Home Wisata Jawa Barat Situ Patenggang Bandung

Situ Patenggang Bandung

situ patenggang
foto: https://www.instagram.com/adianrep/

Situ Patenggang adalah salah satu destinasi wisata alam yang menyajikan birunya danau dengan hijaunya daun teh di daerah sekitarnya. Suasana pegunungan yang masih sangat asri dan sejuk cocok untuk pengunjung yang ingin sejenak istirahat dari padatnya aktivitas selama sepekan.

Nama Situ Patenggang sendiri berasal dari bahasa Sunda, Situ memiliki arti Danau dan Patenggang berasal dari kata pateangan-teangan yang artinya saling mencari. Konon nama itu diambil dari kisah cinta Dewi Rengganis dan Ki Santang yang harus berpisah karena perang kerajaan.

Banyak yang mengatakan bahwa destinasi wisata ini sangat populer sehingga selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun luar dari daerah Bandung. Nah, bagi Anda yang berencana untuk liburan ke Bandung dalam waktu dekat, pastikan untuk mengunjunginya juga ya!

Harga Tiket Masuk Situ Patenggang

harga tiket masuk situ patenggang
foto: https://www.instagram.com/donny_mahardika/

Harga tiket masuk Situ Patenggang terbilang cukup terjangkau jika dibandingkan dengan destinasi wisata Bandung lainnya. Para pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 22.000 per orang baik hari saat biasa ataupun akhir pekan.

Harga tersebut khusus wisatawan lokal sedangkan untuk wisatawan asing dikenakan biaya tiket Rp 135.000 per orang.

Selain tiket masuk, pengunjung yang membawa kendaraan pribadi ke sana juga dikenai biaya tambahan berupa parkir kendaraan dengan rincian sebagai berikut. Biaya parkir sepeda motor sebesar Rp 3.500, mobil Rp 11.000 mobil dan bus atau truk Rp 22.500.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi situ patenggang bandung
foto: https://www.instagram.com/https_agung/

Bagi yang ingin berkunjung ke sana namun belum tahu tempatnya, lokasi Situ Patenggang berada di kawasan wisata Ciwedey Bandung. Untuk bisa mencapai lokasi tersebut dibutuhkan waktu kurang lebih sekitar 1.5 jam dari tol di titik nol Bandung.

Alamat Situ Patenggang berada di Jalan Raya Ciwidey Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Terdapat dua rute yang bisa dilewati jika dari arah Jakarta yaitu

  • Melalui Tol Cipularang dan keluar di Tol Kopo lalu ikuti arah Soerang-Ciwedey-Situ Patenggang.
  • Melalui arah Leuwi Gajah setelah dari Cipularang dan dilanjutkan ke Soerang-Ciwidey-Patenggang.

Sedangkan bagi Anda yang dari Bandung, bisa menggunakan dua alternatif rute berikut ini, yaitu:

  • Buah Batu-Bojong Soang-Banjaran-Soerang-Ciwedey-Patenggang.
  • Majayala-Ciparay-Banjaran-Soerang-Ciwidey-Situ Patengang.

Alternatif kendaraan umum juga bisa menjadi pilihan. Dari terminal Leuwi Panjang ambil jurusan Ciwidey dan sesampainya di sana beralih ke angkutan jurusan Patenggang.

Datang juga ke –> Gunung Tangkuban Perahu Bandung destinasi terbaik di Bandung yang akan menghipnotis dengan keindahannya.

Fasilitas

fasilitas di situ patenggang
foto: https://www.instagram.com/andreasphilander/

Fasilitas Situ Patenggang tergolong sangat lengkap karena semua kebutuhan pokok liburan dan pendukung seperti penginapan pun tersedia dan dikelola dengan baik di sini. Berikut ini fasilitas yang disediakan di wisata alam Patenggang dan rugi jika tidak mencobanya:

  • Glamping Side
  • Gazebo
  • Perahu
  • Perahu dayung
  • Sepeda air
  • Penginapan
  • Restoran dan rumah makan
  • Pusat oleh-oleh
  • Tempat ibadah
  • Parkir
  • Kamar mandi

Mencoba fasilitas-fasilitas yang disediakan di atas tentu akan menambah kenyamanan dan keseruan liburan. Apalagi banyak diantaranya tidak bisa ditemukan di wisata lainnya sehingga kurang lengkap jika berkunjung tapi tidak mencobanya.

Spot Wisata Situ Patenggang

spot wisata di situ patenggang
foto: https://www.instagram.com/asep_doejeh/

Situ Patenggang menyediakan banyak spot wisata yang patut dicoba. Selain menikmati indahnya pemandangan dari pinggir danau, pengunjung juga bisa menikmati spot lain Danau Patenggang yaitu.

