Home Wisata Jawa Barat Taman Film Bandung

Taman Film Bandung

Taman Film Bandung
foto: https://www.instagram.com/p/CahJNxrvQYs/?utm_source=ig_web_copy_link

Taman film Bandung menjadi sebuah tempat wisata yang hanya didesikasikan untuk karya seni pertunjukan film. Destinasi wisata ini pun mempunyai tampilan yang berupa tambah hijau yang cukup luas dan bersih. Lalu terdapat sebuah layar lcd yang berukuran jumbo.

Taman film sendiri pertama kali diresmikan pada 14 September 2014 memiliki kesan yang menyerupai bioskop. Tetapi suasananya sangat berbeda jauh dari bioskop pada umumnya, lebih tepatnya sebuah area pertunjukan yang menyerupai theater.

Dengan adanya taman film membuat suasana pariwisata Bandung sangat istimewa. Terlebih lagi tanggal perilisan, tepat beberapa hari menjelang ulang tahun kota Bandung yang jatuh pada 25 September. Mantan Wali kota dan sekaligus Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga turut serta dalam desain TFB ini. Karena hal ini pula taman film sangat istimewa.

TFB mempunyai area dengan luas yang tidak begitu besar, hanya ±1300 m2. Dalam area tersebut dilengkapi dengan tempat duduk yang memiliki kapasitas ±500 orang. Bentuk bangku yang menyerupai punden berundak.

Semua tempat dilengkapi dengan rumput sintetis. Hal ini mungkin membuat kesan tidak begitu natural. Namun tempatnya terlihat sangat bersih dan rapi.

Ada hal yang paling menarik rumput sintetis sangat aman untuk anak – anak. Mereka pun dapat leluasa berlarian kesana kemari. Apabila terjatuh tidak akan mengalami luka yang cukup parah.

Hal yang paling menarik lagi pada TFB yaitu film yang dipertontonkan untuk semua umur. Sehingga tidak membuat pengaruh buruk bagi anak – anak.

Harga Tiket Masuk Taman Film Bandung

Harga Tiket Masuk Taman Film Bandung
foto: https://www.instagram.com/deri_sukmagar/

Di Kota Bandung memang banyak destinasi wisata yang menawarkan tempat wisata dengan layanan free destination. Hal itu berarti ada beberapa tempat wisata yang mempunyai harga tiket masuk gratis sama sekali. Begitu pula dengan harga tiket masuk taman film bandung yang juga gratis.

Meskipun destinasi wisata ini gratis, namun pengunjung yang membawa kendaraan pribadi harus mengeluarkan akomodasi tambahan untuk parkir. Tarif parkirnya pun juga tidak mahal, untuk biaya parkir motor sebesar 1.500 IDR dan untuk mobil yaitu 3.000 IDR. Tarif parkir itu sesuai dengan peraturan Wali Kota No 1005 th 2014.

Namun harga retribusi parkir tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Alamat Dan Rute Lokasi Taman Film Bandung

Alamat Dan Rute Lokasi Taman Film Bandung
foto: https://www.instagram.com/stefanloboo/

Alamat taman film bandung terletak di Jl Layang Pasupati, Bandung Wetan, Kota Bandung. Bagi pengguna kendaraan pribadi, lokasi taman film bandung dapat ditempuh melalui Alun – Alun Bandung. Kemudian ambil Jl Layang Pasupati dan ikuti jalan itu hingga lokasi taman. Waktu yang perjalanan yang dibutuhkan dari arah alun – alun sekitar ±13 menit.

Untuk rute dengan transportasi umum lebih baik menggunakan trans bandung dengan jurusan Leuwipanjang – Dipatiukur, Abdul Muis – Ledeng dan Cisitu – Tegalega. Lalu turun di lokasi TFB.

Untuk informasi lebih jelasnya, pengunjung bisa menggunakan akses google maps berikut ini.

Datang juga ke –> Curug Bugbrug dengan sajian wisata air terjun yang mempesona.

Jam Buka Taman Film Bandung

Jam Buka Taman Film Bandung
foto: https://www.instagram.com/p/B3TzI4Bl_Yv/?utm_source=ig_web_copy_link

Untuk jam bukanya sendiri, tempat wisata murah di Bandung ini buka selama 24 jam non stop. Taman film juga dibuka setiap hari. Hanya saja ada jadwal khusus untuk penanyangan film dan nobar.

