Home Wisata Yogyakarta Taman Sari Yogyakarta

Taman Sari Yogyakarta

Taman Sari Yogyakarta
foto: https://www.instagram.com/p/CjhLa4qhYDn/?utm_source=ig_web_copy_link

Taman Sari Jogja bisa menjadi destinasi wisata menarik dan seru untuk kalian kunjungi ketika berlibur di Kota Yogyakarta. Obyek wisata satu ini menyajikan wisata bangunan bersejarah dengan tingkat seni yang luar biasa.

Ditempat ini kalian bisa menelisik lebih jauh sejarah peradaban di Yogyakarta, perkembangan Jawa dimasa lalu salah satunya terjadi didaratan Jogja. Sehingga tidak heran banyak sekali peninggalan sejarah kuno yang ada di Yogyakarta.

Selain menjadi tempat wisata, Taman Sari juga masih di gunakan untuk prosesi ritual istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Berikut informasi wisata Taman Sari jogja yang bisa kalian jadikan referensi berkunjung di obyek wisata ini.

Harga Tiket Masuk Taman Sari Yogjakarta

harga tiket masuk taman sari
foto: https://www.instagram.com/devitaprinanda/

Untuk mengunjungi obyek wisata sejarah di Jogja kalian tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam karena harganya murah meriah. Salah satu destiansi wisata murah di Jogja yaitu Taman Sari, harga tiket masuk taman sari adalah Rp.5.000,-/orang.

Sedangkan untuk wisatawan asing atau turis mancanegara dikenakan tarif sebesar Rp. 15.000. Untuk biaya lain yang harus kalian keluarkan ketika mengunjungi obyek wisata ini yaitu ketika membawa kamera sendiri dan tiket parkir.

Biaya penggunaan kamera di kampung wisata taman sari yaitu Rp.3.000,-. Kalian bebas mengambil berapa banyak foto ketika sudah mempunyai tiket kamera. Sedangkan biaya parkir kendaraan di wisata Taman Sari yaitu Rp.2.000,- untuk motor dan Rp.5.000,- untuk mobil.

Selain itu, area Taman Sari sering digunakan untuk lokasi pemotretan yang bisa disewa dengan harga mulai dari Rp. 150.000 hingga Rp. 500.000. Harga pemotretan akan disesuaikan dengan jenis foto seperti umum, pelajar dan mahasiswa, prewedding atau poduk.

Pengunjung juga bisa menyewa jsa Tour Guide Taman Sari yang ditawarkan dengan harga Rp. 50.000 per-orang. Biaya tiket masuk dan tiket kamera di wisata Taman Sari bisa berubah sewaktu-waktu.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi taman sari
foto: https://www.instagram.com/viradinna/

Lokasi obyek wisata Taman Sari sendiri masih berada di kawasan Keraton Jogjakarta, sehingga kalian bisa dengan mudah ketika berencana mengunjunginya. Alamat lengkap dari wisata Taman Sari yaitu Jl. Tamanan, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta.

Letak Taman Sari hanya berjarak 1 km saja dari Keraton Yogyakarta, lebih tepatnya berdekatan dengan Alun-ALun Selatan Jogja. Kalian bisa menuju lokasi menggunakan kendaraan pribadi yang bisa diparkirkan diarea parkir Keraton.

Jika kalian masih bingung untuk rute yang di lalui, kalian bisa mengakses peta lokas yang sikidang siapkan di bawah ini.

Datang juga ke –> Museum Ullen Sentalu Yogyakarta banyak spot foto kece di museum satu ini.

Jam Buka Taman Sari Yogyakarta

Jam Buka Taman Sari Yogyakarta
foto: https://www.instagram.com/p/CiRzPOfp2xn/?utm_source=ig_web_copy_link

Jam operasional Desa Wisata Taman Sari Yogyakarta yaitu buka setiap hari mulai pukul 09.00-15.00 WIB. Wisatawan bisa berkunjung kapan saja saat weekdays atau weekend kecuali hari libur nasional.

Obyek Wisata Taman Sari ini banyak diminati oleh wisatawan karena bangunananya yang kuno dan artistik. Menjadi sebuah peninggalan jaman kerajaan yang sudah berdiri ratusan tahun lamanya.

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah menjelang liburan akhir pekan atau hari libur panjang. Wisatawan yang berdatangan tak hanya berasal dari dalam negeri saja, namun juga banyak turis mancanegara.

Daya Tarik

Daya Tarik Taman Sari Yogyakarta
foto: https://www.instagram.com/p/ChFAuVhLhiT/?utm_source=ig_web_copy_link

Tamansari Water Castle memiliki banyak daya tarik yang menjadikannya menarik untuk dikunjungi. Yang menjadi ikon utamanya yakni Kolam airnya, berwarna hijau terang dan jernih sehingga dasarnya bisa terlihat.

Hal tersebut menjadi keunikan dan ciri khas tersendiri dari Taman Sari Yogyakarta. Keindahan kolamnya dapat menenagkan hati dan pikiran saat beristirahat disana.

Taman Sari Jogja ini dibuat oleh Pangeran Mangkubumi sebagai tanda penghargaan atas jasa permaisuri yang telah banyak menderita dan berjuang. Kemudian fungsi utama taman ini dahulunya digunakan sebagai tempat peristirahatan pangeran bersama permaisuri dan anak-anaknya.

Oleh karena itu di taman tersebut banyak terdapat kolam pemandian, tempat ganti pakaian, taman dan masih banyak lainnya. Terdapat ruangan lain yang berupa lorong bawah tanah, dapur, serta lainnya.

