Home Wisata Lampung Taman Nasional Way Kambas Lampung

Taman Nasional Way Kambas Lampung

Taman Nasional Way Kambas Lampung
Foto: https://www.instagram.com/dunialoka.id/

Taman Nasional Way Kambas di Lampung ini, merupakan salah satu tempat pemeliharaan gajah yang berdiri pada tahun 1985. Selain jadi konservasi gajah sumatera, saat ini tempat ini menjadi salah satu destinasi yang manarik banya minat wisatawan untuk berkunjung.

Wisatawan yang datang ke tempat wisata ini akan disajikan dengan keindahan bentar alam dan juga berbagai jenis gajah. Kamu bisa menyaksikan gajah yang sedang dilatih dengan berbagai gaya untuk sirkus dan beberapa hewan langka lainnya.

Flora dan Fauna di Taman Nasional Way Kambas juga sangat beragam dan menarik. Kamu bisa berwisata sembari belajar tentang gajah maupun hewan langka lainnya di tempat ini.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Way Kambas

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Way Kambas
Foto: https://maps.google.com/maps/contrib/117035132109150728722

Pengunjung yang datang ke Taman Nasional Way Kambas akan dikenai biaya untuk masuk. Biaya tiket masuk Way Kambas untuk bisa berwisata dan melihat gajah didalamnya yaitu sebesar Rp. 7.000.

Dengan harga tiket yang sangat terjangkau ini, kamu bisa menikmati segala aktivitas wisata di Taman Nasional Way Kambas sepuasnya. Tidak ada tambahan biaya ataupun penyewaan alat di dalam area wisata ini.

Pengunjung yang tertarik menaiki gajah juga sanga di berbolehkan. Kamu akan dikenai biaya Rp.20.000 untuk menaiki gajah per satu putaran dengan jarak sekitar 50 sampai 100 meter.

Datang juga ke –> Bukit Selalau, wisata alam yang menyajikan keindahan hamparan samudera di Lampung.

Alamat dan Rute Lokasi

Alamat dan Rute Lokasi Taman Nasional Way Kambas
Foto: https://maps.google.com/maps/contrib/116107898745985112918

Untuk kamu yang ingin mengunjungi Taman Nasional Way Kambas, akses menuju lokasi sangat mudah. Jalanan sudah di aspal halus dan bisa dilewati oleh segala macam jenis kendaraan kecil maupun besar.

Alamat Taman Nasional Way Kambas terletak di Kabupaten Lampung Timur. Karena letaknya tidak begitu jauh dari pusat kota, kamu juga bisa menaiki transportasi umum sampai ke lokasi.

Kamu juga bisa mengaskes Google Maps dibawah ini untuk mempermudah perjalananmu menuju lokasi wisata Taman Nasional Way Kambas.

Jam Buka Taman Nasional Way Kambas

Jam Buka Taman Nasional Way Kambas
Foto: https://maps.google.com/maps/contrib/115689200367967274187

Way Kambas Nasional Park memiliki jam buka operasional yang cukup lama. Kamu bisa menikmati wisata ini dari pagi pukul 08.00 sampai 18.00 sore hari. Selama jam operasional berlangsung kamu bisa menikmati Taman Nasional Way Kambas sepuasnya.

Kamu juga bebas mendatangi wisata ini dihari apapun karena tempat ini dibuka setiap hari dari Senin sampai Minggu. Wisata ini akan lebih ramai pengunjung setiap weekend jadi usahakan datang di weekday agar lebih nyaman.

Fasilitas

Fasilitas Taman Nasional Way Kambas
Foto: https://maps.google.com/maps/contrib/114062148430127524047

Taman nasional ini selalu mendatangkan banyak wisatawan maupun peneliti dari mancanegara maupun lokal. Karena hal tersebut, fasilitas yang ada di Taman Nasional Way Kambas juga sangat lengkap.

Berbagai fasilitas yang bisa kamu jumpai seperti toilet umum, pasanggrahan, pusat informasi, selter, parking area dan guest house. Tidak hanya itu, tempat wisata ini juga menyediakan visitor center, toko cindramata, resort, serta toko makanan dan minuman.

Kamu juga akan menemukan berbagai fasilitas wisata lainnnya yang menjadi ciri khas Taman Nasional Way Kambas. Seperti pusat pelatihan gajah, hukan suaka, penangkaran badak, teathre gajah dan lain sebagainya.

Kunjungi juga –> Danau Bebekan, wisata dengan wahana air dan spot foto menarik.

Spot Wisata di Taman Nasional Way Kambas

Spot Wisata di Taman Nasional Way Kambas
Foto: https://www.instagram.com/komunitasuntukhutansumatera/

Obyek Wisata Taman Way Kambas Lampung yang memiliki uas sebesar 130.000 hektar ini memiliki banyak spot wisata menarik. Berbagai spot wisata disajikan dan bisa kamu coba selama berwisata.

Menaiki Gajah

Spot satu ini adalah salah satu yang paling banyak menarik wisatawan di Taman Nasional Way Kambas. Wisatawan yang datang akan merasakan sensasi menaiki gajah bertubuh besar sembari menikmati keindahan suasana asri di lokasi wisata.

