Home Wisata Lampung Puncak Temiangan Lampung

Puncak Temiangan Lampung

Puncak Temiangan Lampung
foto: https://goo.gl/maps/QjkMnHbFpUUuoJCs6

Temiangan Hill merupakan salah satu destinasi menarik di Lampung yang mempesona dengan keindahan alam bukitnya. Bagaimana tidak, bukit yang berdiri di atas awan ini dapat memperlihatkan hamparan alam Lampung terbentang luas.

Wisata Puncak Temiangan memiliki daya tarik tersendiri dengan suasana matahari terbit pada dini hari yang memukau. Tak hanya itu, sunset pun bisa kalian saksikan dengan bermalam di Puncak Temiangan Lampung tersebut.

Tak jarang wisatawan yang berkunjung ke sini, memutuskan untuk camping agar lebih bisa merasakan suasana sejuk Temiang. Wisatawan yang datang biasanya didominasi oleh para pendaki pecinta muncak.

Harga Tiket Masuk Puncak Temiangan

Harga Tiket Masuk Puncak Temiangan
foto; https://goo.gl/maps/4Z2jRLitJVds5VKZ6

Wisata Puncak Temiangan memiliki harga tiket yang terjangkau dengan biaya per-orang seharga Rp. 10.000. Terdapat park area yang dikenakan biaya sebesar Rp. 20.000 mobil dan Rp. 5.000 untuk motor.

Biaya lain yang akan kamu keluarkan saat berkunjung ke Puncak Temiangan ini yaitu penyewaan alat-alat camping. Diantaranya tenda dengan berbagai ukuran, untuk 2 orang seharga Rp. 45.000, kapasitas 3 dan 4 wisatawan dibandrol seharga Rp. 55.000 dan Rp. 65.000.

Terdapat pula sewa perlengkapan camping lainnya seperti penyewaan sleeping bag yaitu Rp. 20.000 dan kayu bakar Rp. 15.000 per-ikat. Sebagai informasi, harga tiket masuk dapat berubah sewaktu-waktu tergantung dari kebijakan pengelola.

Alamat dan Rute Lokasi

Alamat dan Rute Lokasi Puncat Temiangan
foto: https://goo.gl/maps/qUNWc5YZ2iea2HR86

Puncak Temiangan Lampung berada di Desa Tri Mulyo, Kecamatan Gedung Surian, Kabupaten Lampung Barat. Pengunjung bisa mengecek lokasi menggunakan google maps untuk lebih jelasnya.

Destinasi wisata ini terletak agak jauh dari Lintas liwa dengan jarak sekitar 27 kilometer. Namun searah Situs Megalitikum Batuberak yang berkisar 200 kilometer dari Bandar Lampung dengan waktu tempuh 4 jam 30 menit.

Dari arah gerbang tol Terbanggi Besar berjarak 132 kilometer dengan estimasi waktu sekitar 3 jam. Sedangkan jika dari Krui, jaraknya sekitar 100 kilometer sekitar 3 jam lamanya.

Sesampainya di Desa Tri Mulyo, pengunjung yang membawa kendaraan pribadi harus memarkirkannya di lokasi sekitar. Menuju lokasi hanya bisa menggunakan ojek wisata atau jalan kaki bagi pecinta alam tentunya akan lebih menantang.

Kondisi jalannya terbilang cukup lici dan terjal sehingga hanya bisa dilalui motor atau berjalan kaki untuk mencapai Puncak Temiangan. Jika pengunjung tidak mau repot, tersedia pula para ojek yang siap mengantar dan menjemput para wisatawan tersebut.

Harga yang ditawarkan cukup merogoh saku, untuk ojek pergi saja dibandrol dengan tarif Rp. 30.000, pulang Rp. 25.000, dan PP sebesar Rp. 50.000. Tarif tersebut dapat disesuaikan dengan sistem tawar-menawar yang bisa kamu lakukan, untuk mendapatkan harga lebih murah.

Datang juga ke –> Pantai Sari Ringgung menawarkan pesona beach dengan bangunan terapung di Lampung.

Jam Buka Puncak Temiangan

Jam Buka Puncak Temiangan
foto: https://goo.gl/maps/RS4NJcXB8xzzrxcm9

Wisata Lampung Barat ini tidak memiliki jam operasional khusu karena dibuka 24 jam, sehingga wisatwan dapat berkunjung kapan saja. Dikarenakan loksai juga dijadikan sebagai tempat perkemahan atau camping.

Pengunjung yang akan berwisata ke Puncak Temiangan ini sebaiknya menginap, mengingat lokasinya jauh dari pedesaan dan perjalanan tempuh lama. Tempat ini ramai dikunjungi terutama diminati oleh para kaum muda pecinta muncak.

Tak ada batasan umur untuk berkunjung ke wisata alam ini, namun bagi pengunjung yang sudah berumur tua tidak dianjurkan naik. Puncak Temiangan rekomended bagi pendaki yang ingin menantang dirinya melalui track dan perjuangan menuju keindahan destinasi Lampung tersebut.

Fasilitas

Fasilitas di Puncak Temiangan
foto: https://goo.gl/maps/A9zSYuRaoDBGAa3g7

Fasilitas yang terdapat di Puncak Temiangan diantaranya yaitu aneka kedai penjual berbagai makanan dan minuman serta cafe baru. Beberapa spot foto menarik juga tersedia untuk pengunjung mengabadikan momen keren berview alam itu.