Pada hari Senin – Jumat, jadwal tayang untuk film mulai dari pukul 18.30 WIB – 21.00 WIB. Lalu pada jadwal film pada hari Sabtu dan Minggu yaitu 17.00 WIB – 22.00 WIB.

Biasnya taman ini banyak dikunjungi oleh kalangan kecil hingga dewasa. Pengunjung bisa melakukan waktu berlibur dengan piknik dan berquality time bersama dengan keluarga.

Daya Tarik

Daya Tarik Taman Film Bandung
foto: https://www.instagram.com/p/BpBATCQAw-M/?utm_source=ig_web_copy_link

Taman Film di Bandung ini adalah sebuah wisata keluarga yang populer dikunjungi saat akhir pekan. Taman tersebut diresmikan langsung oleh Walikota Bandung yakni Ridwa Kamil pada tanggal 14 September 2014.

Obyek wisata ini dikelola oleh Komunitas Film Bandung dan Dinas pertamanan Kota Bandung. Menjadi tempat menonton film yang dihasilkan oleh sineas-sineas Bandung.

Namun kemudian Taman Film ini diambil alih oleh Corsa dan Achilles sebagai sponsoship klub sepakbola Persib Bandung. Konon pembangunan tempat rekreasi ini mencapai hingga 1 Milyar.

Pada awal pembukaan, pihak pengelola taman memutarkan tiga film yakni Airis 1, Love Paper, dan Percaya. Ketiga film itu mengisahkan pendekar anak muda Bandung yang durasinya hanya sekitar 10 menit saja.

Berdiri diatas lahan dengan luas sekitar 1.300 meter persegi dengan kapasitas tampung mencapai 500 orang. Hal unik yang menjadi daya tarik etrsendiri dari Taman wisata ini yakni konsep bangunannya.

Taman Film Bandung berdiri dibawah Jembatan Layang Pasupati, Bandung Wetan. Memiliki konsep taman dengan desain rumput hias yang berkelok-kelok berwarna hijau muda dan tua.

Taman ini seolah-olah terlihat seperti Taman sungguhan karena pemandangan hamparan rumput hijaunya. Selain itu, terdapat lampu-lampu hiasan berwarna warni yang terlihat bercahaya dimalam hari. Untuk pemutaran filmnya sendiri bervariatif mulai dari filem Indonesia, Bollywood, Korea hingga turnamen sepakbola.

Fasilitas

Fasilitas di taman film bandung
foto: https://www.instagram.com/dedefauzii06/

Daftar fasilitas taman film bandung tergolong sangat kompleks. Fasilitas ini pula yang menjadi faktor bahwa destinasi wisata Taman Film Bandung. Menjadi wisata favorit semua orang, khususnya untuk anak – anak dan para pelajar. Tentu saja hal ini juga menjadi faktor lain di samping akses masuk gratis.

Inilah daftar fasilitas yang ada di TFB :

  • Layar videotron dengan ukuran 4m ×
  • Pemutaran film gratis dari berbagai macam negara, mulai dari Indonesia, Korea, Jepang, Hollywood, Britannia, India dan lain sebagainya.
  • Konsep taman dengan rumput sintetis dapat dijadikan sebagai lesehan.
  • Akses free wifi.
  • Food court.
  • Area parkir.

Dari semua fasilitas yang ada, hal yang menjadi fasilitas andalan bagi setiap pengunjung yaitu akses free wifi. Dengan fasilitas ini membuat TFB menjadi pusat nongkrong para pelajar yang hendak mencari referensi dengan memanfaatkan akses free wifi.

Spot Wisata Taman Film Bandung

Spot Wisata Taman Film Bandung
foto: https://www.instagram.com/sifaisal.sidiq/

Berikut ini adalah daftar spot wisata di TFB :

1. Taman rumput sintetis

Taman rumput sintetis
foto: https://www.instagram.com/ica_dora/

Spot pertama dan utama yang tersedia di TFB yaitu taman dengan konsep rumput sintetis. Konsep ini membuat taman film bandung menjadi sangat unik. Telah menjadi hal yang sangat langka dari sebuah taman yang menggunakan rumput sintetis.

Namun jika Anda tak jeli, rumput tersebut akan terlihat seperti sungguhan atau asli. Rerumputan hijau tersebut dapat menjadi tempat duduk yang nyaman saat Anda menikmati tontona film seru.

