Home Wisata Jawa Barat Pantai Sawarna Banten

Pantai Sawarna Banten

Pantai Sawarna Banten
Foto: https://www.instagram.com/tokinausa/

Pantai Sawarna Banten saat ini menajadi salah satu destinasi wisata terbaik untuk piknik keluarga maupun healing kamu. Disini kamu bisa menikmati keindahan pantai dengan hamparan pasir putih bersih dan ombak lautan yang sejuk.

Sarwana Beach adalah garis pantai yang panjang dengan segala keistimewaan dan keunikan tersendiri. Setiap pantai di Sarwana Banten ini memiliki namanya sendiri akan tetapi lebih akrab dengan sebutan Pantai Sawarna.

Popularitas pantai ini, sekarang banyak di gandrungi akibat keindahan yang masih terjaga dengan baik dan alami. Pantai Sawarna tadinya adalah sebuah pantai sepi dan belum banyak di ketahui. Namun berkat adanya beberapa film yang menjalani shooting di tempat ini, akhirnya pantai sawarna  menjadi ramai.

Harga Tiket Masuk Pantai Sawarna

Harga Tiket Masuk Pantai Sawarna
Foto: https://maps.google.com/maps/contrib/104761135413300217293

Untuk bisa menikmati Wisata Pantai Sawarna kamu perlu membayar tiket masuk dengan harga berkisar di Rp.5000 sampai Rp.15.000. Harga masuk di hari biasa atau weekday adalah Rp.5000, pada weekend Rp.10.000

Wisatawan yang ingin berkunjung ke karang bokor di kenai biaya sebesar Rp. 15.000. Parkir kendaraan motor Rp.5000 dan mobil sebesar Rp. 10.000. Harga tiket diatas berlaku untuk per seorangan.

Pengunjung yang tertarik untuk menginap juga disediakan banyak villa menarik. Villa pantai Sawarna memiliki fasilitas dan harga variatif  berkisar di harga  Rp.230.000 – Rp. 800.000. Sebagai contoh, Penginapan Srikandi, tarif permalam di bandrol dengan harga Rp.229.000 sampai 280.000.

Villa Family Sawarna memasang tarif per malam sebesar Rp. 250.000 hingga Rp. 800.000. Villa Hula – Hula Banten di harga Rp.299.732 – 408.725 per malamnya. Harga diatas bisa berubah setiap waktu.

Kamu bisa terus meng update harga terbaru karena bisa berubah sesuai kebijakan dan hari tertentu.

Alamat dan Rute Lokasi

Alamat dan Rute Lokasi Pantai Sawarna
Foto: https://www.instagram.com/handans_photos/

Lokasi Pantai Sawarna cukup strategis karena bisa dilalui dengan kendaraan bermotor seperti sepeda, mobil dan kendaraan berskala besar.  Pantai Sawarna barada di Jl. Sawarna Km.12 No.1, Sawarna, Bayah, Kabutpaten Lebak, Banten, 42392. Pantai ini berjarak sekitar 159 Km dari Ranggasbitung dan bisa dilalui dengan dua rute.

Untuk rute yang bisa ditempuh ada beberapa opsi yaitu jalan timur dan barat. Jalur timur, melalui Tol Jagorawi kemudian dilanjutkan ke Ciawi, lalu Cibadak,Pelabuhan Ratu dan kemudian sampai ke Sawarna.

Sedangkan jalur Barat, dimulai dari Tol Merak menuju Serang Timur, Dilanjutkan Pandeglang, kemudian Gunung Kencana. Setelahnya kamu melanjutkan perjalanan melewati Malingpang kemudan Bayah dan mengikuti rute jalan hingga sampai ke Sawarna.

Pilihan rute terbaik untuk menghindari kemacetan adalah rute Barat karena cendrung sepi. Namun, untuk kamu yang ingin lewat jalan ramai dengan fasilitas lengkap, berupa tempat makan dan sebagainya pilihlah rute barat.

Untuk memudahkan perjalananmu kamu juga bisa mengakses Google Maps berikut ini.

Jam Buka Pantai Sawarna

Jam Buka Pantai Sawarna
Foto: https://www.instagram.com/halimah_asyadzilly/

Untuk jam operasional pantai ini tidak terbatas atau 24 jam. Kamu bisa mengunjungi pantai kapan saja dan diperbolehkan untuk camp di pantai.

Datang juga ke –>Pantai Marbella untuk opsi wisata pantai lainnya di Banten.

Fasilitas

Fasilitas Pantai Sawarna
Foto: https://maps.google.com/maps/contrib/108382138698315263807

Walaupun belum dikatakan sangat lengkap, fasilitas di Pantai Sawarna, sudah memenuhi aspek cukup untuk pantai. Sawarna beach menyediakan berbagai fasilitas dasar seperti gazebo atau saung yang disediakan untuk berteduh.

