Wisata gunung Prau Dieng, baru-baru ini menjadi primadona baru bagi para pendaki gunung. Padahal bila dibandingkan dengan pegunungan lain di pulau jawa, Gunung Prau memiliki ketinggian sedang dengan jalur yang tidak begitu susah.

Gunung prau memiliki ketinggian 2.565 sekitar mdpl, termasuk alam gunung dengan ketinggian sedang. Bila dibandingkan dengan beberapa  gunung  yakni, Sindoro, Sumbing, Slamet dan  Unggaran. Namun ada hal yang menarik di gunung Prau yaitu fenomena sunset dan sunrise nya.

Lokasi Dan Rute Menuju Gunung Prau Dieng

Gunung Prau sendiri berada di perbatasan tiga kabupaten yaitu, Kabupaten Banjarnegara, Wonosobo, Batang dan Kendal. Bentuk gunung Prau memanjang seperti perahu. Sementara itu, jalur pendakian yang paling terkenal dan singkat merupakan dari arah wisata alam Dieng. Sehingga, banyak pendaki yang menyebut gunung Prau ini masuk dalam area wisata Dieng.

Jalur Pendakian Gunung Prau

Untuk mendaki gunung Prau ada 2 jalur utama yang telah sering di lewati oleh pendaki. Selain telah tersedia pos-pos pemantau pendaki, jalurnya bahkan telah banyak di ketahui. Jalur pertama merupakan lewat Jalur utara.

Pada Jalur utara pendakian bisa dimulai dari Kabupaten Kendal, yaitu jalur pendakian Desa Kenjuran yang berlokasi di Kecamatan Sukoreja. Jalur pendakian dari jalur Kenjuran sendiri memakan waktu kurang lebih 6 jam perjalanan. Rutenya sedikit agak terjal.

Jalur pendakian wisata gunung Prau  yang paling ramai yaitu jalur selatan yaitu dari wisata alam dieng. Pendakian dimulai dari Dieng atau Desa Patak Banteng, sebuah desa yang berada di sebelum pintu masuk dieng. Pendakian gunung prau melalui jalur dieng sedikit lebih ringan sekitar 3 jam pendakian.

Untuk jalur pendakian melalui desa patak banteng, terdapat 3 pos selama pendakian. Di pos-pos tersebut para pendaki bisa istirahat untuk mengumpukan energi dan mendirikan camp seandainya akan melanjutkan pendakian beberapa waktu. Lazim di tiap-tiap pos ada petugas yang berjaga dan siap memberikan pertolongan seandainya para pendaki mengalami kesulitan.

Untuk menikmati keindahan gunung prau secara lebih utuh dan sempurna mungkin anda bisa menggunakan jasa paket wisata dieng backpacker dari kami.

Sunrise Gunung Prau Dieng

Gunung Prau Dieng memang sering di anggap sebelah mata bagi para pendaki profesional. Hal ini mungkin karena jalur pendakian gunung Prau yang terlalu gampang. Selain itu, ketinggiannya masuk dalam kategori medium.

Namun tiap-tiap pendakian yang diperhatikan bukan hanya tingkat kesulitan dari gunung yang didaki, serta  berapa ketinggian gunung itu. Hal yang paling penting yaitu pengalaman Utamanya, fenomena alam yang menawan yang akan kita dapat.

Sunrise gunung prau, itulah yang banyak dicari  oleh para pendaki. Siapa yang tidak mengenal keindahan sunrise gunung prau. Sunrise yang memiliki karakteristik kuning keemasan dengan semburat warna biru langit menghasilkan sunrise gunung prau termasuk sunrise yang menawan.

Sunrise terbaik gunung Prau muncul ketika peralihan di bulan Desember dan Januari. Karakteristik sunrise di bulan itu yaitu garis tepi terang, cahaya merah kekuningan yang menawan, dan berbaur dengan biru langit.  Selain itu, cuaca langit benar-benar bersih dari awan maupun mendung.

Selain keindahan sunrisenya, gunung Prau juga terkenal dengan bukit teletubies nya. Bukit ini merupakan sebuah view sabana di atas gunung prau dengan bukit setengah lingkaran kecil2 seperti pada animasi anak-anak teletubies. View bukit teletabies paling bagus ketika pagi hari dengan sedikit kabut yang menyelimuti.

Destinasi Menarik Lainya:

Sehingga keindahan alam tersebut merupakan keunggulan dari wisata gunung Prau Dieng salah satu tempat unggulan Indonesia ini. Tidak hanya wisatawan lokal saja yang berkunjung ke tempat wisata ini, bahkan wisatawan mancanegara juga banyak yang jatuh hati. Tak heran bila mereka kemudian berbondong-bondong mengunjunginya.