Atau bisa juga menjadi alas untuk berpiknik dan menyantap kuliner enak bersama keluarga. Rasakan sensasi makan diatas tempat bak persawahan berundak yang hijau nan asri.

Pastinya waktu makan Anda akan terasa lebih nikmat, dengan beralaskan karpet hijau tersebut.

2. Nobar

Nobar di taman film bandung
foto: https://www.instagram.com/anie_suryani.s/

Aktivitas yang seharusnya tidak dilewatkan saat mengunjungi TFB yaitu nobar. Apalagi hanya nobar di TFB menjadi satu – satunya tempat nonton yang benar – benar gratis. Bahkan sama sekali tidak dituntut untuk membeli makanan maupun minuman yang dijual di area tersebut.

Pengunjung bisa menikmati tontonan gratis yang akan ditayangankan dengan ketentuan jam tertentu. Sehingga pastikan Anda selalu update informasi mengenai wisata tersebut.

Tak hanya film bergenre sejarah atau pahlawan saja, karena beragam jenis film akan Anda temukan disana. Tempat ini juga dijadikan sebagai spot menonton turnamen sepakbola yang selalu ramai jika Persib Bandung sedang bermain.

Namun karena ricuhnya penonton, maka Taman Film ini sempat ditutup untuk para suporter bola. Karena sempat merusakkan fasilitas dan sarana yang ada di sana.

Kunjungi juga –> Gunung Manglayang menyajikan pemandangan alam yang luar biasa dengan trek penuh adrenalin.

3. Playground

Playground taman film bandung
foto: https://www.instagram.com/imanhadiana/

Di TFB juga dilengkapi dengan spot khusus untuk anak – anak. Dengan spot ini membuat TFB sangat recommended untuk wisata keluarga. Pengunjung bisa menggunakan tempat tersebut sebagai wahana belajar dan bermain, terutama jika membawa anak-anak.

Dengan lokasi tempat rekreasi yang luas, kegiatan belajar semakin seru untuk dilakukan. Sering diadakan kegiatan belajar santai yang diikuti oleh anak-anak di Taman Film Bandung ini.

4. Perpustakaan

perpustakaan di taman film bandung
foto: https://www.instagram.com/davjosua/

Khusus untuk spot yang satu ini menjadi spot yang mungkin sering diabai setiap pengunjung. Padahal perpustakaan menjadi tempat terbaik yang sangat sayang untuk dilewatkan. Maka dari itu, saat mengunjungi TFB, sebaiknya tidak melewatkan spot yang satu ini.

Tips Berkunjung

Tips Berkunjung taman film bandung
foto: https://www.instagram.com/monster.dawn/

Beragan saran dan beberapa tips berikut kiranya dapat bermanfaat bagi Anda saat berada di wisata Taman Film Bandung tersebut.

  • Dengan fasilitas yang sangat kompleks dan free destination, tidak ada tips khusus dalam mengunjungi TFB. Hanya saja harus disesuaikan dengan tujuan saat mengunjungi TFB. Apakah ingin sekedar menonton film / hunting free wifi.
  • Bawalah peralatan dan keperluan piknik sendiri seperti karpet dan bekal makanan.
  • Untuk menonton fil, pengunjung harus datang diwaktu yang tepat karena tak setiap hari bisa.
  • Satu satu tips lain untuk berkunjung di TFB yaitu dengan memanfaatkan jasa travel Sikidang. Dengan paket liburan bandung melalui jasa travel Sikidang, akan mendapatkan pengalaman yang cukup sempurna. Khususnya dalam alternatif genre film yang diputar.

Selamat menikmati liburan dengan sajian informasi lengkap artikel wisata diatas yang membahas tentang Taman Film Bandung. Semoga dapat bermanfaat dan mempermudah rencana berkunjung Anda ke wisata tersebut.

Nantikan kembali ulasan wsiata lainnya di Bandung yang tak kalah  menarik untuk dikunjungi.

Kunjungi juga –> Babakan Siliwangi menjadi kunjungan wisata keluarga yang rekomended di Bandung.

paket wisata bandung
foto: https://www.instagram.com/qinanatour/

Demikianlah referensi dari free destination terbaik di Bandung, Taman Film Bandung. Dari referensi di atas. Membuat TFB memang patut menjadi salah satu destinasi wisata favorit semua orang dan sangat sayang untuk dilewatkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twenty − ten =