilihan alternatif transportasi. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi dan kendaraan umum untuk menuju ke observatorium.

Kendaraan bus atau kendaraan besar lain hanya bisa sampai gerbang bawah observatorium. Kemudian harus dilanjutkan dengan jalan kaki sekitar 800 meter melewati gerbang atas untuk sampai di alamat Observatorium Boscha tersebut.

Jika kamu belum paham jalan di Kota Bandung. Berikut ini akses google maps yang bisa kamu gunakan sebagai penunjuk arah menuju lokasi wisata tersebut.

Datang juga ke –> Kebun Teh Sukawana Bandung sajian wisata alam dengan hamparan kebun teh yang mempesona di Jawa Barat.

Jam Buka Observatorium Boscha

Jam Buka Observatorium Boscha
foto: https://www.instagram.com/p/BZqiWGqgUmv/?utm_source=ig_web_copy_link

Jam operasional buka Observatorium Bosscha ini dapat kamu simak dengan baik berikut ini. Dibawah ini jadwal jam buka untuk Kunjungan Siang:

  • Selasa-Kamis: 09.00-10.30, 11.00-12.30, 13.00-14.30 WIB dengan kapasitas 180 orang untuk instansi sekolah/organisasi.
  • Jumat: 09.00-10.30, 13.00-14.30 WIB dengan kapasitas 180 orang untuk instansi sekolah/organisasi.
  • Sabtu: 09.30-10.30, 10.45-11.45, 12.00-12.45, 13.00-14.00 WIB dengan kapasitas 90 orang untuk keluarga/pribadi/kelompok>20.

Sedangkan untuk Kunjungan malamnya dapat kamu simak berikut ini:

  • April tanggal 11-12
  • Juni tanggal 20, 21, 27, 28
  • Juli tanggal 4, 5, 11, 12
  • Agustus tanggal 8, 9, 15, 16
  • September tanggal 5, 6, 12, 13
  • Oktober tanggal 3, 4, 10, 11

Kunjungan malam tersebut dibuka mulai dari pukul 17.00-20.00 WIB pada semua bulan dengan kapasitas 180 orang. Meski jadwal bukanya terbilang cukup rumit, namun tetap saja banyak wisatawan yang berkunjung ke Observatorium Bosscha ini.

Jika memiliki rencana untuk berkunjung, pastikan kamu memperhatikan jadwal buka dan jam operasional yang telah Sikidang ulas diatas. Sempatkan waktu luangmu untuk berkunjung ke wisata sejarah satu ini yang akan membuat liburanmu semakin menyenangkan.

Daya Tarik

Daya Tarik Observatorium Boscha
foto: https://www.instagram.com/p/Ck5gXXfJjzG/?utm_source=ig_web_copy_link

Berkunjung ke Observatorium Boscha merupakan pilihan yang tepat bagi kamu para pelajar atau mahasiswa. Namun destinasi wisata ini juga boleh dikunjungi oleh siapa saja, baik anak kecil hingga orang dewasa.

Bangunan ini adalah sebuah lembaga riset yang berada dibawah naungan FMIPA ITB dengan program Astronomi. Observatorium ini digunakan sebagai pusat penelitian, pendidikan, dan juga pengembangan dalam bidang Astronomi di Indonesia.

Bosscha Observatory dibangunan oleh Perhimpunan Astronomi Hindia Belanda dengan nama bangunan yang diambil dari seorang tuan tanah. Ia bernama Karel Albert Rudolf Bosscha yang telah berjasa memberikan bantuan tanah serta alat astronomi berupa teropong bintang.

Awalnya Observatorium ini bertujuan untuk memajukan ilmu dalam bidang astronomi di Hindia Belanda. Pembangunan bangunan astronomi ini konon memakan waktu hingga 5 tahun lamanya, mulai dari tahun 1923 hingga 1928.

Kemudian dipublikasikan secara resmi pada tahun 1933 dan juga diperkenalkan keranah internasional. Namun observatorium tersebut juga dikatakan pernah berhenti sejenak akibat adanya Perang Dunia II.

Oleh karenanya diperlukan renovasi besar-besaran untuk bisa kembali beroperasi dengan baik yang akhirnya pada tahun 1951 diserahkan kepada pemerintah RI. Selain sejarah Observatorium Bosscha yang begitu menarik, kalian juga patut mengagumi keunikan bangunanya.

Bangunan bersejarah satu ini memiliki bentuk melingkar dengan atap kubah yang keseluruhannya berwarna putih. Menunjukkan bangunan klasik dan kuno dengan arsitektur yang luar biasa unik dan menakjubkan.

Disekitar lokasi wisata ditanami rerumputan hijau dan pepohonan tinggi nan rimbun. Observatorium Bosscha ini akan terlihat bersinar saat diterpa cahaya matahari siang.

Fasilitas

fasilitas di Observatorium Boscha
foto: https://www.instagram.com/fristaarin/

Sebagai pusat lembaga riset yang berkaitan dengan astronomi sudah pasti fasilitas utama di sini adalah teleskop sebagai instrumen penelitian. Semua teleskop yang ada berukuran cukup besar dengan fungsi yang berbeda-beda.