1. Sambang ke Pulau Asmara

pulau asmara
foto: https://www.instagram.com/ikafurry/

Di tengah danau terdapat pulau kecil bernama Asmara yang menjadi bukti kisah cinta Dewi Rengganis dan Ki Santang. Konon, pulau tersebut ialah perahu yang diminta oleh Rengganis kepada Ki Santang dan berubah menjadi pulau berbentuk hati dan disebutlah pulau tersebut dengan Pulau Asmara.

Tersedia perahu untuk berkeliling danau sekaligus mengunjungi Pulau Asmara yang disewakan seharga Rp 20.000. Namun, jika sekadar berkeliling danau harga sewanya cukup Rp 10.000 saja.

Di pulau tersebut banyak pohon rindang yang bisa menjadi tempat bersantai dan menikmati kesunyian pulau. Sangat cocok untuk Anda yang ingin mencari tempat sepi jauh dari pusat keramaian.

Kunjungi juga –> Air Panas Ciater Jawa Barat rekomended untuk merelaksasi tubuh anda setelah lelah explore wisata Bandung yang mempesona.

2. Berfoto dan Bersantap di Kapal Pinisi Resto

pinisi resto bandung
foto: https://www.instagram.com/hendrakarunia20/

Terdapat restoran yang sudah menjadi ikon wisata ini yaitu Kapal Pinisi Resto. Sebuah restoran dengan konsep bangunan kapal tradisional nusantara dengan empat lantai.

Kapal Pinisi menjadi spot yang instagramable karena dari lantai 4, pengunjung bisa mendapatkan view Pulau Asmara dengan jelas. Bentuk kapalnya yang unik dan klasik juga tak kalah menarik dan rugi jika tidak sempat berfoto di sini.

Soal menu yang disajikan, resto ini menyiapkan jenis masakan yang beragam dengan harga yang cukup terjangkau. Selain di resto Kapal Pinisi, banyak pula penjual makanan lainnya di sekitar lokasi yang rasa dan harganya tak akan mengecewakan.

3. Camping Ceria di Glamping Lakeside

Glamping Lakeside situ patenggang bandung
foto: https://www.instagram.com/_seanpphotography_/

Camping Ceria merupakan sebuah lokasi berkemah yang menghadap langsung danau dan pulau Asmara. Wisata terbaru di Bandung yang sayang untuk anda lewatkan ketika beribur.

Pengunjung yang ingin menikmati alam lebih dekat bisa menyewa tempat tersebut seharga Rp 75.000 dan mendirikan tenda yang juga sudah tersedia di sana. Sangat cocok dijadikan tempat untuk bercamping sekeluarga.

Tips Berkunjung

tips berkunjung ke situ patenggang
foto: https://www.instagram.com/ryan_fareld/

Liburan menjadi salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu apalagi saat akhir pekan tiba. Agar liburan semakin menyenangkan ada beberapa tips liburan dari Sikidang Travel Guide yang wajib diterapkan.

  • Pastikan untuk menggunakan pakaian tebal karena cuaca di lokasi sangat dingin.
  • Bawa payung atau mantel untuk berjaga-jaga ketika terjadi hujan.
  • Transportasi paling nyaman ialah menggunakan kendaraan pribadi karena angkutan umum hanya ada di jam-jam tertentu. Oleh karenanya disarankan untuk memakai kendaraan pribadi saat liburan ke sana
  • Jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sebarangan terutama di lokasi wisata.

Situ Patenggang sangat menarik untuk dikunjungi, bukan? Semoga informasi tersebut dapat menjadi referensi untuk Anda yang sekarang ini sedang merencanakan liburan bersama seluruh anggota keluarga.

Review sebelumnya –> Pemandian Air Panas Cimanggu Bandung tak kalah rekomended dengan kolam air panas yang menenangkan di Jawa Barat.

paket wisata bandung

Jika Anda merasa kerepotan untuk menyiapkan transportasi dan segala sesuatunya sebelum berlibur maka menggunakan jasa wisata bisa menjadi solusi terbaiknya. Sikidang Travel menyediakan Paket wisata Bandung yang siap membuat liburan Anda semakin nyaman dan tidak ribet.

Dengan menggunakan Sikidang Travel Anda tak perlu repot lagi memikirkan transportasi dan rute terbaik. Cukup dengan duduk santai sambil menikmati berbagai layanan yang disediakan oleh Sikidang Travel. Jangan sampai melewatkannya ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here