Home Wisata Jawa Barat Tebing Keraton Bandung

Tebing Keraton Bandung

Tebing Keraton Bandung
foto: https://www.instagram.com/p/CjkZBRarows/?utm_source=ig_web_copy_link

Tebing Keraton menjadi destinasi wisata rekomended di Bandung yang layak untuk anda jadikan kunjungan liburan di Jawa Barat. Bandung tak habis-habisnya menyajikan wisata alam yang menakjubkan dan berbeda dari daerah lainnya. Tebing Keraton adalah salah satunya yang akhir-akhir ini sangat populer di media sosial khususnya instagram.

Banyak julukan untuk tebing yang tiba-tiba populer ini misalnya Tebing Selfie di Bandung. Tebing Instagram, Tebing Mainsteam, Tebing Paling Nge-hits dan masih banyak lagi. Tak heran jika pengunjung lebih banyak kaum muda dan berkunjung untuk berswafoto.

Tebing ini juga cocok untuk dikunjungi bagi Anda yang ingin rehat dari rutinitas yang penat. Pasalnya, panorama hutan yang segar akan mengistirahatkan otak, mata maupun pikiran Anda yang setiap hari berhadapan dengan komputer dan kertas.

Bosan dengan wisata alam pantai atau wisata air lainnya bisa mengunjungi tebing satu ini. Berbagai info penting akan disajikan jika Anda berniat mengunjunginya.

Harga Tiket Masuk Tebing Keraton

harga tiket masuk tebing keraton
foto: https://www.instagram.com/ayupradifta23/

Harga Tiket Masuk Tebing Keraton ialah Rp 17.000 saja per orang. Cukup murah jika dibandingkan dengan sajian alam dan fasilitas yang diberikan. Bagi wisatawan asing harga tiketnya menjadi Rp 76.000 per orang.

Selain tiket, pengunjung juga perlu mengeluarkan uang untuk parkir sebesar Rp 5.000 saja. Tarif ini sudah naik dari tahun sebelumnya. Namun kebersihan dan kenyamanan di lokasi semakin terawat sehingga pengunjung betah berlama-lama di sana.

Harga tiket masuk dan retribusi parkir dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi tebing keraton
foto: https://www.instagram.com/baas_saputra/

Lokasi Tebing Keraton berada di pusat kota sehingga sangat mudah dijangkau. Alamat Tebing Keraton di Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.

Rute lokasi ke tebing ini tentu sangat mudah karena hanya berjarak 15 menit dari pusat kota Bandung. Mulailah dari Terminal Dago-Ciburial-Taman Hutan Raya IR Juanda-petunjuk arah Tebing Keraton-Jalan Bukit Pakar-Kampung Ciharegem-Tebing Keraton.

Saat hendak sampai ke lokasi wisata, wisatawan akan melewati jalanan menanjak dan bebatuan. Sehingga sebaiknya selalu berhati-hati dan pastikan kendaraan dalam kondisi prima.

Setelah sampai dipos atas, kalian dapat memarkirkan kendaraan dan perjalanan menuju puncak diharuskan berjalan kaki sekitar 5 menit. Bagi kamu yang belum paham rute jalan menuju Tebing Keraton, dapat mengakses google maps berikut ini untuk informasi lebih detailnya.

Datang juga ke –> Curug Cinulang Cicalengka Bandung tak kalah indahnya dengan sajian air terjun mengagumkan.

Jam Buka Tebing Keraton

Jam Buka Tebing Keraton
foto: https://www.instagram.com/p/CksUYzdBQUw/?utm_source=ig_web_copy_link

Tebing Keraton memiliki jam operasional buka mulai dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Kalian dapat berkunjung kapan saja karena wisata satu ini dibuka setiap harinya, baik weekdays maupun weekend.

Bagi yang pecinta alam wajib banget mencoba wisata terbaru di Bandung satu ini. Menawarkan pemandangan alam perbukitan yang hijau nan sejuk yang cocok untuk healing.