Selain itu, tempat wisata ini juga banyak menyediakan berbagai makanan yang dijajakan oleh pedagang di sekitar area pantai. Pantai ini juga menyediakan berbagai jenis penginapan dengan harga variatif sesuai dengan kualitas yang disediakan.

Spot Wisata Pantai Sawarna

Spot Wisata Pantai Sawarna
Foto: https://www.instagram.com/sawarnanet/

Garis pantai yang terletak di desa Sawarna ini memang tidak habis untuk dinikmati keindahannya meskipun dikunjungi sesering mungin. Selain itu banyak juga pantai dengan keindahan yang berbeda di setiap tempatnya.

Wisata Pantai Sawarna Legon Pari

Kamu yang ingin menikmati pantai dengan pemandangan indah dan tenang, tempat  satu ini wajib untuk kamu kunjungi. Pantai Sawarna Legon Pari merupakan pantai tersembunyi yang masih jaran dijamah oleh wisatawan.

Sayangnya pantai ini hanya bisa dilaluioleh kendaraan motor dan jalan kaki saya karena akses jalannya yang masih sempit. Untuk menuju lokasi Pantai Sawarna Legon Pari kamu membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit dari jalan utama desa Sawarna.

Selain memiliki pengandangan pantai berpasir putih yang luar biasa indah, sepanjang perjalanan mata kamu akan di manjakan. Hamparan tanaman padi yang hijau dan menyejukkan akan membuat kamu menikmati perjalananmu sampai pantai.

Pantai Sawarna Tanjung Layar

Wisata di Banten ini adalah wisata pantai paling iconic di desa Sawarna. Pantai ini memiliki dua buah batu karang tinggi menyerupai kapal yang sedang berlayar. Pengunung yang ingin bermain disekitar baru karang tersebut bisa mensiasatinya ketika air sedang surut.

Pantai ini juga terkenal dengan karangnya yang cantik dan bisa dinikmati secara jelas ketika air sedang surut. Kamu yang sangat suka dengan senja juga bisa menikmati sunset terbaik di pantai Tanjung Layar ini.

Kunjungi juga –> Pantai Anyer kompleks wisata pantai pasir putih menarik di Banten.

Objek Pantai Sawarna Karang Traje

Pantai selanjutnya yang tidak kalah cantik dan unik adalah pantai Karang Traje. Disini kamu bisa mengambil foto keren dengan background benteng karang yang memliki bentuk menyerupai tangga.

Sesuai namanya, Traje dalam bahasa sunda berarti tebing, disini kamu bisa menyaksikan keindahan tebing yang di hantam oleh ombak.

Ketika traveler sudah puas menjelajahi semua pantai di Sawarna bisa berlanjut berwisata pantai di dekat sawarna yang tidak kalah keren. Seperti Pantai Malimping yang berada di kompleks pantai Bagedur, atau Pantai Ujung Genteng di pesisir Sukabumi.

Larangan Pantai Sawarna

Larangan Pantai Sawarna
Foto: https://www.instagram.com/lensa.adjie/

Dikarenakan ombak di Pantai Sawarna yang cendrung besar dan berbahaya. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak melarang adanya kativitas berenang di Pnatai Sawarna.

Hal tersebut dilantari akibat adanya kasus dua wisatawan yang tewas karena terbawa arus gelombang tinggi. Selain itu, pelarangan ini juga dikarenakan karakter dari pantai Sawarna yang cukup tinggi dan banyaknya karang tajam di sana.

Review Sebelumnya –>Aqualand Serang teman air di Banten dengan fasilitas lengkap.

Tips Berkunjung

Tips Berkunjung Pantai Sawarna
Foto: https://maps.google.com/maps/contrib/106504579652758766900

Untuk kamu yang tertarikberkinjung ke Pantai Sawarna, ada baiknya kamu melakukan persiapan dan penggalian informasi terkait pantai ini. Selanjutnya, kamu juga bisa mengikuti beberapa tips dibawah ini yang semoga bisa membantu dan membuat rekerasimu semakin mudah.

Yang pertama, cobalah untuk memilih transportasi tepat disesuaikan dengan budget, keamanan, dan berapa lama. Kamu bisa melakukan budgeting perkiraan selama perjalanan.

Pilihlah perjalanan dengan rute termudah. Untuk menuju Sawarna, banyak sekali rute untuk kamu ambil, maka dari itu pilihlah yang termudah dan terdekat.

Usahakan untuk memilih waktu siang hari karena jalanan di Sawarna masih sepi dan gelap. Selain itu siapkan uang cash secukupnya untuk biaya selama di perjalanan.

Berkunjunglah di musim panas agar kamu bisa menikmati liburan dengan menyenangkan. Terakhir jaga terus barang bawaanmu dan jangan malu untuk beratanya pada orang sekitar jika tersesat atau kesussahan membaca rute jalan.

Demikianlah review tentang Pantai Sawarna. Semoga bisa menambah informasi dan opsi liburan kamu selanjutnya ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ten − four =