Home Wisata Jawa Tengah Sumur Jalatunda Dieng

Sumur Jalatunda Dieng

Sumur Jalatunda Dieng
foto: https://www.instagram.com/p/CLGzLquHtvm/?utm_source=ig_web_copy_link

Sumur Jalatunda adalah salah satu obyek wisata di Dieng yang menyimpan mitos dan misteri. Dieng yang terkenal akan julukan tanah para dewa memang menyimpan berbagai macam kekayaan.

Mulai dari pemandangan alam yang indah, tanahnya yang subur, peninggalan bersejarah dan juga tempat wisata menarik. Salah satu wisata sejarah di Dieng yang bisa kalian kunjungi yaitu Sumur Jalatunda Dieng.

Obyek wisata satu ini cocok sekali untuk kalian kunjungi bersama keluarga ketika mengunjungi Dieng. Bagi anda yang masih bingung atau belum menemukan referensi berkunjung yang pas, simaklah artikel wisata berikut yang membahas Sumur Jalatunda.

Berikut informasi lengkap mengenai obyek wisata sumur satu ini untuk kalian.

Harga Tiket Masuk Sumur Jalatunda

harga tiket masuk sumur jalatunda
foto: https://www.instagram.com/allelbelle/

Wisata Dieng yang murah membuat siapa saja ingin berwisata di tempat satu ini. Banyak juga dari wisatawan yang betah berlama-lama menikmati alam Dieng yang mempesona.

Dengan biaya terjangkau mereka bisa menghabiskan waktu lebih lama di Dieng untuk berlibur. Untuk harga tiket Sumur Jalatunda sendiri kalian cukup membayar biaya tiket masuk Rp.5.000,-/orang.

Dengan biaya parkir kendaraan sebesar Rp.2.000,- untuk sepeda motor dan Rp.3.000,- untuk mobil. Harga tiket dan parkir obyek wisata satu ini bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Namun meski begitu, biaya yang harus kamu keluarkan untuk menikmati Sumur Jalatunda ini sangat murah dan terjangkau. Mengeksplor Dieng memang memerlukan biaya mahal, dengan badget murah kamu sudah bisa berkeliling menelusuri Negeri Atas Awan tersebut.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi sumur jalatunda
foto: https://www.instagram.com/letsgetl0st__/

Wisata sejarah yang syarat akan mitos satu ini berlokasi di kawasan wisata Dieng Plateau. Tepatnya berada di Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnega, Jawa Tengah.

Rute terbaik untuk mengunjungi obyek wisata Sumur Dieng ini kalian bisa melewati jalur utama Wonosobo-Dieng. Dari pusat kota Wonosobo berjarak sekitar 32 Km dengan waktu tempuh sekitar 60 menit dengan kendaraan.

Untuk menuju Sumur di Dieng tersebut kamu harus menempuh perjalanan menuruni anak tangga sebanyak 257. Memang untuk menuju lokasi sumur tersebut membutuhkan perjuangan dan kesabaran karena medan lokasinya yang lumayan sulit.

Berhati-hatilah ketika menuruni tangga, tak perlu terburu untuk sampai agar tidak terjatuh atau terjadi hal berbahaya lainnya. Lokasi Sumur berada dikawasan Dieng zona 2 yang menjadi wilayah wisata alam lainnya seperti Kawah Sileri, Bukit Cemeti, dan lainnya.

Banyak juga tempat liburan di Wonosobo yang tak kalah indahnya untuk anda kunjungi. Baru pertama kali ke Dieng dan masih bingung dengan lokasi sumur Jalatunda Dieng? kalian bisa banget mengakses peta lokasi di bawah ini.

Datang juga ke –> Bukit Sidengkeng Dieng nikmati berbagai macam spot foto instagramable dengan background telaga warna.

Jam Buka Sumur Jalatunda

Jam Buka Sumur Jalatunda
foto: https://www.instagram.com/p/BDfCY44L69R/?utm_source=ig_web_copy_link

Jam operasional wisata Sumur Jalatunda di buka setiap hari dari pukul 08.00-17.00 WIB. Pengunjung bisa datang kapan saja mengingat jam buka wisata yang fleksible dan open setiap harinya.