Selain itu bagi pengunjung yang akan melakukan camping, sudah terdapat alat dan perlengkapan lengkap dengan harga sewa terjangkau. Untuk keperluan pribadi, sebaiknya penegunjung juga membawa dari rumah seperti jaket tebal, baju lebih, dan sepatu.

Di tempat ini terdapat pula mushola dan toilet yang dapat kamu gunakan. Pengunjung tidak perlu khawatir akan tempat memunaikan solat sebagai kewajiban ibadah yang harus dilaksanakan.

Kunjungi juga –> Pantai Gigi Hiu pesona bebatuan ngeri bercampur indah di Lampung.

Spot Wisata di Puncak Temiangan

Spot Wisata di Puncak Temiangan
foto: https://goo.gl/maps/fVLszsziJdpdUB3u6

Puncak Temiangan mempunyai berbagai spot wisata menarik yang patut kamu coba. Pengunjung akan mendapatkan pengalaman menarik dengan berkunjung ke wisata Lampung satu ini.

Camping

Camping menjadi icon utama yang mewarnai Puncak Temiangan Lampung ini. Pasalnya kebanyakan wisatawan berkunjung ingin merasakan camping di puncak yang memiliki pemandangan alam dengan keasriannya itu.

Puncak Temiangan Camping menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan terutama yang datang dari luar kota. Menghabiskan malam di puncak bukit dengan keheningan dan suasana yang tenang sepertinya sangat mengasyikkan.

Pihak pengelola lokasi sudah menyediakan fasilitas menginap yang lengkap, namun jika pengunjung ingin membawa sendiri dari rumah juga diperbolehkan. Tentunya akan memakan biaya yang lebih murah dan efektif.

Bumi Perkemahan Lampung ini memberikan momen dan kenangan yang dapat kamu ceritakan dan bagikan kelak.

Menyaksikan Keindahan Sunrise

Puncak Temiangan juga terkenal dengan keindahan sunrisenya, fenomena matahari terbit dari atas bukit memiliki view alam yang mempesona. Kamu akan dibuat takjub dengan sunrise yang muncul diantara hamparan luas kota Lampng.

Sensai menyaksikan sunrise tentunya juga berbeda, apalagi pengunjung harus bergelut dengan dinginnya cuaca pagi hari dan mata yang masih mengantuk. Disamping itu, kamu bisa melihat keunikan awan yang bergumpal-gumpal memenuhi Puncak Temiangan tersebut.

Pemandangan pagi hari yang menakjubkan mampu membuat badan dan pikiran rileks, dengan suasana sejuk nan segar menembus pakaian. Selain itu, hal ini dapat menghilangkan rasa stresmu dari pekerjaan berat sehari-hari.

Puncak Temiangan Sunrise lebih nikmat lagi ditemani dengan secangkir kopi atau teh hangat yang dapat kamu pesan dari kedai sekitar. Duduk berdua berdua didepan tenda dengan kehangatan bercampur kedinginan dari hembusan angin, menciptakan nuansa romantis bersama pasanganmu.

Spot Foto Menarik

Aktivitas satu ini jangan sampai terlupakan, kamu akan kehilangan momen-momen indah yang berharga. Puncak Temiangan mempunyai spot foto menarik yand dapat kamu jumpai seperti terdapat beberapa objek-objek keren.

Spot foto yang terbuat dari kayu atau bambu dipasang untuk memfasilitasi pengunjung mengabadikan pemandangan alam nan elok itu. Ingatlah untuk menyiapkan kamera terbaikmu karena banyak objek yang bisa kamu jadikan sebagai bahan foto.

View alam yang memikat dengan beragam jenis pohon dan rumah-rumah warga dibawah patut masuk dalam draft jepretanmu. Apalagi saat malam hari tiba, suasana epic dari lampu-lampu rumah warga yang jauh dibawah terlihat sangat indah.

Kamu akan bergeleng-geleng kepala menyaksikan anugerah Tuhan yang menakjubkan itu. Dengan konsep wisata alami, hasil foto yang akan kamu dapatkan tentunya lebih menarik.

Review sebelumnya –> Air Terjun Way Tayas menawarkan kesegaran alami di bawah kaki Gunug Rajabasa Lampung.

Tips Berkunjung

Tips Berkunjung ke Puncak Temiangan
foto: https://goo.gl/maps/2FrseJBu2GBGHgsv8

Bagi pengunjung Puncak Temiangan, kiranya tips dan saran berikut bisa bermanfaat bagi kamu saat berada di lokasi.

  • Datanglah saat cuaca di lokasi sedang cerah, terutama bagi pengunjung yang bercamping.
  • Bawalah uang cash yang cukup, karena lokasi jauh dari perkotaan.
  • Persiapkan kebutuhan menginap dengan baik dan lengkap.
  • Teruntuk pendaki bawalah snack atau air putih, untuk persediaan dalam perjalanan menuju puncak.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan tetap patuhi peraturan yang berlaku.

Informasi destinasi wisata Puncak Temiangan dapat kamu jadikan sebagai referensi berlibur di akhir pekan. Nantikan info wisata alam Lampung selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fifteen + 2 =