Tempat wisata tersebut biasanya akan sangat ramai saat menjelang akhir pekan yang didominasi oleh kalangan anak muda. Nikmati liburan santai sembari mengistirahatkan tubuh, jiwa, dan pikiran yang penat setelah sibuk bekerja.

Daya Tarik

Daya Tarik Tebing Keraton
foto: https://www.instagram.com/p/CEO3LfhAVCe/?utm_source=ig_web_copy_link

Tebing Keraton Bandung menjadi salah satu tempat wisata favorit anak muda yang ramai dikunjungi saat akhir pekan. Wisata satu ini letaknya berada dipuncak bukit dengan pemandangan yang menghadap langsung ke Taman Hutan Raya Juanda.

Wisatawan juga disuguhkan dengan landscape Gunung Tangkuban Perahu yang menambah keindahan pada wisata tersebut. Pemandangannya akan semakin indah saat dini hari dimana sunrise mulai muncul.

Saat pagi hari, pegunungan dan alam sekitar biasanya akan diselimuti kabut tebal bak di negeri atas awan. Dahulu Tebing Keraton ini memiliki sebutan lain yakni Pasir Jontor, hal tersebut dikarenakan bentuk tebing yang monyong kedepan.

Terdapat seseorang yang dipercaya sebagai penemu tempat ini, ia memberikan nama Tebing Keraton yang bermakna keagungan, wibawa dan leluhur. Ada pula uang mengatakan bahwa dahulunya terdapat sebuah keraton atau kerajaan jin sehingga mempengaruhi penamaan wisata tersebut.

Tak berhenti sampai disitu, banyak pula yang mengatakan bahwa Tebing Keraton diselimuti hal mistis. Kerap terjadi kesurupan yang dialami oleh wisatawan saat berkunjung kesana, sehingga sebaiknya selalu waspada dan berhati-hati.

Bebatuan besar yang ada di tebing tersebut diyakini berasal dari aliran lava Gunung berapi bergerak hingga sampai kawasan bukit tersebut.

Fasilitas

fasilitas di tebing keraton
foto: https://www.instagram.com/yupri/

Fasilitas Tebing Keraton sudah cukup mumpuni setelah hits di media sosial. Kenaikan tarif tiket yang mulanya hanya seikhlasnya menjadi Rp 17.000 ribu tersebut. Membuat Tebing Selfie ini memiliki beberapa fasilitas yang mendukung liburan, diantaranya:

  • Mushalla
  • Gazebo
  • Lavatory
  • Kedai Makan
  • Toilet

Meski fasilitas yang tersedia belum terbilang lengkap namun dengan pemandangan indah yang disajikan akan membuat Anda tetap puas.

Spot Wisata di Tebing Keraton

spot wisata di tebing keraton
foto: https://www.instagram.com/fernando_genesis/

Tebing Keraton menyajikan alam berupa tebing dengan daya tarik yang berbeda dari wisata alam lainnya. Dengan begitu ada beberapa spot menarik yang sulit ditemui di wisata alam lainnya.

Apa saja yang membuat tebing ini istimewa? Berikut ini spot wisata di tebing Bandung yang bisa pengunjung nikmati.

1. Menikmati Pemandangan Kabut

spot foto di tebing keraton
foto: https://www.instagram.com/aquilaprakasa/

Pagi hari kabut tebal akan menyelimuti daerah sekitar tebing sehingga membuat pengunjung berasa di atas awan. Pemandangan ini akan menjadi foto menarik yang instagenic sehingga patut diabadikan.

Latar belakang hijau hutan dan deretan gunung yang dibalut dengan kabut ini tidak akan mudah. Anda temukan di tempat lain sehingga menemukannya di sana adalah keistimewaan tersendiri.

Kunjungi juga –> Bird Pavilion Bandung sajian wisata anti mainstram di Bandung yang layak untuk anda kunjungi.

