Home Wisata Lampung Suhita Bee Farm Lampung

Suhita Bee Farm Lampung

Suhita Bee Farm Lampung
Foto: https://www.instagram.com/aleriqwan/

Suhita Bee Farm saat ini menjadi lokasi menarik dan unik untuk kamu yang ingin berwisata sembari belajar. Wisata unik satu ini akan membawa kamu berwisata sembari belajar jenis lebah beserta proses pembuatan madu.

Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan keindahan bunga warna – warni sebagai penghasil nektar untuk lebah. Lembah Suhita Bee Farm menghasilkan madu dengan jenis lebah Trigona. Jenis ini adalah lebah yang tidak memiliki sengat.

Lebah jenis Trigona ini mempunyai ciri ukuran panjang tubuh sekitar 3-4 milimeter dengan warna hitam. Lebah jenis ini, umumnya hidup di alam liar dan masih jarang di budidayakan.

Harga Tiket Masuk Suhita Bee Farm

Harga Tiket Masuk Suhita Bee Farm
Foto: https://maps.google.com/maps/contrib/109668441099174380555

Pengunjung yang ingin datang melihat lebah dan berwisata di Taman Wisata Suhita Bee Farm tidak akan dikenai biaya atau gratis. Karena tiket masuk menuju peternakan lebah dan madu Suhita Bee Farm gratis, maka bisa dijadikan opsi liburan minim budget.

Alamat dan Rute Lokasi

Alamat dan Rute Lokasi Suhita Bee Farm
Foto: https://www.instagram.com/lampungnatureadventure/

Akses menuju Suhita Bee Farm cukup mudah, sehingga kamu tidak perlu khawatir. Jalanan menuju Suhita Bee Farm sudah diaspal halus dan bisa di akeses dengan berbagi macam kendaraan.

Alamat lengkap Suhita Bee Farm berada di Jalan Batin Mangku Negara, Desa Batu Putuk, Kecamatan Teluk Betung, Bandar Lampung. Peternakan ini hanya berjarak sekitar 9 Km dari Bandar Lampung, dengan waktu tempuh 30 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Sedangkan bagi pengunjung yang berada di Kantor UPTD Wan Abdul Rachman atau Taman Rusa, jaraknya lebih dekat. Dari Taman Rusa kamu hanya perlu menempuh jarak  5,2 Km untuk sampai ke lokasi.

Jam Buka Suhita Bee Farm

Jam Buka Suhita Bee Farm
Foto: https://www.instagram.com/revizenifa/

Karena Suhita Bee Farm merupakan peroperti pribadi, maka jam buka tidak diterapkan. Kamu bisa mengunjungi tempat ini pada pagi hari sampai sore karena biasanya malam hari Suhita Bee Farm tidak menerima kunjungan.

Selam berwisata di Suhita Bee Farm kamu bisa mengelilingi area sepuasnya. Namun karena bukan termasuk fasilitas umum kamu harus tetap menjaga sopan santun.

Datang juga ke –> Kebun Raya Liwa, wisata alam yang menyediakan berbagai wahana menarik.

Fasilitas

Fasilitas Suhita Bee Farm
Foto: https://www.instagram.com/ibuayang/

Sebagai salah satu peternakan lebah di Lampung yang menarik minat wisatawan, Suhita Bee Farm menyediakan beberapa fasilitas. Karena tujuan utama tempat ini adalah sebagai peternakan lebah madu, maka fasilitas penunjang wisata disini kurang lengkap.

Namun, kamu masih bisa menjumpai toilet di area lokasi untuk pengunjung yang ingin buang air. Selain itu, terdapat pula banyak spot foto menarik di sekitar lokasi peternakan.

Di area Suhita Bee Farm terdapat banyak jembatan tebuat dari bambu untuk area melintas para wisatawan. Tempat tersebut bisa dijadikan spot forto yang menarik dan esteteik.

Kunjungi juga –> Pulau Tangkil, destinasi wisata yang menyajikan keindahan pantai dengan panorama asri.

Spot Wisata di Suhita Bee Farm

Spot Wisata di Suhita Bee Farm
Foto: https://maps.google.com/maps/contrib/108752922293032121510

Peternakan Lebah madu di Lampung ini menyediakan banyak sekali spot wisata menarik untuk dicoba.

Panorama Suhita Bee Farm

Tempat yang menjadi peternakan lebah ini memiliki suasana dan bentang alam sangat alami. Selama berkunjung ke lokasi Suhita Bee Farm kamu akan merasakan kesejukan udara segar khas pegunungan.

Bunga warna – warni dan pepohonan yang mengelilingi area lokasi juga menyebabkan peternakan Suhita Bee Farm ini menjadi semakin asri. Kamu juga beristirahat pada gubuk kayu yang tersedia disana sembari melihat ke asri-an lingkungan sekitar.

