Wisata Gardu Pandang Tieng Wonosobo

Wisata Gardu Pandang Tieng ini juga menarik bagi kamu ketika sedang berwisata di Dieng. Bagaimana tidak, di dataran ini saja terdapat beberapa tempat-tempat wisata yang menjadi andalan dari Kabupaten Wonosobo tersebut. Kali ini, kita akan membahas tempat wisata yang juga tidak kalah populer di dataran tinggi Dieng. Meskipun tidak sepopuler dengan Telaga Warna, Batu Ratapan Angin, Kawah Sikidang, hingga Bukit Sikunir.

Jika anda ingin berkunjung ke dieng tapi tidak tau harus darimana dulu, mungkin bisa menggunakan jasa paket wisata dieng dari kami. Dengan fasilitas dan harga terbaik dari kami memberikan pengelaman terbaik untuk anda.

Lokasi Gardu Pandang Tieng

Gardu pandang Tieng berlokasi di desa Tieng 3 km dari Dieng, Kecamatan kejajar, Kabupaten Wonosobo. Gardu tieng merupakan wahana tamasya yang dibangun untuk melihat pemandangan. Sebab bila diperhatikan dari sini panorama luar biasa akan tampak menonjol. Dari arah timur akan terlihat menonjol perbukitan yang diselimuti oleh kabut tipis. Selain itu, panorama bawah yang akan kelihatan pedesaan dengan udara yang adem dan asri.

Kawasan wisata Gardu Pandang Tieng juga menjadi rest area favorit para wisatawan. Sebab, bisa istirahat sembari melihat pemandangan yang menawan memang jadi unggulan sendiri. Ikon Gunung sindoro tampak jelas melalui gardu pandang dengan warna kebiruan dan menjulang tinggi menjadi panorama tersendiri yang bisa dipandang. Kadang puncak dari Gunung sindoro ini bahkan akan tertutup oleh awan tipis.

Saksikan Golden sunrise di Gardu Pandang Tieng

Berlokasi pada ketinggian 1789 meter diatas permukaan laut (Mdpl) menciptakan tempat yang pas bagi kamu untuk menikmati terbitnya matahari. Bisa juga menjadi tempat pilihan untuk menyaksikan Golden sunrise bila tidak sempat ke Bukit Sikunir. Letak gardu ini berada di desa Tieng. Tiap pagi, selalu ada wisatawan yang menghabiskan waktu di gardu ini. Hanya untuk menikmati keindahan di sekitar daratan tinggi Dieng ini.

Ketika berada di atas gardu, maka akan disuguhi keindahan yang bisa memanjakan mata. Di sebelah timur, terlihat perbukitan perbukitan yang masih asri dan tertutup kabut tipis sehingga tampak biru kehijau hijauan. Lalu, cobalah tengok ke sebelah selatan, maka kamu akan melihat dengan jelas Gunung Sindoro yang menjulang tinggi. Selain itu, diselimuti pula kabut tipis, sehingga enggan turun dari gardu tersebut.

Kesederhanaan dan kearifan lokal penduduk desa Tieng

Tengoklah ke bawah, karena kamu bisa melihat padatnya rumah rumah di sekitar gardu yang terlihat rapat. Serta guyub rukun antar sesama masyarakatnya. Jangan terburu untuk turun. Sebab, ketika matahari mulai meninggi, terlihat para petani di daratan tinggi Dieng pergi ke sawah.

Tampak beberapa petani menenteng bekal makanan, membawa sabit dan cangkul hingga memakai pakaian tebal seperti sarung dan baju hangat. Momen yang bisa diabadikan yaitu kerukunan antar warga sekitar. Sebab, para petani menuju ke ladang bersamaan dengan para petani lainnya. Sehingga, terlihat kesederhanaan dan kearifan lokal penduduk desa Tieng tersebut.

Tidak bisa dipungkiri bahwa dataran tinggi Dieng ini merupakan penghasil sayuran dan buah buahan terbaik di Indonesia. Wisata Gardu Pandang Tieng ini juga kerap menjadi tempat untuk menyambut  tamu-tamu besar di Kabupaten Wonosobo. Selain itu, tamu dari Kabupaten Banjarnegara kerap juga ingin menikmati keindahan pemandangan alam di Dieng.

Dalam perjalanan menuju dataran tinggi dieng, panorama menawan tidak bisa kita lewatkan. Sebuah pemandangan di Gardu Pandang Tieng dengan ketinggian 1700mdpl. Pemandangan spektakuler dipagi hari bisa menyaksikan fenomena sunrise.

Baca juga:

Petang harinya, bisa menyaksikan sunset. Sehingga, menemukan pemandangan luar biasa akan kita temukan jika berkunjung ke wisata Gardu Pandang Tieng ini. Sebagai persiapan seandainya berkunjung ke Dieng anda pasti telah pesan homestay jauh-jauh hari.

By |2018-10-09T03:16:32+00:00June 7th, 2018|Destinasi Wisata|