2. Menikmati Sunrise dan Sunset

sunrise tebing keraton bandung
foto: https://www.instagram.com/wonderfull.bandung/

Sunrise dan sunset bisa pengunjung nikmati di satu tempat wisata tebing ini. Landscape pemandangan yang sempurna akan menambah keindahan pemandangan matahari sehingga terlihat sangat eksotis.

Deretan pegunungan Bandung termasuk Tangkuban Perahu akan menghiasi mata pengunjung. Dijamin sepulang dari tebing ini otak akan segar, pikiran pun tenang.

3. Camping ceria

camping area tebing keraton
foto: https://www.instagram.com/ninuz_yma/

Sunset dan sunrise yang bisa dinikmati di lokasi ini membuat pengunjung perlu datang sangat pagi atau pulang terlalu malam. Namun jangan khawatir, Anda pun bisa camping ceria sambil menikmati malam di kaki tebing.

Pengunjung akan dikenai tambahan biaya Rp 40.000 jika menggunakan tenda pribadi atau Rp 140.000 jika menyewa tenda dari pihak pengelola. Liburan bersama sobat akan menjadi menyenangkan jika mencoba spot camping ceria di Tebing Hits ini.

4. Tracking dan soft hiking

bukit tebing keraton
foto: https://www.instagram.com/lukmanakim99/

Sebelum populer menjadi Tebing Instagram, telah banyak komunitas pesepeda yang tracking di jalur dekat tebing karena jalanannya yang menantang. Sampai saat ini pun, pengunjung masih bisa menikmati tracking sepeda menuju lokasi tebing.

Selain itu, sebagai wisata tebing tentu tak lengkap jika tak ada hiking. Pengunjung bisa menikmati soft hiking yang seru dan mengacu adrenalin dan kekuatan badan.

Tips Berkunjung

tips berkunjung ke tebing keraton
foto: https://www.instagram.com/tribhekti_/

Tak banyak tebing yang menjadi tempat wisata namun Bandung mampu menyajikannya. Nah, berikut ini tips berkunjung dari Sikidang Travel Guide yang wajib Anda perhatikan.

  • Datang saat musim kemarau karena curah hujan di daerah pegunungan tentu lebih tinggi. Sehingga jika tidak ingin liburan kacau hanya karena cuaca maka datanglah di waktu yang aman yaitu musim kemarau.
  • Bawa kamera. Julukannya sebagai tebing instagramable saja sudah membuktikan bahwa kamera adalah perlengkapan utama untuk berlibur karena banyak spot yang wajib diabadikan.
  • Jalanan menuju dan sekitar tebing sangat curam dan belum aman sepenuhnya sehingga diharapkan pengunjung berhati-hati terutama saat mengambil foto.
  • Gunakan jaket atau pakaian tebal. Agar tidak kedinginan meski berkunjung saat siang hari, gunakanlah pakaian tebal karena cuaca di pegunungan seperti Bandung selalu dingin.

Tebing keraton menarik untuk dikunjungi, bukan?. Jadi, jika berkunjung ke Kota Kembang Bandung sebaiknya masukkan wisata alam ini ke daftar destinasi liburan Anda.

Masih banyak destinasi wisata baru di Lembang yang tak kalah indah dan cantik dari Tebong Keraton untuk traveler lawati.

Review sebelumnya –> Curug Malela Bandung wisata alam dengan pemandangan air terjun indah dan spot foto instagenic.

paket wisata bandung

Mau berlibur rame-rame di Bandung dan camping ceria di sana tapi repot transportasi?.  Dikota Paris van Java banyak travel penyediakan Paket wisata Bandung yang memang ditujukan bagi traveller agar tidak susah dan repot.

Anda bisa menggunakan Sikidang Travel Guide yang memiliki beberapa pilihan paket wisata yang bisa dipilih sesuai keinginan. Enaknya lagi, Anda tinggal pesan dan menikmati liburan dengan puas tanpa memikirkan akomodasi, penginapan ataupun makan.

Karena semua sudah ditangani oleh Sikidang Travel. Segera pesan dan nikmati liburan menyenangkan bersama keluarga tercinta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twenty − nine =