Home Wisata Yogyakarta Candi Ijo Yogyakarta

Candi Ijo Yogyakarta

Candi Ijo Yogyakarta
foto: https://www.instagram.com/p/ClC2B82PN4d/?utm_source=ig_web_copy_link

Candi Ijo merupakan salah satu situs sejarah berupa bangunan candi yang ada di Yogyakarta. Jogja yang notabenya kota wisata menyajikan sajian keindahan baik dari alam, budaya, sejarah, kuliner hingga edukasi.

Nampaknya kota satu ini tidak akan lepas dengan keindahan berabagai macam wisatanya. Karena kunjungan wisata yang tinggi di Jogja membuat kota ini selalu up to date dalam menambah sajian wisata rekomended.

Salah satu destinasi wisata sejarah yang layak untuk anda kunjungi yaitu Candi Ijo Jogja. Bangunan candi satu ini lokasinya berada di atas ketinggian, sehingga pemandangan yang indah akan memanjakan anda dari obyek wisata ini.

Menyajikan sajian spot sunrise yang menawan membuat Candi Ijo selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Destinasi wisata Candi Ijo sendiri menjadi pelengkap candi-candi populer di Yogyakarta seperti Borobudur temple, Prambanan, Ratu Boko dan lainnya.

Keindahan yang ditawarkan oleh Candi Ijo Yogyakarta bisa anda jadikan spot berburu foto instagenic. Nikmati sensasi liburan menyenangakan di Jogja dengan wisata sejarah satu ini. Berikut review singkat obyek wisata Candi Ijo Jogja yang bisa anda jadikan referensi liburan menyenangkan bersama orang tercinta.

Harga Tiket Masuk Candi Ijo

harga tiket masuk candi ijo
foto: https://www.instagram.com/wahyu.sabdo/

Destinasi wisata Candi Ijo memang tidak sepopuler candi-candi lainnya seperti Borobudur, Prambanan maupun Ratu Boko. Sehingga untuk menikmatinya pun anda tidak usah khawatir akan kehilangan banyak biaya.

Karena harga tiket masuk Candi Ijo Jogja sendiri sangat murah yaitu Rp.5.000,-/orang. Dengan tiket yang murah di tempat ini anda bisa menikmati sajian wisata yang rekomended untuk berakhir pekan.

Sedangkan biaya tambahan yang harus anda keluarkan yaitu ketika berkunjung dengan membawa kendaraan. Harga tiket parkir wisata Candi Ijo sendiri Rp.5.000,- untuk mobil dan Rp.2.000 untuk motor.

(Harga tiket masuk wisata dan retribusi lainnya bisa berubah setiap waktu).

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi candi ijo
foto: https://www.instagram.com/ufo0892/

Ketika anda mengunjungi destinasi wisata rekomended satu ini, anda tidak akan merasa kesulitan. Karena akses wisata yang baik akan memudahkan perjalanan liburan anda beserta keluarga di Candi Ijo.

Lokasi Candi Ijo sendiri tidak jauh dari destinasi wisata Candi Prambanan. Tepatnya berada di Kikis, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Rute perjalanan menuju lokasi bisa kalian tempuh dari arah pusat kota Yogyakarta dengan jalur Jalan Jogja-Solo. Kemudian arahkan kendaraan kalian menuju pertigaan Candi Prambanan, lalu beloklah ke arah kanan atau menuju timur Jalan Prambanan-Piyungan.

Ikuti saja jalan sampai kalian menemukan papan petunjuk arah menuju Candi Ijo, selanjutnya kalian bisa belok kiri mengikuti jalan. Nanti akan ada jalanan menanjak hingga sampai di Kawasan Candi Ijo.

Jarak Candi Ijo dari pusat Kota Jogja sendiri sekitar 20 km dengan waktu tempuh kurang lebih 40 menit menggunakan kendaraan. Berikut peta lokasi dari Candi Ijo yang bisa anda akses untuk mendapatkan rute terbaik ketika berkunjung.

Datang juga ke –> Bukit Teletubbies Yogyakarta yang tak kalah indah dengan panorama pemandangan desa wisata rumah domes yang instagramable.

Jam Buka Candi Ijo

Jam Buka Candi Ijo
foto: https://www.instagram.com/p/Ciz7ricJiH2/?utm_source=ig_web_copy_link

Obyek wisata Candi Ijo buka setiap hari dengan jam operasional wisata mulai dari pukul 06.00-18.00 WIB. Sehingga anda bisa menikmati sajian panorama sunrise dan sunset di tempat satu ini.