Saat menaiki gajah, kamu akan ditemani dan dijaga oleh petugas yang ada di lokasi wisata agar tetap aman. Kamu bisa menaiki gajah ini sembari berkeliling dengan harga Rp. 20.000 dalam satu kali putaran.

Sensasi menaiki gajah ditengah padang rumput hijau dengan suasana angin yang segar ini harus kamu coba. Karena tidak banyak tempat wisata yang menyajikan momen langka tersebut.

Selama menaiki gajah, kamu juga bisa meminta petugas atau temanmu mengambil foto untuk di upload di sosial media.

Belajar Tentang Gajah dan Satwa Langka

Gajah dan satwa langka yang ada di Taman Nasional Way Kambas bisa kamu jadikan sebagai sarana belajar. Selama berwisata kamu akan ditemani petugas yang akan memberikan informasi seputar pengetahuan tentang hewan.

Nantinya kamu jadi akan lebih paham mengenai jenis gajah, cara hidup dan bagaimana merawatnya. Tempat wisata ini juga fokus pada pelatihan gajah untuk kebutuhan sirkus. Sekitar 300 ekor gajah dilatih di Taman Nasional Way Kambas dan akhirnya disebar ke seluruh Indonesia.

Selain gajah, kamu juga bisa belajar dan mengenal berbagai satwa langka yang ada di Taman Nasional Way Kambas. Berapa satawa yang busa kamu temui disini seperti badak Badak dan Gajah Sumatera, Mentok Rimba Buaya Sepit dan  Kijang. Selain itu terdapat pula Tapir, Rusa, Beruang Madu dan berbagai primata lainnya.

Atraksi Gajah

Keseruan lainnya yang bisa kamu dapatkan ketika mengunjungi Taman Nasional Way Kambas adalah atraksi gajah. Kamu bisa menyaksikan gajah yang melakukan berbagai gaya seperti menari dan sepak bola.

Selain itu, kamu juga bisa berjabat tangan dengan gajah sesuai intruksi dan pendampingan dari petugas wisata Taman Nasional Way Kambas. Atraksi lainnya yang bisa kamu saksikan yaitu gajah berenang dan mengalungkan bunga.

Kamu bisa menyaksikan langsung betapa cerdas dan lucunya gajah yang melakukan berbagai gaya unik nan menggemaskan. Salama mennyaksikan atraksi ini, kamu juga diperbolehkan untuk mengambil foto maupun video.

Penginapan Way Kambas

Penginapan Way Kambas
Foto: https://maps.google.com/maps/contrib/108461147066447338851

Kelengkapan fasilitas di Taman Nasional Way Kambas juga dibuktikan dengan adanya penginapan di dalamnya. Penginapan ini dinamakan Mahout Guest House, yang ,ana didalamnya terdiri dari 6 unit kamar yang memiliki ukuran besar.

Untuk satu kamar di Mahout Guest House bisa diisi oleh 5 hingga 10 orang. Penginapan ini jugas udah dilengkapi dengan berbagai fasilitas lengkap seperti dua kasur, kipas angin, meja, kursi, dan juga karpet.

Fasilitas di area publik penginapan ini juga tidaka kalah lengkap seperti kamar mandi umum lengkap dengan peralatannya serta dapur.

Untuk bisamenginap di Mahout Guset House ini, wisatwan hanya perlu membayar uang sewa kamar permalamnya sebesar Rp. 250.000 – Rp.300.000. Dengan harga yang sangat terjangkau tersebut kamu bisa menikmati penginapan nyaman ini beserta segala fasilitas yang disediakan.

Review sebelumnya –> Pulau Kelagian Lunik, detinasi wisata alam yang menawarkan panorama luar biasa di Lampung.

Tips Berkunjung

Tips Berkunjung Taman Nasional Way Kambas
Foto: https://maps.google.com/maps/contrib/112837878010422072109

Bagi wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi Taman Nasional Way Kambas, bisa menyimak tips dibawah ini.

  1. Cari tau rute perjalanan menuju Taman Nasional Way Kambas dan pilihlah yang terbaik agar tidak memakan banyak waktu.
  2. Bawalah pakaian ganti untuk berjaga apabila baju yang kamu kenakan kotor saat menaiki gajah.
  3.  Siapkan uang akomodasi secukupnya dan usahakan untuk membawa uang cash untuk mempermudah transaksi selama berwisata.
  4. Datanglah di saat cuaca cerah agar kamu bisa menikmati wisata tanpa terhalang hujan. Serta bisa menaiki gajah dengan nyaman.
  5.  Karena tempat ini merupakan konservasi, jadi usahakan untuk tetap mematuhi peraturan yang berlaku dan jangan rusak lingkungan maupun fasilitas.
  6.  Datanglah di pagi hari agar kamu bisa menikmati wisata di Taman Nasional Way Kambas dengan puas sampai sore.

Nah, itu dia ulasan mengenai Taman Nasional Way Kambas yang berada di Lampung. Semoga dapat menambah informasi dan bisa menjadi wisata kunjungan kamu selanjutnya ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

16 − 3 =