Home Tips Wisata Sebelum Liburan, Ketahui dulu Macam-Macam Premi Asuransi

Sebelum Liburan, Ketahui dulu Macam-Macam Premi Asuransi

foto: pixabay.com

Membahas soal asuransi tentu di dalamnya juga menyinggung mengenai beberapa istilah seperti premi dan polis. Premi merupakan besarnya nominal iuran yang wajib dibayarkan oleh nasabah atau pemegang asuransi.

Apa saja macam-macam premi asuransi? Dalam pemaparan berikut, Anda dapat mengetahui penjelasannya detail.

Selain itu, juga terdapat macam premi asuransi yang wajib untuk Anda pahami. Salah satunya, premi asuransi perjalanan.

Anda bisa dapatkan asuransi perjalanan terbaik dengan melihat secara lengkap pada halaman situs Lifepal, perusahaan asuransi terpercaya dan amanah hingga saat ini.

Melalui laman tersebut Anda bisa mendapatkan rekomendasi asuransi perjalanan terbaik dan asuransi lainnya yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi ternama seperti Lifepal.

Macam-Macam Premi Asuransi

Macam-Macam Premi Asuransi
foto: Pixabay.com

Seperti yang Anda ketahui bahwa produk asuransi tidak hanya sebatas dalam hal kesehatan saja, tetapi secara luas bisa mengenai rumah, mobil ataupun perjalanan.

Oleh karena itu, macam-macam premi asuransi yang banyak ragamnya dapat diketahui dalam ulasan di bawah.

1. Premi Asuransi Syariah

foto: pixabay.com

Mayoritas penduduk Indonesia memiliki agama islam sehingga banyak jasa yang menerapkan sistem syariah. Salah satu produknya yaitu asuransi syariah ini. Premi asuransi dalam sistem syariah penyebutannya diganti dengan dana kontribusi.

Hal yang membedakan antara premi syariah dan premi lainnya adalah ketika akad dan faktor besarnya dana kontribusi. Ketika melakukan akad (perjanjian) hal yang mendasarinya adalah menanggung bersama atas asas tolong menolong.

Premi asuransi syariah ini juga masih dibagi menjadi beberapa kategori sesuai jenis asuransinya. Jenis premi berbasis syariah yang bisa Anda temui meliputi premi asuransi kesehatan syariah, premi asuransi umum syariah dan premi asuransi jiwa syariah.

2. Premi Asuransi Kesehatan

foto: pixabay.com

Berikutnya premi asuransi yang sudah cukup umum dan banyak dikenal masyarakat adalah kesehatan.

Premi asuransi kesehatan besarnya dana yang dibayarkan oleh nasabah agar bisa melakukan klaim terhadap fasilitas kesehatan seperti biaya obat, rawat inap, biaya persalinan dan lain-lain.

Besarnya biaya yang harus dibayarkan tentu saja menyesuaikan dengan polis dan limit penggunanya. Jadi biaya preminya antar individu bisa saja berbeda.

3. Premi Asuransi Kesehatan Jiwa

foto: pixabay.com

Macam-macam premi asuransi selanjutnya adalah kesehatan jiwa. Jika membayar premi asuransi kesehatan tujuannya adalah untuk mengklaim biaya yang berkaitan tentang kesehatan.

Premi asuransi jiwa dibayarkan kepada perusahaan asuransi agar nantinya ahli waris bisa mendapatkan biaya santunan. Besarnya santunan yang diterima oleh penerima tentu bergantung dengan premi per periodenya.

Jika semakin besar maka nominal santunan yang diberikan juga semakin banyak.

4. Premi Asuransi Kecelakan

foto: pixabay.com

Asuransi kecelakan diri adalah jaminan yang bisa Anda peroleh apabila mengalami cacat, ataupun risiko meninggal akibat kejadian tersebut.

Premi asuransi kecelakan diri ini iuran per periodenya cukup terjangkau.Banyak perusahaan yang menawarkan layanan produk asuransi kecelakan diri.

4. Premi Asuransi Mobil

foto: pixabay.com

 

Macam-macam premi asuransi yang bisa Anda ketahui berikutnya adalah premi asuransi mobil. Dengan mendaftar asuransi mobil, pengguna bisa menikmati biaya penggantian saat mobil mengalami kerusakan baik secara total maupun sebagian.

Besarnya premi asuransi mobil ini tergantung dengan jenis asuransi yang Anda pilih. Beberapa jenisnya antara lain adalah Asuransi mobil all risk dan juga Total Loss Only (TLO).

5. Premi Asuransi Perjalanan

foto: pixabay.com

Berikutnya selain terdapat asuransi untuk kendaraan seperti mobil. Terdapat layanan asuransi yang memberikan jaminan atas perjalanan yang Anda lakukan.

Premi asuransi perjalanan adalah besarnya tanggungan biaya per periode yang wajib dibayarkan agar bisa melakukan pencairan dana untuk keperluan kendala perjalanan, biaya perawatan medis, santunan dan lain sebagainya.

Asuransi perjalanan ini terdiri dari beberapa jenis yang bisa Anda ketahui. Jenis asuransi perjalanan yang bisa dipilih meliputi perjalanan komprehensif, evakuasi medis, kecelakaan perjalanan, perjalanan tahunan, asuransi khusus dan asuransi kesehatan saat perjalanan.

Cara Menghitung Besarnya Premi Asuransi

foto: pixabay.com

Setelah mengetahui macam-macam premi asuransi, pastikan Anda mengetahui cara menghitung premi berdasarkan jenisnya. Ketahui terlebih dahulu faktor-faktor yang menyebabkan besarnya premi yang dibayarkan menjadi berbeda.

Perbedaan nominal premi yang dibayarkan umumnya dipengaruhi oleh profesi nasabah, kondisi kesehatan, pola hidup dan riwayat penyakit jika asuransi yang Anda ikuti yaitu asuransi kesehatan.

Namun, apabila asuransi yang Anda miliki berupa mobil perbedaanya bisa dari jenis asuransi yang dipilih, tahun mobil dan harga mobil. Faktor-faktor tersebut intinya tergantung dengan jenis asuransi yang Anda pilih.

Untuk menghitung premi asuransi Anda bisa secara mudah menghitungnya dengan kalkulator premi secara online.

Apabila ingin menghitungnya secara manual Anda bisa mengalikan tarif premi dengan jumlah uang pertanggungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

14 + seven =