Banyak pengunjung yang datang untuk singgah sementara menengok sumur bersejarah ini. Tak hanya anak muda saja, namun berbagai kalangan masyarakat turut antusias mengunjungi wisata alam tersebut.

Jika sedang berada di kawasan Dieng, jangan lupa untuk mampir ke tempat wisata satu ini yang populer.

Daya Tarik

Daya Tarik Sumur Jalatunda
foto: https://www.instagram.com/p/CeDi-imBXjw/?utm_source=ig_web_copy_link

Sumur Jalatunda memiliki daya tarik yang cukup tinggi dengan pesona keindahannya yang memikat. Sumur tersebut berada di ketinggian sekitar 2.000 mdpl yang terletak di kawasan Dieng Paling Barat dengan kedalaman mencapai 90 meter.

Tempat wisata Sumur Jalatunda terbentuk akibat letusan Gunung pada ratusan tahu silam hingga membentuk seperti lubang raksasa. Meski begitu, wisata Dieng satu ini memiliki banyak mitos dan sejarah yang menyebar di kalangan masyarakat sekitar.

Mitos yang tersebar dari mulut warga lokal sampai ke telinga wisatawan hingga memercayai hal tersebut. Konon katanya, barang siapa yang melempar batu hingga ujung sisi sumur maka akan dikabulkan segala harapannya.

Batu yang digunakan untuk melempar juga tak sembarangan, tersedia bebatauan kecil bersih bisa dibeli dari warga sekitar lokasi Dieng tersebut. Kamu tak bisa sembarangan menggunakan batu lainnya, karena batu keberuntungan datang dari penghuni atau masyarakat asli Dieng.

Disamping mitos tersebut, ada yang percaya dan terdapat pula wisatawan tidak meyakini hal mistis tersebut. Namun itu semua tergantung keyakinan dan kepercayaan masing-masing orang.

Fasilitas

fasilitas di sumur jalatunda
foto: https://www.instagram.com/elzfajar/

Terdapat beberapa fasilitas pendukung yang bisa kalian nikmati ketika berkunjung ke obyek wisata Sumur Jalatunda Dieng seperti:

  • Tempat parkir
  • Akses jalan yang baik
  • Gazebo
  • Spot Foto
  • Warung Kopi dan lainnya.

Bagi kalian yang ingin menikmati suasana alam tenang, destinasi wisata satu ini rekomended untuk kalian kunjungi bersama keluarga di Dieng. Kini telah hadir Paket Wisata Dieng dengan fasilitas dan layanan ekslusive yang bisa anda nikmati.

Pilih paket liburanmu di Sikidang Travel Guide, kalian bisa liburan dengan fasilitas sesuai dengan keinginan maupun kebutuhan anda. Nikmati liburan menyenangkan dan tak terlupakan di Dieng bersama keluarga.

Spot Wisata di Sumur Jalatunda

spot wisata di sumur jalatunda
foto: https://www.instagram.com/setyanieny/

Saat berkunjung ke Sumur Jalatunda Dieng, terdapat spot menarik yang akan kamu temukan disana. Kamu juga bisa melakukan hal seru dan aktivitas menarik lainnya sembari menikmati keindahan wisata alm tersebut.

Pesona Sumur Yang Indah

Negeri Atas Awan Dieng memang terkenal akan potensi dan kekayaan alamnya yang memukau siapa saja. Tak heran jika banyak sektor pariwisata berbasis alam yang dibuka untuk dinikmati para wisatawan.

Seperti salah satunya yaitu Sumur Jalatunda, wisata bentukan alami dari alam yang berupa lubang besar seperti tapak raksasa. Memiliki warna hijau lumut dengan bentuk seperti hati jika dilihat dari atas dan dikelilingi rumput liar menyelimuti seluruh sisi bibirnya.

View Sumurnya memang terlihat indah, meski hanya sebuah lubang saja. Selain melihat sumur tua raksasa, kalian juga bisa melihat panorama alam yang indah di sekitar obyek wisata sumur satu ini.

Mitos Melempar Batu Keberuntungan

Selain memiliki panorama indah, Sumur Jalatunda juga diselimuti oleh mitos dan cerita rakyat yang menjalar hingga kini. Seperti melempar batu keberuntungan ke arah sumur tersebut.