Konsep bangunannya begitu unik dan arsitekturnya begitu detail, desain eksterior maupun interiornya juga luar biasa menakjubkan. Berbahan dasar batu berwarna bumi dengan hiasan dedaunan hijau didalam pot besar, juga terdapat ukiran dibeberapa bagian bangunannya.

Selama berada disana, wisatawan bisa menikmati keindahan bangunan yang memiliki seni artistik tinggi. Menikmati waktu bersantai di depan kolam air yang jerih dan memukau.

Fasilitas

fasilitas di taman saru
foto: https://www.instagram.com/_nico__david_/

Banyak fasilitas yang tersedia di Desa Wisata Taman Sari Yogyakarta, untuk mendukung kualitas liburan anda ketika di Jogja. Terdapat beberapa fasilitasdi Taman Sari Jogja seperti:

  • Area parkir yang luas
  • Guide Wisata
  • Akses jalan yang baik
  • Penginapan
  • Cafetaria
  • Pusat oleh-oleh
  • Toko souvenir dan cenderamata
  • Spot foto instagenic dan lainnya.

Nikmati suasana berlibur di tempat klasik dan bersejarah di Jogja satu ini bersama keluarga, sahabat, teman maupun pasangan.

Spot Wisata di Taman Sari Yogyakarta

spot wisata di taman sari
foto: https://www.instagram.com/galuhchilipeppers/

Selain menikmati keindahan bangunan Taman Sari yang cantik kalian juga bisa melakukan aktivitas menarik lainnya. Salah satunya yaitu berburu foto di sudut-sudut taman sari, berkeliling melihat bangunan instagenic, serta menikmati makanan di cafe taman sari.

Berburu Foto Instagenic

Aktivitas wajib yang tak boleh ketinggalan saat berkunjung ke wisata Taman Sari Yogyakarta yakni hunting foto. Salah satu hal wajib yang biasanya dilakukan oleh para wisatawan jika berkunjung ke suatu wisata.

Pesona Taman Sari Yogyakarta memang tak diragukan lagi, kamu bisa meilhat indahnya kolam air disekeliling bangunan kuno. Objek tersebut bisa kamu jadikan sebagai background foto yang keren dan instagenic banget.

Tak heran jika wisata sejarah ini banyak didominasi oleh kalangan muda, karen banyak spot foto menarik yang terdapat disana. Tak jarang pula kawasan wisata tersebut dijadikan spot foto prewedding atau kegiatan lain.

Bangunannya memang terlihat kuno, namun nilai budaya dan sejarahnya begitu kental. Kamu berswafoto atau selfie dengan latar belakang bangunan artistik tersebut.

Wisata Sejarah dan Budaya

Water Caste Taman Sari tak hanya sebagai obyek wisata belaka, namun mengandung nilai sejarah dan budaya yang tinggi. Bagi kamu yang suka mengeksplor hal dan tempat baru serta unik, Taman tersebut bisa menjadi salah satu opsinya.

Pada zaman dulu, taman Jogja ini dijadikan sebagai tempat rekreasi dan peristirahatan raja dan kerabatnya. Sayangnya kini sudah banyak bangunan yang rusak dan berumur tua, hingga keadannya mengkhawatirkan.

Namun masih ada bebrapa bangunan yang masih utuh dan dapat dinikmati oleh para wisatawan. Wisatawan dihimbau untuk tidak merusak atau melanggar peraturan yang sudah ditetapkan oleh pihak pengelola wisata.

Mari lestarikan peninggalan budaya Indonesia satu ini dengan mempelajari sejarahnya dan menjaga kelestariannya.

Spot Liburan Rekomended

Wisata sejarah Taman Sari Yogyakarta menjadi spot liburan murah dan terjangkau yang rekomended dikunjungi menjelang akhir pekan. Kamu bisa mengajak siapa saja untuk menemani waktu holidaymu mulai dari teman, sahabat, pasangan atau keluarga.

Tentunya bersama orang tersayang nuansa berlibur akan semakin seru dan mengasyikkan. Jika sedang mencari tempat rekreasi yang rekomended, Taman Sari bisa menjadi alternativenya.

Nikmati liburan santai di Taman Sari Jogja yang menyimpan banyak sejarah dan nilai budaya menarik untuk ditelisik. Jika sedang ebrada di kawasan Keraton, jangan lupa untuk singgah ke wisata satu ini.

Kunjungi juga –> Benteng Vredeburg Yogyakarta nikmati benteng kolonialisme yang masih berdiri kokoh di Jogja.

Tips Berkunjung

tips berkunjung ke taman sari jogja
foto: https://www.instagram.com/hatijahdw/

Beeberapa tips dan saran berikut kiranya dapat diperhatikan dengan baik oleh pengunjung Taman Sari Yogyakarta.

  • Datanglah weekday karena ketika kalian datang di masa weekend obyek wisata satu ini ramai akan pengunjung.
  • Bawalah kamera ketika mengunjungi obyek wisata taman sari karena bangunan yang artistik sangat cocok untuk kalian jadikan setting fotografi.
  • Nikmati wisata di Jogja bersama keluarga di Obyek wisata Taman Sari Jogjakarta, Tetap berhati-hati dan jagalah kebersihan.

Semoga informasi artikel wisata diatas yang Sikidang berikan dapat bermanfaat dan terus nantikan destinasi holiday menarik selanjutnya.

Review sebelumnya –> Keraton Yogyakarta lihat berbagai koleksi bersejarah di Keraton Jogja.

paket wisata jogja

Pengen explore Taman Sari dan Jogja tapi males ribet? kalian bisa banget piknik bareng sikidang.

Nantinya semua akomodasi wisata, sikidang yang siapkan untuk kalian, nikmati liburan menyenangkan dan berkualitas bersama sikidang.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

seventeen + nine =