Selain itu, observatorium ini dilengkapi beberapa fasilitas penunjang untuk memberikan kenyamanan setiap pengunjung yang datang ke sini. Berikut fasilitas di tempat menarik di Bandung satu ini yang bisa anda kunjungi ketika berlibur:

  • Perpustakaan
  • Bengkel Teknik
  • Ruang Multimedia
  • Wisma Krekhoven
  • Pusat Informasi
  • Mushola
  • Taman
  • Toilet
  • Area Parkir

Spot Wisata di Observatorium Boscha

spot wisata di Observatorium Boscha
foto: https://www.instagram.com/puthriipuu/

Sebagai tempat wisata edukasi, observatorium ini menawarkan pengalaman seru yang tidak akan pernah terlupakan. Di sana Anda berkesempatan menggunakan teleskop canggih untuk mengamati benda-benda langit yang letaknya sangat jauh dari bumi.

Berikut ini beberapa kegiatan edukasi yang dapat dilakukan selama berada di observatorium:

1. Melihat Cara Kerja Teleskop Zeiss

Teleskop Zeiss
foto: https://www.instagram.com/ichadism/

Teleskop Zeiss merupakan teleskop tertua yang ada di observatorium Bandung. Meskipun begitu tetap berfungsi dengan baik untuk membantu penelitian astronomi.

Anda akan dibawa ke bagian kubah observatorium untuk melihat langsung bagaimana cara kerja teleskop tersebut. Kubah observatorium ini juga menjadi landmark dari Bandung Utara.

Biasanya kegiatan ini dilakukan oleh para pelajar atau mahasiswa yang berkecimpung dalam bidang astronomi. Dengan belajar cara menggunakan teleskop, kalian bisa melihat milky way dengan beragam jenis bintang dan ornamen lainnya.

Kunjungi juga –> Upside Down World Bandung wisata hits dan sedang naik daun dengan sajian spot foto anti mainstreamnya.

2. Mendapatkan Informasi Astronomi

Teleskop Observatorium Boscha
foto: https://www.instagram.com/chatrinthung/

Selain berkeliling area Observatorium Boscha dan melihat secara langsung teleskop di sana. Anda juga akan diberikan penjelasan tentang astronomi di ruang multimedia. Ruangan berkapasitas 100 orang ini digunakan sebagai tempat seminar astronomi, pemutaran film atau dokumentasi ilmiah.

Selain itu, Observatorium Boscha juga dijadikan sebagai ruang perkuliahan mahasiswa Program Studi Astronomi ITB. Semua penjelasan atau informasi terkait astronomi juga diberikan oleh dosen atau mahasiswa Program Studi Astronomi ITB.

Bangunan tersebut memang tak hanya menjadi wahana rekreasi saja, namun menjadi wisata edukasi dan sejarah yang patut dibanggakan. Kalian bisa belajar dan menemukan pengetahuan baru terutama yang mnyangkut tentang astronomi.

Nikmati belajar asik dengan menuju lapangan untuk praktik langsung dan merasakan sensasi memasuki Observatorium tersebut. Pastinya akan menjadi pengalaman berharga dengan beragam momen menarik yang ada didalam sana.

3. Meneropong Langsung Menggunakan Teleskop

Meneropong Langsung Menggunakan Teleskop
foto: https://www.instagram.com/yogawithsries/

Nah, pengunjung observatorium juga berkesempatan meneropong menggunakan teleskop portable dan teleskop Bamberg. Melalui dua teleskop tersebut. Anda dapat mengamati bagaimana bentuk kawah bulan, gugusan bintang, planet-planet dan benda astronomi lainnya secara langsung.

Sangat menarik bukan? bagi kamu yang tertarik dan ingin mempelajari keilmuan astronomi bisa mencoba berkunjung ke wisata Bandung satu ini. Nikmati libur akhir pekan tak terlupakan di Bandung dengan explore spot terbaik yang ada di obyek wisata Lembang satu ini.

Tips Berkunjung

tips berkunjung ke Observatorium Boscha
foto: https://www.instagram.com/chanderaaa/

Untuk menjaga kenyamanan selama berkunjung ke Observatorium Boscha, berikut ini beberapa tips berkunjung dari Sikadang Travel Guide untuk Anda catat:

  • Datang ke observatorium 30-45 menit lebih awal dari jadwal kunjungan untuk menghindari pembatalan kunjungan karena terlambat datang.
  • Pilih program kunjungan malam jika ingin mendapatkan pengalaman menyaksikan keindahan benda-benda astronomi yang lebih menakjubkan.
  • Liburan bersama keluarga, teman atau sanak saudara sangat disarankan karena wisata ini merupakan liburan sambil belajar.
  • Jangan lupa membawa kamera/alat dokumentasi lain untuk mengabadikan momen berlibur di Observatorium Boscha.
  • Selalu jaga kebersihan, kesopanan dan tidak sebarangan bertindak mengingat observatorium ini salah satu Benda Cagar Budaya.

Demikian informasi terkait Observatorium Boscha dari Sikadang Travel Guide. Semoga bermanfaat terutama bagi Anda yang merencanakan liburan ke Bandung akhir pekan ini.

Nantikan kembali info destinasi wisata Bandung lainnya yang tak boleh terlewatkan untuk dikunjungi.

Review sebelumnya –> Museum Geologi Bandung bangunan bersejarah dengan sajian sejarah didalamnya yang mempesona.

paket wisata bandung

Liburan ke Bandung sekarang lebih mudah dengan memakai jasa travel dari Sikadang Travel Guide. Semua akomodasi liburan mulai tempat penginapan, transportasi dan tempat wisata yang akan dikunjungi sudah diatur dalam layanan Paket Tour Bandung.

Setiap paket tour Bandung dari Sikadang Travel Guide memberikan pelayanan dan fasilitas terbaik. Untuk membuat momen liburan Anda selama di Bandung lebih berkesan. Pilihan paket tour yang ditawarkan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.  Selamat berlibur!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × three =