Home Wisata Jawa Barat Taman Buru Kareumbi Masigit Bandung

Taman Buru Kareumbi Masigit Bandung

Taman Buru Kareumbi Masigit
foto: https://www.instagram.com/mtma_bandung/

Taman Buru Kareumbi Masigit menjadi destinasi wisata rekomended dan sayang untuk anda lewatkan ketika menghabsikan waktu libur di Bandung. Salah satu rekomendasi tempat wisata alam adalah Taman Buru Kareumbi Masigit. Ini merupakan area konservasi yang memiliki luas 12.420,70 hektar.

Wisata alam ini menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi waktu libur dengan kegiatan yang menyegarkan pikirkan. Suguhan alam yang asri dan cuaca yang sejuk akan membuat siapa saja betah berlama-lama.

Bandung menjadi salah satu tempat tujuan wisata yang menyuguhkan bermacam destinasi yang menawan. Mulai dari wisata sejarah, pusat perbelanjaan yang banyak dan keren, hingga wisata alam.

Selain pemandangan yang menyejukkan mata, pengunjung juga dapat melihat berbagai flora dan fauna di taman ini. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan mengenai Buru Kareumbi Masigit berikut.

Harga Tiket Masuk Taman Buru Kareumbi Masigit

Harga Tiket Masuk Taman Buru Kareumbi Masigit
foto: https://www.instagram.com/douth_99/

Untuk bisa memasuki area taman ini pengunjung harus membayar tiket yang sangat ramah di kantong. Harga tiket masuk Taman Buru Kareumbi Masigit dibedakan berdasarkan hari.

Di hari biasa (Senin-Jum’at) pengunjung dikenai tarif tiket sebesar Rp. 5.000 dan saat weekend (Sabtu dan Minggu) dikenai tarif sebesar Rp. 7.500.

Taman konservasi ini buka setiap hari mulai dari pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi Taman Buru Kareumbi Masigit
foto: https://www.instagram.com/iraswara/

Lokasi Taman Buru Kareumbi Masigit berada di dalam 3 kabupaten, yaitu Bandung, Sumedang, dan Garut. Alamat Taman Buru Kareumbi Masigit secara lengkap adalah di Desa Leuwiliang, Tanjung Wangi, Kecamatan Cicalengka, Bandung, Jawa Barat, 40359.

Rute untuk menuju lokasi bisa dituju dengan kendaraan pribadi, transportasi umum, atau kereta.

Untuk pengunjung yang menaiki kendaraan pribadi bisa menuju ke Jalan Kopo – By Pass Jalan Soekarno Hatta – ke daerah Cileunyi menuju By Pass Cicalengka. Kemudian setelah perjalanan 2 km, perhatikan petunjuk arah ke objek wisata Curug Cinulang dan ikuti.

Setelah kurang lebih 2 km lagi, Anda akan menemui pertigaan kecil, pilih arah kiri. Mulai dari sini perjalanan akan sangat menenangkan karena disuguhkan pemandangan yang sangat menawan.

Selepas melewati perkampungan, di ujung jalan akan terlihat lokasi Taman Buru Kareumbi Masigit.

Untuk angkutan umum, rute yang dilalui sama dengan rute kendaraan pribadi. Anda bisa naik angkutan kota/bus di terminal Leuwi Panjang atau naik ojek dari arah Cicalengka.

Sedangkan untuk kereta api, pilih tujuan Stasiun Cicalengka dan lanjutkan perjalanan dengan angkutan umum, seperti bus atau ojek.

Datang juga ke –> Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey Bandung nikmati berbagai macam spot foto terbaik di tempat satu ini.

Fasilitas

Fasilitas Taman Buru Kareumbi Masigit
foto: https://www.instagram.com/ramdanibudi612/

Fasilitas Taman Buru Kareumbi Masigit tidak jauh dari tema alam. Semua fasilitas ini bisa disediakan untuk menunjang liburan para pengunjung lebih lengkap.

  • Area parkir mobil dan motor
  • Toilet
  • Musholla
  • Kantin
  • Rumah pohon
  • Rumah rusa
  • Camping Ground
  • Trekking Sepeda
  • Wali Pohon
  • Outbond
  • Off Road
  • Wisma
  • Ruang pelatihan, dan masih banyak lainnya.

Nikmati tempat wisata Bandung satu ini bersama orang tercinta ketika hari libur tiba dan dapatkan perjalanan liburan tak terlupakan.

Spot Wisata di Taman Buru Kareumbi Masigit

Spot Wisata di Taman Buru Kareumbi Masigit
foto: https://www.instagram.com/hilmansyah76/

Meskipun kawasan ini berupa hutan dan terdengar membosankan, namun jangan salah di sini Anda bisa melakukan berbagai kegiatan seru dan menyenangkan lho.