Di dalam tempat ini, kamu juga akan menemukan kolam jernih dengan berbagai jenis ikan yang hidup di dalamnya. Kamu bisa menikmati pemadangan kolam bersih ini dari atas papan menyerupai jembatan yang terbuat dari anyaman bambu.

Edukasi Lebah dan Madu

Kegiatan di Suhita Bee Farm sering dikatakan sebagai wisata edukasi kerana selama berwisata kita bisa mempelajari berbagai macam lebah. Selain itu, kita juga akan ditunjukkan tentang bagaimana cara memanen madu dari sarangnya.

Pengunjung yang datang akan mengikuti proses pengambilan madu hingga siap dikemas lalu dijual ke berbagai tempat. Yang lebih menyenangkan, lebah disini tidak menyengat, jadi pengunjung tidak perlu takut.

Selama berkeliling melihat proses pembuatan madu kemasan, kamu juga bebas mencicipi madu langsung dari sarangnya. Nantinya pengunjung akan merasakan dan membedakan berbagai rasa madu yang berbeda.

Disetiap sarang yang ada, lebah menghasilkan rasa berbeda sesuai dengan darimana asal nektar didapatkan. Adapun rasa yang dominan mulai dari asam, kecut sampai manis.

Kamu juga akan diberitahu bagaimana cara mengetahui madu palsu oleh peternak madu Lampung tersebut. Wisatawan akan diberikan edukasi cara membedakan madu asli dan palsu dengan mudah.

Keindahan Bunga

Menariknya ketika kamu mengunjungi Suhita Bee Farm adalah karena banyaknya bermacam bunga yang tumbuh di lokasi. Berbagai macam jenis bunga dengan warna yang menarik akan langsung menyambut pengunjung Suhita Bee Farm.

Bunga cantik yang ada di Suhita Bee Farm memang sengaja ditanam untuk lebah membuat nektar. Pemandangan berbagai bunga cantik ini bisa menjadi spot menarik tersendiri bagi pengunjung yang datang.

Tumbuhan dan berbagai bunga yang ditanam di area lokasi peternakan Suhita Bee Farm adalah jenis tanaman yang bisa menghasilkan nektar. Karena tidak smeua tumbuhan bisa menghasilkan nektar dengan baik.

Wisata Lain di Dekat Suhita Bee Farm

Wisata Lain di Dekat Suhita Bee Farm
Foto: https://www.instagram.com/baka.neko.baka/

Setelah puas melakukan wisata edukasi di Suhita Bee Farm, kamu bisa melanjutkan ke tempat lain. Wisata lain di dekat Suhita Bee Farm yang bisa kamu kunjungi yaitu:

Museum Negeri Lampung

Tempat wisata di Lampung yang satu ini juga sangat sayang untuk dilewatkan. Jarak dari Suhita Bee Farm menuju Museum Negeri Lampung hanya 16,3 Km atau 32 menit jika ditempuh dengan kendaraan.

Museum ini memiliki berbagai koleksi langka menarik dengan jumlah yang sangat banyak, yaitu mencapai 4751 di tahun 2016. Berbagai koleksi yang ada memiliki nilai seni tinggi dan sangat langka.

Salah satu diantaranya adalah keramik dari negeri Cina zaman Dinasti Ming yang berumur sangat tua.

Taman Hutan Raya Wan Abdul Rahman

Wisata alam yang satu ini juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi ketika kamu ada di Bandar Lampung. Wisata ini hanya berjarak 10,1 Km dengan estimasi waktu tempuh 25 menit dari Suhita Bee Farm.

Disini kamu bisa merasakan keindahan alam dengan kesejukan angin dari tumbuhan rindang disekitarnya. Kamu juga bisa mendatangi taman rusa dan berbagai air terjun indah yang ada di Taman Hutan Raya Wan Abdul Rahman.

Review sebelumnya –> Pantai Semukuk, wisata bahari di Lampung yang menyajikan keindahan pasir putih.

Tips Berkunjung

Tips Berkunjung Suhita Bee Farm
Foto: https://maps.google.com/maps/contrib/110182009588589823955

Untuk kamu yang tertarik mengunjungi Suhita Bee Farm jangan lupa untuk menjalankan tips berkunjung dibawah ini.

  1.  Datanglah sekitar pukul 10.00 pagi hari sampai 14.00 WIB agar tidak menggangu aktivitas lain pemilik peternakan.
  2.  Bersikaplah sopan dan taati beraturan yang ada karena wisata ini merupakan milik pribadi bukan umum.
  3. Berkelilinglah tanpa merusak sarana dan prasarana yang ada.
  4. Apabila ingin meilhat lebah dan cara memanen madu dengan dekat, harus di temani oleh pemilik atau petugas.
  5.  Bawalah perlengkapan secukupnya dan jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan momen.

Itu dia ulasan tentang Suhita Bee Farm yang berada di Lampung. Semoga bisa menambah informasi kamu seputar wisata edukasi anti mainstream.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two × 4 =