Waktu paling enak untuk menikmati sajian keindahan Candi Ijo ini yakni pada pagi hari.  Dimana suasana sekitar masih sejuk dan sepi pengunjung. Namun suasana di sore hari juga bisa menjadi waktu yang rekomended, dimana matahari tenggelam akan terlihat begitu menawan.

Candi Ijo tak hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal saja, namun turis mancanegara sering terlihat ditempat tersebut.

Daya Tarik

Daya Tarik Candi Ijo
foto: https://www.instagram.com/p/CbKirk4J9Fr/?utm_source=ig_web_copy_link

Green Temple merupakan candi dengan letak paling tinggi di Yogyakarta yang populer di kalangan wisatawan. Dikatakan tertinggi karena lokasinya yang berada di ketinggian bukit sekitar 410 mdpl dengan pemandangan alam yang menakjubkan.

Tak heran jika candi ini menjadi wisata favoritnya pengunjung, karena menyuguhkan panorama alam yang luar biasa menakjubkan. Letak obyek wisata ini berada di dekat Candi Ratu Boko.

Penamaan Candi Ijo berasal dari sebuah Prasasti pada tahun 906 masehi. Dimana didalam prasasti tersebut diceritakan sebuah masyarakat yang berasal dari desa Ijo sedang mengadakan upacara keagamaan. Hingga akhirnya diberikan nama Candi Ijo.

Kompleks Candi Ijo memiliki luas mencapai 0,8 hektar dengan corak agama Hindu yang diperkirakan dibangun pada abad ke-10 sampai ke-11. Bangunan Candi Ijo terdiri dari beberapa kelompok yakni area induk, pengapit, dan perwara.

Destinasi wisata satu ini konon dibangun menggunakan bahan dasar batu dari Gunung Merapi. Arsitektur Candi Ijo berbeda dibanding dengan Hindu Temple lainnya yang ada di Jogja.

Hal tersebut berdasarkan bentuk dengan pusatnya yang menghadap ke arah Timur. Disebabkan oleh konsep penataan ruangan yang mitosnya digunakan sebagai tempat tinggal para Dewa beragama Hindu.

Didalamnya terdapat berbagai arca Dewa dengan nilai seni dan historical yang tinggi. Diselimuti oleh beragam keunikan yang menjadi daya tarik utamanya, memikat para wisatawan untuk singgah ke tempat bersejarah ini.

Fasilitas

fasilitas wisata candi ijo
foto: https://www.instagram.com/mida.myy/

Menjadi destinasi wisata rekomended di Jogja. Pastinya Candi Ijo sudah didukung dengan fasilitas wisata yang lengkap. Berikut fasilitas wisata yang tersedia di Wisata Candi Jogja satu ini:

  • Area parkir kendaraan wisata
  • Papan Informasi
  • Toilet
  • Gazebo
  • Spot Foto
  • Pusat oleh-oleh & Souvenir
  • Warung makan dan lainnya.

Nikmati keindahan wisata Candi Ijo bersama keluarga di Yogyakarta dan dapatkan sensasi liburan tak terlupakan.

Spot Wisata di Candi Ijo

spot wisata candi ijo
foto: https://www.instagram.com/_petualang1/

Banyak sekali aktivitas menarik yang bisa anda lakukan ketika berlibur di Candi Ijo Yogyakarta.

Menikmati berbagai macam wahana permainan juga menjadi aktiviitas yang rekomended ketika berlibur ke tempat ini. Jangan lupa nikmati panoram sunset atau sunrise di View Point Candi Ijo Yogyakarta ketika berlibur.

Spot Foto Instagramable

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan yaitu berburu foto instagenic karena banyak sekali spot keren yang sayang untuk dilewatkan. Terdapat banyak sudut yang bisa kamu jadikan sebagai setting fotografi keren.

Candi Ijo ini memiliki arsitektur unik yang indah dengan kontruksi bangunan yang sangat detail. Dibagian dinding bangunannya, terdapat beberapa pahatan unik seperti bentuk dewa dan dewi yang sedang terbang menuju relung.

Kemudian, terdapat pula sebuah ruangan lingga yang disangga dengan makhluk berbentuk seperti ular berkepala kura-kura. Ukiran unik tersebut akan sangat epic jika diabadikan dengan kamera ponselmu.