Berikut aktivitas di Taman Gunung Buru Kareumbi Masigit Bandung yang bisa pengunjung lakukan:

1. Bike Park

bike park
foto: https://www.instagram.com/arnadhiraich/

Area ini dikhususkan untuk pengunjung yang ingin bersepeda. Di track khusus sepeda ini, Anda bisa mengelilingi hutan dengan sajian pemandangan alam yang asri dan menyejukkan.

Track sepeda di taman ini tergolong sulit atau menantang. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan fisik yang prima untuk bisa aman saat bersepeda.

2. Program Wali Pohon

Program Wali Pohon
foto: https://www.instagram.com/aulianafi/

Ini adalah program berupa penanaman 1000 pohon di mana peserta akan mendapatkan 1 bukit dengan nama diri sendiri atau organisasi. Jika jumlah pohon yang dibeli di bawah 30, maka itu termasuk ke dalam golongan perorangan

Untuk penanaman 6000 pohon, maka akan mendapatkan 1 hutan dengan nama yang akan tertera di kawasan taman konservasi ini. Maka tidak heran di sini, Anda akan menemukan nama-nama orang atau organisasi/perusahaan, seperti Pertamina.

Kegiatan ini memiliki tarif sebesar Rp. 50.000 per pohonnya. Biaya tersebut sudah termasuk sertifikat dan PIN yang dapat digunakan untuk mengecek status tanaman secara online.

Kunjungi juga –> Tebing Citatah wisata alam yang akan memanjakan adrenalin anda, cocok untuk melepaskan kepenatan.

3. Rumah Pohon

rumah pohon Buru Kareumbi Masagit
foto: https://www.instagram.com/ramaalagi/

Rumah pohon merupakan area untuk menginap di taman Buru yang terbuat dari kayu. Namun, Anda tidak perlu khawatir akan roboh karena jenis kayu yang dipakai sangat berkualitas dan berasal dari hutan yang telah tumbang.

Bentuk rumah pohon ini mirip dengan rumah panggung yang bisa dimasuki maksimal 5 – 8 orang. Fasilitas yang ada antara lain, sleeping bag, lampu gas, namun tidak ada aliran listrik.

Untuk Anda yang tertarik mencoba rumah pohon ini harus membayar sewa sebesar Rp. 2.700.000 per malam. Namun untuk yang datang dengan teman atau pasangan akan mendapatkan harga satuan sebesar Rp. 500.000 – Rp. 700.000 per malam.

4. Camping Ground dan Pelatihan

camping ground Buru Kareumbi Masagit
foto: https://www.instagram.com/nicosebastiant/

Di taman ini juga bisa dijadikan tempat kemah yang menarik. Kegiatan organisasi sekolah, kampus, perusahaan, atau keluarga bisa memanfaatkan area ini untuk melakukan berbagai aktivitas outdoor yang seru.

Tips Berkunjung

tips berkunjung ke Buru Kareumbi Masagit
foto: https://www.instagram.com/iwndrmwan/

Berikut ini adalah tips berkunjung ke taman konservasi Buru Kareumbi Masagit agar liburan tetap aman dan menyenangkan:

  • Gunakan/ bawa pakaian yang tebal. Hal ini karena udara di area taman yang dingin.
  • Bawa perlengkapan sesuai dengan aktivitas yang dipilih. Misalkan, untuk camping atau menginap di rumah pohon, Anda harus mempersiapkan logistik dengan baik, seperti pakaian, makanan, minuman, dan lainnya.
  • Bawa kamera, bisa kamera profesional atau kamera smartphone. Jangan lupa abadikan momen dengan pemandangan keren di sana.

Demikian informasi seputar Taman Butu Kareumbi Masagit. Pilih aktivitas seru sesuai keinginan Anda.

Review sebelumnya –> Situ Cisanti cocok untuk berakhir pekan dengan berbagai spot wisata dan wahana rekomended.

paket wisata bandung

Untuk dapat berlibur ke tempat wisata di Bandung tanpa ribet ikuti paket tour Bandung dari Sikidang Travel Guide. Semua kebutuhan kebutuhan wisatawan akan disiapkan, mulai dari tiket wisata, hotel, dan lainnya.

Jasa ini memberikan pelayanan dan fasilitas terbaik, sehingga tidak Anda dijamin tidak akan kecewa. Segera rencanakan destinasi wisata Anda sekarang juga dengan menikmati berbagai macam layanan paket liburan seru dari sikidang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here