Home Wisata Lampung Pulau Balak Lampung

Pulau Balak Lampung

Pulau Balak Lampung
foto: https://goo.gl/maps/4wRzKqaaB6uTDsB49

Pulau Balak Lampung merupakan destinasi wisata Lampung dengan sebutannya sebagai pulau pribadi, dikarenakan belum terjamah oleh banyak orang. Namun, keindahan pantainya mampu menarik minat pengunjung untuk berwisata kesana.

Wisata Pulau Balak berada dalam kawasan Teluk Pidada, dengan gelombang air yang tenang dan laut berwarna biru kehijauan. Nama Pulau unik ini diambil dari bahasa Lampung, Balak yang dalam bahasa Indonesianya berarti besar.

Pantai yang memiliki pasir putih lembut cukup landai dan luas bagaikan permadani memiliki daya tarik tersendiri membedakannya dengan daerah lain. Banyak aktivitas-aktivitas seru yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Pulau Balak ini.

Harga Tiket Masuk Pulau Balak

Harga Tiket Masuk Pulau Balak
foto; https://goo.gl/maps/qQPxcJkd16Pg1JCa6

Balak Island adalah tempat piknik dengan harga yang sangat murah, pasalnya kamu tidak perlu membayar tiket masuk. Biaya yang akan kamu keluarkan adalah jika sewaktu-waktu terdapat penjaga, bisa memberikan tip sebagai uang tambahan berkunjung.

Biaya lain yaitu penyewaan speed boat dengan kisaran harga Rp. 300.00 hinga Rp. 400.000 berkapasitas 5-6 orang. Sedangkan perahu motor dikenakan tarif sebesar Rp. 250.000 dengan kapasitas 15 penumpang.

Pengelolaan pulau yang tidak jelas, menyebabkan tidak adanya peraturan dan ketentuan bagi pengunjung saat berada di kawasan tersebut.

Alamat dan Rute Lokasi

Alamat dan Rute Lokasi Pulau Balak
foto: https://goo.gl/maps/p3cigboKvcaFUAxn9

Wisata Pulau Balak Lampung berlokasikan di Sukarame, Kecamatan Punduh pidada, Kabupaten Pesaaran, Lampung. Untuk informasi lebih jelasnya, silahkan cek google maps.

Sebenarnya lokasi pulau tersbut berdekatan dengan Desa Kucing dan Pagar Jaya, jika dari arah Bandar Lampung berjarak sekitar 50 kilometer. Terdapat dua rute untuk menuju Pulau Balak, yakni dengan rute darat dan laut.

Jika melewati jalur darat, arahkan kendaraanmu ke Pasar Bawang yang memiliki jarak sekitar 70 kilometer dari Ibukota. Estimasi waktu tempuh yang diperkirakan sekitar 2 sampai 2,5 jam.

Lalu, dari Pasar Bawang lurus menuju arah ke Kucing Riang dan Pagar Jaya. Sekitar 5 kilometer kemudian akan ketemu Desa Sukamaju, dan perjalanan dilanjut dengan menyewa perahu menuju Pulau Balak.

Biaya yang ditawarkan cukup mahal, oleh karena itu pengunjung dianjurkan memilih perahu motor berkapasitas penumpang banyak. Dikarenakan harganya lebih murah dan ramah dikantong.

Jalur laut dilalui dengan menyeberang dari Pelabuhan Ketapang namun biaya yang dikeluarkan lebih mahal lagi. Namun jika pengunjung tidak ingin ribet dalam perjalanan menuju lokasi, jalur laut lah pilihan yang tepat.

Datang juga ke –> Air Terjun Way Tayas pesona curug yang memukau di Lampung.

Jam Buka Pulau Balak

Jam Buka Pulau Balak
foto: https://goo.gl/maps/V5RNfmusj4SM28p19

Pengunjung bisa datang kapan saja, karena Pulau Balak Beach ini dibuka 24 jam. Pulau ini kurang dikelola dengan baik sebagaimana pantai lain.

Pengunjung yang akan berkunjung ke Pulau Balak dapat bebas datang di hari biasa maupun weekend, atau juga saat libur nasional. Pemandangan pulau dengan view beachnya yang menawan mampu menarik wisatawan untuk berkunjung ke destina alam ini.

Fasilitas

Fasilitas di Pulau Balak
foto: https://goo.gl/maps/PfAxrufA6fvaDfy69

Fasilitas yang tersedia di Obyek wisata Pantai Balak sangatlah belum memadai, karena pulau ini tidak berpenghuni. Minimnya sarana dan prasarana di Pulau balak ini menyebabkan wisatawan yang berkunjung harus membawa perlengkapan pribadi.

Hanya terdapat satu penginapan yang digunakan sebagai resort pribadi dengan kondisi cukup baik. Bangunan tersebut terbuat dari kayu dengan fasilitas ruang tidur, dapur, kamar mandi, dan ruang tengah.

Resort ini terkadang disewakan bagi pengunjung yang ingin menginap dan bermalam dipulau balak. Sumber air bersih di Pulau Balak ini berasal dari sumur layak konsumsi untuk memenuhi kebutuhan seperti mandi dan mencuci.