Sepanjang batas antara atap dengan dinding tubuh candi dihiasi dengan deretan bingkai berpola. Dimasing-masing bingkai tersebut terdapat arca setengah badan dengan gambar dewa Brahma, Wisnu, dan Shiwa.

Pastikan kamu tak melewatkan setiap momen berharga saat berada disana. Dapatkan pengalaman berkunjung yang tak akan terlupakan di Candi Ijo Yogyakarta tersebut.

Menyaksikan Sunrise dan Sunset Memukau

Fenomena menarik yang tak boleh ketinggalan saat berada di Candi Ijo ini yakni sunrise dan sunsetnya. Pada pagi hari, pengunjung bisa menyaksikan terbitnya matahari dari ufuk timur.

Namun pastinya kalian harus datang lebih awal, bagi wisatawan luar kota mungkin susah untuk mendapatkan view ini. Kecuali jika menginap disekitar lokasi Candi, maka akan dengan mudah mendapatkan view sunrise tersebut.

Lokasi candi yang berada di atas ketinggian bukit membuat fenomena matahari terbenam yang muncul terlihat begitu jelas. Kalian seperti berada sangat dekat dengan matahari, karena berada diruangan terbuka.

Sunset di sore hari tak kalah indah dengan sajian sunrise di pagi buta. Pastikan kalian menyaksikan momen-momen berharga tersebut. Jangan lupa untuk mengabadikan fenomena spesial tersebut dengan kamera terbaikmu.

Wisata Rekreasi dan Sejarah

Obyek wisata Candi Ijo tak hanya menjadi wahana entertainer bagi wisatawan, namun juga dijadikan sarana edukasi. Hal tersebut berkaitan dengan Candi Ijo yang merupakan aset peninggalan kuno bersejarah yang patut dijaga dan dilestarikan keberadaannya.

Bagi pecinta sejarah, kalian bisa mencoba berkunjung ke salah satu candi di Jogja tersebut. Terutama bagi para pelajar atau mahasiswa, spot sejarah ini bisa menambah wawasan baru yang bermanfaat.

Cobalah untuk melakukan praktik lapangan dalam pembelajaran sejarah yang lebih mengasyikkan dibanding hanya duduk dikelas saja. Dengan berkunjung langsung ke lokasi sejarahnya akan membuat waktu belajarmu semakin mengasyikkan.

Kamu tak akan dibuat bosan, karena Candi Ijo ini menyuguhkan wahana rekreasi sekaligus sejarah yang menarik. Sehingga kunjunganmu tak akan sia-sia dan cocok juga dijadikan sebagai spot helaing rekomended.

Kunjungi juga –> Museum Affandi dengan koleksi lukisan dan karya seni lainnya di Jogja

Tips Berkunjung

tips berkunjung ke candi ijo
foto: https://www.instagram.com/premonobagus/

Berikut beberapa tips wisata yang bisa anda jadikan referensi menikmati liburan yang berkualitas di Candi Ijo Jogja:

  • Datanglah Weekday ketika anda ingin suasana liburan yang lebih tenang dan berkualitas.
  • Waktu terbaik ketika berkunjung yaitu di pagi / sore hari untuk menikmati keindahan sunrise maupun sunset.
  • Bawalah kamera dan gunakan ootd terbaik untuk mendapatkan foto instagramable.

Semoga informasi wisata yang sikidang berikan bisa bermanfaat dan memudahkan perjalanan liburan anda dan keluarga di Yogyakarta.

Review sebelumnya –> Candi Abang yang menjadi sajian wisata sejarah antimainstream dengan bukit iconicnya.

paket wisata jogja

Liburan tanpa ribet di Jogja kini bisa anda nikmati dengan sajian Paket Wisata Jogja yang rekomended. Anda tidak perlu lagi ribet dan pusing mikirin semua kebutuhan wisata, karena nantinya sikidang yang akan siapkan semuanya.

Pilih paket liburanmu di Jogja dengan berbagai macam pilihan, dapatkan liburan impianmu dengan layanan terbaik dan fasilitas ekslusive dari kami. Nikmati paket sesuai dengan kebutuhan maupun keinginan dan dapatkan sensasi perjalanan wisata Jogja yang tak terlupakan.

Previous articleCandi Abang Yogyakarta
Next articleBukit Klangon Yogyakarta