Ada mitos yang mengatakan ketika melempar batu ke sumur untuk melewati genangan airnya, maka tidak akan melewati lebar sumur. Target lemparan yang harus kamu lewati yakni antara wanita dan laki-laki pun dibedakan.

Jika pelemparnya adalah wanita, maka kamu hanya perlu melempar ke arah tengah sumur. Namun bagi lelaki lebih jauh lagi hingga mencapai seberang sumur yang ditandai dengan tnaman berwarna ungu disela bebatuan.

Namun untuk hal mistis tersebut semuanya kembali kepada kepercayaan masing-masing, kamu boleh percaya ataupun tidak.

Spot Foto Menarik

Obyek WIsata Sumur Jalatunda ini memiliki spot foto menarik yang bisa kamu temukan saat berada disana. Dengan keindahan sumur yang berbentuk seperti love hati, akan menjadi latar belakang foto keren.

Dengan posisi membelakangi kamera dan mengahdap ke arah sumur, foto jepretanmu akan terlihat begitu instageic. Jangan lewatkan momen berswafoto disana ya traveller.

Kunjungi juga –> Telaga Merdada Dieng Keindahan telaga di atas gunung yang rekomended untuk kalian kunjungi di Dieng.

Wisata Alam Dieng Lainnya

Wisata Alam Dieng Lainnya
foto: https://goo.gl/maps/RDob4bKVenacLqVD7

Saat berkunjung ke Dieng, jangan lupa untuk mengunjungi wisata alam lainnya yang tak kalah menarik. Eksplor Negeri Atas Awan tersebut dengan berbagai suguhan keindahan alam yang luar biasa menkajubkan.

Gardu Pandang Tieng

Wisata Dieng satu ini merupakan tempat persinggahan populer dikalangan wisatawan. Jika kamu sedang berada di Dieng, jangan lupa untuk mampir ke wisata alam satu ini.

Menawarkan keindahan kota Dieng yang dapat dilihat dari ketinggian. Banyak spot fotografi kece dan kekinian banget yang tak boleh terlewatkan jika berkunjung kesana.

Telaga Merdada

Telaga Merdada merupakan salah satu wisata yang fenomenal dikalangan wisatawan dengan daya tarik memikatnya. Menjadi telaga terluas di Dieng dengan ukuran yang mencapai 25 hektar, membuat banyaknya wahana air menarik untuk dicoba.

Jangan lupa untuk menengok wisata alam satu ini saat berkunjung ke Dieng. Lokasinya tak begitu jauh dari pusat Kota Dieng, akses jalannya pun mudah dan gampang untuk ditemukan.

Tips Berkunjung

tips berkunjung ke sumur jalatunda
foto: https://www.instagram.com/umifadillah19/

Tips dan saran berikut ini kiranya dapat diperhatikan oleh pengunjung sumur Jalatunda Dieng.

  • Jika kalian ingin mengunjungi obyek wisata yang ada di Dieng, usahakan di hari weekday dan bukan di musim libur. Karena dataran dieng akan dipenuhi ribuan wisatawan ketika hari libur tiba.
  • Gunakan baju hangat ketika berwisata di Dieng karena suhu udara dieng yang cukup dingin.
  • Bawa kamera ketika berwisata di obyek wisata Dieng, karena akan sangat di sayangkan ketika liburan kalian tidak mengabadikan momen berlibur.
  • Tetap berhati-hati ketika berwisata, karena keselamatan adalah yang utama.

Jangan lewatkan kunjungan liburan anda di tempat wisata keluarga Banjarnegara satu ini ketika akhir pekan tiba.

Review sebelumnya –> Gardu Pandang Tieng Wonosobo nikmati pemandangan Kota Wonosobo dengan landscape pegunungan hijau dari atas ketinggian.

Punya rencana liburan di Dieng tapi males ribet? tenang karena Sikidang akan mengantar liburan kalian tanpa ribet.

Semua akomodasi sikidang yang siapkan untuk kalian trip ke Dieng dan Wonosobo. Mulai dari tiket wisata, destinasi favorit, transportasi, penginapan, dokumentasi, konsumsi dan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two × two =