Mushola juga dapat kamu temui disana, namun dengan kondisi yang sangat tak terawat. Tersedia pula generator penghasil listrik guna menerangi kawasan tersebut, yang hanya bisa dinikmati pada pukul 6 sore hingga 12 malam.

Alternative lain yang bisa kamu pilih jika ingin menginap di pulau ini yakni dengan camping mendirikan tenda pribadi.

Kunjungi juga –> Puncak Temiangan menawarkan destinasi puncak yang seru di Lampung.

Spot Wisata di Pulau Balak

Spot Wisata di Pulau Balak
foto: https://goo.gl/maps/RBAEFXrghFkTx8kHA

Meskipun keberadaannya sunyi, namun Pulau Balak ini menawarkan spot-spot wisata menarik yang dapat kamu jumpai disana. Pengunjung dapat menikmati suasana pulau dengan berbagai panoraman alam sekitar yang menakjubkan.

Pesona Indah Pantainya

Pantai Pulau Balak memiliki pesona yang tidak kalah dari lainnya, kamu akan dibuat takjub saat melihatnya. Hamparan laut biru memanjang dengan gelombang laut yang tenang akan memberikan sensasi menenangkan.

Di tepi pantai terdapat jejeran pohon kelapa yang menjulang tinggi dengan lambaian daunnya menari-nari. View yang tercipta sangatlah elok untuk dinikmati dengan duduk bersantai di tepi pantai.

Air lautnya yang sejernih kaca itu memantulkan pancaran cahaya terik matahari menyilaukan mata. Ini menjadi spot foto menarik yang bertema pemandangan alam wisata Pantai di Lampung.

Disamping itu, saat senja tiba suasana sunset di ufuk baratnya juga begitu mempesona untuk dipandang. Kamu bisa menghabiskan momen matahari terbenam dengan duduk manis ditepi pantai Pulau Balak tersebut.

Habitat Terumbu Karang dan Ikan

Sumberdaya Terumbu karang yang terdapat di Pulau Balak memiliki potensi tinggi. Obyek wisata Lampung ini memiliki kelebihan di terumbu karangnya yang bereagam dan indah.

Keberadaanya yang tidak terlalu dalam dari permukaan air, menyebabkan terumbu karang tersebut sangat nampak dari kejauhan. Bahkan saat air laut sedang surut, akan terlihat dengan jelas corak dan bentuk yang bervariasi.

Lalu di kedalaman 2 meter, pengunjung akan menemukan aneka jenis ikan hias yang berwarna-warni menghiasi terumbu karang. Pengunjung juga bisa bertemu biota laut lainnya seperti penyu sisik yang sesekali berenang di sekitar Pulau Balak.

Sekitar 80 persen terumbu karang yang tersebar di lokasi pantai masih sangat terjaga kelestariannya. Keindahan bawah laut patut kamu abadikan menggunakan kamera anti air atau pelindung lainnya.

Untuk bisa melihat pemandangan bawah laut, tentunya kamu harus bersnorkeling dengan membawa perlengkapan sendiri. Tidak ada fasilitas menyelam yang disewakan untuk pengunjung.

Suasana Sepi Bak Private Island

Wisata yang terkenal dengan kesunyiannya dan tidak banyak pengunjung datang, membuat Pulau Balak ini dikenal sebagai Private Island. Bagaimana tidak, pengunjung yang datang ke Pulau ini akan merasakan sensai memiliki pulau pribadi dengan sepinya pengunjung lain.

Namun hal tersebut malah membuat Pulau ini memiliki kesan baik karena tidak ramai dikunjungi serasa kamu dipulau sendiri. Tidak perlu khawatir, meskipun sepi pengunjung, tapi Pulau Balak ini tak semengerikan yang dibayangkan.

Nyatanya Pulau ini kini mulai banyak dikunjungi, karena sudah banyak beredar informasi mengenai pulau tersebut. Hal ini dapat kamu jadikan sebagai tempat untuk refreshing otak dan pikiran dari pekerjaan yang membuatmu stress.

Justru ketenangan suasananya, tak akan banyak gangguan dari pengunjung lain. Kamu bisa menikmati view pantai Pulau Balak yang indah dengan nyaman dan enjoy.

Cocok untuk para introvert yang merasa suntuk dirumah dan ingin berlibur dengan suasana hening tanpa keramaian.

Review sebelumnya –> Tanjung Tuha destinasi rekomended untuk liburan di Lampung.

Tips Berkunjung

Tips Berkunjung ke Pulau Balak
foto: https://goo.gl/maps/E9i9WtETvFEfqkS89

Hal-hal berikut harap diperhatikan bagi pengunjung yang akan berlibur ke Pulau Balak.

  • Selalu cek ke-updatean informasi mengenai Pulau tersebut.
  • Bawalah keperluan dan perlengkapan sendiri yang lengkap.
  • Jagalah pantai dari sampah, dan tetap menjaga etika ketika berada di kawasan pantai.

Itu dia traveller, sekilas informasi mengenai Pulau Balak yang terkenal sepi dan hening. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk kamu yang akan mengunjungi pulau tersebut.

Sempatkan mampir ke Pulau Balak Lampung dan nantikan info destinasi menarik selanjutnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × 5 =